Cara agar penggunaan mesin AC hemat listrik

AC-hemat-irit-listrik-untuk-rumahAgar listrik lebih hemat ketika menggunakan mesin AC sebenarnya bisa diterapkan dengan beberapa cara, dan metode ini akan lebih optimal jika dilakukan sejak awal perencanaan akan memilih unit mesin AC yang harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Fakta yang tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan mesin penyejuk ruangan atau air conditioner (AC) adalah merupakan alat yang paling boros energy listrik. Hal ini menjadi kebutuhan penting karena kondisi lingkungan sendiri yang sudah tidak mendukung udara segar karena tingkat polusi yang semakin memburuk.

Sebelum pada poin cara menggunakan AC agar lebih hemat pemakaian listrik maka lebih baik menyimak dulu tips memilih mesin AC yang tepat dan efisien.

Pilih Type AC Hemat Energy

Mesin AC harus mampu menyejukkan ruangan secara cepat dan efisien. Dengan ukuran evaporator pendingin dan kipas yang lebih besar, maka akan lebih cepat mendinginkan ruangan secara alami dan seimbang.

Tentukan Kapasitas AC Yang Sesuai Ruangan

Sering terjadi, konsumen membeli AC dengan kapasitas (PK) yang lebih besar dari kebutuhanya, sehingga tidak efisien dan boros energi. Ujungnya tagihan listrik terus membengkak. Simak juga tentang bahaya menggunakan alat penghemat listrik.

Mengantur mesin AC agar hemat listrik

Selanjutnya adalah melakukan pengaturan yang tepat agar penggunaan mesin AC di rumah dapat lebih ekonomis dan tidak boros pemakaian listrik.

  • Pilih AC dengan freon yang ramah lingkungan
    Freon adalah bahan cair yang menghasilkan dingin dalam ACnya. Pilih AC dengan freon yang ramah lingkungan, seperti freon hidrokarbon.
  • Atur suhu AC dengan thermostat
    Untuk aktivitas sehari-hari, atur suhu AC yang paling optimal dari sisi kenyamanan dan pemakaian energi (tidak lebih dingin dari 25 °C), yaitu 3-5°C lebih rendah dari suhu di luar ruangan) . Ingat: setiap kenaikan temperatur 1°C dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 3-5% (BPPT).
  • Atur waktu nyala AC hanya ketika diperlukan
    AC tidak perlu dipakai sepanjang kita tidur. Sebaiknya hidupkan AC seperempat jam sebelum saat tidur, dan timernya di set selama 1-2 jam mati otomatis. Kalau ACnya sudah mati, ruangnya akan tetap dingin selama beberapa jam kemudian. Untuk siang hari, usahakan mematikan AC, jika akan meninggalkan ruangan dalam waktu relatif lama.
  • Bersihkan filter AC, coil kondensor dan sirip AC secara teratur, tiap 3 bulan
    Dengan memelihara AC secara rutin, kamu mampu menghemat listrik sampai dengan 20%. Energi yang dikonsumsi peralatan pendingin akan lebih rendah 10% pada kondensor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terganggunya sirkulasi udara karena debu yang menumpuk, menyebabkan kondensor mengkonsumsi lebih banyak listrik.
  • Ganti AC yang sudah tua
    Untuk alat AC yang telah berumur lebih dari 10 tahun, pemakaian energi akan lebih besar 30-50% dibandingkan dengan peralatan pendingin dengan teknologi baru.
  • Sesuaikan pendukung lainnya
    Hal ini meliputi kondisi ruangan yang akan dipasang AC yaitu pastikan jendela tidak terpapar matahari dan terbuka ketika AC sedang menyala, gunakan lampu ruangan yang tidak terlalu besar dan panas LED lebih baik. Baca juga tentang merakit pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah tangga.

Demikian hal hal yang perlu kita perhatikan ketika merencanakan atau sudah menggunakan mesin AC pada ruangan agar pemakaian dapat lebih ekonomis serta efisien terhadap konsumsi daya listrik.<POMPAIR.com>

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf sementara belum bisa menjawab komentar, kami terkendala jaringan internet dilokasi proyek saat ini sedang berada di area pedalaman. Terimakasih

Advertisement