Apakah Pemanas Air Gas Berbahaya? Berikut ini Tips Aman Menggunakannya

Saat musim hujan seperti ini mandi dengan air hangat merupakan hal yang sangat menyenangkan apalagi jika Anda dalam kondisi lelah setelah seharian beraktifitas di luar rumah.

Rasa lelah seolah sirna setelah mandi menggunakan air hangat dari alat pemanas air, water heater atau yang biasa akrab kita dengar merupakan mesin pemanas air yang dapat menyajikan air hangat dengan praktis tanpa perlu lagi Anda repot-repot memanaskan air secara manual.

Karenanya, alat ini semakin banyak orang miliki dirumahnya untuk memenuhi kebutuhan air panas secara instan.

Dengan menggunakan water heater atau pemanas air, kapanpun kita membutuhkan air panas maka akan selalu tersedia tanpa repot memasak. Terdapat beberapa jenis alat water heater yang bisa Anda pilih berdasarkan sumber tenaga yang di pakai, yaitu : pemanas air gas, pemanas air listrik dan pemanas air tenaga surya.

Pemanas air gas apakah aman?

Diantara semua jenis pemanas air itu, kali ini yang akan kita bahas adalah pemanas air gas. Water heater jenis ini dapat Anda miliki karena harganya relatif lebih murah dan juga untuk proses pemanasannya yang cepat, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk dapat menikmati mandi dengan air panas.

Namun, beberapa kasus kebocoran gas yang terjadi bahkan dapat menyebabkan kematian membuat banyak orang ragu memilih water heater ini. Seperti apakah kebocoran gas pada pemanas air gas ini dapat mengakibatkan kematian? Apakah pemanas air gas berbahaya? Berikut penjelasannya:

Saat sebuah alat pemanas air gas melakukan pembakaran yang tidak sempurna, maka gas yang dihasilkan yaitu gas beracun yang disebut dengan karbon monoksida (CO) yang sama dengan dihasilkan pada pembakaran batu bara, arang dan kayu.

Baca juga  Harga Unit Mesin Water Heater Pemanas Air Wika Berbagai Type

Gas CO ini tidak berwarna dan tidak berbau, namun sangat berbahaya jika sampai terhirup oleh manusia bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tapi hal tersebut sebenarnya tidak akan terjadi bila Anda mengurangi resiko tersebut denganmemperhatikan cara memelih water heater gas  yang tepat dan menggunakan water heater gas sesuai dengan penggunaannya. Berikut beberapa hal mencegah bahaya water heater gas:

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah bahaya water heater gas

  • Jangan sekali-kali meletakkan tagung gas didalam kamar mandi, letakkanlah tabung Gas di luar ruangan atau ruangan terbuka.

Bukan hanya mengurangi kerapiahan saja tabung diletakkan di dalam kamar mandi tapi beresiko terjadi kebocoran gas yang menyebabkan keracunan atau kematian.

  • Buat ventilasi yang cukup pada kamar mandi anda agar membuat udara dalam kamar mandi tidak pengap, serta berfungsi untuk membuang gas hasil pembakaran pemanas air gas.

 

  • Gunakan selang flexibel dengan kualitas baik seperti merk wasser agar tidak mudah terjadi kebocoran pada unit ini. Ketebalan selang juga perlu Anda perhatikan, selang yang tebal lebih aman karena tidak mudah sobek.

 

  • Lakukan pemeriksaan pada selang gas dan tabung gas untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran.

 

  • Gunakan pemanas air wasser, pemanas air modena dan pemanas air domo yang sudah dilengkapi dengan fitur pemutus aliran gas otomatis jika terjadi kekurangan oksigen dalam ruangan/kamar mandi sehingga pengguna terhindar dari gas beracun.
Baca juga  Solusi Untuk Mengatasi Debit Air Kran Yang Mengalir Kecil dan Lemah

Apakah pemanas air gas berbahaya? jawabannya adalah tidak, dengan catatan dalam penggunaan atau pengoperasiannya sesuai dengan standar keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Ruang Diskusi

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar secara langsung karena kesibukan proyek di lapangan yang masih sangat padat. Terima Kasih.