Memasang instalasi pipa tandon dengan by pass pompa

Cara memasang instalasi pipa pengisian tandon (water toren) dengan sistem by pass akan memberikan banyak manfaat yang masih sangat jarang dipahami oleh kebanyakan orang. Mereka biasanya hanya memfungsikan mesin pompa sebagai pengisi penampungan saja.

Dengan membuat jalur by pass maka mesin pompa memiliki fungsi ganda yaitu selain hanya menyuplai air kedalam tandon penampungan, maka juga dapat digunakan sebagai pompa dorong ketika memerlukan tekanan air yang lebih besar ataupun pada saat ada kerusakan, jadwal pengurasan, pada water toren itu sendiri.

Instalasi pipa pengisian dan by pass

Berikut ini adalah skema tentang model istalasinya dan alat yang diperlukan beserta sistem kerjanya.

Instalasi-pipa-water-torenS adalah komponen stop kran atau ball valve. Jadi untuk membuat rangkaian pipa by pass memerlukan tambahan 2 buah TEE dan 3 buah stop kran.

Untuk pengisian tandon saja maka SB harus dalam posisi tertutup dan SA dan juga SC harus terbuka. Artinya air dari pompa langsung mengisi tandon. dan jalur out dari tandon menyuplai instalasi pipa menuju kran kran di rumah.

Untuk memfungsikan by pass maka SB harus terbuka sedangkan SA dan SC harus tertutup penuh. Artinya pompa akan langsung menyuply instalasi pipa jaringan tanpa melewati tandon air.

Ketika by pass berfungsi pastikan stop kran SA dan SC benar benar tertutup 100% karena jika masih ada bukaan akan membuat tekanan pompa menjadi berat dan kurang optimal disebabkan air yang masih berada di dalam tandon juga akan memberikan tekanan balik dari jalur outputnya.

29 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf sementara belum bisa menjawab komentar, kami terkendala jaringan internet dilokasi proyek saat ini sedang berada di area pedalaman. Terimakasih

Advertisement