Cara Menjernihkan dan Mengatasi Masalah Air Sumur Berwarna Kuning

Air merupakan kebutuhan penting bagi kelangsungan hidup manusia, mulai dari kebutuhan minum, mandi, mencuci dll. Bisa kita bilang “tak ada air tak ada kehidupan”. Oleh karena itu, air yang bersih dan sehat sangat dibutuhkan untuk kehidup manusia dan makhluk lainnya.

Sebagian wilayah-wilayah besar di Indonesia sudah terjamah oleh perusahaan air minum sehingga air bersih dan jernih tentu akan sangat mudah diperoleh.

Lalu, bagaimana nasib wilayah yang belum terjangkau oleh perusahaan air minum (PAM) dan masih mengandalkan sumber air bersih dari sumur dengan bantuan pompa air?

Air yang didapat dari sumur tidak selama nya selalu bersih butuh kedalaman tertentu untuk mendapatkan air bersih, bahkan air dari sumur terkadang keruh, kuning dan bahkan berbau.

Nah, air dengan seperti itu tentu tidak aman untuk dikonsumsi. Untuk itu, baca artikel berikut ini tentang solusi menjernihkan air sumur. Berikut ini 5 cara menjernihkan air sumur Anda :

Kenapa air sumur awalnya jernih terus jadi kuning

1. Menggunakan tawas untuk menjernihkan air

Tawas merupakan batuan kecil yg memiliki warna putih ini dan sekilas terlihat mirip dengan gula batu. Namun, gula batu memiliki warna lebih bening tidak seperti tawas yg berwarna sedikit lebih putih.

Anda bisa membeli tawas di toko bangunan terdekat. Cara menjernihkan air sumur dengan tawas yaitu :

 

  • Tawas yang sudah kita beli kemudian dihancurkan hingga halus.
  • Kemudian siapkan wadah berisi air lalu larutkan tawas yang sudah halus tadi.
  • Tuangkan larutan yang siapkan ke dalam sumur.
  • Sebagai percobaan pertama, gunakan 1 kg tawas terlebih dahulu. Jika air juga jernih, tambahkan tawas ½ – 1 kg lagi.
Baca juga  Mesin Dinamo Pompa Tidak Bisa Berputar: Cara Memeriksa dan Solusinya

 

2. Menggunakan ijuk untuk menjernihkan air

Siapa yang tidak kenal dengan ijuk? Ijuk merupakan serat pohon yang biasa kita kenal sebagai bahan baku dari pemembuatan sapu.

Faktanya, ijuk juga dapat digunakn untuk jernihkan air sumur, bagaimana caranya? Berikut ini cara menjernihkan air menggunakan ijuk:

 

  • Gunakan ijuk berbentuk lingkaran yang memiliki diameter kurang lebih 1 meter
  • Ambil 5 rangkaian ijuk, lalu tumpuk dan jalin kelima rangkaian ijuk dengan tali yang dilengkapi dengan pemberat
  • Masukkan rangkaian ijuk ke dalam sumur. Untuk mendorong ijuk sampai ke dasar sumur, dorong dengan sebilah bambu
  • Agar ijuk tidak mengapung ke atas, tindih dengan beberapa batu bata

 

Sebagai catatan, proses menjernihkan air sumur dengan menggunakan ijuk ini tidak memberikan hasil secara instan. Anda harus menunggu beberapa hari kemudian untuk melihat kejernihan air di dalam sumur tersebut.

3. Menggunakan arang tempurung kelapa untuk menjernihkan air

Selain digunakan untuk bahan bakar, arang tempurung kelapa ini mengandung karbon aktif yang dapat mengikat kotoran yang terkandung pada air dalam sumur. Cara menjernihkan air dengan arang kelapa, yaitu:

 

  • Siapkan arang tempurung kelapa kemudian bungkus menggunakan kain.
  • Setelah dibungkus kemudian masukkan ke dalam sumur Anda
  • Berapa banyak arang yang diperlukan? Anda tinggal sesuaikan jumlah arang kelapa dengan kedalaman sumur Anda, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.
  • Arang kelapa ini dapat Anda dengan mudah temukan di warung terdekat tanpa perlu repot-repot membuatnya sendiri.
Baca juga  2 Metode Teknik Dasar Modifikasi Mesin Pompa Air dan Manfaatnya

 

4. Menguras sumur untuk menjernihkan air

Apabila cara-cara di atas tidak dapat menjernihkan air dalam sumur Anda, maka Anda bisa mencoba cara untuk menguras sumur itu.

Biasanya, air yang keruh atau kotor juga dapat diakibatkan oleh lumut yang tumbuh pada dinding sumur. Selain itu, bisa saja pada dasar sumur mulai dipenuhi dengan lumut yang membuat air menjadi kekuningan dan kotor.

5. Menggunakan filter air untuk menjernihkan air

Jika kita malas untuk menggunakan cara diatas, kita bisa menggunakan filter air sederhana atau produk modern dari NanoSmartFilter.

Menggunakan filter air untuk menjernihkan air merupakan cara yang sangat efektif untuk mengubah air sumur yang keruh, kuning, bau dan masalah air lainnya menjadi lebih bersih dan jernih sehingga layak digunakan. Penggunaan filter air ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda misalnya :

Filter Air Model FIBER Filter Air Model PVC Filter Air Fiber 10 : Kapasitas 5-7 orang Filter Air NSF 4500 : Kapasitas 6-8 orang Filter Air Fiber 12 : Kapasitas 8-15 orang Filter Air NSF 6500 : Kapasitas 9-15 orang

Ruang Diskusi

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar secara langsung karena kesibukan proyek di lapangan yang masih sangat padat. Terima Kasih.