Mesin Pompa Air Hidup Tapi Tidak Keluar Air, Ini Penyebab Masalahnya

Pompa-hidup-tidak-keluar-airMasalah pompa air hidup tapi tidak dapat keluar air adalah yang paling umum terjadi pada sebuah mesin pompa dengan berbagai macam sebab yang dapat di analisa dengan cara cara sederhana.

Kasus seperti ini bisa saja menimpa pada pemasangan unit mesin baru ataupun pompa yang sudah beroperasi dalam jangka waktu yang lama.

Pada intinya jika kondisi mesin pompa masih dapat menyala normal, artinya putaran dynamo tidak menandakan ada masalah seperti, berat, lambat, atau melemah bahkan tidak terdengar suara bising ataupun berisik, maka hanya ada 3 poin pemeriksaan untuk mengatasi masalah tidak keluar air.

Mengatasi pompa hidup air tidak keluar

Berikut adalah tahap tahap perbaikan pompa air yang dapat dilakukan jika mendapati persoalan seperti di atas dengan langkah yang tepat.

Memastikan ketersediaan sumber air

Jika sumur tidak memiliki cukup air untuk di hisap, maka sudah pasti air akan berhenti mengalir dari mesin pompa meskipun nyala mesin tampak normal dan baik baik saja.

Langkah paling mudah untuk mengetahui adalah dengan cara memasang stop kran pada saluran keluar kemudian ketika pompa di hidupkan, buka kran secara perlahan mulai dari bukaan kecil hingga terbuka penuh.

Jika pada bukaan kecil air mampu mengalir meskipun minim, dan ketika kran dibuka penuh air justru berhenti, sudah pasti ini adalah masalah sumber air yang tidak mencukupi untuk disedot pompa.

Spesifikasi pompa yang tidak sesuai

Namun apabila sumber air tersedia dan volumenya mencukupi, kejadian air tidak keluar bisa dipicu oleh spesifikasi pompa yang tidak sesuai seperti contoh sumur kedalaman 30 meter dan memaksakan dipasang pompa dengan daya hisap 9 meter. Baca tentang memilih pompa air yang tepat.

Untuk hal ini mohon dipastikan memahami spesifikasi unit mesin pompa air dengan benar. Misalkan saja untuk jenis sumur dangkal dengan kedalaman total mulai permukaan tanah hingga dasar sumur adalah 12 meter dan level air dari dasar sampai batas permukaan air adalah 5 meter, maka jika menggunkan pompa sumur dangkal daya hisap 9 meter, akan lebih aman jika pipa hisap yang terbenam kedalam air adalah sedalam 3 meter.

Perhitungan pemasangan di atas adalah untuk mengantisipasi debit sumber air yang aman serta menjaga kinerja unit mesin pompa tetap maksimal.

Pemasangan pipa hisap yang tidak benar

Satu lagi yang masih berhubungan dengan sumber air adalah, pemasangan pipa hisap yang terlalu kedasar sumur sehingga beresiko terbenam kedalam lumpur atau kotoran endapan sumur sehingga foot valve tersumbat.

Kesalahan pada pemasangan pipa hisap lainnya adalah masih adanya kebocoran atau sambungan yang kurang tepat sehingga daya vakum pompa tidak ada maka meskipun pompa air hidup sudah pasti air tidak akan bisa keluar. Simak lebih lengkap beserta gambar tentang kesalahan pemasangan pipa hisap<pompair.com>

50 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf sementara belum bisa menjawab komentar, kami terkendala jaringan internet dilokasi proyek saat ini sedang berada di area pedalaman. Terimakasih

Advertisement