test

Memilih Exhaust Fan Untuk Ruangan Dapur Agar Berfungsi Optimal

POMPAIR.COM – Rumah yang nyaman tentunya adalah dambaan semua orang. Untuk mewujudkan hal itu, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan exhaust fan.

Exhaust fan adalah suatu alat yang digunakan untuk menghisap udara yang ada dalam lalu kemudian membuangnya ke udara luar, dan saat itu kuda udara bersih yang terdapat di luar ruangan diambil, dan dibuang kembali ke dalam ruangan.

Sebenarnya exhaust fan merupakan bagian dari kipas angin yang diletakkan di sebuah rumah atau ruangan. Exhaust fan dapat membuat ruangan menjadi segar serta sejuk walaupun tidak ada mesin AC.

Meskipun begitu sebuah rumah atau ruangan yang sudah terdapat AC, exhaust fan juga tetap dapat digunakan. Penggunaan exhaust fan pada ruangan ber AC, berfungsi untuk mengurangi kelembapan udara.

Salah satu ruangan yang paling memerlukan exhaust fan adalah dapur. Penggunaannya disebabkan oleh ruangan ini seringkali terkontaminasi oleh asap.

Asap itu tentu disebabkan oleh memasak. Oleh karena itu penggunaan sirkulasi udara pada dapur sangat diperlukan. Agar udara tetap segar dan berjalan dengan baik.

Untuk memilih exhaust fan dapur tidak boleh sembarangan. Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dan berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih exhaust yang akan digunakan untuk ruang dapur.

1. Perhatikan ukuran dari exhaust fan

Ukuran yang tersedia untuk berbagai jenis exhaust fan bermacam macam. Ukuran tersebut mulai dari 8  sampai dengan 12 inchi.

Nah jika ruangan dapur yang ingin dipasang exhaust fan berukuran 4 x 4 meter, maka exhaust fan yang cocok digunakan adalah berukuran diameter 8 inchi.

Apabila ruangan dapurmu berukuran lebih besar lagi, misalnya dua kali lipat. Kamu dapat memanfaatkan exhaust fan yang berdiameter 10 inch atau 12.

2. Model unit exhaust fan

Penempatan unit ini tetap bisa bervariasi sesuai keinginan namun harus disesuaikan dengan model Exhaust fan yang akan digunakan.

Yang terpenting ialah untuk memastikan posisi penempatan exhaust dan sudah tepat dan bisa berfungsi dengan baik. Jangan sampai exhaust fan tersebut tidak bekerja secara maksimal dan tidak efisien hanya karena salah posisi.

3. Sesuaikan dengan tipe plafon dapur

memasang exhaust fan pada plafon

Jika kamu memutuskan untuk memasang exhaust fan pada plafon, kamu harus memastikan sirkulasi udara pada exhaust fan berfungsi dengan baik.

Pemasangan pipa saluran exhaust fan tersebut dapat membuang udara kotor dari dalam dan mengambil udara bersih dari loteng rumah dengan lancar.

4. Tipe dinding pada dapur

Jika kamu merasa kesulitan untuk menerapkan jenis exhaust fan plafon, kamu dapat memasangnya pada dinding.

Pemasangan exhaust fan pada dinding terbilang lebih mudah karena tidak memerlukan pipa saluran uadara khusus.

Nah sebelum memasangnya kamu juga harus memastikan bahwa dinding dapur berhadapan langsung dengan ruangan terbuka. Hal tersebut harus diperhatikan agar exhaust fan dapat bekerja dengan maksimal.

5. Pemasangan exhaust fan dengan tipe inline

Tipe pemasangan exhaust fan dapur jenis ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di kota besar, yang tidak punya ruangan terbuka.

Namun dalam teknisnya tidak bisa dilakukan sendiri dan sebaiknya memanggil tenaga ahli khsusus.

Jenis exhaust ini dapat bekerja untuk sirkulasi udara tanpa memerlukan ruangan terbuka dengan memanfaatkan filter dalam dan luar yang terhubung dengan saluran pipa-pipa serta kipas penyedot.

Admin
Aktifitas offline sebagai tukang instalasi pipa air dan instalasi listrik. Menulis blog untuk berbagi pengalaman dan menambah persahabatan.   Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar disini. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung di POMPAIR.com
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini