Memasang Mesin Pompa Air Type JetPump Pada Sumur Bor Dengan Benar

Memasang mesin pompa air jetpump dengan cara yang tepat sesuai dengan prosedur teknisnya akan meminimalisir segala resiko atau timbulnya pemasalahan seperti gagal menghisap, daya hisap lemah dan masih banyak lagi.

Dari segala jenis mesin pompa air yang dibeli baru, maka akan disertakan panduan teknikal cara pemasangannya.

Akan tetapi masih banyak yang kurang perhatian tentang apa saja yang sering kali terlewatkan dan akhirnya baru menyadari setelah terjadi masalah entah seketika atau jangka panjangnya.

Advertisement

Pemasangan jetpump untuk sumur bor

Tidak jauh berbeda dengan cara memasang pada sumur gali atau jenis sumber air lainnya, instalasi mesin jetpump pada sumur bor kadang masih belum dipahami sepenuhnya oleh para pengguna.

Pastikan diameter sumur bor minimal adalah 4 inch

Memasang Pompa Air Jet PumpJenis jetpump akan berbeda dari pompa sumur dangkal atau semi jetpump yang mana type ini termasuk dalam kategori pompa sumur dalam dengan menggunakan injector.

Memiliki 2 rangkaian pipa yang masuk kedalam lubang sumur bor dengan ukuran standart 1 inch sebagai pipa tekan dan 1,25 inch untuk pipa hisapnya.

Kedua pipa bersatu pada nozel (injector) yang harus bisa masuk sepenuhnya pada lubang sumur semaksimal mungkin hingga mencapai dan terbenam pada sumber air.

Masih banyak yang melakukan manipulasi dengan hanya menyambung bagian input injector (inlet foot valve) untuk menjangkau sumber air, sedangkan posisi nozel di atas permukaan air dengan alasan lubang sumur bor tidak mencukupi.

Cara ini memang masih memungkinkan jika daya hisap pompa masih optimal, namun jangka panjangnya seiring usia pakai pompa, maka kemampuan akan menurun dan fungsi injector tidak ada gunanya sama sekali.

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.