Atasi Saluran Pembuangan Air Wastafel & Kitchen Sink Tersumbat (Mampet)

Bagaimana cara mengatasi saluran pembuangan air yang tersumbat atau mampet pada wastafel & kitchen sink sebenarnya tidak perlu tergesa untuk membongkarnya karena masih ada solusi yang lebih mudah yang bisa anda coba.

Kitchen sink dan wastafel sangat berpotensi capat tersumbat apabila setiap hari aktif digunakan karena banyak sekali kotoran yang mengandung lemak melalui pipa salurannya.

Selain itu khususnya wastafel adalah yang paling rawan mampet karena sudah umum jika ada kotoran seperti rambut sisa bercukur yang mudah sekali menempel kemudian lama kelamaan mengendap.

Advertisement

Cara mengatasi saluran air kitchen sink dan wastafel tersumbat tanpa membongkar

Apabila sudah terlanjur terjadi masalah ini jangan heran jika buangan air menjadi tidak lancar kemudian pasti akan timbul bau tidak sedap.

Berikut ini adalah tips membersihkan saluran pembuangan pada kitchen sink dan wastafel tanpa harus membongkarnya.

Menggunakan larutan  pembersih saluran air berbahan kimia

Membersihkan saluran air wastafel kitchen sink tersumbat mampetSaat ini sudah banyak dijual produk yang dapat mengatasi saluran air mampet hanya dengan menuangkan bahan kimia cair yang cara kerjanya akan mengurai material atau kotoran membandel pada pipa saluran.

Pada saat dituangkan di lubang pembuangan, maka larutan kimia ini akan mengikis timbunan kotoran dan lemak yang sudah menempel.

Selain itu beberapa jenis produk ada yang sudah komplit mampu membunuh kuman yang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Apabila sekali pakai belum juga teratasi, sebaiknya di ulangi beberapa kali sampai air dipastikan bisa lancar mengalir dan tidak perlu dengan memakai kop.

Untuk memastikan apakah pembersih larutan kimia ini cukup aman digunakan pada material pipa PVC, stainless, besi maupun plastic, maka sebaiknya anda baca dengan teliti anjuran pemakaian yang tertera pada kemasan setiap produk.

Simak juga ulasan menarik lainnya mengenai cara membersihkan karat pada logam serta artikel lainnya tentang cara membersihkan kerak membandel di kamar mandi.

Membersihkan kotoran penyebab saluran mampet dengan bahan alami

Dengan mengesampingkan metode pertama di atas demi keselamatan dan mengurangi pencemaran lingkungan maka masish ada pilihan lain bagaimana cara membersihkan kotoran yang menyumbat saluran pipa buangan wastafel dan kitchen sink.

  • Menggunakan serbuk soda kue dan tuangkan secangkir saja kedalam lubang saluran pembuangan.
  • Siapkan air mendidih sekitar 2 cangkir untuk dituangkan juga pada saluran setelah soda kue kemudian diamkan sampai 5 menit.
  • Tuangkan lagi serbuk soda kue dan tuangkan juga secangkir cuka.
  • Apabila lubang pembuangan di tutup maka akan terdengar suara seperti mendidih pertanda reaksi daari campuran bahan bahan tadi.
  • Tunggu sampai ada tanda buih menghilang yang artinya reaksi sudah selesai tinggal di siram dengan air mendidih lagi selanjutnya buka kran penuh untuk membilas saluran sampai bersih.

Jika dibandingkan dengan metode pertama menggunakan bahan kimia, cara kedua ini memang agak lambat reaksinya tetapi jauh lebih aman untuk material pipa maupun karet seal pada buangan wastafel maupun kitchen sink.

Menghilangkan bau tak sedap saluran pembuangan air

Mengatasi saluran air wastafel dan kitchen sink tersumbat mampetSudah dapat dipastikan jika saluran mampet maka akan menjadi tempat berkembangnya kuman dan bekteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Apabila sudah mulai tercium aroma kurang sedap maka jangan pernah menunda untuk segera mengatasinya dengan memilih salah satu dari kedua metode di atas.

Apabila dibiarkan kelamaan justru akan sangat beresiko fatal pada saluran jika sudah mulai timbul korosi khususnya yang mengguanakan material pipa besi, maupun lapisan chrome.

Hanya perlu disiplin membersihkan saringan wastafel maupun kitchen sink secara rutin sebagai salah satu cara paling efektif untuk mencegah timbulnya masalah saluran tersumbat maupun bau tidak sedap.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.