Spesifikasi dan Definisi Unit Mesin Pompa Air Irigasi dan Drainase

Unit mesin pompa air untuk irigasi dan drainase adalah sarana yang di pakai dalam penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian atau kebutuhan proyek lainnya yang meliputi irigasi pengairan sawah, pengairan kolam peternakan, irigasi air bawah tanah, irigasi wahana wisata air, serta untuk memenuhi kebutuhan proyek pembangunan.

Irigasi berarti mengalirkan air secara buatan dari sumber air yang tersedia kepada sebidang lahan untuk memenuhi kebutuhan baik permanen ataupun hanya sementara.

Sedangkan untuk drainase adalah salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen penting dalam perencanaan kota (perencanaan infrastruktur khususnya). Berikut beberapa pengertian drainase :

Drainase juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas. Drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal.

Drainase berfungsi untuk mengalirkan air permukaan ke badan air (sumber air permukaan dan bawah permkaan tanah) dan atau bangunan resapan. Selain itu juga berfungsi sebagai pengendali kebutuhan air permukaan dengan tindakan untuk memperbaiki daerah becek, genangan air dan banjir.

Mesin-pompa-air-irigasi-drainaseMemilih pompa air irigasi dan drainase

Sebelum menentukan jenis pompa irigasi yang akan dipilih hendaklah memastikan lokasi dan jenis pekerjaan yang akan menggunakan mesin pompa ini. Karena dipasaran telah tersedia model pompa irigasi dengan dua jenis mesin penggeraknya yaitu pompa irigasi dengan motor listrik dan pompa bermesin bahan bakar disel dan bensin.

Untuk area yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik, tentu saja harus menggunakan jenis pompa dengan mesin disel atau bensin. Dari kedua jenis inipun juga masih terbagi lagi untuk spesifikasi ukuran yang harus disesuaikan dengan kebutuhan mulai ukuran power (PK) atau ukuran inlet outlet diameter pipa nya.

Masyarakat sekarang inipun telah banyak melakukan serangkaian experiment yang bertujuan untuk menekan biaya belanja unit pompa irigasi yang memang tergolong mahal dengan cara melakukan berbagai modifikasi pompa air atau membuat unit pompa irigasi rakitan.

Untuk pompa bermesin disel biasanya sangat fleksibel dan cukup mudah dalam penempatannya karena tidak terlalu dipusingkan masalah resiko terhadap bahaya jaringan listrik ketika kondisi cuaca buruk ataupun medan yang sulit.

Sedangkan unit pompa irigasi dan drainase dengan motor listrik akan lebih tepat jika digunakan pada lokasi yang sudah permanent seperti di dalam gedung yang telah beroperasi dan pada tempat tempat yang termasuk publik area karena tidak menimbulkan polusi asap mesin ataupun suara yang bising.<pompair.com>

67 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf sementara belum bisa menjawab komentar, kami terkendala jaringan internet dilokasi proyek saat ini sedang berada di area pedalaman. Terimakasih

Advertisement