Cara Setel Otomatis Mesin Pompa Air Model Konfensional (Pressure Switch)

Bagaimana cara setel pressure switch otomatis pompa air model konfensional yang pada umumnya terdapat pada jenis pompa sumur dangkal dan juga jetpump? Kali ini kami tidak membahas otomatis yang type digital atau full electrical.

Banyak pengguna yang masih kesulitan dan belum memahami cara seting komponen yang satu ini ketika mereka mendapati unit mesin pompanya mati hidup dengan tidak teratur mengikuti bukaan kran. Sehingga terkadang cukup membingungkan karena masalah ini dapat menyebabkan mesin pompa hidup mati ataupun bahkan tidak segera mati padahal kran sudah tertutup semua.

2 Macam setingan otomatis pompa air jenis pressure switch

Berikut ini kami jelaskan cara melakukan penyetelan pada 2 jenis model otomatis yang paling umum digunakan dan biasanya sudah include atau bawaan pada unit mesin pompa air.

Advertisement

Setelan otomatis jetpump

Perhatikan gambar dibawah ini adalah model otomatis yang biasanya sudah ada pada unit mesin jetpump.

Setel-otomatis-jetpump

Setelan otomatis pompa sumur dangkal

Untuk contoh gambar yang satu ini hanya berbeda model dari yang ada pada type jetpump namun tetap memiliki fungsi dan peran yang sama.

Setel-otomatis-pompa-air

Komponen ini bekerja dengan adanya tekanan air yang terdapat di dalam ruang impeller oleh daya hisap pompa dan akan memicu platina untuk memutuskan arus listrik alias OFF ketika tidak ada kran yang terbuka. Begitu juga sebaliknya akan menutup platina dan menyambungkan arus listrik ON pada saat ada kran yang terbuka.

Ada 2 permasalahan yang sering terjadi dan cara mengatasinya adalah:

Mesin pompa tidak bisa mati ketika kran sudah tertutup rapat. Kejadian ini disebabkan oleh tekanan air pada ruang impeller kurang kuat untuk mendorong platina yang terlalu keras (berat) untuk memutuskan hubungan listrik sehingga setelan otomatis perlu di rubah ke arah yang lebih lembut atau ringan.

Untuk model gambar yang atas maka setelan terdapat pada kepala mur yang besar bisa dicari dengan memutar secara perlahan ke arah kiri atau sebaliknya hingga menemukan posisi yang tepat sampai pompa mati.

Untuk model gambar bawah setelan terdapat pada bagian yang ada lubang obeng minus dan disana ada tanda (+) dan (-). Cara mencari setelan juga dengan memutar kearah kanan atau sebaliknya sampai menemukan seting ringan hingga mesin pompa bisa OFF.

Dari kedua langkah di atas pastikan penyetalan pada saat pompa hidup dan kran semua dalam kondisi tertutup serta pastikan tidak ada tanda tanda kebocoran pada pipa atau bagian lainnya.

Mesin pompa mati hidup dengan rentang waktu yang singkat. Persoalan ini dapat terjadi pada saat kran di buka penuh, separo ataupun pada posisi kran tertutup rapat.

Jika kran tertutup penuh namun mesin tetap ON OFF maka menandakan bahwa setelan otomatis terlalu ringan atau kemungkinan terdapat kebocoran sehingga mesin pompa air sering mati hidup.

Kran terbuka penuh tapi mesin pompa masih saja ON OFF (hidup mati) ini disebabkan oleh setelan otomatis tersebut yang juga terlalu ringan sehingga tekanan air kecil saja sudah mampu mendorong platina ke posisi ON dan pada bukaan air sedikit saja platina sudah memutuskan arus listrik alias OFF.

Cara penanganannya tetap seperti metode di atas yaitu dengan mencari seting yang tepat sambil memantau kondisi buka tutup kran dengan kondisi mesin hidup dan menghisap air. Menyetel otomatis pompa tidak dapat dilakukan jika mesin kondisi kosong tanpa daya hisap air ataupun jika masih terdapat kebocoran.

47 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.