Metode Mencari Lokasi Sumber Air Tanah Untuk Membuat Sumur Bor

Menentukan atau mencari sumber air khususnya air tanah untuk sumur bor harus dilakukan dengan teknik yang tepat hal ini bertujuan agar upaya pengeboran bisa memperoleh hasil yang tidak mengecewakan. Seringkali terjadi kegagalan tidak dapat menemukan sumber air meskipun pengeboran tanah sudah dilakukan hingga sedalam 30 meter hanya karena perencanaan awal yang salah.

Air tanah atau sumur merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sumber air yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena selain cukup mudah mendapatkannya, memiliki sumber air sendiri akan lebih nyaman dan bebas dalam penggunaannya sepanjang waktu.

Sebelum mempelajari tentang bagaimana cara menentukan titik sumber air, sebaiknya dipahami terlebih dahulu cara memilih lokasi sumur yang baik untuk sumber air bersih.

Advertisement

Mencari-sumber-air-bersih

Pemilihan lokasi sumur yang baik

  • Tidak berdekatan dengan wc, toilet, kamar mandi dan saluran air kotor agar tidak terjadi kontaminasi saluran pembuangan dengan jaringan sumur air tanah.
  • Jarak yang tepat untuk memisahkan antara lubang sumur air yang akan dibuat dengan area resapan toilet yang terdekat adalah minimal 5 meter jika tanah di sekitar lokasi adalah tanah liat dan minimal 7,5 meter jika tanahnya berpasir.
  • Untuk sumur bor hendaknya dipasang pipa cassing mulai dari permukaan tanah hingga kedalaman air untuk menghindari resapan dari air permukaan tanah dan merusak kualitas sumber air bersih.

Selanjutnya adalah beberapa teknik atau cara untuk menentukan titik sumber air tanah dengan alat alat sederhana.

Menentukan titik sumber mata air sumur bor dengan menggunakan garam

Letakkan satu hingga dua genggam garam dapur dilokasi tanah yang akan di bor pada malam hari kemudian ditutup rapat dengan kaleng yang ditengkurapkan selama 7 hingga 8 jam.

Sebaiknya membuat titik uji lebih dari satu tempat agar keseokan harinya dapat dipilih mana lokasi yang paling tepat dan sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah pagi hari perhatikan garam yang telah diletakkan dan amati titik mana yang menyisakan garam paling sedikit atau bahkan sampai habis yang artinya di situlah titik yang paling potensial untuk memperoleh sumber air bersih.

Menentukan titik sumber mata air menggunakan daun pisang

Ambil beberapa lembar daun pisang dan letakkan pada beberapa titik yang akan di bor atau digali pada sekitar jam 9 atau jam 10 malam. Pagi harinya Anda lihat embun yang menempel pada daun pisang tersebut (pada bagian bawah daun). Semakin banyak embun yang menempel pada daun maka semakin banyak debit air bawah tanah tersebut.

Namun jika daunnya tetap kering berarti tidak ada sumber air di bawah daun tersebut jadi Anda harus mencari lokasi lain sampai tepat dan barulah melakukan pengeboran air tanah. Cara ini sebenarnya adalah menggunakan teknik analisa kelembaban.

Dari kedua cara diatas memang tidak ada kajian yang dapat memberikan kepastian ketepatan yang sempurna. Namun setidaknya telah banyak dilakukan oleh para tukang sumur bor yang memiliki pengalaman dengan metode tersebut dan memperoleh hasil yang tidak mengecewakan.<pompair.com>

57 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.