Solusi Untuk Mengatasi Debit Air Kran Yang Mengalir Kecil dan Lemah

Memiliki masalah dengan air kran yang mengalir terlalu kecil atau sangat lemah memang sangat menjengkelkan ketika kita sedang membutuhkan air dalam jumlah yang banyak baik untuk mandi, mencuci kendaraan ataupun menyiram taman.

Permasalahan seperti ini lebih serig dialami oleh pengguna jasa air bersih (PAM) yang disebabkan oleh berbagai alasan teknis dari jaringan pipa distribusinya.

Namun tidak jarang pula bagi rumah tangga yang sudah memiliki sumber air sendiri dengan mesin pompa air namun tetap saja mendapati aliran beberapa kran dalam satu rumah ternyata tidak sama. Misalkan kenapa kran di dapur airnya lebih kencang daripada di taman?

Advertisement

Hal ini bisa dianalisa dari penerapan instalasi pipa apakah sudah sesuai dengan teknis pemipaan yang baik dan benar.

Jika distribusi air disuplai oleh daya dorong sebuah mesin pompa, maka masalah yang menyebabkan aliran kran didalam satu rumah menjadi tidak sama rata tekanannya adalah karena jarak yang berbeda antara masing masing kran terhadap unit mesin pompa.

Demikian pula jika air disuplai dari sebuah tanki atau tandon air yang berada pada ketinggian tertentu namun kenapa tetap saja aliran air kran yang berada pada lantai 2 lebih kecil daripada yang berada di lantai bawahnya? Kalau untuk kasus seperti ini tentu saja hukum grafitasi akan berlaku dan mutlak tidak bisa diganggu gugat lagi.

Masalah-Air-Kran-Kecil-Melemah

Cara mengatasi air kran mengalir kecil dan tekanan sangat lemah

Dari kedua permasalahan di atas sesungguhnya masih bisa diatasi dengan teknik instalasi pipa air yang benar dan tepat, agar menghasilkan aliran air yang sama untuk masing masing kran meskipun ada beberapa kran yang dibuka secara bersamaan namun tidak ada salah satu yang mengalami penurunan debitnya.

Baik untuk suplai air yang di dorong secara mekanis dengan menggunakan mesin pompa ataupun yang hanya disuplai dari sebuah tandon air, keduanya tetap bisa mendapatkan hasil yang baik dengan syarat siap untuk menambah biaya pada tahap pemasangan pipa instalasinya.

Dengan penambahan bahan pipa yang agak boros karena mengaplikasikan system pemipaan tertutup yang artinya jalur distribusi pipa dibuat menyambung penuh (melingkar) maka debit air yang di hasilkan untuk setiap kran akan sama tekanannya. Lihat gambar.Instalasi-pipa-yang-benar

Lalu agar kran antara lantai atas dan lantai bawah bisa memiliki tekanan air yang sama, juga tetap harus dipasang instalasi pipa tertutup untuk masing masing lantai dengan jalur suplai yang berbeda dari sumber utamanya. Lihat gambar.Instalasi-pipa-air-lantai-2

Kesalahan yang paling sering terjadi sehingga mengakibatkan tekanan air kran yang tidak merata adalah model instalasi pipa induk yang lebih memilih menempel di dinding dari pada melalui jalur bawah (lantai). Lihat gambar.Instalasi-pipa-air-rumah-tangga

Pemasangan pipa distribusi induk yang menempel di dinding akan membuat tekanan air menjadi tidak merata antara kran yang satu dengan yang lain karena ada kemungkinan posisi kran dalam satu rumah tentu saja memiliki ketinggian yang berbeda pula penempatannya.

Namun untuk mengatasi perbedaan ketingian ini agar air kran tetap mengalir dengan tekanan yang sama, maka model pemasangan instalasi pipa tertutup dan memilih pemasangan jalur pipa distribusi induk melalui lantai akan menjadi solusi paling tepat mengatasi masalah air kran mengalir kecil di rumah anda.<pompair.com>

204 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.