Alat penghemat listrik, jangan sembarangan menggunakannya !

Alat-penghemat-listrik

Menemukan alat untuk menghemat listrik pulsa atau prabayar tentu saja akan sangat menggembirakan. Hal ini sudah pasti akan mengurangi biaya pengeluaran uang anda yang terkadang sering membengkak tidak terduga hanya karena pemakaian listrik yang tidak menentu setiap bulannya.

Berpikir tentang cara atau alat penghemat listrik pulsa ataupun prabayar yang anda gunakan di rumah, kantor maupun gedung lainnya, tentunya akan menjadikan anda berharap bahwa tagihan listrik yang harus di bayar selanjutnya akan lebih ringan dari sebelumnya.

Mungkin saja sudah banyak yang menawarkan berbagai model alat untuk menghemat listrik dari harga yang murah hingga yang berharga mahal. Dari yang pernah marak beredar di pasaran adalah di patok dengan harga kisaran 1 juta hingga 1,5 juta Rupiah yang menurut informasinya akan mampu menghemat listrik 10 sampai 40 %.

Tidak jarang juga mereka pihak penjual memberikan garansi jika ternyata alat tersebut tidak memberikan hasil yang memuaskan dalam rentang waktu setahun. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah alat tersebut benar benar efektif dan mampu untuk menghemat listrik anda?

Masalah dari penggunaan alat penghemat listrik

Menurut teori listrik, pemakaian listrik hanya dapat di tekan lebih irit jika menggunakan sebuah kompensator daya. Fungsi dasar alat ini adalah untuk menurunkan catu daya yang menyuplai peralatan elektronik yang terhubung dengan listrik.

Dengan pengertian bahwa catu daya yang di suplai telah di kurangi, maka secara teknis energy yang akan di pakai juga akan berkurang dibandingkan dengan kondisi normal. Jadi sebenarnya pemakaian alat penghemat listrik seperti yang banyak beredar ternyata tidak akan memberikan kontribusi seperti yang di gembar gemborkan oleh produsen.

Berharap ingin mendapatkan pemakaian listrik yang irit, yang terjadi sebenarnya justru mengurangi efisiensi alat alat elektronik di rumah anda karena di paksa bekerja di bawah kondisi normal akibat daya listrik yang dimanipulasi.

Seperti kasus yang banyak terjadi, penggunaan alat penghemat listrik mengakibatkan semua perangkat elektronik menjadi tidak maksimal seperti mesin AC dan Kulkas menjadi kurang dingin, lampu lampu meredup, mesin pompa air menjadi lambat.

Setelah diketahui perangkat elektronik anda bekerja dibawah kondisi standart, maka tidak menutup kemungkinan bahwa usia pakai alat alat rumah tangga anda juga beresiko akan cepat rusak. Alih alih ingin memperoleh biaya listrik yang hemat, justru berakibat anda merugi karena kerusakan alat rumah tangga anda. Baca juga tentang cara agar pompa air hemat listrik.

Dengan mengetahui fakta seperti dijelaskan diatas, maka sebaik apapun alat penghemat listrik tentunya adalah mengenai bagaimana cara anda mengatur penggunaan daya listrik agar lebih efisien dan tidak melakukan pemborosan. Bagaimana, apakah masih berminat untuk membeli alat penghemat listrik?

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf untuk respon yang lambat karena komentar yang masuk sangat banyak, dan bagi yang tidak mendapatkan reply, kemungkinan komentar masuk ke folder spam karena kepadatan server kami

Advertisement