4 Tips Merawat Mesin Pemanas Air Water Heater Secara Tepat Agar Kinerja Tetap Optimal

Water heater atau yang lebih akrab kita kenal dengan alat pemanas air  merupakan salah satu teknologi yang sekarang sudah banyak digunakan rumah-rumah modern di Indonesia.

Umumnya alat pemanas air ini yang banyak digunakan oleh masyarakat ada tiga jenis yang yaitu pemanas air dengan tenaga listrilk, gas, dan matahari (water heater electric, water heater gas, water heater solar).

Jika Anda ingin berniat untuk membeli salah satu dari jenis pemanas air ini, tentunya kita hatus memperhatikan dari segi keamanan, hemat, kenyamanannya dan kebutuhan Anda.

Memilih pemanas air yang dilengkapi dengan fitur-fitur bagus serta unggul akan membuat pemanas air Anda bekerja maksimal dan berusia panjang.

Merawat mesin pemanas air water heater listrik

Nah, ada 4 tips merawat pemanas air water heater agar menjaga supaya permanas air tetap awet dan bekerja maksimal :

 

1. Pastikan air yang mengalir masuk ke pemanas air bersih serta tidak mengandung kapur tinggi atau partikel kecil seperti pasir, agar tidak membuat aliran air tersumbat sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada unit water heater.

Lebih baik gunakan filter penjernih air seperti Nano Smart Filter yang mampu mengatasi air keruh, bau, kuning dan masalah air lainnya.

2. Mesin pemanas air baiknya dibersihkan secara berkala, minimal setahun 1-2 kali. Jika anda tidak sempat atau kurang paham untuk lebih amannya minta bantuan penyedia jasa atau teknisi untuk membersihkannya.

3. Pada water heater listrik dengan sistem tangki (penyimpanan), tangki penampungannya perlu dibersihkan secara rutin dengan cara mengeluarkan seluruh air yang ada di dalamnya.

Baca juga  5 Masalah Yang Menyebabkan Mesin Outdoor AC Sering Mati dan Hidup Tidak Teratur

Lalu bersihkan juga semua bagian yang ada di dalamnya. Lakuka penggantian magnesium anode tiap 2 tahun, bertujuan untuk mencegah munculnya karat karat yang dapat mengakibatkan kebocoran.

4. Periksalah safety valve secara teratur. Safety valve ialah alat pengaman tekanan berlebih pada tangki. Alat ini bekerja menjaga suhu tangki tetap stabil. Agar tidak terjadi penyumbatan air, naikkan tuas safety valve secara berkala agar air dapat mengalir.

Perawatan berkala pada sebuah mesin pemanas air akan memberikan dampak yang sangat positif sehingga dapat menjaga kinerja mesin tetap optimal untuk jangka panjang.

 

Ruang Diskusi

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar secara langsung karena kesibukan proyek di lapangan yang masih sangat padat. Terima Kasih.