Meningkatkan Daya Hisap Mesin Pompa Air Dengan Teknik Yang Benar

Cara untuk meningkatkan daya hisap sebuah mesin pompa air memerlukan perhitungan yang sangat komplek dan kesemuanya berhubungan dengan teknis mulai dari panjang atau jarak hisap, diameter pipa, debit air serta tenaga unit pompa itu sendiri.

Jika diambil contoh sederhana yaitu ketika seseorang ingin menyedot air di dalam gelas dengan menggunakan sebuah selang pendek berdiameter kecil tentu akan lebih mudah dari pada menghisap dengan menggunakan selang berdiameter yang lebih besar. Hal ini akan dapat memberikan gambaran bahwa daya hisap akan dipengaruhi oleh faktor faktor pendukungnya.

Perhitungan tentang kekuatan daya hisap mesin pompa air

Pompa adalah suatu alat untuk memindahkan fluida cair dari suatu tempat ke tempat lain dengan perubahan tekanan. Pada instalasi pompa, aliran fluida dapat menimbulkan kerugian head baik akibat gesekan maupun kecepatan aliran, perubahan luas penampang dan lain sebagainya.

Advertisement

Kerugian head yang disebabkan aliran disebut pula kerugian minor, yaitu kerugian gesek dan kerugian dalam belokan belokan, termasuk katup serta komponen sistem perpipaan lainnya.

Berikut ini adalah tabel perhitungan yang didapat dari berbagai perbandingan antara diameter pipa hisap terhadap daya, debit, kecepatan serta hasil akhirnya.

Meningkatkan-Daya-Hisap-Pompa

Meningkatkan-Daya-Hisap-Pompa-Air

Dari hasil eksperimen diperoleh debit konstan minimal 20m kubik/mnt pada penggunaan diameter pipa hisap 3/8’ hingga 1/2’, ini karena ekspansi saluran dari pipa hisap menuju saluran masuk pompa mengalami aliran pembesaran, sedangkan pada penggunaan diameter pipa hisap 3/4’ mengalami kenaikan debit menjadi 22m kubik/mnt, ini dikarenakan aliran lurus mengalami kontraksi/ekspansi saluran sehingga dapat mencapai nilai aliran maksimal.

Pada penggunaan diameter pipa hisap dengan ukuran yang lebih besar:  3/4’ hingga 1.1/2’ juga mengalami debit aliran konstan maksimal 22m kubik/mnt karena tekanan pada pipa tersebut menjadi lebih rendah sehingga debit alirannya konstan maksimal.

Kesimpulan untuk perhitungan daya hisap pompa

Semakin besar diameter pipa hisap yang dipakai menjadikan debit aliran yang dihasilkan lebih banyak dan akan menurunkan faktor gesekan, dan kerugian head tekan pada aliran pipa tersebut akan mengalami penurunan.

Artinya, meskipun kapasitas air yang dihasilkan lebih banyak, jika pipa hisap besar maka tekanan dan daya hisap akan mengecil dan begitu pula sebaliknya jika diameter pipa hisap diperkecil, maka daya hisap akan semakin kuat namun debit air yang di hasilkan juga akan sedikit karena diameter pipa yang kecil.

Menyikapi dari analisa ini jika ingin meningkatkan daya hisap pompa air maka ukuran pipa hisap boleh dikecilkan dengan konsekuensinya bahwa aliran air akan mengalir lebih kecil. Simak juga tentang pompa air terbaik sumur dangkal.

218 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.