Fungsi foot valve tusen klep pada pipa hisap

Mengetahui fungsi penting foot valve atau tusen klep yang ada pada pipa hisap mesin pompa air tentunya tidak akan melewatkan komponen yang satu ini pada setiap instalasi jetpump, sumur dangkal atau semi jetpump.

Berbeda dengan jenis pompa celup atau submersible yang mana tidak memerlukan foot valve karena bukan merupakan pompa permukaan, dan tidak bekerja menghisap melainkan mendorong air.

Sebagaimana sebuah klep atau katup, fungsi teknisnya adalah membuka dan menutup menyesuaikan dengan kinerja yang diperlukan.

Pada pipa hisap sebuah mesin pompa air, tusen klep berfungsi sebagai penahan aliran air yang telah berada pada pipa agar tidak kembali turun ke bawah.

Sedangkan ketika mesin pompa bekerja menghisap air, maka klep akan terbawa aliran sehingga dapat terbuka dan bertumpu pada dudukannya sampai mesin berhenti menghisap kemudian klep menutup kembali dengan sempurna.

Kebocoran pada tusen klep dapat mengakibatkan ruang impeller menjadi kosong dan memerlukan upaya pengisian secara manual (dipancing) agar lebih cepat mencapai titik vakum didalam ruang pipa hisapnya.

Untuk jenis pompa yang masih mengandalkan pressure switch sebagai kontrol on off nya, maka adanya kebocoran pada komponen foot valve bisa memicu otomatis pompa sering berbunyi akibat tekanan yang tidak bisa padat sepenuhnya.

Tusen Klep Yang Bagus

Memilih tusen klep (foot valve) yang bagus

Tusen klep yang ada dipasaran saat ini tersedia dua jenis dilihat dari material yang digunakannya.

Berbahan kuningan dan plastic meskipun memiliki fungsi yang sama, tentunya akan berbeda untuk daya tahan serta presisinya yang mana tusen klep kuningan lebih di ajurkan untuk jenis pompa yang memiliki tekanan tinggi.

18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf untuk respon yang lambat karena komentar yang masuk sangat banyak, dan bagi yang tidak mendapatkan reply, kemungkinan komentar masuk ke folder spam karena kepadatan server kami

Advertisement