test

Cara Setel Otomatis Mesin Pompa Air Model Konfensional (Pressure Switch)

Bagaimana cara setel pressure switch otomatis pompa air model konfensional yang pada umumnya terdapat pada jenis pompa sumur dangkal dan juga jetpump? Kali ini kami tidak membahas otomatis yang type digital atau full electrical.

Banyak pengguna yang masih kesulitan dan belum memahami cara seting komponen yang satu ini ketika mereka mendapati unit mesin pompanya mati hidup dengan tidak teratur mengikuti bukaan kran. Sehingga terkadang cukup membingungkan karena masalah ini dapat menyebabkan mesin pompa hidup mati ataupun bahkan tidak segera mati padahal kran sudah tertutup semua.

2 Macam setingan otomatis pompa air jenis pressure switch

Berikut ini kami jelaskan cara melakukan penyetelan pada 2 jenis model otomatis yang paling umum digunakan dan biasanya sudah include atau bawaan pada unit mesin pompa air.

Harga Otomatis Pompa Air Berkuatlitas

  • San-ei Flow Switch Otomatis Pompa Air (1-3 / inch atau 1 – 1/2 inch) Rp 120.000
  • Penguin Radar PS-70 AB Penampung Air Otomatis / Oto Level / Switch Control Rp 75.000
  • Dea Type 0.25 Otomatis Pressure Switch Sparepart Pompa Air (Drat 3/8 inch) + free 2 YSK Seal Tipe Rp 525.000
  • MAXPUMP Water Flow Switch Saklar Otomatis Pompa Air (1 inch) Rp 153.000

Setelan otomatis jetpump

Perhatikan gambar dibawah ini adalah model otomatis yang biasanya sudah ada pada unit mesin jetpump.

Setel-otomatis-jetpump

Setelan otomatis pompa sumur dangkal

Untuk contoh gambar yang satu ini hanya berbeda model dari yang ada pada type jetpump namun tetap memiliki fungsi dan peran yang sama.

Setel-otomatis-pompa-airKomponen ini bekerja dengan adanya tekanan air yang terdapat di dalam ruang impeller oleh daya hisap pompa dan akan memicu platina untuk memutuskan arus listrik alias OFF ketika tidak ada kran yang terbuka. Begitu juga sebaliknya akan menutup platina dan menyambungkan arus listrik ON pada saat ada kran yang terbuka.

Ada 2 permasalahan yang sering terjadi dan cara mengatasinya adalah:

Mesin pompa tidak bisa mati ketika kran sudah tertutup rapat. Kejadian ini disebabkan oleh tekanan air pada ruang impeller kurang kuat untuk mendorong platina yang terlalu keras (berat) untuk memutuskan hubungan listrik sehingga setelan otomatis perlu di rubah ke arah yang lebih lembut atau ringan.

Untuk model gambar yang atas maka setelan terdapat pada kepala mur yang besar bisa dicari dengan memutar secara perlahan ke arah kiri atau sebaliknya hingga menemukan posisi yang tepat sampai pompa mati.

Untuk model gambar bawah setelan terdapat pada bagian yang ada lubang obeng minus dan disana ada tanda (+) dan (-). Cara mencari setelan juga dengan memutar kearah kanan atau sebaliknya sampai menemukan seting ringan hingga mesin pompa bisa OFF.

Dari kedua langkah di atas pastikan penyetalan pada saat pompa hidup dan kran semua dalam kondisi tertutup serta pastikan tidak ada tanda tanda kebocoran pada pipa atau bagian lainnya.

Mesin pompa mati hidup dengan rentang waktu yang singkat. Persoalan ini dapat terjadi pada saat kran di buka penuh, separo ataupun pada posisi kran tertutup rapat.

Jika kran tertutup penuh namun mesin tetap ON OFF maka menandakan bahwa setelan otomatis terlalu ringan atau kemungkinan terdapat kebocoran sehingga mesin pompa air sering mati hidup.

Kran terbuka penuh tapi mesin pompa masih saja ON OFF (hidup mati) ini disebabkan oleh setelan otomatis tersebut yang juga terlalu ringan sehingga tekanan air kecil saja sudah mampu mendorong platina ke posisi ON dan pada bukaan air sedikit saja platina sudah memutuskan arus listrik alias OFF.

Cara penanganannya tetap seperti metode di atas yaitu dengan mencari seting yang tepat sambil memantau kondisi buka tutup kran dengan kondisi mesin hidup dan menghisap air. Menyetel otomatis pompa tidak dapat dilakukan jika mesin kondisi kosong tanpa daya hisap air ataupun jika masih terdapat kebocoran.

Otomatis pompa air tanpa tabung, harga otomatis pompa air, otomatis sanyo, otomatis pompa air shimizu, switch otomatis pompa air, otomatis pompa air rusak, jenis otomatis pompa air.

Admin
Aktifitas offline sebagai tukang instalasi pipa air dan instalasi listrik. Menulis blog untuk berbagi pengalaman dan menambah persahabatan.   Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar disini. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung di POMPAIR.com
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

56 KOMENTAR

  1. Sy beli pompa merk sanyo mas, dipasang buat pompa pendorong tp kok makin lama suara pressure switch nya makin cepet..ctak ctek terus…dan airnya kenceng rendah…klo boleh tau permasalahannya di bagian apa ya mas..terimakasih

    • Ini adalah persoalan yang paling sering terjadi pada instalasi pompa yang di alih fungsikan sebagai pompa dorong. Apakah pada jalur pipa hisap nya juga dipasang foot valve (tusen klep). Dan sebaiknya pemasangan foot valve pada posisi vertikal.

    • Mas sy pasang jet pump sumur dlm panasonic GN 13.0 H non automatic . Pertanyaan sy, kalo dipasang warter flow switch apakah bisa automatic ?
      Terima kasih responnya. Sy tunggu penjelasannya.

    • Bisa pak. Dengan cara memasangnya pada jalur output pompa menyesuaikan dengan sok dratnya dan sudah banyak tersedia peralatan semacam ini di toko peralatan teknik.

  2. Assalamu alaikum..bang mau tanya..Sayamemperbailki mesin shimitsu..masalahnya ketika saya isi air pancingan ga ad dorongan..cuma kaya orang masak air mendidih..

    • Waalaikum salam, mohon disebutkan type pompa yang di gunakan. kemudian berapa kedalaman total sumur mulai dari permukaan hingga ke dasar. selanjutnya berapa kedalaman level air mulai bibir sumur hingga permukaan air.

      Apakah mesin pompa dipasang jauh dari lubang sumur dan memiliki banyak lekukan pada pipa hisapnya?

  3. Mesin pompa air Saya yang otomatis juga on off dalam waktu yang sangit singkat, kira2 berapa biaya untuk perbaikan mas?
    Kalo di Biarkan apa ada dampak negatif nya?
    Jadi kalo mau pakai baru saya colok ke listrik

    • Masalahnya harus dipastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada instalasi yang bocor baik yang dari pipa hisap ataupun pipa outputnya. Setelah itu dicoba untuk melakukan setting pada pressure switchnya. Jika memang kerusakan pada otomatisnya tidak mahal untuk part ini.

    • Ada dua kabel yang menuju otomatis tidak dibedakan mana untuk (+) atau (-). Karena fungsi perangkat otomatis adalah serupa dengan saklar yang berfungsi memutus arus listrik, jadi hanya satu jalur yang di putuskan bisa (+) atau yang (-).

    • Assalamu Alaikum Mas,mohon dibantu solusinya,saya baru memasang pompa air dangkal otomatis,daya dorong dan hisap baik sekali yang membuat saya bingung karena ketika kran saya buka airnya keluar sampai mengecil dan habis,setelah saya tutup kran dan buka lagi baru airnya normal begitu seterusnya.mohon di bantu Mas.

      Terima Kasih
      Salam
      Jumadi

    • Waalaikum salam, kemungkinan adalah masalah debit sumber air yang sangat limit (kurang). atau bisa juga disebabkan spek pompa yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Misalkan pompa sumur dangkal dengan daya hisap maksimal sedalam 9 meter maka tidak boleh dipaksakan untuk dipasang pada kedalaman lebih dari itu.

  4. Mau tanya mas, kalau kran sdh terbuka tp mesin kadang mati, tapi kalau dicoba diketok bbrp kali baru mesin hidup, posisi katup otomatis sdh posisi on. Mesin merk hitachi, kedalaman 15m.

    • Tampaknya memang kondisi perangkat pressure switcnya sudah error karena kotor, kerak atau memang ada part yang sudah soak.

  5. Bagaimana cara mengatasi mesin air sanyo otomatis untuk sumur dangkal yang airnya pada pipa output tidak kencang. padahal saya sudah coba ganti klep dan pipa hisap. namun setelah diganti tetap aja air yang dikeluarkan tidak kencang dan apabila kran dibuka penuh, maka mesin tidak mampu untuk menyemburkan air. tolong dibantu ,,,,

    • Masalah ini berkaitan dengan banyak faktor termasuk jenis pompa yang digunakan (merek dan type) kemudian apakah prosedur instalasinya sudah tepat, jarak pompa dengan permukaan sumber air berapa meter. Kemudian berapa ukuran diameter dan panjang pipa hisap yang terpasang.

  6. Di rmh ada pompa air merk likuni SP 129A, tp susah seting otomatis. Kl setelan pabrik air dr kran mau on off, tp isi tandon airx meluber (gak mau mati). Sy tambahi sensitifnya mau mati, tp efeknya air mau on. Mohon bantuan solusinya. Trims smoga Allah membalas kebaikkan abang… aamiin

    • Melakukan seting otomatis, khususnya jenis pressure switch memang banyak faktor yang mempengaruhi kinerjanya sebab pada dasarnya tergantung dari tekanan air. Sedangkan tekanan air didalam instalasi itu sendiri belum tentu bisa stabil atau pada angka yang tetap.

      Makanya terkadang setelan otomatis sering berubah ubah. Untuk instalasi yang mengunakan penampungan air atau tandon (toren) akan lebih aman jika menggunakan otomatis model pelampung atau radar.

  7. Mas… selamat malam…. to the point aja… hehe apakah setel otomatis ke lebih ringan utk mesin pendorong WH, dalam posisi trsambung listrik dapat kesetrum utk mencari posisi yg pas…. terima kasih banyak mas….

    • Untuk seting ringan atau keras hanya berdampak pada durasi on off mesin atau sensitifnya saja. Dan pada kondisi pompa hidup, perangkat otomatis ini memang teraliri listrik karena standart dari pabrikan dirancang untuk memutuskan jalur phase.

    • Bisa dengan cara memasang presure switch pada pipa outputnya dengan aksesoris dudukan unit otomatis yang sudah banyak tersedia ditoko teknik. Untuk detail gambar mohon maaf kami belum sempat untuk membuatnya karena kesibukan pekerjaan dilapangan.

  8. Mas mau nanya pompa air saya. Merk wasser. Kemampuan hisap 30 meter. Di rumah saya. Sumur kedalaman 24 m. Tapi pompa saya kok ngoyo. Untuk nyedot kenapa ya mas

    • Pemasangan pompa harus dekat dengan lubang sumur tidak dianjurkan banyak lekukan. Panjang pipa hisap yang terpasang tidak boleh melebihi 30 meter.

  9. Mas saya mau nanya mesin air dirumah saya sistem otomatisnya kog gk jalan..klw mau ngidupin air harus dicolokin dulu baru bisa kran dibuka..tp pas kran ditutup sistem otomatisnya gak jalan..

    • Langkah pertama di setel dulu otomatisnya, jika tidak ada pengaruh atau perubahan, maka kemungkinan pressure switchnya sudah saatnya diganti. Namun harus dipastikan tidak ada instalasi pipa yang terindikasi bocor meskipun cuma menetes.

  10. Assalamu’alaikum mas, saya beli pompa wasser type PW-135EA untuk keperluan cuci motor dan inputnya dari bak penampungan.
    Tapi kalom output’nya pake sprayer kok suka cetak -cetek ya, apa cara di atas juga bisa untuk mengatasi masalah yang seperti ini ?

    • Waalaikum salam, untuk jenis pompa dengan pressure switch memang tidak dianjurkan untuk dipasang sprayer. Sebab akan menjadikan tekanan pompa selalu tinggi sehingga otomatis akan sering on off.

  11. mas mau tanya kalau untuk pompa otomatis, yg baik listrik tetap on atau kalau tidak diperlukan dimatikan (misalnya malam dimatikan) atau ttap on seterusnya

    • Selama unit otomatisnya masih bekerja dengan baik maka tanpa memasang saklar pada jalur listriknya juga tidak menjadi masalah. Kecuali jika pompa sering hidup akibat adanya indikasi bocor maka untuk menghindari boros listrik bisa memasang saklar pemutus arusnya.

  12. Malam mas bro, saya mau bertanya nich…
    Saya menggunakan mesin pompa air merk sanyo utk mesin pendorong air dari tandon, setelah di fungsikan semua kran air bagus dan lancar namun untuk jenis sower ketika digunakan masin pompanya mati hidup. Kira2 permasalahannya dimana ya mas bro, mohon bantuanya ya, trimakasi banyak sebelumnya.

    • Hal tersebut disebabkan karena bukaan shower kurang maksimal sehingga memicu tekanan air terlalu tinggi kemudian pressure switch akan tekontak terus menerus

  13. Selamat pagi bos ,mau nanya nih saya memakai pompa otomatis merk washer ,kalau kran air di buka pompa bunyi cetak cetek terus sehingga otomatisnya cepet rusak ,platina rusak ,saya uda ganti 3 x otomatisnya
    Mohon bantuanya terimakasih

    • Hal tersebut disebabkan karena setting pressure switchnya terlalu ringan sehingga tekanan air sedikit saja sudah memicu platina untuk off. Atur pegas pressure switch menjadi lebih keras agar tidak terlalu responsive terhadap bukaan kran.

  14. MA.af mas mau tanya nih.mesin pendorong merk waser.ktan udah ditutup.semua.otomatisnya.cetak cetek terus.pipa inputnya dan auputnya yg setengah inci.kira2 kendalanya apa ya mas.

    • Artinya masih terdapat kebocoran yang belum anda temukan. Sekecil apapun bocor (menetes) dapat memicu tekanan menurun sehingga pressure switch akan terus on off

  15. Slamat malam mas, sy baru ganti pompa shimizu 250 bit… sumur bor 23mtr…. kalau kran di buka 1/2 maka pompa akan hidup ctak ctek… dan gak sampai 10 menit… pompa hidup berdengung (air tidak keluar)…. kalau dimatikan saklar dan ditunggu 5 menit… mesin normal/kencang lagi… sepertinya cepat panas mesinnya krn ctak ctek…dan jika dingin baru jalan lagi… kenapa ya mas ? tksh atas respon nya

    • Secara teknis jika pompa masih tergantung dengan perangkat otomatis (pressure switch) maka kerja pompa akan sulit diposisikan pada bukaan kran sedang.

      Yang artinya pompa akan hidup normal ketika kran dibuka penuh dan akan mati ketika kran di tutup sempurna. Bukaan kran setengah akan memicu tekanan air meningkat sehingga pressure switch menutup. Kondisi seperti ini tidak akan mudah diatasi kecuali pompa dipasang tabung pressure external.

  16. Maaf mau tanya.. saya pake mesin untuk mendorong tekanan air dari tangki ke kran.. dulu sih biasa, tapi sekarang kok mesinnya hidup terus ya..? Otomatisnya gak fungsi..Walaupun kran gak ada yg buka.. terus sambungan pipa2 jg gak ada yg bocor.. gimana ya cara ngatasi? Trims

    • Tampaknya masalah bisa bersumber dari tusen klep yang dipasang pada jalur suplay dari tangki jika ini menggunakan unit pompa sumur dangkal.

  17. Mas, di kontrakan saya pakai pompa dangkal. Air pakai pam. Jadi air pam di tampung di toren dan di dorong dgn pompa air. Masalahnya setelah ditinggal 5 hari, pompa air tidak hidup 0as di colok ke listrik. Saya periksa kabel gpp, saya periksa otomatisnya seertinya baik baik aja. Trus saya tempelkan obeng di ujung kedua kabel otomatis tetap ga hidup. Knp ya ?

  18. Assalamualaikum..
    Bang mau tanya, saya baru saja pasang mesin jetpump, tapi ketika kran Valve nya di buka agak lebar dikit langsung ngempos kalau di buka kecil lancar tapi keluar airnya kecil banget ,
    Permasalahanya di mana ya bang . Terimakasih.

  19. Sy barusan memasang tandon atas dan memakai pompa air sebagai pompa pendorong dr tandon atas ke saluran air dlm rumah, anehnya kalau saya membuka 1 kran saja di rmh (kran yg manapun, misal kran dapur saja atau kran shower saja atau kran mesin cuci saja) maka pompanya cetak cetek trs menerus dg sangat cepat, dan air dr kran berdenyut denyut mengikuti cetak cetek pompanya, tapi apabila sy menyalakan lbh dr 1 kran secara bersamaan misalnya kran dapur nyala dan kran mesin cuci nyala barengan, maka pompanya tidak cetak cetek sama sekali, apakah penyebabnya ? Dan bagaimana solusinya? Mohon petunjuk…trm ksh

  20. Dalam gambar ada mur besar dan mur kecil, pada saat men stel (setting) tekanan pada mur, yang di set itu di mur besar atau mur kecil agar tidak ctak ctek…Terima kasin bro…..

  21. Bang saya baru beli alat otomatis tp setelah saya pasang ndk mau berfungsi otomatis nya,sudah saya atur per nya di kencangkan dan di kendorkan tetep ndk berfungsi,tidak ada masalah si debit air cuma otomatisnya ndk berfungsi

  22. Kak saya pakai otomatis york itali pada sibel saya masalahnya kran sudah off tetapi motor pada sibel sya hidup terus
    Padahal pipa tdak ada kebocoran

  23. Saya memasang pompa dirumah dg tandon kapasitas 250 ltr dg sumber air PDAM dan Pompa merk Panasonic dan saya belikan tabung kecil utk dipasang dipompa dan otomatisnya jg terpasang disana. Kendala yg saya hadapi di otomatis pompa yg pertama setelah pemakaian ±2 bln otomatis berbunyi tek tek tek mesin ttp hdp setelah kran dimatikan dan saya stel pada bautnya kearah kiri dan suara berhenti mesin mati, selang beberapa lama begitu lagi setelah hbs dipakai kemudian saya putar baut ke kiri lagi bunyi tek tek hilang tapi mesin tdk mau mati akhirnya saya ganti dg otomatis pompa yg baru dan sekarang masalahnya yg ada ketika pompa dipakai pompa on off dg jarak ±4 dtk, kalau otomatis pompa yg lama off kalau kran air keluar ditutup, merk otomatis yg baru saya pakai 100 JP (1/4″), pompa saya pakai jika tekanan air PDAM lemah di jam2 sibuk 6-7 mlm jdi tdk selalu dipakai.
    Otomatis yg baru pancuran airnya lbh terasa lbh kuat (kulit serasa dipijit)
    catatan:
    1,saya tidak memakai klep buka tutup yg di pasang di pipa air tapi memakai stop kran utk memindahkan jalur air PDAM atau Tandon
    2.memakai stop kontak utk memutus listrik ke pompa,
    3.saya memakai shower yg dihubungkan ke pemanas air
    otomatis pompa saya perlukan ketika saya lupa mematikan aliran listriknya, mohon bantuan penyelesaian masalah ini, Terima kasih sebelumnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini