test

Memeriksa Serta Dampak Kerusakan Kapasitor Pada Pompa Air

Baik untuk pompa air ataupun mesin lainnya, kerusakan pada kapasitor untuk jenis motor listrik 1 phasa dapat diketahui melalui tanda tanda yang di tunjukkan oleh putaran motor itu sendiri dan pemeriksaan terhadap komponen kapasitornya langsung.

Ada dua kemungkinan yang cenderung dapat dijadikan tolak ukur proses analisa terhadap kerusakan kapasitor yaitu:

  • Kapasitor Rusak Ringan. Dalam kasus ini biasanya mesin atau motor pompa air masih dapat berputar hanya saja akan tampak tidak normal. Dengan putaran yang agak melambat dari rpm standart juga mengakibatkan daya pompa menjadi lemah sehingga kekuatan hisap sangat tidak optimal, debit air yang dihasilkan tentu saja akan mengalami penurunan.

Kapasitor yang mengalami kerusakan ringan akan terlihat dari bentuk fisiknya yang mengalami pembengkakan seperti baterai kembung dan membesar.

  • Kapasitor Rusak Berat. Jika mendapati mesin pompa air anda benar benar berhenti dan motor tidak bergerak atau tidak berputar sama sekali, sebelum anda mengatakan bahwa mesin telah rusak, alangkah baiknya memeriksa kapasitor terlebih dahulu.

Pertama, jika kapasitor rusak berat dan tidak ada tanda tanda fisik yang mencurigakan, biasanya motor masih menunjukkan respon yaitu berdengung namun tidak mampu berputar.

Kedua, usahakan anda bisa meminjam kapasitor dari pompa lain untuk memastikan bahwa mesin pompa akan menunjukkan reaksi setelah kapasitor di ganti meskipun ukurannya belum sesuai.

Cara paling akurat memeriksa kapasitor pompa air

Secara teknis, kapasitor atau kondensator pada dynamo motor 1 phasa berfungsi sebagai torsi penggerak awal (starter). Selanjutnya setelah mesin berputar maka secara otomatis kapasitor akan melepaskan fungsinya dan tidak bekerja sama sekali hingga mesin dimatikan.

Dengan berfungsi sebagai penyuplai daya reaktif (VAR)  untuk beban induktif, artinya kapasitor bisa menyimpan daya listrik meskipun sangat kecil.

Untuk type yang memiliki batas tegangan AC di atas 300 Volt, maka anda bisa melalukan pemeriksaan dengan cara memberikan tegangan kejut untuk mengisi kapasitor yaitu sambungkan 2 kutub kabel pada stop kontak dan terhubung dengan masing masing kutub kapasitor.

Lakukan hanya beberapa detik saja, kemudian lepaskan dari stop kontak. Setelah terlepas anda bisa mencoba memercikkan tegangan antara kedua kutub kapasitor menggunakan kabel yang terkelupas.

Jika terjadi percikan api besar (korslet), maka artinya kapasitor masih mampu menyimpan daya listrik dan masih dapat di gunakan. Perhatikan percikan apinya jika terlalu kecil dan lemah memang sudah waktunya untuk mengganti kapasitor dengan yang baru.

Cara aman lainnya adalah dengan menggunakan multytester untuk memeriksa apakah masih terdapat tegangan tersimpan. Biasanya untuk kapasitor yang masuk dalam kategori rusak ringan akan memiliki tegangan yang tetap kecil (lemah) meskipun telah inject dengan tegangan kejut dari stop kontak langsung.<pompair.com>

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

61 KOMENTAR

  1. Sudah saya ganti dgn kapasitor baru.. Tp tetep gak berputar.. Cuman bersuara sja.. Tp kalau diputar kipas’ny.. Baru mau berputar… Kira2 apa yg salah Gan..?? hatur nuhun…

    • Jika kapasitor sudah diganti dan mesin hanya berdengung saja ada kemungkinan telah terjadi kerusakan pada motor (dinamo) yang dapat diperiksa mulai dari kumparan , rotor, atau lahernya. Ciri ciri motor berputar berat dan harus dibantu dengan memutar kipas terlebih dahulu.

  2. Sobat Admin.

    Kalo saya mau ganti mesin dengan mesin benam/ sumersible apakah lubang bor harus full casing?

    • Arah putaran untuk pup air Shimizu, mengarah k mana jika dilihat dri kipaasnya? Trus rangkaian kablenya g mna yah. Warna dri motor aaada 3 macam yaitu merah , hitam dan abu abu. Kapasitor 2 warn yaitu hitam dan otomatisnyaa juga ada 2 kable yaitu biru dan merah… G mna caaara rangkaiannya . Thx

    • Motor berputar ke kanan (searah jarum jam) dilihat dari posisi kipas. Persoalan putaran yang terbalik adalah karena pemasangan spul (kumparan) terbalik.

      Hanya dengan membalik kern yang diatas ditaruh dibawah dan yang bawah ditaruh diatas. Hanya dengan cara itu putaran dinamo bisa dibalik. Perlu diperhatikan jika anda membalik putaran motor dengan cara ini pastikan posisi kabel masih bisa masuk kedalam cover dinamo dan tidak mengganggu rotor atau as dinamo.

  3. Salam kenal ya Gan.
    Numpang nanya nih sama pakarnya, apa bener pompa air submersible lebih mudah & perawatannya dbandingkan mesin biasa. Thx

  4. mas, saya br ganti kapasitor pompa air.setelah dipasang mesin nya 5 mnt hidup 5mnt mati dn seterusnya. itu gimana perbaikinya.. tks..

    • Artinya mesin pompa hidup mati secara kontinyu? Apakah ini benar disebabkan oleh kapasitor atau setelan preesure switchnya yang belum tepat. Menurut pengalaman kapasitor tidak akan menyebabkan mesin hidup mati karena fungsinya adalah hanya untuk melakukan start.

  5. Mesin sanyo saya nyala gan pas di nyalain arus listrik saya mati tiba2 kalo boleh tau apa nya tuh gan

    • Periksa jalur kabel apakah tidak terjadi hubungan pendek. Berikutnya periksa dinamo apakah timbul panas berlebihan dan putar kipas secara manual ke arah kanan. Jika putaran berat artinya dinamo terbakar.

  6. numpang tanya mas,akhir2 ini kalau pompa air saya (shimizu,250w) nyala ga lama mcb (daya 900w) turun padahal biasa nya nggak,apa pompa air makin tua listrik nya makin besar ya?? atau capasitor ny mulai rusak? . untuk fungsi msh normal. tks sebelum nya

    • Biasanya disebabkan karena motor (dinamo) sudah banyak terdapat kotoran sehingga memicu induksi kemudian panas meningkat maka mutlak daya listrik juga melonjak naik.

      Selain itu juga perlu dilakukan pemeriksaan terhadap semua sambungan atau konektor kabel instalasi listrik pompa, jika ada yang longgar maka dapat pula memicu panas kemudian ampere listrik meningkat.

  7. Mas,pompa saya berdengung.bisa berputar klo dibantu dg tangan.tp dlm 2 mnt MCB listrik sy membalik.gmn caranya?

    • Mengindikasikan bahwa motor (dinamo) pernah mengalami overheat sehingga ada bagian kumparan yang bocor atau membengkak. Sebaiknya dibawa pada ahli dinamo untuk diperiksa lebih lanjut.

  8. Mas pompa air saya panasonic yang biasa,tiba-tiba pompa dihidupkan hanya berdengung saja,tapi tiadak mau berputaran.putar manual juga gak membantu.tapi putaran nya masih ringan.terus kalau di biarkan listrik terturun.itu apa ya mas?apa kapasitornya ?

    • Jika hanya berdengung namun masih dapat dibantu dengan putaran manual kemungkinan hanya kapasitor, akan tetapi tidak akan membuat listrik turun.

      Ada kemungkinan justru dinamo sudah pernah mengalami overheat sehingga kumparan menjadi tidak normal lagi yang bisa memicu ampere meningkat sehingga listrik tidak kuat lagi.

  9. gan….
    pompa air berdengung saat on….
    saat di putar manual dengan tangan bisa putar ke kanan ataupun kiri……
    klo sudah diputar bisa nyala sampai kpanpun juga… mcb jg ga masalah…..
    indikasi kerusakan ada di kapasitor atau kumparan bantunya ya gan…..
    panasonic 125 watt….
    matur nuhun gan…

    santo

    • Dicoba dulu pemeriksaan pada kapasitor karena peran utamanya adalah sebagai starting run. Untuk kumparan bantu biasanya hanya mempengaruhi arah putarannya.

  10. Pedrolo pump 550 watt .saia baru 3 blan ganti laker.dan sperpak kecil lainyaa…saia pikir yg blom saia ganti itu kapasitor..krna itu tingkat daya listrik jadi 2000 watt??? Ada solusi gtuu

    • Mohon maaf, apakah pompanya tidak dapat beroperasional dengan normal? dan apakah terjadi lonjakan daya listrik sampai breaker nya off?

  11. Mas.mesin cuci sy klo hidup lama n pasti mati sendiri trus kalo sy gedor gedor otomatisx n hidup lgi..kdang jg gk bisa hidup..

  12. Tanya mas, Mesin Wasser 385watt, mati saya ganti kapasitor, tidak jalan namun saat saya bantu putar kipas menyala normal, saat saya matikan pompa tidak menyala lagi. Putaran mesin ringan tidak berat, sebelumnya body mesin berarus listrik seperti korsleting….solusinya bagaimana. Trims

    • Tampaknya masih ada masalah pada bagian kapasitor. Coba diperiksa ulang semua sambungan atau koneksi di bagian kapasitor termasuk ukuran kapasitor itu sendiri jangan sampai lebih kecil dari sebelumnya.

  13. mas, mau tanya ttg pompa air di rumah.
    indikasinya pompa hanya berdengung dan MCB bunyi alarm, dinamo gak berputar. tapi setelah dicoba 2-3 kali cabut pasang colokannya kadang msh bisa berputar dinamonya. cuma setelah air terisi penuh, kok bodi pompa terasa agak panas.
    kira2 masalah di kapasitor atau lainnya ya kalau kondisi begitu?
    terimakasih sebelumnya

  14. saya baca di intrnt, pasang kapasitor, kabel merah ke kapasitor. Kabel hitam ke pln. Kabel abu abu ke kapasitor dan pln. Saya praktekan malahan putaran pompa jadi terbalik dan agak lambat.

    • Bisa di coba di balik balik sampai menemukan putaran yang tepat.Karena pada dasarnya standart warna kabel tidak mutlak menjadi acuan mengingat setiap merek produk memiliki standart warna kabel sendiri.

  15. Mas pompa submersibel sy bermasalah.. Sebelumnya harus beberapa kali stop kontaknya di on off sambil ditekan tombol di sekring di box on off mesin. Sekarang mesin tidak mw narik lagi walaupun kontak sudah di on off beberapa kali, dan kontak di on kan dlm waktu lama. Sedangkan saat tombol sekring ditekan tidak lama lgsg terdengar bunyi ctek dan tombol sekring menonjol kembali semula

    • Apabila pada box panel telah terdapat perangkat elektrikal seperti overload, dan komponen ini selalu OFF maka kemungkinan telah terjadi short pada mesin pompa atau instalasi listriknya.

      Pertama adalah memastikan bahwa koneksi atau sambungan kabel semua dalam kondisi kencang dan rapat. Jika hal ini tidak menyelesaikan masalah, baru mengambil tindakan untuk mengangkat pompa.

  16. Msn air saya sanyo..awal ny nyala tp gk kluar air..sekrang mati ..dan waktu mati motor ny panas ..apa itu yg rsk mas

    • Coba diputar secara manual pada bagian kipasnya, jika terasa berat atau ada indikasi menggerus artinya dinamo sudah overheat atau terbakar.

    • Menandakan bahwa ada kebocoran pada semua instalasi atau tusen klep. Indikasi bocor sekecil apapun akan berpengaruh pada otomatis pompa karena akan membuat tekanan air menurun dan kontak otomatis akan sering on off sesuai dengan tingkat kebocoran kecil atau besar.

  17. Ma’af gan sayaau tanyak, pompa air di rumah hidup sekitar 15 detik setelah itu anjlok di hidupkan mati lagi dan seterusnya,apa kerusakan nya ya gan,
    Mohon pencerahan nya

    • Pastikan bahwa instalasi listriknya sudah terpasang dengan baik (periksa setiap sambungan). Kemudian coba putar kipas pompa apabila tidak lancar kemungkinan dinamo sudah bermasalah.

  18. Mas maaf mau tanya mesin air shimitzu saya mati total…..klo kabel saya putus yang kearah mesin listriknya ada saya test pake taspen giliran saya sambungkan listriknya malah ilang ….kenapa ya….

    • Kemungkinan telah terjadi grounding, apakah MCB turun (off) ketika kabel dihubungkan?

  19. Mesin air tanam saya hidup 10 menit, kemudian NCB anjlok, terus begitu berulang ulang. Apanya mas yang rusak?

    • Pastikan seluruh koneksi (sambungan kabel) terikat dengan kencang dan tidak memicu panas akibat sambungan yang kendur atau longgar. Kemudian persoalan lainnya bisa karena mesin mengalami overheat yang diakibatkan oleh kekeringan, atau air yang pekat akibat endapan lumpur atau pasir sehingga kinerja mesin pompa menjadi berat.

  20. Gan, mesin pompa air saya kalo di hidupkan gk mau muter, harus di putar manual dlu pake tangan baru bisa muter, itupun muternya gk bisa searah, di puter ke kanan muternya kekanan, di puter ke kiri muternya kekiri. Kira” rusaknya bagian apa ya gan? Mohon ilmunya. Makasih gan bantuannya.

    • Mohon maaf Untuk kasus yang seperti ini justru saya belum pernah mengalami dinamo pompa air bisa memutar 2 arah. Sebaiknya dibawa pada ahli dinamo sebelum kondisinya makin fatal.

  21. gan pompa saya rusak pada kapasitornya..
    kapasitor saya 7 uf 450 vac, saya sudah cari di toko toko tetapi ti005001092916501dak tersedia, apakah tidak masalah jika saya ganti dengan yg 8 uf 400 vac

    • Masih bisa pak. Namun biasanya jika diganti dengan ukuran yang lebih besar akan sedikit lambat pada saat start.

  22. saya punya pompa celup waser, awalnya untuk hidup harus bantu putar manual dulu be hidup sekarang mati apa masih diperbaiki?
    apa ada pengaruh nya bila tak terpakai tetap dlm air
    apa tegangan listrik ya rendah bs menyebabkan kerusakan, trmksi, sebelum nya atas bantuan nya,

    • Tegangan rendah dan tidak stabil memang sangat rentan bisa mengakibatkan motor (dinamo) cepat rusak. Jika sudah mati sebaiknya segera di angkat resiko terjadi konsleting.

      Pompa celup bisa saja diperbaiki tetapi daya tahan tidak bisa dijamin lama karena seal hasil perbaikan tidak bisa sebaik aslinya.

  23. Bang mau tanya, saya menggunakan pompa jet 2 pipa dorong dan hisap dan mata jetnya tanam, bila kapasitor dirubah dari ukurannya ke yang lebih besar aman tidak? yang saya standar 14uf mau ke 18uf, karena menurut saya selama ini air keluar kecil sekali, jadi butuh berjam-jam mengisi Toren/Tong Air, Mohon info dan pencerannya, Makasih

    • Untuk besaran kapasitor tidak akan berdampak pada daya hisap atau dorong ataupun kapasitas debit air. Fungsi utama kapasitor pada dinamo ialah untuk memberikan daya tambahan saat mesin melakukan start awal saja.

  24. Mau tanya dong,mesin air saya jet pun Shimizu, sekarang ada kendala dinamo panas seperti kalau mesin menyala tidak ada air,katakan panas sekali,,,karena listrik dirumah saya mati “meteran tertulis saya
    lebih”semua sudah saya cek cabut satu persatu tetap mati “tinggal mesin air yg belum ( ya itu pas saya pegang dinamonya panas seperti waktu air kering dan mesin menyala.mohon pencerahannya,makasih

  25. Sible kami macet, kmungkinan kerusakan kapasitor. Kapasitor 18 mikro, bolehkah diganti dg kapasitor 20 mikro?
    Terimakasih

  26. tanya gan, pompa air saya, bila dinyalahan, dan hidup sekitar 10 menit, nanti mati sendiri. Setelah didiamkan beberapa saat, nanti bisa nyala lagi, tetapi nanti setelah 10 menit , akan mati lagi. Apa yang rusak gan? Terima kasih

  27. Salam kenal gan, numpang tanya : mesin pompa air saya ko setiap ganti kapasitor hanya bertahan 1 jam mesin pompa mati lagi kapasitornya rusak lagi.

  28. Saya punya pompa kapaitornya 20 uf 370 volt 50-60 hz apakah bisa di ganti dgn kapasitor 30 uf 400/450 50- 60 hz

  29. Pak suhu,sya mau tanya,apakah bisa kapasitas kapasitor sebelumnya 10mikroparad tapi di ganti dengan 20mikroparad?
    Adakah efek buruk nya?

  30. Numpang tanya gan, dinamo yg menggunakan 2 kapasitor, jika d nyalakan listrik slalu off, pdahal sblm ny tidak, aapkah termsuk rusak kapsitor ny ?
    Mohon pencerahan ny suhu

  31. Pompa Hayward 1 hp rusak platina kemudian centrifugal switch dan platinanya saya lepas. Yang terjadi kapasitornya panas sampe keluar asap. Kira” gimana cara mengatasinya?

  32. Slmt pagi bang, mau nanya nih,pompa air sanyo sy tdk mau nyala kalau di colok,tp arus listrik ada,trus kalu dicbut colokannya masih nyimpan arus pada kabel colokannya,kira2 apa masalahnya bang,, mohon solusinya bang,,, salam sehat….

    • Apakah sudah dipastikan tidak ada kabel listrik instalasi lain yang berada disekitar mesin pompa atau rumah pompa, kemungkinan listrik induksi dari jalur instalasinya.

  33. Yth bang admin semoga sehat dan diberi cukup rezeki, jetpump saya baru saja digulung motornya, saya tes tanpa beban air kerja motor pompa lancar dan halus, tetapi bila di tes dengan beban air tanah kerja motor jadi pelan dan kadang putaran jadi tersendat dan over heat tetapi putaran motor kipas tetep masih berjalan cuma pelan dan panas..

    Apa problmnya ya Bang..?
    Apa masalah di Capaciitor mati / rusak ringan?

    Makasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini