Membersihkan Kaca Kamar Mandi Pudar, Buram, Kusam dan Berjamur

Kaca kamar mandi semakin pudar, buram dan berjamur memang membuat tidak nyaman dan mengganggu pandangan, lalu bagaimana cara untuk membersihkan dan mengatasi masalah ini?

Bisa dipastikan bahwa setiap hari kaca showerbox maupun tirai kamar mandi anda akan terkena air, buih sabun, shampo maupun deterjen yang sebenarnya sangat rawan menyebabkan kotor.

Kaca yang semula bening jernih maka bisa saja lambat laun buram karena kotoran yang melekat dan menumpuk apabila anda lalai untuk melakukan pembersihan secara rutin.

Advertisement

Cara membersihkan kaca shower box kamar mandi

Membersihakan kaca kamar mandi berjamur kusam pudar buramYang paling penting untuk diperhatikan ialah ketika anda selesai menggunakan kamar mandi jangan lupa untuk membuka pintu agar sirkulasi udara bebas membantu mempercepat proses pengeringan.

Apabila kamar mandi segera kering maka akan menghambat tumbuhnya jamur yang biasanya cepat hinggap pada area yang lembap.

Jika kondisinya sudah terlanjur berjamur maka lakukan 3 cara berikut ini untuk membersihkannya:

  • Memakai cairan pembersih kaca untuk menghilangkan bercak air atau lapisan sabun yang terlanjur mengering pada kaca shower box.
  • Anda bisa membuat sendiri pembersih dengan menggunakan campuran cuka dan air dengan takaran sebanding. Kemudian semprotkan larutan cuka ini pada noda, diamkan selama lima menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Untuk kerak yang sudah membandel, bisa langsung oleskan cuka pada area bercak.
  • Gunakan karbol dan produk pembersih kaca yang mengandung hydrogen peroksida untuk mengatasi jamur yang membandel pada permukaan kaca.

Sebenarnya akibat air sabun dan kotoran lainnya juga dapat memicu timbulnya kusam pada aksesoris kamar mandi seperti kran maupun gagang shower.

Cara penangananya juga sama, serta pastikan kelembapan kamar mandi selalu terjaga minimal ada saatnya benar benar kering setiap hari supaya jamur penyebab kusam tidak cepat tumbuh.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara mengatasi pipa pembuangan wastafel tersumbat serta artikel menarik lainnya tentang cara menghilangkan jamur dan lumut pada dinding tembok.

Cara membersihkan tirai kamar mandi yang berjamur

Bukan hanya kaca, apabila kamar mandi anda menggunakan skat tirai maka resiko berjamur juga kerapkali timbul akibat seringnya terkena air dan busa.

Berikut ini ialah cara untuk membersihkan tirai kamar mandi yang kusam dan berjamur dengan 5 langkah.

  • Siapkan bak berisi air deterjen kemudian benamkan tirai kain atau plastik ke dalamnya.
  • Rendam semalaman supaya kotoran dapat terangkat jika masih terdapat yang membandel bisa dengan menyikatnya.
  • Jika menggunakan mesin cuci maka harus dimasukkan bersamaan dengan satu atau dua kain handuk supaya serat-serat handuk yang kasar membantu menggosok kotoran pada tirai.
  • Larutan cuka juga dapat membantu menghilangkan penyebab timbulnya aroma tidak sedap pada tirai yang berjamur dan tuangkan sedikit saja saat di mesin cuci.

Beberapa jenis tirai kamar mandi ada yang tidak bisa dicuci dengan mesin sehingga cara paling efektif ialah dengan menggunakan water jet (semprotan air) tekanan sedang saja untuk melepaskan kerak dan jamur yang membandel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.