test

Tarif Biaya Dan Cara Pemasangan Listrik Baru Daya 900, 1300, 2200 Watt

Informasi tentang cara pemasangan listrik baru untuk kebutuhan daya 900, 1300 dan 2200 watt di tahun 2023 ini bertujuan memberikan edukasi mengenai tahap atau langkah-langkah prosedur mulai pengajuan hingga listrik menyala siap digunakan.

Instalasi listrik merupakan suatu hal yang sudah menjadi kebutuhan dan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang kompeten.

Hal ini dikarenakan pemasangan listrik yang tidak tepat dapat berbahaya dan mengakibatkan kecelakaan atau kerusakan peralatan elektronik bahkan bisa menjadi bencana.

Tahap tahap perencanaan pemasangan instalasi listrik untuk rumah tangga

Berikut ini adalah ulasan detail tentang cara pemasangan listrik baru untuk rumah tangga sebagai gambaran secara umum agar aman dan efektif sesuai dengan kebutuhan.

1. Menentukan kebutuhan daya

Anda harus menentukan kebutuhan daya listrik yang diperlukan untuk menyuplai semua perangkat listrik yang nantinya terpasang.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghitung alat listrik termasuk lampu dan peralatan elektronik lainnya yang akan digunakan. Pastikan juga bahwa instalasi listrik yang terinstal sudah sesuai dengan standar PLN.

2. Kebutuhan instalasi

Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain kabel listrik, saklar, stop kontak, kabel grounding, dan sebagainya.

Pastikan bahwa semua bahan dan alat yang digunakan adalah bahan yang berkualitas dan memenuhi standar keselamatan listrik.

Paling vital adalah tentang pemilihan kabel listrik yang digunakan harus kabel yang berkualitas dan sesuai dengan daya yang nantinya akan di alirkan pada instalasi.

Untuk kebutuhan rumah tangga, penggunaan kabel (line) utama bisa memilih ukuran 2,5mm sedangkan untuk kebutuhan lampu penerangan ruangan cukup dengan ukuran 1,5mm.

Pemilihan aksesoris mulai dari saklar dan stop kontak harus memenuhi standar kelayakan instalasi PLN dengan rekomendasi spek terendah ialah menggunakan produk merek BROCO.

3. Grounding

Pasang kabel grounding merupakan salah satu komponen penting dalam instalasi listrik. Keutamaan dari grounding ialah untuk menetralkan arus induksi yang kemungkinan bisa terjadi.

Pemilihan material grounding yang baik ialah dengan menanam logam tembaga murni dengan kedalaman yang sudah cukup untuk mencapai kelembaban tanah.

4. Pengujian instalasi

Uji coba instalasi listrik setelah semua proses pemasangan selesai dilakukan, hal ini untuk memastikan bahwa rangkaian listrik yang dilakukan sudah berfungsi dengan baik dan aman.

Lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memenuhi standar keselamatan listrik yang berlaku dan ini harus dilakukan oleh ahli yang di tunjuk oleh PLN.

Langkah-Langkah permohonan untuk pemasangan listrik baru ke PLN

Jika Anda ingin memasang listrik baru di rumah atau gedung Anda, berikut adalah informasi prosedur pendaftaran pasang listrik baru ke PLN sesuai dengan peraturan terbaru 2023:

  1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan – Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran pasang listrik baru antara lain:
  • Fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor)
  • Fotokopi dokumen kepemilikan rumah atau gedung (SHM/SHP/AJB/PBB)
  • Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) atau Surat Keterangan Lengkap (SKL) dari Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya jika membangun rumah baru
  • Surat Izin Operasional (SIO) jika gedung tersebut digunakan sebagai tempat usaha
  • Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) jika rumah atau gedung tersebut dibeli dari pihak lain
  1. Datang ke kantor PLN terdekat – Setelah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, datang ke kantor PLN terdekat untuk mendaftar pasang listrik baru. Pastikan untuk membawa semua dokumen yang diperlukan.
  2. Melengkapi formulir pendaftaran – Setelah tiba di kantor PLN, Anda akan diberikan formulir pendaftaran pasang listrik baru. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar sesuai dengan data yang tertera pada dokumen yang dibutuhkan.
  3. Membayar biaya administrasi – Setelah melengkapi formulir pendaftaran, Anda harus membayar biaya administrasi sesuai dengan tarif yang ditentukan oleh PLN.
  4. Tunggu proses pemasangan listrik – Setelah membayar biaya administrasi, PLN akan memproses pendaftaran Anda dan melakukan survey lokasi untuk menentukan jenis dan kapasitas trafo yang akan dipasang. Setelah proses survey selesai, PLN akan melakukan pemasangan listrik dan menghubungi Anda untuk melakukan pengujian instalasi listrik.
  5. Pengujian instalasi listrik – Setelah pemasangan selesai dilakukan, PLN akan melakukan pengujian instalasi listrik untuk memastikan bahwa instalasi listrik yang dilakukan sudah aman dan memenuhi standar keselamatan listrik yang berlaku.

Pastikan untuk selalu mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh PLN untuk menghindari kesalahan dan memastikan proses pemasangan listrik berjalan dengan baik dan aman.

Tarif biaya atau ongkos pasang listrik baru

Biaya pemasangan listrik baru di PLN tergantung pada beberapa faktor, antara lain kapasitas daya listrik yang dibutuhkan dan jenis bangunan tempat pemasangan.

Berikut adalah perkiraan biaya pemasangan listrik baru di PLN:

1. Biaya instalasi

Tarif ini termasuk biaya pemasangan meteran listrik dan biaya pasang kabel dari gardu induk ke rumah atau gedung Anda.

Biaya instalasi listrik bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis bangunan, serta daya listrik yang dibutuhkan. Biaya ini dapat berkisar antara beberapa juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

2. Biaya beban listrik

Disebut juga dengan biaya berlangganan listrik harus dibayar setiap bulan. Besaran biaya ini ditentukan berdasarkan daya listrik yang Anda gunakan.

Tarif listrik PLN biasanya berkisar antara Rp1.467 hingga Rp2.800 per kilowatt hour (kWh).

3. Tarif pasang baru

Biaya jasa tenaga listrik PLN juga membebankan biaya jasa tenaga listrik sebagai komponen biaya yang harus dibayar setiap bulan.

Besarannya bervariasi tergantung pada jenis tarif yang dipilih dan daya listrik yang digunakan.

Listrik Paska bayar 2023

Daya (VA) Watt Biaya (Rp)
450 282.900
900 967.800
1.300 1.485.900
2.200 2.482.200
3.500 4.046.000
4.400 5.096.400
5.500 6.368.000
6.600 7.527.000
7.700 8.780.300

 

Listrik Pra bayar (Prepaid) 2023

Daya (VA) Watt Biaya (Rp)
450 270.500
900 932.000
1.300 1.333.000
2.200 2.192.000
3.500 3.516.500
4.400 4.415.000
5.500 5.524.000
6.600 6.623.000
7.700 7.722.000

Dalam proses pendaftaran pasang listrik baru, PLN akan memberikan perkiraan biaya yang harus dibayarkan oleh pelanggan.

Sebelum memutuskan untuk memasang listrik baru, pastikan untuk mempertimbangkan besaran biaya yang harus dikeluarkan dan apakah Anda mampu membiayai seluruhnya.

Waktu tunggu proses pengajuan listrik baru

Lamanya proses pengajuan pasang listrik baru di PLN membutuhkan waktu yang bervariasi tergantung pada lokasi dan kompleksitas instalasi listrik yang dibutuhkan.

Berikut adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk proses pengajuan pasang listrik baru di PLN:

  1. Survey Lokasi – Setelah Anda mengajukan permohonan pemasangan listrik baru, PLN akan melakukan survey lokasi untuk menentukan jenis dan kapasitas trafo yang dibutuhkan. Proses survey ini biasanya memakan waktu antara 2 hingga 7 hari kerja.
  2. Penyusunan Rencana Teknis – Setelah survey lokasi selesai dilakukan, PLN akan menyusun rencana teknis pemasangan listrik. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 14 hari kerja.
  3. Pemasangan Listrik – Setelah rencana teknis disetujui, PLN akan melakukan pemasangan listrik pada lokasi yang telah disurvey. Proses pemasangan listrik ini memakan waktu sekitar 7 hingga 14 hari kerja.
  4. Pengujian Instalasi Listrik – Setelah pemasangan listrik selesai dilakukan, PLN akan melakukan pengujian instalasi listrik untuk memastikan bahwa instalasi listrik yang dilakukan sudah aman dan memenuhi standar keselamatan listrik yang berlaku. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 1 hingga 2 hari kerja.

Jadi, secara keseluruhan, proses pengajuan pasang listrik baru di PLN membutuhkan waktu sekitar 17 hingga 37 hari kerja.

Cara daftar pasang listrik baru melalui website

Untuk calon pelanggan yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendatangi kantor PLN terdekat dapat memilih untuk mendaftar melalui online, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman layanan.pln.co.id
  • Klik menu “Pasang Baru”, lalu muncul laman “Syarat dan Ketentuan Pasang Baru”
  • Scroll ke bawah, klik “Setuju”, jika sudah membaca dan paham semua syarat dan ketentuan
  • Isi formulir “Data Pelanggan” dengan data yang benar dan sesuai kartu identitas
  • Isi formulir “Data Pemohon”
  • Klik menu “Hitung Biaya”

Nanti akan ditampilkan besanya nominal yang harus dibayar untuk membuat sambungan baru. Pembayaran bisa dilakukan langsung di kantor PLN atau melalui transfer ATM.

Cara daftar pasang listrik baru melalui aplikasi PLN Mobile

Saat ini juga sudah diluncurkan layanan aplikasi PLN mobile bagi pengguna smartphone untuk memudahkan akses ke seluruh fitur pelayanan PLN dengan lebih cepat.

  • Instal aplikasi PLN Mobile, pilih menu “Pasang Baru”
  • Pilih “Lokasi pemasangan”
  • Isi “Detail Layanan”
  • Isi “Data SLO” lalu pilih token (khusus prabayar) dan isi data pelanggan
  • Kirim permohonan dan lakukan pembayaran melalui ATM

Setelah selesai, petugas dari PLN akan melakukan pemasangan ke rumah dengan melakukan verifikasi atau konfirmasi kebenaran data terlebih dahulu.

Listrik biasanya akan dipasang rata-rata antara 3 hari sampai 7 hari sejak pembayaran dilakukan, tergantung dari ramai tidaknya antrian jumlah pelanggan baru di wilayah tersebut.

Admin
Aktifitas offline sebagai tukang instalasi pipa air dan instalasi listrik. Menulis blog untuk berbagi pengalaman dan menambah persahabatan.   Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar disini. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung di POMPAIR.com
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini