Menghilangkan Jamur dan Lumut Dinding Tembok Serta Cara Mencega Timbul Kembali

Cara menghilangkan serta mencegah timbulnya jamur dan lumut pada dinding tembok sebenarnya cukup mudah apabila anda juga mengetahui bagaimana penyebab ia bisa tumbuh.

Selain menjadikan pemandangan kurang nyaman kadang juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada ruangan.

Menurut penelitian, bahwa tumbuhnya jamur dan lumut pada dinding tembok juga dapat merusak struktur untuk jangka panjangnya. Jelas ini sudah sangat berbahaya mengingat rumah adalah tempat keluarga anda bernaung setiap harinya.

Advertisement

Tips menghilangkan serta mencegah timbulnya jamur dan lumut pada tembok rumah

Membersihkanjamur dan lumut pada dinding tembokMetode disini akan dibagi menjadi 2 tahap jadi simak langkah langkahnya dengan seksama sebagai berikut:

#1 Menghilangkan dahulu jamur dan lumut yang sudah tumbuh

Karena akan melakukan pekerjaan dengan bahan kimia meskipun masih tergolong bahan aman, minimal anda tetap harus melindungi diri dengan masker paling utama dan sarung tangan karet.

Jika jamur ada didalam ruangan maka buka pintu dan semua jendela sampai sirkulasi udara dan cahaya bisa masuk bebas.

  • Bikin campuran larutan dari bahan karbol dan air menggunakan perhitungan takaran 1 bagian karbol dan 3 bagian air. apabila karbol tidak tersedia maka dapat menggunakan deterjen yang mengandung bahan pemutih kain.
  • Pakai alat sprayer untuk menyemprot area yang di tumbuhi jamur dan lumut.
  • Selanjutnya gosok permukaan dinding yang berjamur dengan memakai sikat kasar sampai jamur tampak rontok atau larut dan dinding tampak kembali bersih.
  • Setelah dibilas pastikan dinding sudah 100% kering dan biarkan sirkulasi udara dan cahaya tetap masuk seharian itu.

Untuk saat ini dipasaran sudah banyak tersedia produk siap pakai yang dapat digunakan lansung menyemprot jamur dan lumut namun sebaiknya anda juga mempertimbangkan apakah aman digunakan dalam ruangan rumah anda.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara mengatasi saluran wastafel dan kitchen sink tersumbat serta ulasan menarik lainnya tentang filter air paling efektif dengan teknologi nano.

#2 Tindakan untuk mencegah jamur dan lumut tumbuh kembali

Apabila dinding tembok sudah bebas dari jamur dan di cat kembali, maka yang tidak kalah penting ialah menjaga agar jamur tidak mudah tumbuh lagi.

Berikut ini adalah kita kiat yang dapat anda lakukan sebagai antisipasi dan pencegahannya.

  • Gunakan cat tembok anti air dan anti jamur sehingga mudah untuk dibersihkan apabila kotor atau terpercik cairan.
  • Gunakan produk khusus yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan lumut dan semprotan antimikroba untuk mencegah spora jamur menempel di dinding.
  • Upayakan agar kelembapan udara didalam ruangan terjaga kondisi normal dengan menggunakan alat atau mesin dehumidifier untuk perlindungan jangka panjang.
  • Pastikan atap rumah aman dari kebocoran atau bahkan hanya tetesan air yang dapat memicu kelembapan.
  • Dapurdan kamar mandi harus terjaga kebersihan, sirkulasi udara yang lancar serta cahaya alami bisa masuk kedalam.
  • Pastikan seluruh saluran instalasi pipa air aman dari bocor khususnya yang sudah tertanam didalam dinding tembok.

Memahami bagaimana jamur dan lumut bisa tumbuh di dinding tembok

Pertumbuhan jamur dengan cara penyebaran spora melalui udara dan pada umumnya cepat sekali tumbuh pada lingkungan yang lembap dan kurang memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Dengan demikian untuk kamar mandi dan dapur wajib terdapat ventilasi. Apabila ruangan tertutup rapat tidak bisa terhubung dengan udara luar maka minimal harus terpasang mesin AC pada ruangan tersebut untuk mengurangi kelembapan.

Demikian pula dengan tumbuhan lumut yang mana tidak semuanya akan tampak hijau segar seperti yang hidup di alam bebas diluar rumah.

Pada dinding tembok biasanya lumut akan tumbuh kehitaman atau abu abu yang dapat dengan jelas di amati setelah dinding di usap memakai kain yang dibasahi dengan karbol hingga warna kehitaman tersebut memudar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.