Langkah Analisa dan Solusi Cepat Ketika Mesin Pompa Air Mendadak Macet

Tahap atau langkah perbaikan terhadap mesin pompa air macet memang sangat kompleks dan memerlukan pengalaman untuk dapat melakukan analisa yang tepat dalam menanganinya.

Metode serta berbagai cara memperbaiki masalah mesin pompa air sebenarnya sudah banyak kami tulis pada posting artikel artikel terdahulu. Namun kenyataanya para pengunjung blog ini masih saja banyak yang meninggalkan komentar dengan tanpa membaca secara cermat artikel yang sudah kami tulis, sehingga pertanyaan para pengunjung cenderung banyak yang selalu sama karena notabene mereka juga memiliki permasalahan yang serupa.

Perbaikan-mesin-pompa-air

Advertisement

Rangkuman masalah mesin pompa air tidak menyedot

Berikut ini kami rangkum masalah yang terjadi pada mesin pompa air khususnya untuk type pompa sumur dangkal (semi jetpump) serta jetpump yang tidak bisa menyedot air meskipun pompa dapat hidup.

Mesin hidup tidak keluar air

Sebelumnya pastikan sumur atau sumber air dalam kondisi normal yaitu tersedia air (tidak kering) serta pastikan suplai daya listrik untuk mesin pompa normal tegangan tidak drop dan menggunakan kabel standart PLN.

Tahap pemeriksaan pipa hisap:

  • Lepas pipa hisap dari mesin. Lihat apakah ada air didalam pipa hisap. Jika kosong coba di isi dulu sampai penuh tunggu beberapa menit lihat kedudukan air tetap atau ada penurunan.
  • Jika turun maka dipastikan ada kebocoran pada rangkaian pipa atau pada foot valve (tusen klep)
  • Jika air tetap, maka lakukan guncangan (kocok) kalau air dapat naik artinya pipa hisap normal dan sumber air tidak ada masalah dalam arti tidak ada kasus tersumbat.

Pemeriksaan mesin pompa:

  • Pasang kembali pipa hisap ke mesin. Isi bak tampungan impeller (pancingan) dengan air hingga penuh.
  • Hidupkan mesin dan amati apakah ada kebocoran pada seal pompa, posisinya pada AS mesin antara motor dengan ruang impeller, jika bocor, merembas atau menetes maka harus diganti.
  • Kedua, pastikan putaran mesin sudah benar. Tampak dari arah kipas mesin berputar searah jarum jam dan suara mesin harus berbunyi normal. Jangan sampai berputar lambat ataupun tampak tersendat sendat.
  • Pasang kran (stop kran/ball valve) pada jalur output dengan jarak sekitar 30cm dari mesin pompa dan posisikan tertutup.
  • Usahakan jangan membuka kran sebelum ada tanda tanda air terhisap. Jika sudah ada air terhisap maka biasanya tekanan pompa akan meningkat suara mesin berbunyi semakin halus. Kemudian buka kran perlahan mulai dari bukaan kecil jangan sampai air drop.
  • Pada umumnya jika kran dibuka kecil air dapat naik dan ketika dibuka full air malah drop maka artinya daya hisap pompa sudah mulai melemah sebaiknya dilakukan servis pada ahlinya.

Catatan:

Untuk kedua tahap pemeriksaan di atas adalah prosedur yang secara teknis sudah dapat diterapkan ketika pompa anda sedang mengalami masalah tidak dapat menyedot air.

Akan tetapi dari metode perbaikan di atas adalah terbatas pada unit mesin pompa yang sebelumnya sudah pernah beroperasi dengan normal dalam arti bukan pemasangan mesin pompa baru.

Karena untuk pemasangan mesin pompa baru sebaiknya anda cermat dan teliti terlebih dahulu penyesuaian antara spesifikasi mesin terhadap kondisi sumber air meliputi kedalaman sumur, jarak level air dengan pompa hingga jarak tempuh suplay menuju tandon yang mesti diperhitungkan dengan spek standart mesin pompanya.<POMPAIR.com>

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.