Mengatasi Masalah Otomatis Pompa Air Bunyi Terus (Mesin Mati Hidup)

Cara mengatasi otomatis pada mesin pompa air yang berbunyi terus adalah persoalan umum dan sebenarnya sangat mudah untuk melakukan pemeriksaan guna mengetahui sumber permasalahannya. Memang kejadian ini seringkali membuat resah dan tidak nyaman karena pompa mati hidup secara terus menerus ditambah suara otomatisnya yang cukup mengganggu.

Untuk pemasangan istalasi pompa air yang sudah menggunakan profil tank atau tandon air, tentu saja tidak akan mengalami persoalan seperti ini karena sistem otomatis yang di pakai sudah menggunakan komponen radar ataupun water level kontrol yang tidak lagi bekerja dengan tekanan air seperti yang akan kita bahas kali ini.

Cara kerja mesin pompa air dengan saklar otomatis

Untuk type pompa air yang dilengkapi dengan peralatan otomatis, hal ini berguna untuk memudahkan operasionalnya, sehingga waktu menjadi lebih efektif karena tidak memerlukan aktifitas menghidupkan ataupun mematikan pompa secara manual.

Advertisement

Pada umumnya, peralatan otomatis yang sudah include adalah jenis otomatis yang bekerja dengan tekanan air yang dihasilkan oleh mesin pompa atau bisa disebut Pressure switch.

Komponen ini merupakan sensor tekanan yang dipasang pada saluran output air dan dapat di setel kekerasannya untuk menyesuaikan seberapa besar tekanan air yang akan dibutuhkan untuk mematikan mesin melalui sebuah platina yang bekerja selayaknya saklar pemutus arus listrik.

Jadi apabila seluruh saluran output mesin pompa tertutup rapat, maka tekanan air akan meningkat kemudian otomatis akan memutuskan sumber listrik dan begitu pula sebaliknya jika tekanan air menurun maka pressure switch akan menghubungkan kembali arus listrik untuk menghidupkan mesin pompa.

Kerusakan pada otomatis pompa air

Otomatis-pompa-air-bunyi-terusHal yang paling berbahaya dan sangat beresiko adalah jika perangkat otomatis ini sudah mengalami kerusakan yang mana tidak dapat mematikan arus listrik sehingga ketika seluruh saluran pipa tertutup dan pompa terus hidup, maka resiko mesin pompa terbakar akan berpeluang terjadi.

Artinya kerusakan otomatis pompa akan lebih aman jika hanya pada persoalan tidak bisa menghidupkan mesin karena tidak akan membahayakan unit mesin pompa itu sendiri.

Masalah otomatis pompa air bunyi terus

Untuk persoalan yang satu ini dapat dipicu oleh beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan pemeriksaan dengan tahap yang benar sebelum memutuskan untuk mengganti komponen otomatisnya.

Pertama pastikan tidak ada kebocoran sedikitpun pada seluruh instalasi pipa karena meskipun hanya berupa tetesan air kecil, hal ini dapat memicu tekanan air menurun dan akibatnya otomatis akan lebih sering on off.

Pemeriksaan instalasi pipa termasuk pada rangkaian pipa hisapnya. Kadang kala foot valve (tusen klep) yang sudah lemah juga akan mengakibatkan otomatis sering hidup mati dalam rentang waktu tergantung besar kecilnya kebocoran. Semakin cepat tekanan air turun maka otomatis akan lebih sering on off dalam jarak waktu yang pendek.

Kedua jika semua instalasi pipa telah dipastikan aman, maka dapat dilakukan langkah penyetelan pada komponen otomatis guna menyesuaikan kekerasan saklar tekanan. Jika di atur pada tingkat yang randah, maka sedikit saja ada saluran air terbuka maka pompa akan segera berbunyi dan apabila kraan ditutup maka pompa akan cepat mati.

Begitu pula sebaliknya jika diatur pada tingkat paling keras, maka pompa akan sedikit lambat untuk merespon terhadap tindakan buka tutup saluran kran air. Baca juga tentang berbagai sistem otomatis pompa air.

Apabila penyetelan sudah dilakukan dari mulai tingkat lemah sampai keras namun mesin pompa tetap hidup mati dan saklar otomatis pompa air bunyi terus, langkah terakhir adalah dengan mencoba untuk mengganti unit otomatis yang baru. <pompair.com>

184 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.