Beli Pompa Air Baru Periksa Kelengkapan dan Uji Coba Dengan Cermat

Membeli sebuah unit mesin pompa air yang baru tidak serta merta dapat menjamin bahwa barang yang akan anda terima selalu dalam kondisi sempurna.

Tidak perlu tergesa gesa dan sebaiknya anda sangat cermat dalam melakukan pemeriksaan karena seringkali hal yang tampak kurang diperhatikan namun berakibat sangat mengecewakan.

Pemeriksaan yang tepat bukan sekedar melihat kondisi fisiknya saja, akan tetapi harus benar benar membaca spesifikasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada dilokasi dimana unit mesin pompa akan dipasang.

Memeriksa kelengkapan dan test mesin pompa baru 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika memilih dan membeli pompa air yang masih baru.

  • Kelengkapan termasuk komponen otomatis jika memang type yang anda pilih adalah sudah merupakan mesin pompa otomatis.
  • Tusen Klep biasanya juga sudah termasuk dalam pembelian unit baru serta Jet Nozzle bagi type pompa air JetPump.
  • Putaran mesin. Ini adalah yang paling sering kali terlewatkan. Ketika toko sedang memastikan bahwa unit pompa yang anda beli dapat menyala namun biasanya mereka tidak memperhatikan dengan teliti apakah putaran mesin tersebut normal dalam arti, putaran mesin pompa yang benar adalah ke kanan atau searah jarum jam ketika anda lihat dari sisi bagian kipas.
  • Suara mesin yang baru hendaknya terdengar sangat halus bahkan nyaris tidak terdengar. Jangan sampai mendapati mesin pompa baru dengan suara berisik maupun bising.

Jika anda masih awam untuk memahami karakter serta spesifikasi mesin pompa air, maka sebaiknya didampingi oleh ahlinya atau tukang maupun teknisi yang anda percaya dan sudah banyak mengerjakan berbagai macam model instalasi mesin pompa.

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

14 KOMENTAR

  1. Mau nanya nih mas..

    Pompa air rumah saya, baru beli sekitar 4 bulan yang lalu. Sudah 1 bulan ini ketika menghidupkan pompa air lewat “stopkontak”, harus diputar terlebih dahulu kipasnya. Itu sebabnya apa ya mas? Bagaimana kualitas pompa airnya? Thanks

    NB: Suara pompa air juga bising

    • Pertama ada kemungkinan kapasitornya sudah soak sehingga tidak mampu untuk melakukan starting run. Biasanya setelah dibantu diputar mesin akan berjalan normal tanpa ada tanda tanda macet.

      Kedua, kemungkinan adalah dinamo pompa macet karena pernah mengalami overheat (panas berlebihan) namun untuk kasus ini pompa tidak akan bertahan jika menyala lama pasti akan berhenti sendiri saat sudah panas.

      Ketiga, bisa saja hanya karena ada kotoran yang terdapat pada dinamo sehingga mengganggu putaran. kotoran ini sering bersarang pada rotor, laher ataupun bisa jadi pada ruang impeler.

  2. Kalau mau beli pompa submersible yang lengkap harus nanyain APA saja ya ma’s ke tokonya, Karena saya mau beli semua kelengkapannya jadi Tukang nanti hanya tinggal pasang pompa saja, air sampe masuk ke tanki. Rencana mau beli yang 3/4 HP,Ada rekomendasi type/jenis Dan merknya?

    • Untuk kelengkapan pompa submersible jika akan memasang baru adalah kabel kualitas bagus sepanjang kedalaman sumur hingga sampai ke panel kontrol listriknya beserta kelengkapan electricalnya seperti kontaktor, overload dan breaker untuk menjaga keamanan listrik pompa.

      Kemudian komponen WLC beserta relay unit nya untuk menjaga mesin dari kondisi kekurangan air agar tidak bisa menyaja jika air didalam sumur habis. Untuk rekomendasi, selama ini kami lebih berpengalaman menggunakan merek Grundfos dan Franklin. Tidak ketinggalan adalah kebutuhan pipa itu sendiri seukuran dengan diameter output pompa.

    • Lebih disarankan menggunakan pompa jenis submersible jika kedalaman sudah lebih dari 50 meter. Pilih yang memiliki daya 0,5 pk sekitar 370 watt.

  3. Kami sebagai importir pompa CNP indonesia siap membantu đŸ™‚

    kami pemasok terkemuka untuk pompa vertikal dan horizontal dalam pengolahan air ,
    terutama pompa CDLF series CNP menjadi standart dalam mesin pengolahan air Reverse osmosis

    eddy
    085210004532 whatsapp, 30detik dijawab
    PT. Southern indonesia
    JL.Kartini Raya 64-A3 (6th Floor)
    Jakarta Pusat 10750

  4. Pak, terima jasa pemasangan pompa untuk perumahan BTN baru tidak untuk daerah Bogor

    Kira-kira berapa biaya nya dan ada kontak yang bisa dihubungi?

  5. selamat malam pak.
    mo nanya,sebaiknya berapa meter casing yg harus dipasang di sumur dalam dengan kedalaman 40m berdiameter 4″?,rencana saya ingin pakai pompa jetpump.terimakasih atas pencerahannya.

    • Disarankan untuk dipasang pipa casing secara penuh jika memungkinkan untuk dimasukkan. Dan berikan lubang2 halus pada maksimal 20% dari panjang keseluruhan (posisi pada bagian bawah)sebagai resapan sumber mata air.

  6. Mas, mohon bantuannya. . .
    Saya baru mengganti semi jetpum sebelumnya dari Shimizhu 108-BIT menjadi shimizhu 400-bit

    Kondisi Rumah 3 lantai, 3 KM, 1 tempat cuci piring dan 1 tempat cuci baju. . .

    Kondisi sebelumnya (saat memakai pompa 108-BIT air sampai ke lantai 3 tapi kurang bertenaga, kalau lantai 1 atau lantai 2 di nyalakan, lantai 3 tidak akan bisa nyala airnya (tidak kuat)

    lalu saya ganti ke pompa 400-bit (denga dugaan karna pompanya kurang kuat) tapi ternyata setelah di ganti, sama saja. . . lantai 3 tidak akan keluar air saat lantai 1 atau 2 di nyalakan airnya. . .

    ini permasalahanya karna apa yah ? tolong bantuan solusinya mas. . .

    KLo bisa di balas di email candra.fendi @gmail. com
    Thanks

    • Penerapan instalasi pipa yang langsung di suplai oleh pompa dibawah memang tidak lebih baik dari menggunakan tandon (toren) air apalagi jika rumah sudah lebih dari 1 lantai.

      Jika anda tetap menginginkan pemipaan dengan suplai pompa maka memerlukan spesifikasi pompa khusus yaitu jenis pompa booster dengan daya besar.

  7. Sumur saya type keduk/gali, dengan kedalama 15 meter.
    Pompa air yang optimal untuk sumur tersebut type apa ya ?
    Terimakasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini