Cara Membersihkan Noda Kerak dan Kusam Pada Keramik Kamar Mandi

Cara-membersihkan-keramikNoda kerak atau kusam pada keramik kamar mandi adalah masalah yang paling sering terjadi ketika usia pakai sudah cukup lama dan perawatan yang kurang terjaga. Hal ini tentu saja akan membuat pemandangan yang kurang nyaman bahkan ruang kamar mandi anda akan tampak membosankan.

Penggunaan material keramik saat ini telah menjadi pilihan faforit yang seringkali di gunakan untuk menutup permukaan lantai serta dinding bangunan baik rumah, kantor bahkan tempat fasilitas umum. Maka sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika berbagai macam motif dan kualitas keramik mulai dari yang murah hingga berharga mahal telah tersedia di tempat penjual bahan bangunan sekitar anda.

Selain daya tahan yang bagus, melapisi lantai maupun dinding dengan keramik juga memberikan kemudahan dalam merawat kebersihannya. Namun tetap tidak bisa dihindari bahwasannya keramik juga akan mengalami penurunan tampilan (usang) jika lalai dalam menjaga kebersihan utamanya adalah noda yang membandel sehingga menjadi kerak yang sulit untuk di hapus begitu saja.

Advertisement

Permukaan keramik yang kusam sebenarnya ditimbulkan oleh kotoran yang mengendap karena sudah terlalu lama dibiarkan yang pada akhirnya justru membuat lapisan luar menjadi rawan tergores. Cara membersihkan goresan keramik bisa anda lakukan dengan memakai campuran baking soda dan pasta gigi putih. Siapkan kain basah untuk menggosok permukaan keramik yang tergores dengan campuran bahan tadi sampai tampak mengkilat kembali.

Cara membersihkan keramik kusam

Noda pada keramik yang telah menyebabkan warna menjadi kusam bisa dipilih dengan menggunakan cairan cuka. Tuangkan larutan cuka pada area yang kusam kemudian diamkan hingga sekitar 15 menit. Pakailah kain kering untuk menggosok permukaan hingga mendapatkan warna asli keramik. Untuk pembersihan tahap akhir dicuci dengan larutan pewangi lantai untuk menghilangkan aroma cuka serta membuat permukaan warna dan motif keramik kembali cemerlang.

Catatan, jangan pernah menggunakan bahan kimia yang bersifat mengkikis lapisan keramik seperti, cairan soda api maupun larutan yang mengandung asam meskipun dengan kadar yang rendah. Sekilas memang akan membuat keramik anda tampak bersih, namun sesungguhnya adalah lapisan keramik anda telah terkelupas sedikit demi sedikit hingga beberapa bulan kedepan akan tampak kusam kembali bahkan kali ini sudah fatal dan tidak akan bisa dibersihkan lagi.

Untuk membersihkan noda dan kerak keramik akibat cipratan cairan berupa minyak dan sejenisnya bisa anda gunakan tepung terigu. Taburkan serbuk tepung pada permukaan yang terkena larutan berminyak diamkan beberapa saat sehingga tepung sudah mulai tampak menyerap minyak. Kemudian gosok menggunakan lap kering selanjutnya bilas menggunakan lap basah ditambah larutan pengharum lantai. Simak juga cara merakit filter air sederhana.

Khususnya untuk aksesoris kamar mandi seperti kran, shower kaca cermin maupun kloset juga dapat dihinggapi kerak penyebab wana kusam. Cara melakukan perawatan yang benar adalah dengan rutin mengelap dengan kain kering ketika sudah selesai digunakan hal ini berfungsi untuk mencegah bekas air mengering yang meninggalkan noda membandel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *