test

Meningkatkan Daya Hisap Mesin Pompa Air Dengan Teknik Yang Benar

Cara untuk meningkatkan daya hisap sebuah mesin pompa air memerlukan perhitungan yang sangat komplek dan kesemuanya berhubungan dengan teknis mulai dari panjang atau jarak hisap, diameter pipa, debit air serta tenaga unit pompa itu sendiri.

Jika diambil contoh sederhana yaitu ketika seseorang ingin menyedot air di dalam gelas dengan menggunakan sebuah selang pendek berdiameter kecil tentu akan lebih mudah dari pada menghisap dengan menggunakan selang berdiameter yang lebih besar. Hal ini akan dapat memberikan gambaran bahwa daya hisap akan dipengaruhi oleh faktor faktor pendukungnya.

Perhitungan tentang kekuatan daya hisap mesin pompa air

Pompa adalah suatu alat untuk memindahkan fluida cair dari suatu tempat ke tempat lain dengan perubahan tekanan. Pada instalasi pompa, aliran fluida dapat menimbulkan kerugian head baik akibat gesekan maupun kecepatan aliran, perubahan luas penampang dan lain sebagainya.

Kerugian head yang disebabkan aliran disebut pula kerugian minor, yaitu kerugian gesek dan kerugian dalam belokan belokan, termasuk katup serta komponen sistem perpipaan lainnya.

Berikut ini adalah tabel perhitungan yang didapat dari berbagai perbandingan antara diameter pipa hisap terhadap daya, debit, kecepatan serta hasil akhirnya.

Meningkatkan-Daya-Hisap-Pompa

Meningkatkan-Daya-Hisap-Pompa-Air

Dari hasil eksperimen diperoleh debit konstan minimal 20m kubik/mnt pada penggunaan diameter pipa hisap 3/8’ hingga 1/2’, ini karena ekspansi saluran dari pipa hisap menuju saluran masuk pompa mengalami aliran pembesaran, sedangkan pada penggunaan diameter pipa hisap 3/4’ mengalami kenaikan debit menjadi 22m kubik/mnt, ini dikarenakan aliran lurus mengalami kontraksi/ekspansi saluran sehingga dapat mencapai nilai aliran maksimal.

Pada penggunaan diameter pipa hisap dengan ukuran yang lebih besar:  3/4’ hingga 1.1/2’ juga mengalami debit aliran konstan maksimal 22m kubik/mnt karena tekanan pada pipa tersebut menjadi lebih rendah sehingga debit alirannya konstan maksimal.

Kesimpulan untuk perhitungan daya hisap pompa

Semakin besar diameter pipa hisap yang dipakai menjadikan debit aliran yang dihasilkan lebih banyak dan akan menurunkan faktor gesekan, dan kerugian head tekan pada aliran pipa tersebut akan mengalami penurunan.

Artinya, meskipun kapasitas air yang dihasilkan lebih banyak, jika pipa hisap besar maka tekanan dan daya hisap akan mengecil dan begitu pula sebaliknya jika diameter pipa hisap diperkecil, maka daya hisap akan semakin kuat namun debit air yang di hasilkan juga akan sedikit karena diameter pipa yang kecil.

Menyikapi dari analisa ini jika ingin meningkatkan daya hisap pompa air maka ukuran pipa hisap boleh dikecilkan dengan konsekuensinya bahwa aliran air akan mengalir lebih kecil. Simak juga tentang pompa air terbaik sumur dangkal.

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

240 KOMENTAR

  1. Bagaimana cara menambah dan menguatkan daya hisap mesin pompa air dengan modifikasi pada unit pompanya? Apakah tindakan ini akan aman untuk daya tahan juga kinerja pompa air atau memiliki resiko lainnya. Terimakasih.

    • Meningkatkan daya hisap pompa air dengan cara modifikasi mesin memang bisa dilakukan dengan 2 pilihan yaitu merubah kecepatan RPM motor serta merubah impeler pompa menjadi lebih besar. Selengkapnya bisa di simak di sini https://pompair.com/modifikasi-pompa-air/

      Untuk kinerja serta daya tahan pompa yang sudah mengalami modifikasi, semua kembali pada kualitas spare part yang dipakai serta pengerjaan modifikasinya.

    • Pak admin mau tanya saya baru pasang pompa air semi jetpump shimizu dg kedalaman pipa casing 16 m dan pipa hisap 8 m, pada saat pemasangan air keluar gak ada masalah tapi hari berikutnya pompa harus dipancing dulu sebelum dipakai,
      bagaimana pak?

    • Mau tanya pak, sy punya pompa modif ukuran paralon hisap 1,5″. Ternyata cuma mampu menghisap 6m. Kalau sy ganti keukuran 1,25″ apa bisa menambah kedalamn daya hisap ny?

    • Pak, pompa saya jet pump sumur kedalaman 18 mtr ( sumber air dr dasar 3 mtr di musim kemarau ) sy Pastika.n sumber mata air nya bagus.
      Nah pipa saya pnjng kesuluruhan 17 mtr.
      Detail diagram pipa: dr bawah smp mata jet pipa 3/4 in pnjng kisran 4 mtr.
      Nah dari mata jet ke atas 2 pipa pkai 1 inch pnjng 13 mtr smp ke pompa.

      Pertanyaan nya, bgtu pompa di nyalakan keluar air tapi kondisi air nya nembak2 / kdng lncar trs keluar dikit2 trs lancar gede lagi airnya.

      Nah kira2 apa yg salah dr pemasangan kami dan solusi nya bgmn ? Terima kasih

  2. bagaimana caranya memodifikasi pompa air piston (pompa steam)supaya daya hisap bisa mencapai jarak 50m datar dan 3m turun ke dalam sumur

    • Sepertinya akan kesulitan jika menghisap terlalu jauh apalagi ada lekukan turun 3 meter sebab untuk pompa steam memang di optimalkan pada bagian daya dorongnya karena basicnya bukan merupakan sebuah sistem pompa centrifugal atau impeler.

  3. misal saya memakai pompa air dengan daya hisap 9 meter. apakah dengan memperkecil pipa hisap dapat menambah kedalaman daya hisap?

    • Prinsipnya memang seperti itu Pak. dan silakan membaca tabel untuk memahami perbandingan antara spesifikasi pipa terhadap kemampuan hisapnya.

  4. Mas bro mau consul saya pakai pompa sanyo ph 100 sedot dari tandon dengan kedalaman air 30cm panjang pipa sedot 10meter dgn pipa 3/4 inch. Out pompa pakai pipa 3/4 inch panjang pipa mendatar 3 meter trus naik 7 meter untuk isi tandon air kira2 mampu tidak ya

    trims

    • Marsel, ini adalah spesifikasi SANYO PH 100
      Daya Listrik : 100 Watt (195 Watt Start)
      Self-Priming : Ya
      Otomatis : Ya
      Daya Hisap : 9 meter
      Daya Dorong : 8 meter
      Total Head : 18 meter
      Kapasitas : 18 liter / menit (pada total head 9 meter)

      Jadi spesifikasi yang akan anda terapkan sebenarnya masih bisa, namun resikonya adalah kapasitas atau debit air yang dihasilkan tidak akan mampu optimal.

  5. Jadi solusinya gmn ya mas bro supaya aman Klo tetap pake pompa ph 100 tsb?cos pipa in nya pakai yg lama jd udh ketanam di keramik.

    klo pipa out nya awal 3/4 inch trus 2meter sebelum masuk tandon di reduce jd 0.5 inch gmn mas bro ada efeknya nda?

    • Marsel, selama pompa masih dapat menghasilkan air, tetap biarkan saja, namun jika memang ingin reinstalasi sesuai standart spesifikasi pompa maka pastikan bahwa daya hisapnya tidak melebihi 9 meter dengan pipa 1 inch. serta pipa outnya tidak melebihi sepanjang 10 meter ke atas ukuran 1 inch sehingga total head untuk pompa PH100 yang hanya 18 meter bisa lebih optimal.

    • Saya dari NTB. Sy ingin tanya mesin pompa air apa yg bisa menyedot kotoran dalam spiteng. Dgn jarak sedot sekitar 100 m. Dgn memakai pipa 2 inci. Sistim ini utk pertama kali sy mencoba. Mohon di bls

    • Apakah yang anda maksud jarak hisapnya ataukah daya dorongnya yang akan anda gunakan untuk menempuh 100 meter? Jika posisi elevasi tidak naik atau mendatar, pompa celup dengan spesifikasi rendah sudah mencukupi untuk melakukannya. Coba anda cari artikel kami melalui kotak pencarian tentang “POMPA CELUP”

  6. Pompa air saya simizu ps 128 bit, saya pasang panjang pipa hisap 6 meter, ukuran pipa 1″, tapi tidak kuat menghisap ,mohon penjelasannya

    • Untuk pompa air shimizu PS128, sebenarnya akan lebih kuat menghisap air dengan menggunakan pipa hisap ukuran diameter 3/4 inch. Jika menerapkan ukuran pipa hisap 1 inch kadang memang agak ngempos meskipun spesifikasi standartnya sperti itu.

  7. Mas sya mau tanya klo pake mesin alkon robin EY20-D.dengan jarak 20320mm dan menanjak dengan pipa 3/4inch apa kah selang hisap mesin di per besar apa di perkecil..agar meain dan air dapat optimal

    • Untuk jenis mesin alkon rata rata memiliki ukuran pipa hisap 2 inch. maka jika ingin daya hisap menjadi lebih panjang maka dengan memperkecil diameter pipa hisap memang bisa dilakukan namun mohon diperjelas dulu yang anda maksudkan jarak tersebut adalah jarak tempuh atau jarak hisap yang menggunakan pipa 3/4 inch?

  8. Malam Mas, mau tanya nih, saya pake sumut jetpump, tipe pompa ps260 klo ga salah, setau saya untuk jetpump menggunakan 2 ukuran pipa, ada yang kecil dan besar sesuai dengan saluran yg ada di mesin, tapi punya saya, seluruhnya menggunakan pipa kecil 1″, apakah ini berpengaruh?

    • Standartnya semua jetpump menggunakan instalasi pipa hisap ukuran 1,25 inch dan 1 inch. Sedangkan dengan memodifikasi ukuran menjadi lebih kecil masih diperbolehkan dengan konsekuensi harus mendapat debit air yang lebih kecil meskipun daya hisapnya dapat meningkat lebih dalam.

  9. Jarak tempuh mas..jarak tempuh dari sumber air ke rumah saya 212 meter menanjak.dan sudah saya coba tetapi tidak bisa saya mengunakan mesin alkon robin 5 pk..untuk selang hisap suya pakai 1/2″dan untuk pipa pengeluaranya sya pakai pipa 3/4″tetapi tidak bisa mas dan sepertinya mesin baru sya tidak menyedot dgn maksimal..mohon masukanya mas

    • Begini pak, Secara teknis mesin alkon rata rata memiliki total head kisaran 30 meter dengan diameter pipa standart sesuai spesifikasi. Sekarang pastikan saja bahwa posisi mesin alkon anda letakkan sedekat mungkin dengan sumber air kemudian anda coba hidupkan tanpa tersambung dengan pipa keluar yang sejauh 212 meter tersebut. Apakah pompa bisa menghisap air?

  10. Mas, apakah ada pompa air dengan spesifikasi untuk pipa tekan berdiameter 1/2 inch? Kalau ada merk nya apa? Terima kasih

    • Spesifikasi standart untuk berbagai macam mesin pompa air rata rata adalah menggunakan pipa diameter minimal 1 inch. Namun masih bisa dilakukan reducer hingga 3/4 dengan komponen yang banyak terjual di pasaran.

  11. Untuk daya hisap yg mas maksut sudah saya lakukan dan tidak ada masalah untuk penyedotan.tetapi jika pipa 3/4″ yang untuk jarak tempuk ke rumah tidak di pasang.apa bila pipa 212 meter tersebut di pasang maka air tidak bisa mencapai rumah..apakah yg harus saya lakukan apakah sya hrus mengganti pipa hisap 3″atau menjauhkan mesin dari bibir sungai untuk mendapatkan tekanan hisap dan buang seimbang..

    • Berarti kondisinya adalah pompa sudah tidak mampu mendorong karena spek total headnya memang sudah melebihi dari batas kekuatan pompa. Memang untuk suplay air dan jarak tempuh yang jauh lebih disarankan menggunakan pompa booster atau bisa juga menggunakan submersible jika tersedia sumber listrik untuk power mesin pompanya.

  12. Siang Pak. Pompa air sya Shimizu PS-502 BIT, saya psg utk Sumur Dalam 40 M. Pertanyaan saya knapa Jarum Indikator tekanan pd Pompa hanya 0 walaupun airnya tetap keluar besar tetapi sesdh pompa off, saya hrs pancing lg krn sisa airnya di pipa hilang? Menurut Bpk apa penyebabnya krn sya sdh ganti Tusen klep lama bawaan pompa dgn yg kuningan, air sumurnya juga banyak/tdk kering n jaringan tdk ada yg bocor. Tolong penjelasan Bpk mengenai Jarum Indikator tekanan pada Pompa yg seharusnya? Apakah boleh menggunakan 2 buah Tusen Klep yg mana sesuai bawaan dari pompa + yg kuningan lalu dibawahnya baru pasang Filter? Apakah akan mempengaruhi beban pada pompa maupun pd air/lainnya? Txs atas informasinya Pak

    • Penyebab mesin pompa tetap minta di pancing adalah masalah kebocoran. Kebocoran yang terjadi bisa saja pada sambungan pipa yang ada di salam sumur meskipun hanya berupa rembasan kecil namun karena tekanan air yang besar tentu saja akan mengurangi kapasitas yang ada di dalam ruang impeler. Jangan menggunakan 2 tusen klep karena akan menambah daya hisap semakin berat. Dengan hanya satu yang berkualitas baik sudah cukup.

      Jarum indikator memang akurasinya kadang tidak bisa tepat. Biasanya akan naik jika kondisi output tertutup dan menurun kalau kran ada yang terbuka.

    • Tapi seblmnya pd BARU pasang berjalannya sgt bagus dgn Indikator tekanan sekitar 2-3 krn pernah Macet/kotor Mata jetnya sehingga Jaringan pipa sumur bornya diangkat kembali lalu dibersihkan baru sekarang menjadi begini mungkin juga krn Pompa air pernah beberapa kali nyala tapi tdk mengeluarkan air selama sekian waktu lamanya seblm saya sadari jadi sifat MOTORNYA sdh agak melemah krn permasalah diatas. Ok Pak Admin terima kasih banyak atas jawabannya yang begitu cepat dan akurat. Satu hal lagi pertanyaan saya yaitu Apakah boleh Tabung Pompa asli saya diganti dgn AUTO PRESSURE SWITCH/CONTROL dgn tujuan agar suatu hari apabila terjadi kekosongan air sehingga tidak kena dampak ke Mesin Pompanya? Apabila boleh, bagaimana cara pemasangannya karena saat ini saya menggunakan RADAR? Apakah Fungsi APS/C bisa maksimal utk Jaringan Pompa HISAP dalam hal ini? Krn kemaren sya gunakan APS/C utk Pompa DORONG saya yg mana seblmnya sering cetak cetek tetapi sesdh sya ganti dgn menggunakan APS/C jadi Mantap Pak selain Aman utk Pompa, save listrik dan tekanan air jadi stabil dan lebih kuat. Ditunggu jawabannya Pak Admin. Terima kasih

  13. saya tinggal dilingkungan berbukit2 yang sulit air, jadi saya buat sumur gali sedalam 3 m yang jarakx dg rumah +-300 m dengan perbedaan jarak ketinggian +- 50m. Sekarang saya pakai 4 buah mesin air shimizu ps 128, yg instalasi secara seri dg pipa 1/2″ (sambung menyambung – esatafet menyedot dan mendorong) sampai kedalam rumah.. apakah cara ini sdh betul mas? terimakasih

    • Untuk memanipulasi dan menekan biaya, memang bisa saja merangkai pompa air secara estafet namun instalasi seperti ini juga sering menemui kendala jika salah satu pompa ada yang tidak sinkron. Jika penggunaan untuk jangka panjang mungkin tetap akan lebih optimal jika menggunakan jenis pompa air yang benar benar sesuai dengan kebutuhan serta memiliki spesifikasi yang memadai dengan kondisi lapangan misalkan saja menggunakan pompa submersible karena akan cukup dengan satu unit.

  14. saya mau tanya..
    sumur bor saya mempunyai kedalaman 30 meter tetapi ketika di sedot airnya..hanya bisa mengeluarkan air yang di dlam pipa.jika air d dlam pipa habis maka airnya tidak bisa keluar…bagaimana solusinya.apakah mata air nya yg sedikit atau cara pemasangan pipanya yang salah??

    • Perhatikan apakah spesifikasi mesin pompa sudah sesuai dengan kebutuhan. Untuk kedalaman 30 meter sudah harus menggunakan type Jetpump. Dan sebelum pipa hisap di sambungkan dengan mesin pompa, pastikan rangkaian pipa hisap dapat bekerja baik coba di kocok apakah air dapat naik.

  15. mau tny Mas. untuk penggunaan pompa dengan saluran pipa mendatar apa yang cocok ?. jarak Sumber air kira2 50 meter mendatar dan jarak penampungan kira2 70 mtr mendatar naik 1 mtr. trm ksh

    • Banyak jenis pompa yang memiliki jangkauan suplay maksimal seperti model SANYO PDH-405JP Rp. 8.500.000 Spek : Daya Output Listrik : 400 watt, Daya Input Start : 730 watt, Daya Hisap : 40 meter max, Daya Dorong : 40 meter max, Total Head : 80 meter, Debit Air : 34 liter / menit, Pressure : 1.6 bar on, 2.6 bar off, Inlet : 1 1/4 inch, Outlet : 1 1/4 inch, Otomatis : Ya

  16. Mau nanya pak.sy pakai shimizu 128 bit.pertanyan sy.knp mesin ny hdp air ny jln trs mt.hitungan menit jln lg air ny..
    Msn ny hdp mt pak..tlng masukkan ny pak..trims

    • Masalah setelan pressure switchnya belum tepat. Silakan di cari artikel kami yang berjudul “mengatasi otomatis pompa bunyi terus”.

  17. mau tanya bos pompa air yg baik untuk sungai tapi panjang pipa dari sungai sampai ke pompa air berjarak 60 meter jadi pompa air apa yg cocok trims

    • Artinya pompa akan digunakan untuk menghisap sejauh 60 meter. jika elevasi pipa hisapnya vertikal landai (tidak benar benar horizontal) maka bisa menggunakan jetpump dengan daya sekitar 375watt. Pastikan pemasangan pipa hisap tidak ada banyak lekukan dan tidak ada angin yang terjebak didalamnya.

      Namun lebih aman serta minim resiko jika pompa diletakkan sedekat mungkin dengan sumber air dengan pemasangan pipa hisap vertikal.

  18. Ass master kalo kesing 2 in permukaan air 14 meter biar bisa ditarik keluarnya besar kira kira harus pake mesin apa ya?soal nya saya pake mata jet yg bisa masuk 2 in tetep keluar nya kecil
    Terus pake pompa air modifikasi pake pipa in 1 in malah ga muter air ga keluar air nya
    Tolong minta bantuan nya soalny saya pake buat masyarakat umum jadi kasian
    Makasih atas perhatian nya

    • Pemasalahan utama memang pada lubang sumurnya yang terlalu kecil jadi pilihan untuk jenis pompa yang bisa sesuai sangat terbatas. Minimal lubang sumur bor seharusanya diameter 4 inch jika kedalaman sumur lebih dari 9 meter.

  19. Mat sore!!!!
    Mau sharing untuk pemompaan air dari jarak jau,medianya cocokx apa?pipa pvc ato selang air?jarak kurang lebih 450 m(kemiringan 45 drajat)mohon rekomendasi pompax juga cocok

    • Untuk istalasi pemipaan jarak jauh akan lebih aman menggunakan pipa. Untuk jens pipa disesuaikan dengan budget saja bisa galvanis, pvc ataupun pipa PE

    • mas saya punya pompa sanyo ph-130 b tidak mau isap air, sel baru pipa baru semua, apa sulusinya

  20. Ass master, saya mau tanya, saya sedang desain pemipaan dari sumber air ke mck sebuah dusun, jarak tempuh dari sumber air ke mck 215 meter dengan medan landai dan ,miring lebih kurang 45 derajat, kira kira saya membutuhkan pompa jenis apa dan daya watt berapa agar air sampai ke mck. terimakasih suhu. tolong bantuannya saya sedang dalam kegiatan pembantuan sebuah desa untuk mendapatkan air bersih.

    • Untuk jaringan pipa dengan jarak tempuh yang jauh lebih tepat menggunakan jenis pompa submersible dengan daya minimal 1PK atau sekitar 700 watt. Karena jenis pompa ini akan lebih optimal pada daya dorongnya dan tidak memerlukan daya hisap.

    • Spesifikasi standartnya memiliki daya hisap 11 meter karena jenis semi jetpump. Jika dipaksa untuk menghisp sedalam 25 meter meskipun pipa sudah diperkecil namun tetap akan beresiko debitnya kurrang optimal.

  21. Ass. Om mau tanya mesin pake shimizu 100, semi jet, air kluar lumayan namun hitungan detik kecil bahkan ga keluar pipa hisap 12m sya tambah 2m dgn harapan air kluar normal lagi, trnyata sama aja…trus tetangga sya jaraknya 30m ngebor air sedalam 90m apa ada pengaruhnya ama air sumur bor sya, mohon pencerahannya om

    • Untuk pompa jenis semijetpump memiliki daya hisap maksimum 11 meter. Jika harus dipaksa untuk kedalaman lebih dari 11 meter maka akan banyak sekali kendala yang akan terjadi.

  22. Mas admin,saya baru saja beli mesin jetpump shimizu ps 260 bit
    Untuk standar galian sumur 30meter diperlukan pipa hisap/tekan brp meter sampai mata jetnya

    • Setidaknya diberikan spasi minimal 1 meter dari dasar sumur untuk menghindari terjadinya endapan yang bisa menyumbat injector.

  23. Mas mau Konsultasi, mesin sedot type apa atau merk apa yg bisa sedot air dg kedalaman 25m (1 lekukan) dan daya dorong ke bak penampung (diatas) 20m, dan spek pipa isap dan dorong ukuran brp, matur nuwun bantuannya

    • Shimizu PC-260 BIT
      Fitur Utama :
      Voltage/Hz : 220/50
      Daya Output Motor : 250 W
      Daya Input Motor : 0.6 kW
      Panjang pipa hisap : 30 m
      Daya dorong max. : 60 m
      Head (m) : 24, Kapasitas : 30 l/min
      Head (m) : 42, Kapasitas : 8 l/min
      Pipa hisap 1 1/4 inch
      Pipa tekan : 1 inch
      Pipa dorong : 1 inch

  24. Selmt sore om..saya mw tya ni jetpump sumur bor pagi dihidupin penuh tower 500 ltr tp stlah itu air gak ngalir lg dan jarum pada amper trun ke angka 1 padahal biasanya diangka 2,5.
    Udh saya coba tabung angin dibuka air ny bagus gak d tanda2 bocor karna air gak turun dibiarin seharian ,permukaan air sekitar 9 mter..kira2 apanya omm.. terima kasih

    • Coba pipa hisap di kocok apakah ada indikasi air bisa naik dilihat dari tabung angin yang dilepas. Jika tidak ada reaksi kemungkinan terjadi sumbatan pada bagian injectornya.

  25. Pak, rumah saya disekitar sawah. Sumur udh saya buat kira2 dalamnya 2 mter. Air klo pas gk ujan jernih. Tp klo ujan jd kotor. Apa karena deket sawah apa gimana! Saya mau tanya, klo ngebor air dirumah sawah saya trsbt kira2 butuh kedalaman brp mter pak? Apakah 5 mtr cukup?

    • Sumur dengan kedalaman 2 meter memang sangat rawan dengan masalah pencemaran karena terlalu dangkal. Membuat lubang sumur bor yang bagus tidak bisa ditentukan harus berapa meter. Pastikan sudah mencapai level tanah keras dan menembus level pasir biasanya sumber mata air sudah bagus dan jangan abaikan pemasangan pipa casing yang tepat.

  26. Bro. Sy menggunakan jetpump (pasang pipa tekan 1″ dan pipa hisap 3/4″), kdalaman sumur 30 mtr, pasang panjang pipa 28 mtr.
    Saat start airnya kencang, setelah sekitar 2 menit airnya berhenti tp tetap kluar menetes sekitar satu sendok dan mengikuti irama suara mesin tertekan dan hampa.
    Apakah faktor air bornya memang kurang atau ada masalah di pompa?
    Mohon solusinya bro., trimakasih

    • Jika masalah dengan sumber airnya coba di tunggu beberapa saat kondisi pompa off, jika kemudian air bisa di hisap lagi jelas itu masalah sumber air tidak mencukupi.

      Dan untuk merubah ukuran pipa sebaiknya pipa tekan yang 3/4 dan pipa hisap yang 1 inch.

  27. Mas mau nanya. Jarak air kerumah kebun saya 200 meter. Dengan kemiringan 50 drajar. Ketinggian sekitar 50 meter. Saya memakai alkon robin 5.7 pk. Pipa isap dan dorong yang cocok ukuran berapa inci ya bos? Tolong informasinya bos. Saya pakai selang sedot 2 inci dorong 1/2 inci tapi air tidak naik. Jadi mesin saya belum berfungsi. Cuma bisa dorong 30 sampai 40 meter. Makasi

    • Kami hanya bisa memiliki data bahwa mesin alkon robin 5,7 PK memiliki daya dorong maksimum adalah 60 meter. Jadi analisa kami mesin tersebut kurang mumpuni untuk menyuply air sejauh 200 meter meskipun sudah dilakukan ubahan memperkecil pada ukuran diameter pipa suplynya.

  28. Mau nanya lagi mas. Jadi kira2 pipa yang cocok buat alkon robin 5.7hp biar maksimal bisa 60 meter memakai pipa isap dan dorong ukuran brp ya mas?

    • Untuk spesifikasi standart pipa in dan out alkon adalah 2 inch. Jika untuk head max 60 tidak mumpuni bisa direducer hingga ukuran 1 inch. Namun masih banyak faktor yang mengakibatkan daya alkon melemah salah satunya adalah impeler yang tidak bekerja optimal mungkin karena ada material, kotoran, kerikil atau lumpur yang pernah terhisap dan tersangkut didalamnya.

  29. Malam. Saya ada tandon depan – tanam & tandon belakang – atas. Jarak dari tandon depan – tanam ke belakang 30meter, naik ke tandon belakang – atas kira2 5meter. Sebaiknya saya pake’ pompa air biasa ato jet pump? Trima kasih

    • Masih cukup mumpuni jika menggunakan pompa semi jetpump saja mengingat hanya di optimalkan daya dorongnya. Pasang pompa sedekat mungkin dengan tandon depan.

  30. mas saya mau tanya lagi. kalau kedalaman sumur 10m, jarak dari permukaan tanah ke permukaan air 9 meter. pompa air yang saya pakai shimizu jet 300 bit diletakkan persis di atas sumur, dengan pipa hisap 3/4 dan pipa tekan 3/4 apakah sudah ideal. kalau sudah ideal kenapa suara mesin pompa jadi kasar. padahal pompa baru di beli sebulan yang lalu. lebih bagus mana menggunakan pipa hisap 3/4 atau 1 inch.

    • Suara kasar tersebut karena ruang impeler kekurangan volume air. artinya tekanan air tidak terlalu padat akibat debit yang dihisap kecil dengan pipa ukuran 3/4. Minimal adalah kombinasi 1 inch untuk hisap dan 3/4 untuk tekan.

    • sdh saya ganti mas pipa hisap 1 inchi tapi kenapa air keluar malah jd kecil ya. apa adavyg salah ya

    • Pastikan injector terpasang dengan benar jangan menyambung pipa injector dengan foot valve terlalu panjang lebih baik biarkan kondisi standartnya. Kemudian Setelah ganti pipa hisap ukuran 1 inch apakah suara mesin pompa tetap kasar?

  31. Saya mau sedot air dari sungai pakai mesin tapi tinggi tanah 100M dari sungai kemiringan tanah 75° , mesin apa yang cocok untuk di gunakan supaya airnya deras sampai ke atas ( bak air ukuran 5x5M )
    Mohon solusinya

  32. Selamat malam kak, mau sedikit curhat ήȋ̊Ĉ lagih pada GALAU ήȋ̊Ĉ. Masalah AIR barang kali kakak bisa meringan kan ke Galauwan hehe
    Jadi beginih kak, sayah baru saja membuat air sumur wantek yang di gejrot, kedalaman nya udah mencapai 30 meter , tapi sayah salah membeli pompa AIR shimizu PC 128 BIT, gimana yah cara nya supaya pompa AIR nya bisa terpakai ?? Tampa harus membeli lagih !! Soal nya sayah beli dikota saya di Garut yang harga nya hampir 400 rb klw beli yang baru kan sayang ,,, ada yang usul tanah nya di gali sampai 1 M atau 2 m pompa taro di bawa, mungkin kaya sumur di gantung di dalam apa kah hasil nya akan keluar air nya kakak ??
    Ada beberapah keritik dari orang yang sayah bikin pusing ?!!
    ~katanya penyebam air tidak naik pipinya terlalu besar ukuran 3 1/4
    ~ada yang bilang tidak ada mata air , klw memeng penyebab air gx ada tapi kenapah bila sayah angkat pipa nya berat dan bila sayah kocok kocok keluar air berarti kan ada sumber air nya klw menurut aku hehe
    Tolong yah ka , penjelsana nya supaya air sayah naik untuk kedalaman 30 M , dan pake pompa nya shimizu pc 128 bit , dan bagus nya pake pipa ukuran berapah ? ? Supaya mesin nya bisa terpakai tidak terpakai bercuman makasih kakak sebelum nya di tunggu info nya ?? Anak lagih galau karna air Ήέέ •• Ήέέ •• Ήέέ ••

    • Metode analisanya sudah tepat yaitu dengan di kocok sampai air dapat naik ke ujung pipa artinya memang terdapat sumber air.

      Kemudian persoalan kesalahan memilih jenis pompa air ini yang cukup menyulitkan. Untuk jenis PC 128 BIT spesifikasi standartnya adalah untuk kedalaman 9 meter itupun jika diperkecil ukuran pipa hisapnya sampai diameter 1/2 inch hanya akan menambah kedalaman sampai sekitar 13 meter saja.

      Coba pastikan dengan mengukur berapa jarak permukaan air sampai ke permukaan bibir sumur jika lebih dari 13 meter memang di upayakan apapun akan sulit dengan jenis pompa tersebut kecuali ganti jenis jetpump yang tentunya memerlukan lubang sumur ukuran 4 inch.

  33. Makasih kakak info nya , nah maka dari itu kakak, bila memakai jetpam ukuran sumur harus di perbesar dan harus mengeluarkan biaya lagih yang cukup besar , nah kak, kali ini sayah akan pake info dari kakak mengganti pipa dari ukuran 3/4 menjadi pipa 1/2 semuah nya di ganti karna tukang kerja yang ngerjain memakai pipa 2 ukuran dari pipa 3/4 sama 1/2 , nah sekarang semuah nya akan di pake info dari kakak yaitu mengganti pipa semuah nya jadi 1/2 , sekarang sayah mencoba menggali lobang untuk menaro pompa pc 128 bit di dalam tanah dan mengganti pipa , mudah mudahan lancar minta doa nya yah kakak, biar tak kena omel lagih karna kesalahan membeli pompa air , mudahan air nya keluar lancar dan normal biar tak mengguras keuangan آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

  34. Kak, kalau pengen tau isi air yang di dalam sumur wantek kira kira pengen tau isi air yang naik ke atas nya gi mana yah ??

    • Coba saja dengan memasukkan semacam tali dengan beban kemudian dimasukkan kedlam lubang sampai menyentuh air. Lalu ukur panjang tali yang kering.

  35. Kakak mau tanya lagih dong. Di tunggu ifo nya , kenapah yah air tidak naik atau tidak keluar, jadi ginih kak bila di kocok pipa nya air tuh muncrat keluar dengen kencang, tapi bila tidak di kocok malah air nya tidakkeluar , tapi bila di pipa ada angin keluar seharus nya air turun , tapi aneh nya air malah diam di pipa , permasalahan nya dari apa nya yah kak, ??padahal sumber air di dalam ada 2 meter , apa nya yah…air nya tuh kaya tersedot ke dalam tapi air pemancingan nya selalu penuh permasalah nya dari apa nya yah ?? Malahan udah di bantu pake 2 pompa air tapi masih kaya gituh di tunggu info nya makasih sebelum nya

    • Analisanya sudah tepat sekali, dikocok air bisa naik muncrat dan itu menandakan instalasi pipa hisap sudah tepat. Persoalannya ada pada spek pompa apakah sesuai dengan kondisi sumber air yang tersedia.

      Contohnya untuk pompa dangkal tiddak boleh lebih dari 9 meter, semi jetpump maksimal 11 meter untuk ukuran panjang pipa hisapnya.

    • Nah itu persoalannya. Shimizu PC 100 adalah type pompa semijetpump yang maksimal panjang pipa hisapnya tidak boleh melebihi 11 meter.Untuk kedalaman lebih dari 11 meter harus menggunakan JETPUMP (injector)

  36. Mas mau tanya kenapa “sumur saya airnya keluarnya kecil kalau valvenya digedein ngempos” (padahal airnya keluar terus kalu di nyalain sampai 6 jam) sumur saya dalam 40m,tapi saya kasih pipa masuk hanya 28m,saya pakai pompa air yokohama DP-255A tinggi hisap 28m tinggi dorong 28m,mohon infonya mas gimana solusinya?

    • Jika valve di buka besar kemudian berdampak pada debit menurun artinya kinerja pompa sudah melemah atau daya hisap pompa tidak optimal. Penyebab hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa karena pipa hisap terlalu banyak lekukan, ada material yang merusak atau terselip di impeler, rpm pompa menurun, atau bahkan mesin pompa yang pernah mengalami overheat.

  37. Selamat sore mas admin. Saya barusan memasang pompa jet pump shimizu pc375 pada sumur bor dengan kedalaman 40 meter. Saya memasang pipa isap dengan diameter 1 inchi dan pipa tekan 1/2inchi pipa dorong 3/4 inchi, namun debit air yang keluar tidak memuaskan, bila dua keran dibuka bersamaan maka airnya menjadi kecil. Pertanyaan saya apakah pipa tekan yang 1/2 inchi ini berpengaruh terhadap debit air? Terimakasih wassalam

    • Sangat berpengaruh. Minimal menurunkan ukuran diameter pipa adalah satu tingkat yang artinya dari standartnya 1 inch minimal menjadi 3/4 inch.

  38. Om..mau tanya pompa air saya kalo nyedot air sampai atas keluar tiba” mesinya lambat sendiri dan airnya tak mau keluar lagi..kira” apanya ya om

    • Kedalaman sumber air berapa? panjang pipa hisap yang terpasang berapa meter? kemudian jenis pompa apa merek beserta typenya untuk bisa di analisa permasalahannya apakah unit sudah sesuai dengan spesifikasi.

  39. Siang.. mw nnya.. knpa yh pompa prtma d nyalain air keluar.y bear slma 6 menit kluar.y kecil… kedlman sumur 12m pipa hisap3/4…. solusi.y apa mas

    • Harus diketahui dulu spesifikasi mesin pompa yang digunakan merek apa dan typenya. Baca spek standartnya apakah memenuhi syarat untuk menghisap kedalaman 12 meter.

  40. Mas…. Tolong pencerahannya. Saya nyambung air sm kawan kedalam 180 M. Jarak kr2 kerymah sekitar 80 M. Pipa hisap saya menggunakan yg 1/2 inchi. Mesin menggunakan Shimizu. Kenapa y daya hisap ainya tdk maximal seperti ber gelombang. Tolong bantu mas

  41. mas … mau tanya, klo untuk sumur dangkal 9 meter pipa yang dipakai ukuran brp ya?
    saya pakai pipa ukuran 1/2″ mesin shimizu 128 tapi keluaran airnya kecil ya. Apa saya ganti dengan pipa 1″ atau 3/4″ sesuai dengan spek produk.
    terima kasih.

    • Pertama pastikan dulu jarak pompa dengan permukaan air berapa meter. Jika jarak masih belum melebihi 9 meter maka diameter pipa hisap minimal adalah ukuran 3/4 inch.

  42. min saya mau tanya,bisa gak mesin alkon di modif jadi mesin jet pump,hingga bisa menjangkau 24 m,biasa dipakai mata jet dibawahnya,makasih min infonya.

    • Tampaknya akan sulit mengingat bentuk atau konstruksi water pump nya yang berbeda dari jetpump asli

    • Mas saya mau tanya. Saya memakai pompa shimizu semi jet 300 bit baru. Pipa paralonnya 1/2 inc buat hisap dan keluar. Buat hisap hanya 9,5 m. Semua saya cek dr ujung sampe atas udah bagus. Malah diganti baru semua.kabel colokan kawat . Tp knp kok airnya keluarnya dikit. Tlg dikasih sarannya. Trima kasih.

    • Ini permasalahannya adalah pada pipa hisap yang terlalu kecil. Jika kedalaman pipa hisap mulai mesin pompa sampai yang terbenam di dalam air masih belum lebih dari 11 meter, sebaiknya menggunakan ukuran diameter pipa hisap sesuai standartnya yaitu 1 inch.

  43. Selamat malam, saya punya kost kosan sebanyak 20 kamar yang dihuni masing masing kamar 2 orang.
    Untuk keperluan air saya menggunakan tangki penampung air kapasitas 4000 liter.
    Jarak tangki ke pompa 9 meter, jarak sumur bor ke pompa 17 meter.
    Mohon penjelasannya jenis pompa apa yang cocok untuk keperluan tersebut sehingga air nya cukup.
    Terimakasih atas informasinya.

    • Dengan jarak sumur ke mesin pompa 17 meter jika sudah termasuk panjang keseluruhan pipa hisap yang terbenam di dalam air maka bisa menggunakn type jetpump dengan debit yang besar agar cepat memenuhi tangki yang berkapasitas 400 liter.

      Contoh produk Shimizu PC-268 BIT

      Voltage/Hz : 220/50
      Daya Output Motor : 250 W
      Daya Input Motor : 0.58 kW
      Panjang pipa hisap : 30 m
      Daya dorong max. : 60 m
      Head (m) : 24, Kapasitas : 31 l/min
      Head (m) : 42, Kapasitas : 10 l/min
      Pipa hisap 1 1/4 inch
      Pipa tekan : 1 inch
      Pipa dorong : 1 inch

      Untuk pengisian awal ketika semua tangki kosong maksimal memakan waktu sekitar 6 jam. Sedangkan untuk pengisian selanjutnya bisa lebih singkat karena sudah dilakukan seting pelampung radar dengan menyisakan kapasitas tampungan air sebagai cadangannya.

  44. Assalamualaikum wr wb,
    Mas, apakah bisa pompa jetpump tanpa memakai pipa tekan, karena casing sumur bor hanya 3 inch, terimakasih

    • Waalaikum salam, bisa pak namun untuk kedalaman yang terbatas menurut pengalaman kami hanya akan efektif untuk 8 sampai 10 meter saja dengan diamter pipa hisap direducer menjadi ukuran 1 inch.

  45. Assalamualaikum
    saya px pompa ukrn 3d mesin dongfeng 12 pk dalam sumur 95m mata air 7m paralon untuk hisap 4d.
    Apakah ini sudah optimal daya hisapx?
    Dan Saya px rencana untuk paralon hisap akan di rubah menjadi 3d apa it bgs? Trimakasih.

    • Waalaikum salam, Dongfeng 12PK tersebut apakah sebagai penggerak unit pompanya? Dan untuk pompanya sendiri menggunakan type pompa apa?

  46. Mas.. dirumah saya sdh tertanam pipa dorong 3/4″.. saya mw beli jet pump dgn stdr pipa hisap 1,25 tekan 1″ dan dorong 1″.. yg saya tanya apa pengaruh buruk nya kl pipa dorong ny tdk sesuai stdr? Kmudian lbh baik mggunakan pipa ukuran brp utk hisap dan tekan kl pipa dorong nya 3/4″?

    • Untuk pipa dorong ukuran 3/4 itu sudah cukup ideal sebagai jaringan instalasi. Jangan diperkecil lagi. Jika menggunakan jetpump dan pemasangannya masih sesuai standart maka biarkan ukuran pipa hisap dan pipa tekan ukuran aslinya.

      Mengecilkan ukuran pipa hisap memang akan meningkatkan daya hisap menjadi lebih panjang, namun konskuensinya adalah menurunnya debit air yang dihasilkan oleh pompa.

  47. Kl pipa dorong nya 3/4″ apa ada beda debit air nya mas antara pipa hisap 1″ dan 1,25″? Sumur saya kedalaman 18m,, pipa dorong horizontal 15m, kmdan naik ke atas tower 8m,, rencana nya beli shimizu 250 bit..
    Nb: sya jg tertarik dgn submersible, krn tdk berisik, cocok gk mas buat sumur gali saya..trims

    • Untuk pipa dorong, semakin kecil ukurannya maka tekanan air akan menjadi besar namun debit yang dihasilkan justru menjadi kecil begitu pula sebaliknya.

      Untuk sumur gali, sungai, ataupun kolam tetap bisa menggunakan pompa submersible.

  48. Om mau nanya, urgent nih. Saya mau pumping test pada sumur dengan diameter 4″ dan kedalaman muka air tanah 20-30 meter. Kira2 pompa apa ya yg paling tepat untuk sumur seperti itu?
    Terima kasih
    Salam

    • Sudah termasuk sumur dalam. Ada 2 pilihan jenis pompa yang bisa digunakan menyesuaikan kebutuhan debit air serta faktor pendukung lainnya. Jetpump dan submersible.

  49. Mas mohon bantuannya saya mempunyai usaha air isi ulang di dalam kampung,setiap pengiriman bahan baku air dari tangki untuk bisa sampai ke tandon saya di peelukan jarak 215 meter dengan kemiringan pipa 45 derajat kemudian naik ke tanson sekitar 2 meter.jenis pompa atau alkon apakah yang harus saya gunakan utk bisa menghisap air secara maksimal dari tangki air ke tandon rumah saya ? Terima kasih mas atas pencerahannya

    • Kalau untuk jenis alkon tampaknya masih sulit memperoleh unitnya dengan spesifikasi yang benar benar sesuai seperti yang bapak perlukan apalagi elevasinya 45 derajat. Namun untuk jenis pompa listrik banyak sekali tersedia dan mudah mendapatkan spek yang tepat dengan jarak suply 200 meter atau lebih.

  50. Mas saya mau tanya jenis pompa atau alkon apa yg cocok buat menghisap air dari tangki truk ke tandon saya dengan jarak 215 meter kemiringan 45 derajat dan ketinggian 2 meter menuju tandon atas dan saya memakai pipa pvc ukuran 2 inch.apakah xukup memakai alkon pendorong ataukah harus di tambah alkon atau pompa listrik penghisap ? Jikalau iya merk apa yg bagus buat alkon atau pompa listrik tsb ? Terima kasih

    • Untuk pompa listrik dengan diameter pipa 2 inch adalah jenis pompa submersible atau bisa juga jenis pompa type NK, NKG, NKE, NKGE. Dari semua model tersebut biasanya memiliki harga yang sangat mahal.

  51. Mas mohon info sambungan mulut Alkon untuk merubah ukuran Dr 3 dim ke 1 dim..apa namanya ya…klo beli online dmn ya… terimakasih mas

    • Komponen tersebut bernama reducer. Untuk beberapa tukang atau toko konvensional menyebutnya overloop. Banyak sekali tersedia di toko toko permesinan dan perkakas.

  52. Mas… mau tanya. Pompa air sya waser 30m isap total 60m 250w. Kedalaman sumur 2,5m , datar dgn 3x bok sepanjang 8m dan naik 3m ke pompa lt 2 rmh. Pipa hisap 1,5″ dan tekan 1″. Sedang pipa dorong 3/4″ air nya keluar kecil. Jika di buka kran keluar gede maka tekanan turun dan air ga keluar lg. Apakah pipa hisap dan tekan sdh sesuai dgn jarak sekian meter? Untuk klep bawa dipasang 2m dari ujung pipa dalam sumur oleh teknisi katanya biar ga berkarat. Mohon solusi nya mas dan terimakasih

    • Alasan agar tidak berkarat sebenarnya kurang tepat. Pemasangan foot valve sebaiknya tetap seminimal mungkin dengan injector. kalaupun ingin disambung maksimal adalah 60 cm itupun sudah mengurangi kinerja injector.

      Ukuran pipa sebaiknya 1,25inch untuk pipa hisap dan 1 inch pipa tekan. Dan sebaiknya pompa dipasang sedekat mungkin dengan sumber air. Lebih baik memperpanjang kabel listrik daripada harus memperpanjang pipa hisap karena beresiko daya vakum melemah akhirnya debit yang dihasilkan juga tidak optimal.

  53. Assalamualaikum Mas,td nya sy ngurak tNgki towrent stelah itu air nya msh bau ,tp bersih,stelah itu TMN sy nyariin utk motong pipa air sumur nya 1btg,stelah d potong dan d pasang kembali air nya tdk dpt keluar d sedot oleh pompa air jet pom sy?knp ya Mas?minta tolong saran nya mas

    • Waalaikum salam, dengan alasan apa pipa hisap dipotong, apakah sudah pasti pipa masih terbenam bukannya menjadi menggantung di atas permukaan air setelah dipotong.

      Lakukan saja test dengan cara lepaskan mesin pompa dulu, kemudian kocok pipa hisap naik turun apakah bisa menyemburkan air ke atas untuk memastikan pipa hisap sudah terpasang dengan tepat.

  54. mas mau nanya mas, kalau pompa air saya shimizu 130bit pipa hisap standar 1inch
    apa bisa di perkecil 3/4..

    • Sangat bisa pak. Memperkecil pipa hisap juga memiliki manfaat dapat menambah kemampuan hisap mesinnya.

  55. Mas mau tanya kalo pipa hisap pake 3/4 … pnjng 8 meter … pipa dorong pake 1/2 …. gimana … gpp ? Ap gimana mas

    Makasih

    • Yang dimaksudkan untuk mesin pompa air type apa? sumur dangkal atau jetpump? Apbila sumur dangkal, pipa out diameter 1/2 tidak akan masalah jika hanya berfungsi mengisi toren. Namun jika untuk langsung ke instalasi biasanya nanti debit air tidak optimal jika ada kran yang di buka lebih dari satu.

  56. Salam..mas “admin”, saya kemarin baru memasang pompa Sanyo P-WH137C dgn spesifikasi: (Pipa hisap(dorong) 1inchi/ Daya hisap 9m/ Kapasitas air 30litr/menit). Sumur bor dirumah (diameter pipa±10cm) kedalaman sumur 16m, jarak mesin dengan permukaan air 7m. Saya perkecil pipa hisap/dorong 1Inch menggunakan 1/2 Inchi dgn panjang 9m kedalam sumur. Sedihnya air yg keluar kecil sekali cuma keluar “satu ember kecil” terus tdk ada keluar air lagi. Apa yg salah ya mas? Mohon saran & solusi pemasangan pipanya harus bagaimana ya, agar air keluar stabil dan kencang?… Terimakasih.

    • Apabila pompa dipasag sesuai dengan spesifikasi standart, artinya tidak melebihi kedalaman 9 meter sebenarnya tidak perlu menggunakan pipa 1/2 inch. Hal ini akan membuat kapasitas air tidak maksimal lebih buruknya lagi masih banyak yang melakukan dengan tidak memasang tusen klep kemudian ada material terhisap justru menyumbat pipa.

  57. Min saya mau nanya ni pompa saya merek panasonic daya hisap 10 meter terus kedalaman sumur 21 meter . Gimana caranya ya kalau pipa hisap saya dalemin jadi 15 meter .. mohon dibantu

    • Tampaknya tetap akan sulit jika jenis pompa sumur dangkal dipaksa untuk menghisap sedalam 21 meter atau permukaan air di kedalaman 15 meter? Meskipun telah dilakukan ubahan pipa hisap diperkecil, nantinya juga tidak akan bisa optimal karena dengan mengubah ukuran dari standart nya 1 inch menjadi 1/2 inch hanya akan mampu menambah kemampuan dari 9 meter menjadi sekitar 15 meter saja.

  58. Mas.. tnya nih.. kl pipa tekan utk jet pump yg stndr nya 1″ dipaksakan ke pipa 3/4 bgmn? Cos sayang ada pipa 3/4 yg nganggur.. kmdn pipa hisap tetap di 1,25″ atau diperkecil ke 1″.. ( pipa hisap mmg blum beli)

  59. pak kalau untuk amper meter yang nempel di jet pump shimizu,berapakah ukuran daya hisap yang tinggi, diangka terendah atau angka tertinggi? misalnya di angka 10 atau 20??

    • Kebanyakan bar meter tersebut kurang akurat jika pompa sudah terhubung dengan instalasi yang panjang. Jadi sangat sulit untuk dijadikan sebagai acuan. Lebih baik dipasang stop kran pada output pompa dengan jarak sekitar 30 cm, kemudian stop kran ini berfungsi sebagai setelan debit air untuk menjaga agar tekanan tidak drop dengan membukanya sedikit demi sedikit hingga didapat tekanan paling tepat kemudian biarkan posisinya tetap dan jangan dirubah lagi.

  60. Selamat Sore mas, mohon pencerahan.
    Saya baru beli n memasang pompa semi Jet baru merk Shimizu Jet 100 bit, namun saya menemui masalah pada daya listriknya.
    Spek daya dari pabrik adalah:
    Daya output = 100 watt
    Daya Input Start = 350 watt.

    Pada saat pompa saya hidupkan, saya cek daya di KWh meter (otomatis) tertera 398 watt.
    Anehnya sampai dng 4 menit pompa ini hidup, saya cek lagi dayanya masih tertera 398 Watt, padahal seharusnya kan sudah masuk daya output 100 watt.
    Sebagai keterangan: pada saat saya uji coba pompa ini, semua perangkat listrik sdh sy matikan dan daya di KWh meter 0 watt.
    KWh meter saya jg masih baru krn baru pasang Listrik PLN.
    Daya peralatan listrik lainnya spt lampu dll sudah sy cek satu persatu lewat KWh meter, tidak ada masalah.
    Kira2 apa penyebab permasalahan pompa saya berada di daya input start terus ya mas???
    Bisa cepat habis pulsa listrik saya.
    Mohon analisa / pencerahannya ya mas??
    Terima kasih.

    • Begini maksudnya pak, untuk daya input start artinya adalah keperluan suplai listrik yang dibutuhkan untuk dapat menggerakkan motor atau dinamo.
      Sedangkan daya output yang dimaksudkan untuk semua jenis dinamo adalah tenaga kuda (PK) atau power yang dihasilkan oleh putaran mesin tersebut.

      Jadi mesin pompa air semijetpump yang bapak gunakan memang memiliki daya sebesar 350 watt. Dan tenaga yang dihasilkan oleh mesin adalah 0,2PK atau setara dengan kurang lebih 100 watt.

      Satuan 700 watt adalah hampir setara dengan 1PK. Jadi untuk istilah daya output bukan berarti listrik yang dikonsumsi oleh mesin justru ini adalah tenaga yang dikeluarkan oleh mesin.

  61. O gitu ya mas, Berarti daya output yg tertera di kardus 100 watt dan dipublikasikan oleh pabrik itu semacam Jebakan Batman ya.
    Sehingga orang2 yg tidak paham seperti sy jd terkecoh, mengira irit listrik padahal tidak.
    Terima kasih atas pencerahannya ya mas, sangat bermanfaat utk sy mungkin bagi yg lain juga.
    Awalnya mo beli pompa shimizhu ps128 (daya125 watt) seharga 350rb an, tp sama penjualnya di tawarin Jet 100 bit yg katanya meskipun agak mahal (730rb) tp hemat listrik krn cuma 100 watt, dng kapasitas air lebih besar.
    Kalau kinerja jet 100 bit ini memang ok. Tandon 520 ltr dr kosong smp hampir penuh (level radar) cuma butuh waktu 15 menit, atau skitar 32 ltr / menit pd total head 10meter.
    Mas, kalau yg pas 128, 125 watt itu konsumsi daya runing atau daya output ya mas?
    Trims atas penjelasannya mas..

  62. mas mau nanya…ibuq ampra sumur bor kedalaman 15 meter..sama tukangnya dikasih pompa air simizhu yg pn 125 bit..truz am tukangnya itu naruh pompanya didalam sumur bor mas ..cuma hidup 2 hari lalu mati .cara ngatasinya gimana mas..sumur bor dalam dikasih pompa sumur dangkal

    • Artinya diameter sumur bor sangat besar hingga cukup untuk dimasukkan unit pompa sumur dangkal. Jika demikian maka resikonya mesin pompa bisa mengalami overheat akibat kurangnya sirkulasi udara pendinginan.

      Sebaiknya tidak mengambil resiko dan lebih disarankan menggunakan jenis jetpump karena tidak memerlukan upaya modifikasi lagi untuk menghisap kedalaman lebih dari 11 meter.

  63. Assalamualikum Mas, saya mau tanya, kenapa air jet pump dirumah saya sealu keruh,untuk informasinya, saya sudah bor sumur dan pasang jet pump setahun lalu, kedelamannya kira2 20meter, tapi sampai sekarang selalu keruh tapi kadang bening juga sekali sekali, apa mungkin krn pipa tekan dan pipa hisap dibikin sama ukurannya yaitu 1″. Saya menggunakan wasser 255. Mohon penjelasannya. Trimakasih, Wassalam.

    • Waalaikum salam, bukan persolan ukuran pipa yang masuk kedalam lubang sumur. Kualitas air dipicu oleh struktur tanah serta teknis pengeboran dan pmasangan pipa casing.

      Jika pipa casing tidak sampai pada dasar kemungkinan masih terkontaminasi resapan dari atas atau limbah dipermukaan. Selain itu letak geografis juga menentukan kedalaman yang ideal untuk memperoleh kualitas sumber air yang bagus.

  64. Mas mau tanya, sy pakai air pam dan berencana pakai booster air. Letak booster setelah pam dan sebelum filter 10″ 3tabung. Dan selanjutnya sampai water heater shower menempuh jarak 10m. Kira2 merek dan tipe apa yang paling cocok untuk kondisi diatas mas? Mungkin ada rekomendasi 3 besar mesin booster untuk kondisi tersebut yg awet. Terimakasih sebelumnya. (panasonic/sanyo/wasser)

    • Untuk jenis pompa dorong yang paling efektif digunakan pada instalasi rumah dengan filter air maka minimal menggunakan seperti produk Grundfos CM PT 3-4 harga kisaran 4 juta. Dijamin akan mampu menyuplai seluruh instalasi bahkan untuk lantai 2 dengan seimbang asalkan debit air pam tidak sampai telat.

  65. Mas Mau nanya, dalam sumur 11 meter, pipa hisap 3/4″ Dan pipa ke tandon 1/2″ dengan panjang pipa 26 meter, masalah nya tolakan air ke Tanki Tidak kuat alias seperti air kencing . Solusinya gimana mas???
    NB: saya make sanyo seri P-WH236C
    Spesifikasi daya hisap maks 9mtr
    Input 2,3a
    Out put 200watt

    • Tampaknya spesifikasi pompa tidak bisa sesuai untuk kedalaman 11 meter. Jika menggunakan diameter pipa hisap 3/4 memang bisa meningkatkan daya hisap melebihi standartnya namun dengan beberapa faktor pendukung lainnya seperti tegangan listrik harus sempurna di kisaran 220volt agar rPM bisa optimal.

  66. Assalamualaukum mau tanya mas, mesin air sy Shimizu 135bit, pipa 12m, air tidak mengalir, pipa 1/2 inci, apa yg kurang ya?

    • waalaikum salam, apakah panjang total pipa hisap 12 meter? jika sudah menggunakan pipa diameter kecil untuk menambah daya hisap, maka pastikan tusen klep (foot valve) juga berukuran kecil maksimal 3/4 inch.

  67. Aslmalaikum mz… mau tnya.
    Knp pompa shimizu 128 bit awal running keluaran air besar tp stelah 1 menit langsung drop airnya kecil tp tidak sampai habis.
    Kdlaman sumur 12 meter panjang pipa hisap 10.5 meter dengan diameter 1/2 inchi.
    Udah coba letaakan tusen klep di tengah tp tidak ada pengaruh. Mohon solusinya mz trmksh

    • Waalaikum salam, apabila air habis (drop) kemungkinan sumber air tidak mencukupi atau tidak terjangkau lagi oleh pipa hisap. Memasang tusen klep di tengah pipa hisap maksudnya? ini justru tidak disarankan karena apapun alasannya foot valve harus berada di ujung paling bawah pipa hisap.

  68. Assalamu’alaikum Mz, sumur bor saya dadlmnya 33 meter, pipa hisapnya 3/4″ dengan panjang pipa 24 meter, mesin pompa yg digunakan merk shimizu 130 bit.
    Maslahnya ketika mesin dihidupkan air tidak keluar. kira-kira apa masalhnya? mohon pencerahannya

    • Waalaikum salam, kesalahan memilih jenis pompa. untuk kedalaman lebih dari 11 meter disarankan untuk menggunakan type jetpump.

  69. Mas,
    Mohon ulasannya.
    Sy mau sedot pasir pantai dgn pompa 6 inch.
    1. Jarak hisap 10 meter, level 1,5 m
    2. Jarak buang 150 meter, level 2

    Pertanyaannya:
    a. Spesifikasi mesin diesel yv dibutuhkan
    b. Jenis pompa yg cocok sesuai kondisi diatas

    Thanks,
    Salam, Bagas

  70. Assalm. Mo tanya master. Sumur bor 12 meter lo pipa yg ke sumur 1 in trus dr sumur ke mesin 1/2 in.bagus ga ya.?apa mending dr sumur ke mesin 1/2 in semua. Mksh wasslm.

    • Harus mengetahhui jenis (merek dan type) pompa yang digunakan. Untuk kedalaman lebih dari 11 meter disarankan menggunakan pompa jenis jetpump agar kinerja pompa lebih maksimal.

  71. Pak..pompa air apa bisa ditaruh dek atas untuk menyedot tandon bawah..apa pompa tidak cepat rusak? Swn

    • Selama pemasangan instalasi benar dan sesuai dengan spesifikasi maka unit mesin akan bekerja optimal dan resiko kerusakan bisa diminimalisir.

  72. Asskm bos tanya….sy pasang pompa panasonic129JBX 125watt…kedalam sumur 9meter ..debit air cm 1 mter….pipa hisap 3/4 inchi tp kok gk keluar airnya ya….d ruang pancing ferdapat gelembung2. Mhon blzny mkch

    • Sebaiknya pipa hisap dilepas dulu dari mesin kemudian pipa di kocok apabila air bisa naik maka yang masih bermasalah adalah pada unit pompanya yang kemungkinan adalah adanya koneksi pipa yang kurang tepat atau ada masalah pada impeler pompa.

  73. Maaf bos untuk menambahkn sebagai pertimbangan…pompa sudah d coba pki bak penampungan dgn ketinggian 1mter tp keluarnya kayak g ada tenaga….mhon penjelasan trims

  74. Mas saya mau tanya…saya pakai pompa air lakoni DWP 255 A kedalaman sumur -+ 20 m…kenapa dorongan air tidak kuat/tidak keluar airnya sama sekali untuk mengisi water toren yg letaknya di lantai 3,sedangkan setelah dipancing dengan air tekanannya sangat kuat dimesinnya tetapi tetap tidak bisa mendorong ke pipa untuk saluran ke water torennya ,saya sudah ganti mata jetnya dengan yg baru…apakah pengaruh dari seal klep penghisapnya yang sudah lemah ?

    • Sebenarnya tidak ada pengaruh dari seal klep pipa hisap untuk masalah daya dorong pompa. Seal klep hanya bertugas menjaga agar stok air didalam pipa hisap tetap utuh sehingga tarikan awal tidak memerlukan pancingan.

      Yang perlu diperhatikan adalah menganai spesifikasi pompa itu sendiri apakah daya dorongnya sesuai dengan yang terinstal di lapangan mencakup panjang pipa dorong mulai dari unit pompa sampi water toren.

      Kemudian pastikan pemasangan pipa pengisian menggunakan diameter yang lebih kecil dari spek standartnya untuk jangkauan yang lebih tinggi atau jauh.

  75. Slmt malam master,mau nanya.pompa saya jet zimitzu 260 bit.kedalaman sumur 4m.pipa isap 1,1/4.pipa dorong saya pakai HDPE 50″ dengan jarak 100m’over ke pipa HDPE 32″.tambah jarak 30m.over ke pipa HDPE 25.lokasi datar …apakah tekanan air bisa sampai ke rumah???thanks Master.mohon penjelasannya.

    • Kami sarankan untuk daya hisap rendah namun memiliki daya dorong yang optimal ialah menggunakan pompa sejenis grundfos type nf. Sedangkan untuk jenis jetpump akan sangat riskan jika hanya dioptimalkan untuk dorong dengan jarak jauh

  76. mau tanya
    tetangga saya buat sumur bor 45 metter, sedangkan saya 40 meeter apakah air sumur bor bisa kesedot tetangga dan menjadi kering, jarak sumur bor dengan tetangga 5 meeter

    • Tidak akan menjad masalah selama debit sumber air selama ini optimal dan tidak pernah telat saat mesin pompa operasional.

    • Tidak akan menjadi masalah selama debit sumber air selama ini optimal dan tidak pernah telat saat mesin pompa operasional.

  77. Selamat pagi mas,
    Saya kan baru beli pompa shimizu jet 108 bit, kedalaman air 12 m, saya pakai pipa hisap 3/4″, air sama sekali gak mau naik. Kenapa ya mas?

    • Bisa diperiksa dengan cara pipa hisap di lepas dari mesin kemudian pipa di kocok apkah air bisa naik, jika bisa artinya ada masalah dengan unit pompanya meliputi tegangan listik apakah stabil untuk memastikan RPM mesin optimal, kemudian pastikan sambungan pipa hisap aman dari bocor agar vakum maksimal dan jangan terlalu banyak lekukan.

  78. Pak saya mau tanya ….. ini kan bpk saya pasang pam… posisi rumah saya lebih tinggi dari rumah yang lain… saat penyaluran air ke warga terkadang konsumen mengeluh karena air nya tidak mengalir namun hanya keluar angin atau kalah dengan konsumen di dataran yang lebih rendah… apakah ukuran pipanya berpengaruh apa gimana ya … tolong solusinya….

    • Hal demikian disebabkan oleh tekanan air milik PAM kurang kuat. Bisa jadi jaringan pipa induk PAM ukurannya terlalu kecil untuk melayani banyak konsumen. Sebaiknya secara kolektif mengajukan komplain biar ada penanganan segera.

  79. mas, mau tanya klo buat instalisi pipa sepanjang 500 m dengan beda tinggi 50 meter pakai pompa dengan berapa KW / brp HP??

    terima ksih

    • Kalau untuk pompa transfer yang akan di maksimalkan sebagai distribusi air dengan jarak cukup panjang jenis pompanya seperti grundfos type NB/NP Power Rating: From 0.25 kW to 355 Kw

  80. Mohon bantuannya mas.. sumur saya kedalaman 6meter, rencana pipa keluar/dorongnya sepanjang 32meter (dengan rincian 25 meter mendatar, belok ke atas 3.5meter, kemudian mendatar ke toren 3.5meter). Pompa air apa dan pipa ukuran berapa yang sebaiknya saya pakai? Nuwun

    • Bisa menggunakan pompa tipe jetpump untuk memperoleh daya dorong optimal seperti simizhu seri PC 250. Meskipun kedalaman sumur termsuk dangkal namun jika memakai jenis pompa dangkal dikhawatirkan akan menghasilkan debit yang kecil sebab transfer atau suplai air yang terlalu jauh.

  81. Mas menggunakan pompa air merk SANYO. Utk tipe saya kurang tau. Kedalaman sumur sekitar 8 – 10 m. Saat ini saya menggunakn pipa hisap 1/2″. Karena kemarin dr pihak perumahan masangny uk itu utk pompa yg lebih kecil sebelumnya.
    Apa bisa saya mengganti pipa hisap dg uk 3/4″ dan pipa keluar ttp 1/2″ ??
    Apa pengaruhnya? Mohon sedikit penjelasannay

    • Sebaiknya ukuran pipa hisap memang lebih besar dari pipa output hal ini bertujuan agar debit air tidak drop dan tekanan output pompa tetap terjaga.

    • Mata jet berfungsi sebagai pemberi tenaga extra agar air bisa lebih cepat terhisap ke atas karena di berikan dorongan dari sebagian tekanan yang terjadi pada impeler.

  82. Mas mau minta masukan dari rumah saya ke sumur kurang lebih 15m dari sumur ke bawah 12 meteran apa paralon untuk menghisap di kecilkan mohon saran

    • Untuk kedalaman sumur lebih dari 11 meter sebaiknya menggunakan pompa jetpump dan di tempatkan sedekat mungkin dengan sumur dan pipa hisap biarkan ukuran standart. Apabila terlalu jauh jarak mendatarnya, pipa hisap beresiko mudah masuk angin.

  83. Mas,mau tanya sumur bor dirumah saya 36 meter menggunakan pompa celup,kalau kran dibuka penuh sebentar saja air berhenti kluar, tapi kalau dibuka kecil seharian air keluar terus.

    • Debit sumber air tidak mencukupi. Silakan di survei terlebih dahulu di lingkungan sekitar apakah ada yang memiliki sumur bor, pada kedalaman berapa mereka memperoleh sumber air yang melimpah.

  84. Mau tanya…
    Sumur gali (bukan bor) kedalaman 20mtr, debit air dri dasar sumur bawah ke permukaan air -+ 4mtr…
    Menggunakan shimizu ps 130 bit dengan daya hisap 9mtr dorong 40mtr…
    Mesin digantung disumur dengan pipa hisap 1″ 2batang(-+8mtr) dan dorong menggunankan 1 pipa 1″ nyambung ke 3/4 ke atasnya semburan air kurang kenceng.. Mohon solusinya.?

    • Secara teknis pemasangan sudah betul, apabila masih mengalami kendala debit air kurang maksimal bisa dilakukan analisa pada:

      1. Tegangan listrik tidak boleh kurang dari 210 volt AC supaya RPM tidak drop
      2. Pastikan pipa hisap tidak terlalu dalam terendam air atau sampai terendam endapan sumur
      3. Kemungkinan lainnya impeler bermasalah bisa terselip material (kotoran) atau cacat pabrik

  85. Selamat sore pak, mohon saran dan masukan. Sumur saya memiliki kedalaman 13 m, selama ini memakai SE JET 265, pipa 1″ x 1″. Tapi sudah beberapa hari air tidak bisa ngalir, karena sumber air habis? Atau performa pompanya sudah tidak memadai? Kalau misal mau ganti jetpump haruskah diameter dan kedalaman sumur harus ditambah. Terima kasih

    • Pompa air dangkal Daya : Hisap 11 M & Dorong 33 M Kapasitas : 50 liter/menit Total head : 44 m, Tidak disarankan dipasang untuk kedalaman lebih dari 11 meter karena kinerja pompa tidak akan bisa optimal.

      Apabila akan mengganti dengan jenis jetpump sebaiknya diperhatikan jika sumur bor minimal diameter lubang harus 4 inch, Kemudian kedalaman level air sebaiknya di tambah supaya stok untuk dihisap pompa mencukupi.

  86. Assalamualaikum
    Saya pake sanyo ph137ac
    Saat ini pake 2 batang pipa ukuran 0,5 inc
    Apa masih bisa ditambah panjang pipanya 1 batang lagi?
    Soalnya sekarang awalnya aja yang kenceng airnya
    Udah gitu slow walau gak sampe abis..
    Kedalaman air daeri permukaan tanah sekitar 5 meter..
    Makasi..

    • Waalaikum salam, Jika level air dari tanah hanya sekitar 5 meter sebaiknya menggunakan pipa 3/4 supaya debit air yang dihasilkan lebih optimal. Sebab pompa tersebut memiliki daya hisap maksimum 9 meter dan masih ada 4 meter yang terendam sumber air.

      Kecuali jika level air lebih dari kedalaman 9 meter maka dengan memperkecil ukuran pipa hisap akan dapat membantu menambah daya hisap.

  87. Mau nanya pk, rmh z di gunung agak jauh dari sumur, z pakai 2 mesin yg 1 disumur yg satu di ats gunung, kendalanya mesin yg di sumur rusak z beli ganti masang tendangannta utk keluar gk kuat sama yg mesin dulu. Mohon solusinya pk. Makasih

    • Meskipun pompa dengan merek dan type yang sama kadang memang kinerjanya tetap berbeda (tidak sama persis) jadi yang paling penting adalah bahwa anda memilih mesin pompa yang spesifikasinya susah sesuai dengan yang dibutuhkan dilapangan.

      Kami tidak dapat memberikan analisa dan solusi karena anda tidak memberikan info mengenai jarak pompa 1 dan 2, kedalaman sumber air, dan elevasi jarak tempuhnya.

    • Untuk kedalaman lebih dari 50 meter sebaiknya sudah menggunakan jenis pompa submersible. Silakan disimak artikel tentang spesifikasi pompa submersible untuk sumur bor dalam. Klik Disini

  88. Mas sya mau tanya.mohon arahanya.tmpat sya jauh dr air.sumber air dr rumah jaraknya 800m.kedalaman sumber air cm 2m persegi.sya ksih jetpump simizhu 260bit.dya drongnya gak mampu mencapai 800 m pipa drongnya.menanjak trus menurun trus menanjak lg.sya coba pakai toren dgn jarak dr jetpump 60m air jg gak mai naik ke tandon air.mhon arahanya mas

    • Untuk sistem suplai dengan jarak begitu jauh tidak akan bisa menggunakan pompa sumur biasa seperti jetpump. Minimal harus menggunakan jenis pompa CR vertical multistage centrifugal inline pumps seperti merek grundfos.

  89. permisi saya mau numpang tanya, kalo semisal pipa hisap dan pipa tekan ukurannya sama apakah ada risiko air dari output pompa air tidak bisa naik ke torn ? berhubung saya berencana mengganti pipa hisap karena pompa airnya aga2 ga kuat, dan masnya sempet ngutip begini “Sebaiknya ukuran pipa hisap memang lebih besar dari pipa output hal ini bertujuan agar debit air tidak drop dan tekanan output pompa tetap terjaga.” hehehe

    ukuran pipanya 3/4

    tengs

    • Yang saya maksud ialah pompa suplai ukurannya lebih kecil dari pipa hisap. Sedangkan untuk jenis jetpump memiliki pipa hisap dan pipa tekan yang mana ukuran pipa tekan harus lebih kecil supaya tekanan air didalam impeler tidak terdorong kembali sepenuhnya ke bawah karena volume hisap dan volume tekan sama.

  90. Mantap 😀

    Spesifikasi dari mesin pompa saya terhitung dengan pipa ukuran 1 Inch, dengan panjang pipa hisap maksimal 9 meter.

    Berarti ketika saya menggunakan pipa hisap ukuran 3/4 Inch, panjang pipa bisa lebih dari 9 meter kan ?, ada informasi persisnya bisa sampai berapa meter ?

    Lalu saya masih bingung, yang dimaksud panjang pipa hisap itu apakah dimulai dari mesin pompa sampai ke ujung pipa di sumur atau dari permukaan air di sumur sampai ke ujung pipa di foot valve-nya ?

    Misal sumur sedalam 9 Meter, tapi permukaan airnya hanya 5 Meter saja dari dasar sumur sampai permukaan air.

    • Dengan mengubah ukuran pipa hisap menjadi 3/4 menurut pengalaman kami bisa bertambah kedalaman sampai 11 hingga 12 meter.

      Panjang pipa agar sesuai dengan spesifikasi daya hisap di ukur dari mesin pompa sampai ujung foot valve dalam posisi vertical. Kedalaman level air di ukur dari bibir sumur sampai permukaan air, dan menentukan spek pompa yang sesuai kebutuhan harus di ukur kedalaman level airnya.

      Misal level air 5 meter, maka bisa memilih jenis pompa sumur dangkal dngan daya hisap max 9 meter, jika level air 12 meter maka harus menggunakan jenis jetpump.

  91. Malam Mas…
    mau tanya dikomplek saya air PAM sudah 2 tahun ini bermasalah… dikomplainkan kePAM sudah 80 rumah tiap kali komplain tp tdk ada penanganan, kalau dari orang lapangan pihak PAM katanya pakai saja pompa sedot masing2…
    masalahnya disedotpun tidak setiap jam bisa nyala cuma muter dimeteran pelan tp airnya kluarnya angin2 doang…
    tapi dijam2 tertentu terutama antara malam jam 1 kadang jam 2 kadang jam 3 ada bisa nyala dengan disedot… rata2 dapat 100 liter lah 1 hari karena nyalanya juga cuma 1 jam… dan yang nyedot hampir smua rumah…. rata2 1 bulan tiap rumah bayar PAM nya cuma 1 sampai 3 m3 saja…
    tetapi ada beberapa rumah bisa dihitung dengan jari… mereka sedotnya dijam2 tertentu tersebut kenceng… toren mereka bisa penuh… dan sebulannya mererka bayar bisa 6 sampai 8 m3.
    ini info dari petugas meteran bulanan…
    lha kalau yang tidak pakai pompa ya sudah 2 tahun ini NOL…cuma bayar bulanan langganannya saja….
    lha apa perbedaannya ya Mas…?
    ada tidak solusinya?
    atau harus pakai pompa type tertentu?
    rata2 yang kesusahan nyedot pakai pompa simitsu 125… tp ada juga yang pakai washer 250…
    apa pengaruh tidak type pompanya…?
    atau ada alat khusus yang harus dipakai?
    biar saya share ketetangga2 1 komplek… kasihan smua jadinya….
    kalau boleh mas nya kabarkan saya via email atau telp atau Wa boleh mas jika penyampaian saya ini kurang jelas mungkin bisa saya kirim foto2….

    • Menurut pengalaman kami, memasang pompa untuk menyedot secara langsung dari jaringan induk PAM sangat tidak efisien jika debit air PAM itu sendiri tidak selalu stabil sepanjang waktu. Selain itu apakah dapat dipastikan jam berapa volume pada pipa jaringan tersebut kapasitasnya maksimal?

      Jika pompa bekerja dalam kondisi minim air ini justru sangat tidak efisien dan beresiko mesin pompa overheat (cepat rusak).

      Sebagai solusi paling efektif bisa anda simak pada artikel kami yang mengulas tentang cara memasang pompa pada jaringan PAM.

  92. Ms sumur saya di saat posisi kemarau jarak air Dr permukaan tanah 6,5meter saya pasang pipa hisap 3/4 sepanjang 10meter total kedalaman sumur 12 meter. Sebelumnya pipa hisap hanya 8 meter tp hasilnya lebih kencang. Apakah pengaruh panjang pipa tersebut?

    • Pipa hisap sangat mempengaruhi debit air yang dihasilkan oleh mesin, Semakin dalam terbenam kedalam air maka debit nya juga akan menurun.

  93. pak mau tanya, jarak datar pompa dengan sumber air sekitar 50meter. kedalaman air sekitar 5-8 m dari permukaan tanah. kira2 merk dan type pompa apa yg harus saya pakai. klo bisa jgn yg jetpump pak.. yg satu paralon saja.

    • Jika pompa ditempatkan pada jarak yang jauh dengan sumber air maka membutuhkan spek mesin yang lebih kuat. Berbeda apabila unit mesin ditempatkan pada jarak terdekat sumber air maka dengan pompa spek minim masih cukup mumpuni karena pada dasarnya mesin pompa akan lebih kuat mendorong air daripada menghisap.

      Silakan dipertimbangkan sisi efisiensinya meliputi kemudahan instalasi serta ketersediaan sumber listriknya lebih mudah mengaplikasikan yang mana?

  94. Maaf mas mau tany,,saya punya kedalaman sumur bor 19meter.saya pasang pipa di 16 meter.kondisi mau pakai mesin jet pam,tapi pipa tanam hanya leber 3in sehingga susah pasang tabung jet pam.saya dapat saran dr pemilik toko suruh pakai aja shimizu semi jet 300bit,say pun beli.tapi kondisi air gk naik setelah saya pasang.pipa penyedot pakai 3/4.minta saran mas untuk kondisi itu?? Sedangkan tetangga saya yang pakai sama dan kedalaman sama,tapi air bisa naik.

    • Secara teknis sudah benar, apabila ingin menambah daya hisap maka diameter pipa hisap diperkecil dari ukuran standartnya yang 1 inch, Dan sangat disyangkan pengeboran yang sudah melebihi kedalaman 11 meter sebaiknya minimal ukuran 4 inch supaya lebih mudah memilih jenis pompa yang sesuai.

      Untuk masalah pompa semijet tidak bisa menghisap kedalaman 16 meter memang ini sangat rumit mengingat daya hisap maksimum nya hanya 11 meter sedangkan jika ukuran pipa diperkecil menjadi 3/4 pun menurut pengalaman kami hanya mampu bertambah sampai kedalaman sekitar 14 meter total panjang pipa hisap terpasang.

  95. pak mau tanya kalo pipa hisap digabung dari yang 1in dengan yang 1/2 / 1 in dengan 3/4 itu bagus nya gimana ya…pas di bagian foot falve nya harus pake yang mana….????……..
    sama satu lagi
    sanyo sanya daya hisap nya 9 m tapi di pasang di sumur 8 m gak keisep….
    trus diturunin 4 m baru bisa….kenapa itu ya
    saya gunakan sanyo dengan daya hisap 9 m dan pipa sedoy 1/2 in…
    mohon pencerahan nya

    • Mohon maaf saya kurang mengerti maksud pipa digabung seperti apa itu, untuk menentukan ukuran pipa foot valve hanya ada 2 jenis yaitu ukuran 3/4 dan ukuran 1 inch menyesuaikan dengan ukuran pipa hisap yang digunakan.

      Pompa dengan daya hisap 9 meter itu ialah panjang maksimum total pipa hisap yang terpasang pada posisi vertikal. Menggunakan pipa hisap 1/2 akan menambah kedlaman hisap tetapi jika tusen klep yang digunakan ukuran 1 inch akan sulit menghisap.

  96. permisi pak numpang tanya.jarak sumur dari rumah sekitar 400m sedangkan kedalaman sumur 6m apakah bisa mesin air di tempatkan di rumah(di hisap dari rumah)?kalau bisa harus pakek merk dan jenis apa?terimakasih banyak atas pencerahannya.

  97. Mas sy punya mata air kedalanan ya 50 meter lalu ketinggian ya mencai 175 meter mesin kapasitas apa yang bisa untuk tarik

  98. Mas, mohon pencerahannya. Sy pakai jet pump baru dgn spec 40m, pipa 1 1/4 dan 1 in untuk hisapnya namun di ganti 1in semua oleh tukang pipa nya. Akhirnya air kecil dan bila keran dibuka full air jd tekor. Sedangkan kedalaman sumur hanya >20m. Mohon saran dari sampean. Terima kasih sebelumnya.

    • Penyebab tekor bisa terjadi akibat debit sumber air tidak mencukupi atau pemasangan injektor yang terlalu dangkal (tidak terbenam air)

  99. Karena Pertimbangan mata air di lereng gunung dan kedalaman 75 m tidak memungkinkan pipa hisap posisi tegak,
    1. apa memungkinkan pipa hisap posisi kemiringan -+ 20 derajat sd -+30 derajat tidak beraturan ?
    2. Kuat mana pipa hisap posisi tegak atau miring ?
    3. Dengan menggunakan mesin pompa Jet Pum ( pipa hisap 2 pipa ) bisakah diperkecil dengan 1/2 ” saja ?
    Terima Kasih

    • Untuk mengurangi resiko kinerja pompa yang kurang optimal jika memakai jetpump, maka lebih baik menggunakan jenis pompa submersible atau jenis pompa distribusi yang lebih kuat speknya. klik disini.

  100. Tanya pak apakah mesin sedot kecil gx 100 diganti dengan alkon yg besar ukuran 2″ bisa,,,ap ada efek yg buruk

  101. Mas, mau tanya. Saya pakai mesih diesel dongfeng dengan pompa NS 100. Saya mau sedot air dari kolam utk di transfer ke kolam yg ada di atas. jaraknya kurang lebih 400meter. Dan elevasi landai hampir 30meter. Saya pakai selang hose disambnung dengan menggunakan connector. Pompa saya inlet 4″ out let 3″. pertanyaan saya kenapa air tidak sampai kolam diatas. hanya di 200 meter saja. itupun membuat selang putus dari outletnya tau putus juga di sambungan. Bagaimana cara agar supply air saya di kolam atas bisa terpenuhi. Mohon bimbingan. terimakasih

  102. Gan, saya mau tanya ni
    kalau pompa saya berkapasitas 9 Meter untuk pipa hisapnya. Pipa sumur bor saya hanya 7 meter kedalamannya, namun posisi pompa 5 meter lagi dari titik hisap. apakah benar perhitungann totalnya adalah : panjang pipa 7 mtr (Vertical) kedalam + 5 Mtr (Horizontal) ?
    dan karna faktor lokasi, tidak memungkinkan untuk pemindahan pompa kedekat titik sumur bor.
    Terimakasih..
    mohon pencerahan..

  103. Om, mau nanya. Jika dua buah pompa air digabung secara seri dengan jarak pompa tsb berdekatan1 m, apakah dapat menambah daya dorong pompa air tsb semisal 1 pompa daya dorongnya 20m, jika dua pompa jadi 2*20=40m, mohon pencerahanya, terimakasih

    • Tidak akan bisa menambah daya dorong pompa sebab masing masing pompa memiliki impeler sendiri. Berbeda jika difungsikan secara estafet untuk menambah jarak jangkauan masih dapat dilakukan

  104. Mas mau nanya pompa buat Shimizu semi jet pump 100bit pipanya yang bagus ukuran berapa buat pipa hisap dan dorongnya.
    Terimakasih

  105. Pagi bosqu. Saya mau beli pompa untuk lahan tanpa listrik. Jarak sumber -+150 m dengan tinggi dari sumber (tegak lurus) 50 m. Pompa alkon terkendala di total head yang tidak mencukupi. Submersible pump, listrik tak ada. Pompa apa yang bisa kira kira bossku. Kalo submersible pump pake batre+inverter tahan gak ya? Kalopun mahal budgednya pasti tinggi ya?
    Mohon sugestnya bossku. Terimakasih dan sukses selalu.

  106. Apakah berlaku juga untuk daya dorong pada pompa celup min.

    Misalnya daya dorong 3 meter, apakah bisa dinaikan menjadi 6 mter dgn memperkecil pipa output.

  107. Admin tentang pompa lakoni 70. Saat menghisap air Jika tanpa katup, apakah bisa air tersebut kembali atau turun lagi?

  108. Mas,, minta pencerahan nya
    Jet Pump San-Ei 370 SE
    Daya isap 40 meter /pipa 1 1/4 & 1″
    Daya dorong 40 meter 1 ”
    Total 80 meter
    Kapasitas 90 l/m
    Baru di pasang di sumur gali kedalaman sekita 39 meter, air gak keluar juga,
    Atau karena ada rubah pipa instalasinya.
    Pipa isap 1 1/4 ke 1″ dan yg tekanan 1 diganti ke 3/4″. Dan Tinggi tampungan air 70-80 cm. Kira2 permasalahan nya dimana ya mas,,??

  109. Mas tanya saya memakai pompa merk nasional 125
    Jika kedalaman sumur 8 trs jrak sumber air ke pompa 20 meter n naik ke tandon 5 meter.
    Apakah mampu?
    Trimakasih sblumya

  110. Selamat siang, Mas Admin.

    Sumber air saya berasal dari kolam. Jarak kolam ke mesin pompa air (merek Sanyo dan Panasonic) lebih kurang 100 meter. Dari mesin air ke menara toren, jaraknya lebih kurang 50 meter. Tinggi menara toren 4,5 meter. Kapasitas torennya adalah 4.000 liter (2 toren berkapasitas 2.000 liter). Sebaiknya saya menggunakan pompa air jenis apa: jetpump, semi jetpump, atau pompa air dalam?

    Kemudian, air di dalam toren akan dialirkan ke area pembibitan dengan 1.152 meter persegi (24m x 48m) melalui pipa yang dipasang di atas rangka baja ringan. Supaya tekanan airnya kencang, pompa apa yang sebaiknya saya gunakan?

    Terima kasih sebelumnya.

  111. Assalamu’alaikum mas,
    Izin tanya mas.
    Saya ingin pasang pompa dari rumah ke Jarak sumur 70 meter dengan kedalaman 7 meter, elevasi landai
    Saya ada mesin pompa kyodo p255 apakah daya hisapnya cukup mas??

  112. Pagi admin, pompa saya shimizu ps135 E mau saya ganti alkon impelernya in out berubah jadi 1,5inchi. Instalasi rumah pake 3/4 in, pipa hisap ketandon rata tanah 4m.
    Apakah bisa lebih besar tekanan output dari pompa dibandingkan bawaan mesin…?
    Trima kasih admin

  113. Mas bro. Mau tanya nih. Ada gak mesin pompa air yg 1 pipa, daya hisap nya 20 meter. Lagi butuh utk d rumah nih… soalnya pakai ,yg 11 meter air nya sedikit banget..kemarin waktu bor pakai pipa agak kecil..

  114. Mas Admin, mohon ijin bertanya.

    Pompa air rumah tangga biasa apakah bisa dipasang dalam posisi vertikal.

    Terima kasih.

  115. Siang Pak
    Mau tanya nich
    Saya punya pompa jet pump 268
    Kedalaman sumur gali 15mtr, rencana mau dipasang toren dan jarak pompa ke toren yaitu horisontal 15mtr, vertical 4mtr
    Apakah pompa harus dipasang dekat dengan sumur? Pompa hisap, tekan dan dorong apa harus sesuai spek? Kalau pipa hisap dignti 1″, tekan 1″ dan dorong 3/4″ apa bisa optimal debit air yg keluar? Mohon solusinya. Trimkasih

    • Jika kondisi dasar sumur aman dari endapan lumpur jarak 1 meter juga masih bisa di toleransi pak

  116. Assalamualaikum, pak saya mau tanya,
    Saya mempunyai mesin air jet pump Shimizu 267 bit,lebar lubang bor 2 inch, kedalamannya 16 meter, di modifikasi hanya pakai pipa hisap saja bagaimana & berapa ukuran pipa hisap yang baik?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini