Memasang Mesin Pompa Air Dorong/Booster Pump Fungsi dan Teknisnya

Fungsi utama booster pump atau pompa air dorong adalah untuk memenuhi distribusi air pada lokasi dengan jarak atau ketinggian tertentu yang secara teknis sulit di jangkau dengan maksimal jika hanya menggunakan pompa air sumur dengan spek total head yang rendah.

Seperti pada bangunan rumah tingkat lebih dari 3 lantai atau gedung gedung tinggi lainnya, karena pada umumnya memiliki tandon air (profil tank) yang berada pada posisi tertinggi, maka penggunaan pompa dorong sudah lazim digunakan sebagai penyuplai air agar memperoleh debit yang maksimal atau untuk meningkatkan tekana air.

Dalam kondisi tertentu, pompa air dorong (booster pump) juga di fungsikan sebagai penambah tekanan air dari profil tank menuju pipa pipa distribusi jika area yang ingin di layani cukup banyak, dan berkemungkinan akan bekerja secara bersamaan ketika membuka kran air.

Selain itu, masalah aliran air kran yang tidak sama juga dapat disebabkan oleh instalasi pipa yang kurang tepat. Baca juga tentang Analisa masalah debit air kran.

Penggunaan pompa air dorong ini lebih menghemat listrik karena daya listrik yang dibutuhkan biasanya lebih kecil. Selain itu sistem otomatis pompa ini tidak menggunakan pressure switch, tetapi menggunakan sejenis bola magnet yang berfungsi ketika ada aliran air.

Penggunaan otomatis jenis ini juga memiliki keuntungan lain, karena bila tidak ada air, pompa tidak akan bekerja. Sehingga kita terhindar dari resiko kerusakan atau terbakarnya pompa bila kita sampai lupa mengisi penampungan air.

Ada 2 jenis pompa booster, yaitu pompa booster untuk rumah tangga dan untuk industri (hotel, kostan, industri, apartemen, dll).

Pompa booster untuk rumah tangga, saat ini tersedia dari beberapa merk pompa terkenal, yaitu Grundfos dan Wasser. Merk Wasser menawarkan beberapa pilihan, yaitu PB-60EA, PB-169EA dan PB-218EA. Grundfos juga menawarkan 2 pilihan, yaitu UPA 15-90 dan UPA 120.

Tips memasang pompa booster

  • Tipe pompa booster yang kecil lebih optimal untuk penggunaan 1 atau maksimum 2 titik air saja, dan lebih disarankan untuk diletakkan lebih dekat ke titik airnya. Jadi bila anda menggunakan pompa paendorong untuk menambah tekanan air untuk shower / water heater, akan lebih optimal bila unit ini diletakkan tidak jauh dari shower atau water heater mungkin sekitar 1 – 2 meter.
  • Sedangkan bila anda ingin pompa diletakkan dekat dengan penampungan air, atau jumlah titik air lebih dari 2, akan lebih optimal bila menggunakan pompa booster dengan tipe yang lebih besar.
  • Pompa ini dipasang setelah keluaran air dari toren jadi posisi pompa harus disamping bawah toren agar mendapat dorongan air dari toren.
  • Berbeda dengan pompa sumur dangkal atau pompa jet pump yang menggunakan tekanan air sebagai pemutus arusnya. Pompa biasa bila digunakan untuk pompa dorong akan sering terjadi gangguan pada otomatisnya dikarenakan kran air yang ditutup buka akan masuk udara,sehingga mempengaruhi otomatis pompa.
  • Jangan lupa baca buku manual yang terdapat didalam kemasan.

Bila anda kesulitan untuk menentukan tipe pompa silahkan hubungi kami untuk menentukan pompa apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Pompa booster merupakan sebuah alternatif jika penggunaan mesin pompa sumur dangkal tidak mampu untuk memberikan tekanan distribusi atau tekanan output debit air yang kuat. Jadi secara mekanis nya pompa booster tidak dapat digunakan sebagai penghisap air yang berada di bawah level unit pompa.<pompair.com>

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

74 KOMENTAR

  1. Selamat siang, saya baru saja memasang tandon kapasitas 500 liter dengan ketinggian 1,3 meter dari lantai, dan posisi keran kamar mandi 1 meter dari lantai dengan jarak 7 meter dari tandon. Yang ingin saya tanyakan apakah ketika memasang pompa dorong dapat mendorong air naik ke keran kamar mandi? Atau lebih tinggi (jika pasang shower)?

    • Memasang pompa dorong memang sangat efektif untuk menambah tekanan air. Dan jika akan menggunakan pompa air biasa yang di alih fungsikan sebagai pompa dorong maka pemasangan harus benar benar tepat karena tidak semudah memasang pompa booster yang sebenarnya.

    • Jika mesin tidak mau hidup namun timbul panas berarti ada masalah dengan dinamo pompa. Kemungkinan lain adalah pada suply tegangan listrik yang tidak mumpuni.

  2. Halo mas admin, sudah 2 hari ini pompa air dirumah bermasalah.
    1. Pompa sering saya pancing agar air dr bawah bisa terhisap oleh pompa.
    2. Setelah air berhasil dihisap distribusi air tidak lancar, terbukti air tidak keluar di keran kamar mandi.

    Apakah permasalahan ada di pompa saya?

    • Semestinya kalau air sudah terhisap maka dapat sampai ke kran tanpa masalah kecuali pipa instalasinya yang belum beres. Coba saja pompa dihidukan tanpa menyuply instalasi apakah bisa menyemburkan air dengan baik?

  3. Salam kenal pak mau tanya saya pakai semi jetpum kedalaman sumur 7 meter mesin saya letakan diatas sumur antara mesin ke permukaan air 4 meter,dari mesin ke titik naiknya air ke tandon 10 meter dari titik naik 3 meter tapi air yang mengalir ke tandon lambat yang ingin saya tanyakan mesin apa yang bisa saya gunakan untuk mendorong air ke tandon setelah pompa sumur dangkal,terima kasih

    • Pompa sumur dangkal biasanya masih cukup mumpuni kalau untuk mendorong setinggi 20 meter. Coba di test dulu tanpa menghubungkan pipa output apakah debit air dari pompa masih besar?

  4. min maff mau tanya, di rumah saya air keluar nya kadang besar kadang kecil malh kadang2 tidak keluar sama sekalil.. saya pikir emang torennya yang kosong, ternyata stelah saya chek isi toren penuh.. itu gimana ya solusinya min ?

    • Jika instalasi di suplay oleh toren tanpa pompa maka kemungkinan ada penyumbatan pada jalur pipa utamanya. Solusinya adalah dengan memasang pompa pada inlet dari toren atau membuat bypass agar tekanan pompa bisa mendorong material yang menyumbat apabila terdapat pada instalasi.

      Usahakan melepas dahulu semua kran terpasang ketika meniup instalasi dengan mesin pompa.

    • Harus terpasang valve (stop kran) pada saluran keluar kira kira berjarak 30cm dari mesin pompa. Kemudian hidupkan pompa dan tutup valve. Cari setingan pressure switch sampai pompa bisa off. jika tidak bisa ditemukan maka ada indikasi pessure switch sudah tidak berfungsi normal.

  5. Saya berencana mau membeli pompa pompa merk. GRUNDFOS, akan tetapi saya tidak tahu type yang cocok untuk saya gunakan.sebagai informasi saya bermaksud menggunakan pompa tersebut untuk keperluan rumah tangga dimana saya tinggal di ruko 3 lt dan mempunyai titik/kran air sebanyak +/- 6 bh.
    Mohon informasinya.
    Terima kasih.

    • Yang terpenting harus diketahui lebih dulu mengenai sumber air yang akan dipasang mesin pompa. Berapa kedalaman sumber airnya, kemudian seberapa jauh jarak mesin pompa akan dipasang dari sumber airnya.

      Hal ini untuk mengetahui spesifikasi unit pompa yang akan dipilih agar sesuai dengan kebutuhan.

  6. Slm kenal pak..
    Sy mau tnya..max setting pressure booster pump di sistem WTP berapa y???
    Krn sy boros sekali penggunaan bigblue,sedimentfilter dan carbon filternya..10 hr saja out supply air kecil..
    Sy setting pressurenya 5 bar.. adkah pengaruh tekanan booster thdp livetimenya filter.. sy jg pake backwash filter… Trimkasih atas tanggapan Bpk..

  7. Mas admin kalau utk rmh tangga baiknya pakai booster pump yg kapasitas brp (type dan merk). Tinggi tempat tandon dari tanah 3 mtr. Ada 10 kran air. Pemakaian air normal rumah tangga.
    Mohon masukan juga apa sebaiknya pakai booster air atau pompa air ? Trmksh

    • Untuk kemudahan instalasi memang lebih efektif menggunakan pompa booster. Namun untuk harga akan lebih murah menggunakan pompa air sumur dangkal dengan pemasangan yang tepat bisa di simak skemanya pada artikel memasang pompa dorong.

  8. Metmalam om.mohon ijin tanya.tandon air sy kapaditas 550 lter diketinggian 3m.utk mendorong air ke kran (ada yg jarak 10 m ada yg jarak 20 m dan ada jg yg jaraknya 25m dr pompa booster merk York type YRK B 245/12 tp kok tekanan air kran dan sower blm memuaskan.mohon bantuan apa solusinya?terima kasih om admin

    • Pengetesan, matikan seluruh kran kecuali shower apakah cukup memuaskan?
      Buka seluruh kran dan shower apakah ada salah satu yang mengalir kencang atau semuanya mengalirkan debit yang sama?

  9. Pak Admin, saya baru saja memasang pompa dorong Grunfos CM5-28, yang terjadi justru tekanannya terlalu kuat sehingga ada keran-keran yang copot dan bocor. Pertanyaan saya, bagaimana cara mengecilkan tekanan keluaran pompa, apakah ada keran khusus yang bisa membatasi tekanan keluaran pompa dorong?

    • Tidak bisa pak. Menghambat tekanan yang besar akan beresiko pada kinerja pompa.

      Namun apabila pompa dorong tersebut telah dilengkapi dengan pressure switch maka bisa dipasang stop kran untuk membatasi kapasitas airnya dengan catatan unit pompa dirangkai dengan tabung pressure kapasitas besar.

  10. Mo tanya, rmh sy lantai 3. Tsnki air 500 ltr posisinya sejajar dengan kmr mandi. Kran di kmar mandi nyala tp kalau air di tsnk tinggal separuh kran dikmr mndi tidak menyala. Apskah bisa menggunakan booster pompa air supaya air menyala terus dikmr mandi dilantsi 3.

    • Apabila kondisinya tanki air tidak bisa di tinggikan lagi, maka hanya dengan cara di dorong dengan pompa sebagai solusinya.

  11. sumur tipe dangkal..jarak mesin ke tandon 50 meter dgn posisi pipa agak menanjak rata2 ketinggian pipa 10 meter dgn pipa berkelok kelok karena menyebrang jalan…pompa apa yg cocok min…?

    • Kedalaman sumber air berapa meter? Jenis sumber air dari sumur, danau, pengeboran atau sungai? berapa daya listrik yang teresdia? beberapa faktor tersebut sangat mempengaruhi jenis pompa apa yang paling sesuai.

  12. Selamat sore mas admin, sy mau tanya mas kalau pompa booster lewat fitler buat air bersih tiba2 masuk angin dan suply air kecil ke tank air bersih,penyebab masuk angin kenapa ya mas??

    • Pompa dipasang sebelum filter air? jika masuk angin pada pipa hisap tentunya tidak akan dapat menyuplai air. Dan apabila masuk angin pada pipa output tentunya tidak akan berpengaruh apa apa.

      Persoalan debit air menjadi lemah bisa karena faktor lain, seperti pompa tidak optimal karena suplai listrik drop atau pada motor dan impelernya.
      Tetapi jika pompa dipang setelah filter air, ini yang memicu suplay air menuju pompa terhambat. Pompa boster akan lebih optimal mendorong air melewati filter daripada menghisap melewati filter.

  13. salam kenala mas admin
    saya tanya:
    sumur or saya kedalaman 12 meter permukaaan air meter
    jarak sumur ke angunan 10 meter dan tandon air di atas bangunan setinggi 10 meter
    mohon advice jenis pompa air jenis apa yang cocok dengan kebutuhan saya
    jika ada rekom yang kualitas bagus dan hemat daya listrik
    terima kasih

    • Menggunakan pompa jetpump pak, dengan daya listrik sekitar 250 watt. Contoh produk : Shimizu PC-250 BIT

    • Hal tersebut menandakan ada indikasi kebocoran pada instalasinya. Sebaiknya segera diperiksa secara menyeluruh.

  14. Siang Pak..
    Mau Tanya : pompa bosster watt sama cuma beda harga dan merk. Apakah hasil kekuatan daya dorong sama?
    Sekarang pakai pompa biasa shimitsu 150watt dorongan nya lumaya, mau ganti pompa bosster.
    idealnya pakai brp watt spy daya dorongnya lbh kuat. aku pakai 5 kran
    Terima Kasih Pak atsa infonya…

    • Memiliki data spesifikasi yang sama namun berbeda merek biasanya kinerjanya juga akan berbeda

      Jika menggunakan pompa jenis sumur dangkal sudah bisa mencapai tekanan yang diharapkan atau setidaknya sudah maksimal maka tidak perlu lagi menggunakan pompa booster karena perbedaannya juga tidak akan terlalu signifikan apalagi jika instalasi pemipaannya sudah tidak sesuai dengan standart teknis yang benar dan sulit untuk dilakukan perbaikan karena sudah tertanam.

  15. selamat siang..

    mau bertanya, saya menggunakan pompa dorong wasser pb169, awal-awal penggunaaan tidak masalah, namun ketika kemarin saya mengganti keran jet shower spay kloset, ketika saya menghidupkan keran shower head, aliran air tersendat-sendat, baru normal klo saya buka 2 keran sekaligus. itu kenapa yaa? apakah faktor keran yang baru saya pasang? jika iya, kenapa shower head ikut terpengaruh?

    mohon bantuannya..

    • Hal tersebut akibat dari kran baru tersebut memiliki bukaan yang relatif kecil sehingga memicu tekanan pompa cepat meningkat sehingga pressure switch akan lebih cepat on off.

  16. Selamat Sore,
    Saya pasang pompa pendorong Shimizu 135Bit untuk dari Tandon setinggi 4 meter-an menuju ke pompa tersebut dan menuju ke instalasi rumah, menggunakan pipa hisap dan pipa dorong sebesar 1/2″. Tapi setiap kali habis mennyalakan kran, pompa mati di iringi bunyi berisik dari pipa hisap, pipa bergetar kencang menghantam2 tembok (karena pipa nempel dengan tembok), kadang sebentar, kadang bisa sampai 15detik-an, kira2 dikarenakan apa ya min?
    Trimakasih sebelumnya..

    • Pastikan pada bagian pipa hisap sudah terpasang foot valve (tusen klep) agar ketika kran ditutup tidak terjadi flow back sehingga pressure switch dapat langsung off.

  17. Mas Admin,..mau tanya nih kalau instalasi gedung lantai 3 tandon saya taruh atap 3600liter sumber air dr grountank bawah tanah,kira2 pompa apa saja yang harus sya pasang ya?cukup 1 atau berapa?dan untuk suplay air biar kenceng di lantai 3 nya apa perlu dipasang pompa lg,apa jenisnya?terima kasih banyak mas,..semoa berkah

    • Untuk menyuplai tandon air setinggi 3 lantai atau max 16 meter masih memungkinkan menggunakan pompa jenis jetpump. Kemudian agar debit air kran di lantai 3 bisa deras tidak musti menggunakan pompa dorong.

      Yang paling penting adalah instalasi pipa yang benar. Sebaiknya untuk masing2 lantai menggunakan jalur pipa induk sendiri yang disuply langsung dari tangki air. Artinya bukan diambil dari pencabangan (TEE) satu pipa utama. Biasanya harus membuat lubang baru pada tangki untuk masing2 jalur pipanya.

  18. Mau tanya pompa air yg tekanannya tinggi agar sekalian bisa pake high preasure sekaligus keran rumah apa ya?

    • GRUNDFOS PRESSURE BOOSTER PUMP CMB 3-4, 60L (0.7 HP) Bisa coba search di google mengenai spesifikasi serta modelnya.

  19. Mau tanya: untuk kos kosan 2 lt dengan kamar 30 unit pake pompa dorong apa pak dan berapa diameter pipa utamanya? Terimakasih informasinya

    • Kapasitas tangki air berapa liter? Apakah yang anda maksud pompa dorong untuk menambah tekanan air atau pompa suplai untuk pengisian tangki air?

      Untuk pipa instalasi jaringan gunakan diameter minimal 1 inch sebagai pipa induk (utama)

  20. Selamat pagi Pak
    Mohon pencerahan,saya pasang pompa air shimizu jet-108 bit,saya mengalami kendala dimana supplai air menuju tandon sangat sedikit bahkan terkadang tidak mampu memompa air ke tandon sama sekali,sebagai informasi kedalaman sumur saya sekitar 18 meter,posisi pompa saya letakan di permukaaan atau diatas sumur,untuk tinggi tandon sekitar 4 meter yg berjarak sekitar 8 meter dari pompa,apakah ada solusi untuk masalah ini? Terima kasih sebelumnya Pak

    • Pompa tersebut termasuk jenis semijet yang memiliki spesifikasi daya hisap maksimum hanya 11 meter dengan pipa hisap diameter 1 inch. Jadi apabila instalasinya pipa hisap melebihi panjang 11 meter (mulai unit pompa sampai ujung tusen klep) maka dapat dipastikan kinerja pompa tidak akan bisa optimal.

  21. saya punya toren ukuran 1000 liter, tinggi dari tanah cuma 2 meter. bagaimana istalasi yg baiknya? apakah otomatis flow switch tidak berjalan kalo aliran dari toren kurang kencang?

    • Untuk teknis instalasi menggunakan pompa dorong yang bersumber dari tandon air yang sudah berada pada ketinggian (posisi di atas level pompa) tidak akan berpengaruh terhadap flow switch.

  22. Maap bang mau nanya. Sya pasang booster pump merk wasser, sya psang sejajar dgan toren 500ltr, pas kran dibuka msin tdak mau nyala. Klo automtic nya di ckel dikit dia nyala. Tpi pas kran di tutup, tdak mau mati. Apa out dri toren kekecilan?

    • Tampaknya ada persoalan pada bagian flow switchnya. Pompa booster tidak terpengaruh oleh besar kecilnya toren, tetapi yang terpenting adalah posisi pemasangannya berada pada level dibawah toren supaya pompa tersuplai air secara langsung tanpa adanya daya hisap pompa.

  23. Salam Bang..mau nanya. saya punya kontrakan 2 lantai. Lantai bawah 3 pintu, atas juga 3 pintu. Masing2 semuanya ada kamar mandi dalamnya. WaterTorn kap.2000ltr hanya 1bh, dengan ketinggian sejajar lantai 2. Pertanyaan nya (1) butuh booster brp buah, (2)type apa sebaiknya dan (3)diletakkan dimana sebaiknya boosternya.
    Terimakasih bang, Wassalam, semoga sukses dan sehat selalu.

    • Cukup satu pompa booster saja diletakkan pada output tandon yang akan menyuplai khusus jaringan instalasi lantai 2. Sedangkan jalur instalasi lantai 1 sebaiknya menggunakan pipa output sendiri dari tadon (terpisah dengan output LT2).

      Untuk merek pompa booster sebenarnya sangat relatif tergantung penggunaannya.

  24. Numpang tanya Min…

    Saya baru install pompa sumur dangkal untuk keperluan booster tekanan air. Saya menggunakan SANYO yang 125 Watt… peletakan sejajar toren di lantai 3 rumah, jarak 1 Meter dari torent…

    pertanyaanya, mengapa saat otomatis bekerja, pipa paralon seperti berbunyi2 ? seperti ada tendangan kencang di dalam pipa. apakah karen inlet pompa 1 inch saya rubah ke 1/2 inch ?

    • Permasalahan seperti ini seringkali terjadi ketika sebuah unit mesin pompa hisap di aplikasikan sebagai pompa dorong. Sebenarnya kesalahan sering terjadi pada instalasi pipa hisapnya.

      Silakan disimak ulasan yang membahas kesalahan pemasangan pompa dorong disini.

  25. Selamat malam. Saya sdg membuat kos. 2 lantai. 33 kamar. Rencana 2 tandon kapasitas 4000 liter dan groundwater tank 6000 liter. Air tanah diperkirakan posisi 80 sd 100 meter. Mohon masukan jenis pompa yg baik dan rangkaian yg ideal. Kamar mandi memakai shower. Mohon sekali. Tks mas

    • Untuk memenuhi kebutuhan air 6000 Liter dengan kedalaman sumur sampai 100 meter sebaiknya menggunakan pompa jenis submersible sebagai water suply ground water. Sedangkan untuk pompa transfer menuju tandon atas berkapasitas 4000 liter bisa memilih pompa jenis Pompa Transfer Grundfos NF 30-18.

      Rangkaian instalasi pipa tidak begitu rumit namun justru perangkat pengaman elektrikalnya yang harus lebih detail mengingat 2 pompa ini harus bekerja secara estafet dan sinkron menyesuaikan kebutuhan suply serta drain.

  26. Met malem min…
    Boleh saya tanya
    Saya mau bikin sumur bor yg kira2 kedalaman sumur sampai 12-15 mtr dan permukaan air nnt kira” di 12-13 mtr …
    Nah pertanyaan saya ..yg spec pompa nya kira yg bagaimana da kira” yg nggk terlalu mahal apa ya ….
    Terima kasih …

    • Untuk kedalaman sumur yang sudah melebihi 9 meter maka minimal harus menggunakan spek jetpump dengan lubang pengeboran minimal 4 inch.

  27. Mohon pencerahan. Kran air dirumah keluar airnya kecil karena tersumbat lumut. Apakah bisa menggunakan pompa dorong supaya air bisa terdorong kuat. Info: toren air terletak di atap lantai 2. Mohon pencerahannya… Terimakasih…

    • Apakah sudah dipastikan saluran pipa tersumbat lumut? jika memang demikian upaya yang dilakukan adalah dengan membersihkan saluran menggunakan tekanan air daya tinggi seperti water jet.

  28. Saya pakai pompa pendorong tipe flow switch, saat keran dibuka, terlihat di saklar (dengan tombol lampu) tegangannya seperti drop, sehingga pompa pendorong tidak bekerja. Biasanya tidak demikian. Mohon pencerahannya.

    • Sebaiknya dipastikan apakah unit pompa dalam kondisi prima (terutama bagian motor) bisa di test dengan dihubungkan listrik diluar sistem kerja artinya dilepas dari instalasinya tanpa melalui switch flow.

      Apabila mesin dapat hidup normal dapat dipastikan bahwa pada flow switch bermasalah.

  29. Mo tnya : jenis pompa apa yg pny dya hisap 40-60 mtr dgn daya dorongnya bs 1,5 kilomter. Trs ditmpung k gwt bru pke pompa lg sejauh 1,5-2 kilomter.
    Tq

  30. Numpang tanya min, saya punya permasalahan mesin pompa hidup terus. Mesin pompa merk SANYO semi jet 125 watt yang dipakai untuk mendorong air dari tandon 500L di ketinggian 3 meter untuk keperluan water heater. Saya pasang pompa 1 meter dari output tandon dengan otomatis water flow yang dipasang 30cm dari output pompa. Awal – awal lancar tetapi setelah kurang lebih 3 bulan, mesin pompa hidup terus ketika kran ditutup. Saya sudah coba ganti otomatis water flow dengan yang baru, hasilnya normal lagi. Tetapi jangka waktu yang hampir sama (kurang lebih 3 bulan) mesin pompa bermaslah lagi (hidup terus). Tolong solusinya min. Tks

    • Apabila memakai jenis pompa sumur dangkal untuk dijadikan pendorong, disarankan untuk memasang pressure switch saja sebagai kontrol otomatisnya karena akan lebih awet dan seting tidak akan mudah berubah.

  31. Pak Admin.. saya telah memasang pompa booster wasser type PB-218EA dengan sensor otomatis switch flow.. pompa untuk pendorong air dr 2 tandon yang ada di atas dak lt-3 untuk dorong air ke lantai 3 (elevasi turun 3 m), Lt-2 (- 6m) dan lantai-1 (-9m).. sensor otomatis tidak dapat berfungsi jika semua lantai ini didorong, dan setelah dicoba-coba jika stop kran suplai ke lantai-1 ditutup baru berfungsi otomatisnya.. apakah memang pendorong dengan sensor otomatis flow switch tidak bisa mendorong lagi untuk elevasi dibawah 9m? apakah ada saran untuk pompa dorong yang dapat mengakomodir banyak lantai? terimakasih

  32. Mas, saya pakai pompa shimizu ps135e untuk keperluan water heater tipe gas, awalnya berjalan sempurna, namun sekarang pompa nya, setiap kali kran air panas dibuka, dia nyala mati setiap sati detik, seperti saklar on off on off, dan pipa pun bergoyang karena hal itu, apa ini disebabkan debit keluaran tidak sesuai dengan kapasitas pompa, sehingga pressure switch harus disetel ulang? Mohon penjelasannya

  33. Maaf mas admin mau nanya, rumah saya terdiri dari 2 lantai dan diperuntukkan untuk kosan di lantai 2 nya, posisi toren di lantai 2 atas genteng. kira2 tinggi 10 meteran dari tanah… kapasitas toren 520 liter. untuk 6 kamar kosan kira2 pakai booster berapa titik dan jenis apa yang bisa mensuplai air ke masing2 KM jika digunakan bersamaan?

  34. Mas, perkenalkan saya Edi dari Papua.
    Rencana saya mau tarik air dari sungai yang jaraknya sekitar 200m dari rumah, dengan beda ketinggian antara 30-45 derajat,dengan rencana memasang pompa air dijarak 3m dari pinggir sungai. Pakai pompa tipe apa yg bagus dan mampu mendorong air sejauh 200m itu? Terima kasih sebelumnya

  35. Om Admin mau tanya om.
    Saya punya Toren Air dengan ketinggian sekitar 2,5-3 m dari lantai-2. Dibawah toren (tandon) air saya pasang booster pump Shimitzu dengan menggunakan automatic flow switch. Automatic flow switch nya selalu on off dengan jeda yang sangat pendek, sehingga saya sering ganti automatic nya (rata-rata 2-3 bulan sekali).
    Secara Teori : Pasti ada kebocoran dijaringan perpipaan distribusi/ pemakaian.
    Faktanya : Mencari kebocorannya sangat sulit. Di lokasi yang terlihat mata (termasuk closet) sama sekali tidak ada bocoran. Di lokasi yang tidak terlihat mata (jalur pipa di dalam tembok), tidak bisa dilihat kalau ada bocoran. Sendainya bocorpun, pasti akan ada rembesan/ basah/ lembab di temboknya. Faktanya : Tembok dinding dan lantai kering dan tidak lembab, Jadi, tidak ada bocoran..
    Mohon bantuan om Admin, bagaimana solusinya?
    Thanks om Admin.

  36. Selamat malam kak…
    Saya butuh pencerahan masalah daya dorong dari pompa jet pump Shimizu yang keluarnya tetap kecil setelah lewat filter air (yg sdh dibersihkan) yang ditaruh di atas ruko (tingginya 20 meteran)
    Pertanyaan saya apakah perlu tambahan pompa pedorong atau ganti pompa jet pump nya…?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini