Merawat Generator Diesel: Tips Perawatan Berkala Secara Menyeluruh

Cara merawat generator bermesin disel secara menyeluruh atau seringkali menjadi bagian penting dalam perawatan berkala sebenarnya cukup mudah dan ini akan memberikan manfaat yang sangat positif untuk kelangsungan dan kinerja mesin generator anda.

Generator diesel memang paling dapat diandalkan untuk menghasilkan listrik selama berjam-jam dan terus menerus sebagai catu daya siaga atau selama untuk memenuhi kebutuhan listrik darurat.

Baik sebagai sumber energi listrik utama atau cadangan, alat ini harus tetap secara teratur di rawat untuk memastikan agar unit generator selalu menghasilkan energi listrik yang berkualita.

Advertisement

6 Poin penting untuk perawatan generator bermesin diesel

Tidak jauh berbeda dengan unit perkakas lainnya, mesin diesel juga membutuhkan perawatan yang tepat agar memiliki kinerja optimal dengan durasi panjang secara terus menerus.

Merawat mesin generator listrik tenaga diselMelakukan tes rutin pada mesin

Mesin penggerak berbahan bakar diesel ini akan bekerja dalam tekanan yang kuat karena beban listrik yang dibutuhkan.

Tes rutin sangat penting untuk mengontrol kondisi mesin, berikan pelumasan yang bertujuan agar mencegah oksidasi bagian listrik serta penggunaan bahan bakar tepat agar mesin bekerja secara optimal.

Tes mesin untuk memastikan ketika unit generator sedang bekerja tidak akan ada masalah yang menyebabkan kegagalan sistem.

Pengujian baterai (aki)

Mengetahui status baterai sangat penting untuk menghindari masalah teknis ketika akan melakukan start.

Sebagai upaya untuk menghindari kerusakan pada komponen baterai maka harus tetap terisi penuh dan terawat dengan baik.

Elemen penting lainnya dari pemeliharaan baterai yaitu agar baterai tetap bersih.

Sistem bahan bakar

Pada saat mesin generator sedang tidak dalam penggunaan sebaiknya filter bahan bakar harus dikeringkan hal ini sangat perlu untuk menghindari kemungkinan uap air dan debu mengendap disaluran bahan bakar.

Lakukan pengurasan bahan bakar pada tangki setiap enam sampai dua belas bulan supaya tidak ada kontaminasi dengan material lainnya.

Gunakan bahan bakar berkualitas bio-diesel yang bersih dan ramah lingkungan. Ancaman solar terkontaminasi menimbulkan risiko memperpendek usia pakai generator anda.

Simak juga ulasan terkait mengenai teknik merakit pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah tangga serta artikel menarik lainnya tentang dampak baik dan buruk menggunakan alat penghemat listrik.

Sistem pendinginan mesin

Jangan pernah abaikan sistem pendingin mesin selain pada radiator juga harus anda perhatikan lingkungan ruang tempat generator diletakan.

Sebaiknya ruangan cukup luas dan bisa memperoleh sirkulasi udara yang optimal agar pendinginan secara alami bisa terjadi.

Ketika mesin sudah dimatikan disarankan supaya membuka tutup radiator untuk membantu mempercepat pendinginan mesin. Saluran pendingin harus diperiksa dan dibersihkan dari segala bentuk penghalangan, seperti kotoran atau debu.

Penggantian oli secara berkala

Sebuah mesin penggerak tidak luput dari sistem pelumasan atau oli mesin yang harus diperiksa ketika generator tidak bekerja atau dalam kondisi mati.

Bukan hanya oli dan filter yang harus harus diganti secara teratur pada jangka waktu yang telah dianjurkan melainkan juga pada seluruh saluran harus diperiksa secara berkala.

Kemudian untuk tidak lupa mempertimbangkan mengenai saluran pembuangan generator (knalpot) tidak membahayakan lingkungan.

Pemeriksaan umum saat mesin operasional

Di saat  mesin generator diesel sedang  berkerja, penting untuk memantau sistem pembuangan, sistem bahan bakar, sistem listrik DC dari mesin.

Apabila tampak ada indikasi kebocoran maka harus segera diperbaiki tanpa menunda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Kelengkapan panel kontrol distribusi listrik juga sangat berperan penting untuk mempermudah anda memantau berapa kapasitas daya dan tegangan listrik yang dihasilkan generator maupun yang keluar untuk penggunaan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.