test

Tanda Pompa Air Masuk Angin dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat

Mengatasi persoalan mesin pompa air masuk angin harus mengetahui terlebih dahulu tanda tandanya agar tidak terjadi salah penanganan. Pada dasarnya banyak sekali masalah yang menyebabkan pompa tidak bisa menghisap dan salah satunya adalah lost suction ini.

Kenapa lebih populer dengan istilah masuk angin, karena memang permasalahan yang satu ini disebabkan oleh angin yang terselip di dalam pipa hisap sehingga pompa tidak memiliki daya hisap akibat hilangnya kevakuman.

Mengatasi masalah pompa air masuk angin

Untuk memastikan bahwa mesin anda sedang mengalami kehilangan daya hisap, biasanya pompa akan tetap berbunyi normal namun tidak ada sama sekali tanda tanda air akan keluar.

Berikut adalah beberapa analisa yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan persoalan ini dengan tahap yang benar.

Pemasangan pipa hisap salah

Masalah-Pompa-Air-Tidak-MenghisapPastikan terlebih dahulu bahwa pipa hisap berada pada posisi yang benar yaitu tidak terpasang dengan tinggi yang melebihi kedudukan inlet mesin pompa ataupun terdapat banyak lekukan ke atas.

Dengan ini adalah mutlak bahwa memasang pipa hisap harus lebih rendah dari posisi mesin pompa di letakkan. Ini bertujuan agar tidak ada angin yang tertinggal di dalam pipa sehingga membentuk ruang kosong yang memicu hilangnya daya vakum.

Solusi dan penanganan paling tepat

Sebelum bertindak yang dapat berakibat lebih fatal, ada baiknya anda mencoba tips berikut ini yang akan dapat memberikan kepastian bahwa pompa air anda benar benar sedang mengalami masuk angin.

Coba anda lepas pipa hisap sampai benar benar bebas dari mesin pompa sehingga anda dapat mengangkat dan menurunkan dengan leluasa. Selanjutnya perhatikan isi air yang terdapat di dalam pipa apakah tampak ada gelembung yang selalu muncul.

Untuk menghilangkan angin yang terselip di dalam pipa, bisa dilakukan gerakan naik turun secara cepat (dik*cok) sampai air dapat terangkat dan keluar dengan penuh. Kemudian pasang kembali pada mesin pompa.Jjika memang permasalahannya masuk angin, tentunya sudah pasti akan teratasi dengan metode ini.

Namun apabila pompa tetap tidak kuat menghisap air meskipun mesin dapat hidup dengan normal, maka persoalan ini bukan disebabkan oleh masuk angin dan perlu dilakukan pemeriksaan selanjutnya yaitu pompa menyala normal air tidak keluar.

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

71 KOMENTAR

    • Semua permasalahan pompa air sudah kami ulas dalam web ini. coba anda cari artikelnya dengan lebih teliti.

    • Jet pump saya, saat awal hidup ada hentakan kemudian hidup normal. Apakah penyebabnya?

    • Thank you atas ilmunya.
      Pak maaf ni pompa saya baru saja beli merek ahizu 135 ps , namun tidak bisa memghisap air dari dalam aumur bor .kedalam nya 9 meter semua sambungan pipa sudah pastikan tidak ada kebocoran.
      Malah cuman ada gelembungnya saja.
      Tapi ko dia bisa mengisap air yg mengalir dari atas permukaan tanha ke dalam aumur bor .
      Apa sih penyebabnya….?
      Tolong pa mohon bantuan

  1. Mas domisili daerah mana ? buka bengkel pompa air ga.. ada no yg bs dihubungi ? pompa air saya bermalsah kadang mesinnya mendengung namun kadang tenang dan kadang air yg keluar kecil namun kadang besar..saya bingung antara sumber air yg berkurang, mesinnya yg sudah lemah atau klep nya.. tks

    • Domisili saya ada di kota Malang Jatim. Jika mesin sudah pernah mengalami gejala mendengung tidak mau berputar, maka hal tersebut merupakan tanda tanda ada masalah. pemeriksaaan bisa di lihat dari kapasitor, kemudian sumber tegangan yang menyuplai, dan finalnya adalah pada bagian gulungan dinamo pompa.

    • Amiiin…. terimaksih telah berkunjung ke web kami, salam persahabatan dari kami pengelola POMPAIR.com

  2. Selamat malam Pak…saya punya persoalan dengan tangki / tandon air.dirumah.Saya meletakan .tangki air pada dak atap rumah dan saya tambah dengan pompa Sanyo 135,air mengalir lancar cuma pada saat pompa mati pada tangki/tandon keluar suara seperti di pukul,( jarak pompa dan tangki kurang lebih 70cm dan posisi pompa di bawah tandon -/+ 30cm ) Terimakasih.

    • Suara hentakan pada model pemasangan pompa untuk mendorong air biasanya disebabkan oleh pergerakan valve yang masih terdapat tekanan balik karena pemasangan instalasi pipa hisap yang tidak benar. Silakan di cari artikel kami dengan mengetik “kesalahan pemasangan pompa dorong” pada kolom pencarian.

  3. Kenapa pompa Air saya sering ngeplos …atau kadang air nya besar sekitaran 10 detikan kadang ngeplos trus ada lagi …tidak ada lagi …. Apakah itu yg di maksud pompa yg di kategorikan masuk angin

    • Jika masuk angin tidak akan bisa menghisap air sama sekali. Mohon di informasikan type pompa dan berapa kedalaman sumur, jarak pompa dengan permukaan air agar kami bisa membuat analisa.

  4. Salam, kalau pompa simitsu 125 menyedot air makin lama makin kecil padahal kedalaman cuma 2 batang pipa 3/4 in dan aiir banyak. Kenapa ya? Terimakasih

    • Apakah pipa hisap sudah dipastikan terpasang dengan benar. Dengan kedalaman 2 batang pipa artinya adalah 8 meter. Pompa tersebut adalah jenis sumur dangkal yang memiliki daya hisap maksimum 9 meter. Jika pipa terbenam terlalu dalam kemungkinan ada sumbatan karena material atau kotoran (endapan, lumpur) yang terhisap.

  5. air dari sumur bor saya mengecil. mesin panasonic 125 manual. kedalaman sumur 12 meter. kira2 masalahnya dimana mas?

    • Sepertinya jenis pompa yang anda gunakan kurang sesuai karena untuk kedalaman yang sudah melebihi 11 meter sebaiknya menggunakan jenis jetpump. Memang untuk mesin yang masih baru meskipun speknya kurang memenuhi masih mampu menghisap dengan baik, namun semakin lama kinerjanya akan menurun.

  6. Pompa air semijet shimitzu 108,,pernah saya bongkar gara2 ada kerikil2,trus saya pasang lgi karet antara motor dan pompa saya lem aibon,,pas saya coba msih ada gelembung2 angin, padahal sambungan2 pipa juga saya lem lgi. Kenapa itu ya? Blom ada setahun pompa”a. Klep saya bersihin juga dan saya lem pas pemasangan.

    • Jika masih dapat menghisap air dengan baik biarkan saja. Terkadang masalah hanya karena ada sambungan yang masih belum 100% rapat memang tidak dapat terlihat namun udara tetap akan bisa masuk meskipun tampak tidak mengganggu kinerja mesin pompa

    • Tersendat sendat bisa disebabkan karena spesifikasi pompa tidak sesuai dengan kedalaman sumur. Kemudian bisa juga karena ada masalah pada impeler terdapat kotoran, atau material yang tersangkut di dalamnya.

      Pemeriksaan ketiga pada suply daya listriknya apakah tegangan normal tidak naik turun sehingga RPM pompa menjadi tidak stabil.

  7. Mas, awalnya bagian bawah toren sy bocor terus diganti, tapi ternyata air jadi tidak keluar dari kran, baik di lantai atas maupun yg dibawah, kenapa yah? Dan apa solusinya? Terima kasih.
    Sy hanya pakai pompa untuk naik ke toren, tidak ada pompa untuk yg dorong kebawa saat ini.

    • Didalam toren yang sudah beroperasi cukup lama biasanya akan terjadi endapan. Ketika melakukan perbaikan pipa kemungkinan ada material yang menyumbat atau masuk kedalam pipa instalasi karena tidak terpasang stop kran.

      Jika sumbatan berada pada posisi instalasi yang sulit dideteksi, maka harus membut jalur baru sebagai solusinya. Menganalisa persoalan tersebut, tampaknya sumbatan terjadi pada jalur pipa utama karena semua kran ikut terpengaruh tidak menadapatkan aliran air.

    • Menandakan ada bagian pipa output yang bocor dalam ukuran sangat kecil. Periksa saja bagian sambungan kemungkinan ada yang longgar atau cacat.

    • Ini masalah yang belum pernah kami temui. Apakah pompa menghisap melalui jalur output sehingga anda bisa mengatakan air keluar dari lubang input?

  8. Pompa air bekerja dengan baik dan air di tandon penuh tapi tidak mau keluar di semua kran. Kira-kira kenapa ya pak?

    • Harus dipastikan apakah instalasi tidak ada yang tersumbat mengingat semua kran tidak ada indikasi aliran air.

  9. selamat pagi mas admin, saya mau tanya masalah pompa air saya, sanyo 125..
    sebelumnya saya berikan spek di lapangan:
    1. sumur bor kami kedalamannya 10 m, dan posisi airnya hanya 2 m dari permukaan tanah, dan panjang pipa hisap yang vertikal 4 m.
    2. dari lubang sumur ke pompa berjarak 5 m (mendatar).
    3. total panjang pipa hisap 4+5 m= 9 m dan berdiameter 3/4 inchi semua.
    4. setelah dari pompa dipasang pipa 10 m ukurran 3/4inch untuk mengalirkan air ke penampungan rumah…
    5. di pasang stavolt 2000va, dan voltase stabil diangka 220v

    yang menjadi persoalan adalah air yang keluar selalu disertai gelembung2, kadang sedikit kadang banyak, sehingga air yang mengalir pun tersendat2, dan ada kalanya air yang keluar nyembur lancar seukuran pipa 3/4 full…

    nb: pompa sanyo 125 posisi baru 3bulan..

    tindakan saya sementara, ganti sel mekanik dan lem ulang di setiap sambungan pipa, tapi tetap saja bergelembung dan kadang deras kadang kecil….

    kira2 apa lagi yang musti kami lakukan?

    • Seperti pengalaman kami, ketika debit pompa tidak stabil dan air bercampur dengan gelembung menandakan bahwa pipa output masih terdapat sambungan yang belum rapat sehingga udara ikut terdorong didalam pipa instalasi.

      Kedua adalah persoalan sumber mata air yang sering telat atau kurang mencukupi sehingga ada jeda dan udara ikut terhisap.

      Jika menurut data yang anda berikan adalah kedalaman level air adalah 8 meter dan pipa hisap terbenam hanya 2 meter maka ini juga beresiko tusen klep lebih cepat menggantung kekurangan air.

  10. Mas kemarin pompa saya ada masalah dengan dinamo dan sudah diperbaiki. Pompa sudah mengalirkan air ke tandon dan tandon sudah penuh.
    Namun begitu pompa dimatikan, air semua kran ikut mati padahal tandon sudah penuh dan stop kran sudah di posisi terbuka semua. Kira2 bagaimana solusinya? Terima kasih banyak.

    • Harus anda pastikan bahwa pipa sumplai dari pompa menuju tandon tidak terbagi menuju instalasi. Artinya jalur pipa hanya satu terarah menuju tandon. Kemudian jalur dari tandon apakah terdapat bypass yang dirancang oleh tukang pipa nya? Karena biasanya tukang pipa yang profesional selalu membuat jalur bypass untuk cadangan dan ini seringkali kurang dipahami oleh pemilik.

  11. Gan mau tanya
    Kran-kran dirumah saya kadang mati total, setelah pasang tampungan air. padahal ditampungan air selalu penuh. sudah di bongkar bbrpkali tetep saja penyakitnya kambuhan. gimana solusinya ya Gan?

    • Jika seluruh kran mati secara bersamaan, hal tersebut mengindikasikan ada sumbatan pada jalur instalasinya khususnya pada pipa induk (utama). Solusinya tetap dengan cara memeriksa pipa yaitu dengan potong dan sambung kembali untuk menemukan titik sumbatan yang dicurigai.

  12. Mas, saya mau tanya. Air di rumah ngga ngalir kecuali di keran tempat cuci piring, itu pun awalnya besar tapi lama-kelamaan mengecil.
    Saya coba cek tandon bawah, ternyata penuh. Pelampung pun sudah saya coba buka, tetap ngga ada sedotan ke tandon atas. Mesin pompa juga ngga nyala sama sekali.

    Kira-kira ada kerusakan apa ya, Mas ? Ada mungkin pelampung tandon atas yang bermasalah ? Atau ada masuk angin ? Atau malah mesinnya yang rusak ? Sehari sebelumnya mesinnya berfungsi dengan baik.

    Mohon bantuannya, Mas. Terima kasih.

    • Jika menurut informasi adalah mesin pompa tidak hidup, maka pemeriksaan pertama sebaiknya dilakukan pada unit pompa (dilepas dari instalasi awal) kemudian dihubungkan langsung dengan sumber listrik jalur lain dan pastikan mesin dapat menyala atau tidak.

  13. saya pasang zet pump. kalo baru di nyalakan airnya keluar. tapi gak lama langsung ga keluar air. tapi kalo di matikan mesinnya lalundi nyalakan kembali, air nyabbisa keluar lagi. cuma sebentar doang keluar nya. begitu terus. mohon pnjelasannya

    • Menurut analisa kami adalah bermasalah pada debit sumber air yang bapak miliki. Pengertiannya kapasitas sumber air kurang mencukupi untuk dihisap pompa secara kontinyu dengan daya pompa yang besar.

  14. Pak sy mau tanyak knp sriap mau nyalahka pompa mesti mancing pompa dulu,terkadang bisa kluar terkada sulit tuk kluar apa penyebabx,.mohonbantuanx

    • Kemungkinan besar persoalan pada tusen klep bocor atau bagian pipa hisapnya. sehingga harus di angkat total untuk di periksa keseluruhan.

  15. mas barusan ane ngedalemin sumur tdiny 2.5 m menjadi 5 m..air dalam sumurpun penuh..saya liat tukang yg masangin pipa kedalam sumur mancing airnya atau ngisi airnya langsung dari pipa setelah penuh lalu ia sambung dan di lem pipa yg ngegantung di dlm sumur itu..kemudian dia masukin air lagi atau mancing air lagi lewat pompa..al hasil pas di nyalain keluar airnya tersendat sendat..dan terdengar kayak ada gelembung air di pipa hisap..yg jadi pertanyaan saya pengaruh tidak kalau mancing airnya melalui pipa hisap serta di timpah lagi mancingnya melalui pompa..dan apa penyebab masuk angin di pompa saya..mohon pencerarahannya mas!!..terimakasih sebelumnya.

    • Memancing air melalui pipa langsung sebelum dihubungkan dengan mesin juga bisa dan ini akan lebih cepat mengisi. Kalau penyebab masuk angin yang paling jelas adalah debit sumber air tidak mencukupi yang mengakibatkan pipa hisap menggantung (telat air).

  16. Maaf gan.. Pompa air saya pertma d hidupkan air.y besar slma kurang lebih 5 menit air keluar.y kecil.. Spek pompa sumitzu daya hisap mak 9 meter pipa hisap 1″. …
    Kedalaman sumur 12meter d pasang pipa hisap 3/4″…. Air bnyakk.
    Tolong Masalah.y d mna gan.??

    • Analisa bapak sudah tepat, pompa dengan daya hisap maksimum 9 meter menggunakan pipa hisap 1 inch adalah spek standart. Jika ingin menambah jangkauan kedalaman maka harus diperkecil ukuran pipa hisapnya untuk menghasilkan debit air yang lebih optimal.

  17. Tanya min, pompa saya sanyo ph137ac. Hisap dari bak tandon bawah kedalaman 2m ke bak tandon atas ketinggian 5m kok debit airnya kecil ya?
    Padahal di kertas petunjuk daya hisap max 9m dan daya dorong max 18m

    • Jika spesifikasi pompa sudah sesuai dengan kebutuhan dilapangan, maka penyebab debit melemah bisa karena tegangan listrik terlalu rendah (kurang dari 210 volt AC) sehinggan RPM tidak optimal, kemungkinan lain ialah terdapat masalah pada impeler, bisa terselip material kotoran ataupun cacat.

  18. maaf min mau tanya kenapa pompa air semi jet .udh saya pasang kedalaman sumur 16 meter.air 3 meter.
    tdi di bawah mesin saya pasang 2 pralon di atas saya pasang 2 stengah pralon.tpi stelah mesin saya hidup kan.air gak bisa naik.mohon solosinya…

    • Untuk semua jenis pompa semijet memiliki daya hisap maksimum 11 meter. Jadi apabila pemasangan panjang pipa hisap lebih dari itu pasti akan banyak timbul persoalan karena kinerja pompa tidak optimal.

  19. Gan mau tanya pompa air saya merk shimizu pompanya normal dan air yg ada di pipanya juga ada saat di di nyalain air tidak keluar malah angin yg keluar padahal saya sudah cek jalur pipa tidak ad yg bcor. Tetapi saat pipanya di naik turunin air keluar dari mesin pompa setlh itu tidak keluar lgi. Kira kira permasalahannya ada dimna

    • Kemungkinan paling besar adalah spek pompa yang digunakan tidak sesuai dengan keutuhan dilapangan. Bisa karena daya hisap pompa tidak mencukupi dengan kedalamannya.

      Kami tidak dapat memberikan analisa jika tidak di informasikan mengenai jenis pompa type dan merek serta berapa kedalaman sumurnya serta jarak level air dari permukaan tanah.

  20. Maaf gan numpang tanya, saya pasang pompa shimizu model PC-502 BIT, kedalaman sumur 28 M, pipa hisap dan pipa dorong 1″, pada saat pompa dihidupkan air keluar pada amper menunjukan 4.5, sudah sepuluh menit amper tutn dan air tidak keluar, setelah satu jam listrik ( MCB) turun, apakah ada pengaruh karena listrik 1300 wat dengan pompa kapassitas 500 watt dengan daya star listrik 1500 wat atau ada masalah lain. terimakasih mohon balasannya.i

    • Apabila ampere turun dan air tidak keluar kemungkinan stok sumber air tidak mencukupi untuk dihisap. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya pompa tidak boleh terus dinyalakan dan harus menunggu debit sumber air tersedia karena jika mesin pompa hidup tanpa menghisap air sangat berpotensi terjadi overheat sehingga bisa memicu lonjakan daya dan akhirnya MCB mudah trip (turun).

  21. Maf gan…stelah debit air berkurang d sumur sampai beberapa hari stelah penuh lagi sumur mesin pompa kok bunyi kayak orang mengorok gt…stlah saya kasih oil d poros2nya sudah tidak ada bunyi ngorok lagi…itu ada kemungkinan poros atau klaker yg rusak atau bagai mna gan…mohon infonya…trimakasih

    • Bisa jadi karena bearing (laher) sudah tidak presisi lagi. Jika ingin mengganti laher lebih baik seluruh seal juga diganti dengan yang baru.

  22. Gan, air dari pompa sekarang agak keruh, tapi masih wajar.
    Sebelumnya bening (2 tahun dari pindah rumah). Dan kemarin” keluar air kecil.
    Itu kenapa ya?
    Mungkin tidak pompa sedikit berbalik mendorong ke dalam tanah, sehingga membuat air di dalamnya keruh.
    Jenis pompa Jet Pump Shimizu 250bit.
    Makasih gan

    • Jika memang sudah cukup lama tidak dilakukan pengurasan maka beberapa sumur ada yang memiliki banyak endapan karena struktur tanahnya. Kemudian debit air mengecil juga bisa disebabkan kinerja pompa menurun salah satunya karena pipa hisap sudah tertimbun endapan di dasar sumur tadi.

  23. tanya gan, pompa saya shimizu type PC-260 BIT kedalaman sumur 28 M, pipa hisap dan pipa dorong 1″, pada saat pompa dihidupkan air yang keluar sangat kecil suara mesin juga kasar

    • Sebaiknya pipa hisap menggunakan ukuran 1,25 inch dan Pastikan bahwa tukang pompa memasang injector dibawah permukaan air. Jika pipa berukuran sama maka debit air yang terhisap banyak yang kembali ke bawah untuk mendorong air.

  24. Mas mau tanya, sanyo semi jet merk shimizu paman saya kok kalo dinyalain keluar buih busa dan bau sabun, itu kenapa yah?
    Trus sama kalo air dinyalain cuma bertahan 5 menit doang, setelah itu ga keluar lagi airnya. Itu kenapa ya mas?

    • Kemungkinan debit sumber air sumur sangat limit (tidak mencukupi) kemudian pastikan tidak terjadi pencemaran sehingga air sumur menjadi beraroma.

  25. Mas q mu nanya, q punya sanyo semijet simizu. Kdlamn airnya-+25 meter kenapa ya pas waktu d nyalain airnya kadang gede kadang gak ada airnya,,,

    • Untuk jenis pompa semi jet tidak direkomendasikan untuk dipasang dengan kedalaman lebih dari 11 meter karena tidak akan bisa bekerja optimal.

  26. pak dirumah saya pakai jet pump shimizu pc-357 Bit namun air yang keluar kecil sama seperti menggunakan mesin biasa aja, suara mesin juga kasar dan kadang keluar air kadang juga mendengung keras, penyebabnya apa ya?
    saat ini saya sedang pemasangan toren dirumah ada kendala bertambah mesin air sangat lama mengisi toren, yang notabenya volume hanya 650 liter bisa sampai 2 jam itu pun belum penuh.
    dan ketika diperbaiki pipa boran diangkat air yang keluar dari toren besar. biasanya saat pipa boran menyatu dengan pompa dan toren air yang keluar sangat kecil bahkan hanya 1 keran saja yang bisa digunakan
    kira” letak masalahnya dimana ya pak?

  27. Maaf mas pompa air saya tidak mau keluar lagi.awal yah keluar tanpa sengaja kran yah tertutup pada saat mesin hidup nah setelah ketaun saya buka kembali air tidak mau keluar.saya pancing air tidak bisa penuh penuh di pompa air.solusi yah mas mas yg tau cara memperbaikinya

    • Ada indikasi terjadi kebocoran pada bagian tusen klep bawah pipa hisap. harus dilakukan pengangkatan pipa hisap

  28. Mas mau nanya sanyo saya jet pump,, kedalaman 18m, ko sering mancing ya, airnya selalu abis,,, kalau klep nya ad 2 pengaruh gak ya

  29. Met sore pak,maaf pak mao nanya pompa air saya sanyo sumur nya agak jauh dari rumah kalo d nyalain pertama keluar normal biasa sekitar 20 menitan tp lama”kecil trus gk keluar air trus klo d cek sambungan pipa dekat mesinya masih normal nyala gede tp kok gak nyampe ke rumah itu kira”kenapa y pak?mohon penjelasan nya

  30. Maaf izin bertanya,kenapa poma air saya bila kran di buka penuh air tdk bs keluar akan tetapi apabila kran keluar di buka sedikit air bisa keluar
    Mohon bantuan nya terimakasih

  31. Assalamualaikum, Mas ijin bertanya, saya habis ganti tusen klep, tapi kenapa mesin pompa jadi masuk angin terus yab tiap 3 hari. Jadi harus buka katup untuk membuang angin dan mesin bisa normal kembali.
    Kira kira kebocoran ada dimana ya Mas, membran mesin sudah saya tutup juga dengan plug, tapi tetap masuk angin.
    Terima kasih.

  32. Izin brtanya, saya abis beli pompa pendoro g baru merk wasser. Udh saya pasang, pas buka kran ada suara kya baling2 kencang gtu, pas kran di tutup masih bunyi, baru nunggu skitar 1menit bunyi itu hilang. Itu knp ya?

  33. rumah saya gunakan pompa satelit.
    sblmnya kami tdk pakai toren dan air mengalir.
    kemudian kami pasang toren agar tidak boros. dan air keluar jalan lancar dan naik le yoren. Namun setelah 3 mg air .
    lampu mesin satelit nyala merah terus tetapi air ditoren tdk terisi. sampai berjam jam. padahal.toren kami tidal besar
    akan tetapi kalau tomobol merah di mesin satelit kita dorong maka mesin air berbunyi dan air terisi ditoren dan kalau penuh tombol lampu yersebut mati.

    tapi kalau berkurang lampi akan nyala. dan lami harus lakukan seperti diatas, begiti teris menerus.
    Padahal sebelumnya secara otomoatis seharusnya lampu tersebut akan mati sendiri.ketika air penuh. sebenatnya apa madalah pompa ini. mohon masukannya terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini