Sistem Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control)

Banyak ragam jenis unit otomatis yang dapat di aplikasikan sebagai kontrol atau saklar pengatur hidup dan matinya mesin pompa air menyesuaikan dengan sistem instalasi atau jenis unit pompa yang akan digunakan.

Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control) / Alat Pengontrol Level Air (Liquid Level Control Switch) utamanya digunakan sebagai kontrol pada Toren / Tandon / Tempat Penampungan Air, dan lain sebagainya. Produk dengan merek York adalah yang paling banyak terdapat dipasaran.

Unit ini pada peket pembeliannya disertakan kabel dengan panjang yang berbeda antara merk satu dengan yang lain bahkan juga bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Pelampung OtomatisSaklar pelampung atau float switch, adalah sebuah unit saklar diskret yang memiliki fungsi untuk mengontrol level permukaan cairan di sebuah wadah penampungan. Posisi level cairan dalam tangki digunakan untuk men-trigger perubahan kontak saklar. Posisi level switch ada yang horizontal dan ada yang vertikal.

Floating kontrol ini lebih cocok dipasang sebagai pengganti jenis otomatis model pressure switch yang cenderung kurang awet apabila dipasang untuk mesin pompa dengan daya dan tekanan besar. Selain itu juga sebagai pilihan lain dari jenis otomatis pelampung yang masih konvensional yang kurang kuat dengan daya listrik besar.

Cara kerja pelampung air otomatis

Cara Kerja Pelampung Air OtomatisPenggunaan untuk posisi horizontal, ketika level permukaan air menurun,  maka unit pelampung akan mengikuti sehingga merubah posisi kontak begitu pula sebaliknya.

Untuk penggunaan pada posisi vertikal di dalam pelampung terdapat magnet tetap, yang bergerak naik turun mengikuti tinggi permukaan cairan.

Di dalam pipa bagian tengah pelampung terdapat saklar yang membuka dan menutupnya dikerjakan oleh piston yang bergerak mengikuti magnet tetap di dalam pelampung.

Paling umum penggunaan unit otomatis pelampung air ini difungsikan sebagai kontrol menghidupkan mesin pompa ketika tangki, tandon, toren atau penampungan air lainnya dalam kondisi kosong kemudian mematikan unit mesin pompa ketika kapasitas air sudah penuh.

Selain itu, piranti ini juga dapat difungsikan sebagai safety kontrol yaitu pengaturan untuk menghidupkan mesin apabila terdapat sumber air dan mematikan mesin pompa ketika stok sumber air kosong agar unit mesin pompa aman dari resiko overheat karena kekurangan air.

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf sementara belum bisa menjawab komentar, kami terkendala jaringan internet dilokasi proyek saat ini sedang berada di area pedalaman. Terimakasih

Advertisement