Masalah mesin pompa air bising dan berisik

Mengatasi suara bising atau berisik yang terjadi pada mesin pompa air sudah jelas ditimbulkan oleh suara kerja motor (dynamo) yang di sebabkan karena adanya keausan pada komponen seperti laker (bearing), rotor.  Satu hal lagi suara berisik dan bising bisa saja muncul dari bagian impeller/water pump, akibat volume air didalamnya kurang padat atau masih bercampur dengan udara.

Jika anda sudah memastikan bahwa kondisi motor pompa air mengeluarkan bunyi yang tidak nyaman, segeralah mengambil tindakan untuk membongkar dynamo agar tidak semakin bedampak buruk dan merembet merusak komponen pendukung lainnya.

Mesin-pompa-air-berisik-bisingJangan pernah membiarkan berlarut larut kondisi seperti ini meskipun mesin pompa air anda masih mampu menghisap dan mengeluarkan debit air tanpa ada tanda tanda penurunan.

Suara bising dan berisik mesin pompa air yang muncul dari bagian impeller/water pump sebenarnya sudah biasa terjadi dan terkadang memang tidak perlu untuk terlalu dikhawatirkan jika memang kondisinya terjadi akibat tekanan air yang belum cukup padat.

Ketika kevakuman ruang pipa hisap belum mencapai maksimal, hal ini membuat udara yang ikut terhisap dan berputar bercampur air didalam impeller memicu suara yang sangat bising bahkan melebihi suara motornya meskipun dari pipa out (saluran suplai) sudah tampak mengeluarkan air.

Penyebab suara pompa air berisik

Untuk kondisi mesin pompa yang masih prima dan mampu bekerja dengan baik, suara bising yang di timbulkan akibat daya vakum yang masih terlalu lemah, biasanya hanya berlangsung beberapa saat saja kemudian setelah volume air memadat, maka berangsur suara berisik dan bising tadi akan hilang dengan sendirinya.

Perlu untuk diwaspadai jika suara bising ini berlangsung lama dan debit air tampak melemah, maka analisa dan pemeriksaan terhadap rangkaian (sambungan menyeluruh) pipa hisap perlu segera anda lakukan. Karena ada kemungkinan terjadi kebocoran pada bagian tertentu atau justru ujung pipa hisap (tusen klep) yang tidak menyentuh air dengan benar sehingga water pump kehilangan daya vakum.

Sebelum memutuskan untuk membongkar seluruh bagian pipa hisap, tips untuk memastikan apakah pipa hisap masih bekerja dengan baik dalam arti tidak ada indikasi kebocoran, maka bisa anda coba dengan menutup saluran keluar menggunakan ball valve (stop kran) hingga dapat anda ketahui masih terjadi tekanan air yang kuat atau justru tidak ada sama sekali.

Kerusakan Impeller

Adanya masalah pada komponen ini juga berakibat timbulnya suara mesin pompa menjadi sangat bising dan berisik. Anda harus membuka bagian water pump untuk memastikan tidak ada sesuatu yang cacat atau bahkan bisa saja terdapat kotoran seperti kerikil atau material lainnya yang menempel pada body sehingga tergerus oleh putaran impeller.

Kondisi seperti ini biasanya akan sangat fatal dan bisa dipastikan bahwa air tidak akan pernah dapat terhisap oleh mesin meskipun rangkaian pipa hisap sudah terpasang dengan benar dan sempurna. Masih ada kemungkinan bisa digunakan setelah kotoran dibersihkan, namun jika tetap tidak bisa menghisap lebih baik dicoba untuk mengganti bagian yang cacat termasuk impeller beserta seal dan part lainnya.

80 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf untuk respon yang lambat karena komentar yang masuk sangat banyak, dan bagi yang tidak mendapatkan reply, kemungkinan komentar masuk ke folder spam karena kepadatan server kami

Advertisement