Teknik perencanaan instalasi listrik rumah tangga yang benar

Memasang instalasi listrik untuk rumah tangga dengan benar memerlukan teknik perencanaan yang tepat selain bertujuan untuk keamanan dan kelayakan teknis instalasi juga akan membuat fungsi yang maksimal tanpa harus mengurangi estetika dasar sebuah bangunan rumah hunian.

Bukan hanya masalah penempatan titik atau poin dimana saklar, lampu dan stop kontak yang akan dipasang, namun juga aspek pemilihan bahan (material) seperti kabel, pipa kabel, sekering, isolator dan masih banyak lagi yang harus diperhitungkan tingkat kualitasnya.

Semakin baik kualitas bahan yang akan dipasang, maka akan memberikan keamanan dan meminimalisir dari segala resiko bahaya listrik terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya.

Untuk rumah tangga dengan daya 450 watt mungkin masih aman jika dipilih material kabel untuk istalasinya dengan ukuran kawat 1,5mm karena dengan daya sebesar 2 Ampere tersebut tentu saja akan lebih efektif dari pada penggunaan kabel berukuran besar yang justru akan banyak menyerap daya listrik tanpa menghasilkan energy yang bermanfaat bagi penggunanya meskipun notebane akan lebih aman.

Menghitung Biaya Instalasi Listrik Rumah Tangga

Di luar dari biaya penyambungan jaringan dan kwh meter listrik oleh PLN, pemasangan instalasi di area bangunan rumah biasanya akan dikerjakan oleh tukang atau jasa instalatir sesuai permintaan pemilik bangunan.

Setiap tukang listrik dapat merencanakan poin poin yang akan dipasang dengan memperhitungkan fungsi, keamanan, efisien dan estetika yang tepat sebagaimana rumah hunian keluarga yang nantinya akan ada aktifitas yang selalu berhubungan dengan listrik.

Secara sederhana, dalam bangunan apapun akan dipasang sedikitnya satu unit box MCB sebagai pusat distribusi dan pengaman instalasi listriknya. Untuk setiap ruangan biasanya ditempatkan lampu penerangan di tambah sebuah stop kontak menyesuaikan dengan kebutuhan perkakas elektronik yang nantinya akan diletakkan.

Biaya yang harus disediakan meliputi keperluan belanja material dan jasa pemasangan setelah poin poin tersebut ditetapkan, dan pada umumnya akan dihitung per poin (titik) dengan harga pasaran sesuai kualitas alat yang di pasang dan ketentuan standart ongkos tukang yang berlaku di daerah masing masing.

Instalasi-listrik-rumah-tanggaPeriksa Kualitas Kerja Instalatir

Sebagai pemilik rumah hendaknya berhak untuk mendapatkan kualitas kerja yang baik dari jasa instalatir yang di pakai, sebab listrik ini akan menemani kehidupannya sehari hari yang mana harus dapat dijamin keselamatan dan keamanannya dari segala bentuk bahaya listrik.

Pastikan pemasangan kabel tertata dengan rapi dan jalur pemasangan jelas kemana arah dan dari mana sumbernya. Khususnya pada bagian atas plafon, meskipun nantinya tidak akan tampak, kerapian dan kekuatan sambungan yang baik tetap harus di utamakan.

Banyak terjadi masalah kebakaran hanya karena kualitas pemasangan kabel listrik yang kurang bagus seperti sambungan yang longgar dan jalur yang tidak rapi sehingga mengakibatkan beban listrik yang tidak efisien, bahkan tidak jarang pula memicu kesalahan sambungan jika suatu ketika ada perbaikan oleh instalatir yang lain.

Jika biaya memungkinkan, akan lebih aman lagi jika pada setiap jalur distribusi dibagi dalam beberapa group MCB untuk memudahkan perawatan dan menjaga dari kerusakan total jika terjadi masalah pada titik tertentu. Sebagai contoh misalkan untuk ruang depan di buat jalur MCB-1 dan ruang belakang jalur MCB-2 dengan ini jika terjadi konsleting di ruang belakang, maka tidak akan berimbas hingga ke depan.

Seperti pada artikel sebelumnya tentang pemasangan listrik untuk pompa air, memang di anjurkan untuk setiap perkakas rumah tangga yang berdaya besar seperti AC, Kompor Listrik, Pompa air, dan alat alat besar lainnya akan lebih aman jika dibuatkan jalur distribusi tersendiri untuk mencegah terjadinya overload (beban yang melebihi) karena dapat memicu terbakarnya jalur instalasi.<pompair.com>

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf sementara belum bisa menjawab komentar, kami terkendala jaringan internet dilokasi proyek saat ini sedang berada di area pedalaman. Terimakasih

Advertisement