test

Bagaimana Memilih Jenis Pompa Air Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Menentukan cara memilih mesin pompa air yang bagus dan tepat untuk rumah tangga dan lainnya sesuai dengan kebutuhan akan membantu rencana pekerjaan Anda berjalan lancar dan pasti lebih efisien.

Siapa saja tentu ingin pekerjaannya berhasil sempurna seperti yang telah diperhitungkan baik secara teori maupun aplikasinya.

Fakta dilapangan masih saja ada kesalahan yang umum dan sering terjadi ketika harus memilih unit mesin pompa air sehingga dapat menyebabkan kehilangan efisiensi dari segi biaya serta teknisnya.

Bahkan lebih fatal lagi ketika kesalahan pemilihan ini terus dipaksakan untuk di instal, bahkan dengan sedikit rekayasa, sehingga dapat mengakibatkan kerugian besar sepanjang waktu pemakaiannya.

Dari pengalaman kami saat menangani masalah dan keluhan konsumen yang menggunakan pompa air untuk menyuplai kebutuhan air bersih mulai dari:

  • Instalasi rumah tangga
  • Perkantoran
  • Fasilitas sarana umum
  • Bagunan gedung bertingkat seperti hotel dan apartemen,

Beberapa dari mereka (mayoritas rumah tangga) pernah mengalami kesalahan pada saat menentukan jenis mesin pompa air apa yang tepat untuk bangunannya. Sehingga berakibat pada pembengkakan biaya dan hasil kerja yang kurang optimal pada akhirnya.

Kenapa pada instalasi rumah tangga paling banyak mengalami kesalahan? ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang tepat yang sepatutnya meraka peroleh dari ahli yang sudah kompeten di bidang ini.

Untuk proyek kelas gedung bertingkat dan proyek pemerintahan biasanya sudah menggunakan perencanaan yang lebih baik karena dikerjakan oleh team yang profesional dan ketatnya regulasi yang diterapkan.

Tips memilih unit mesin pompa air yang benar dan tepat untuk rumah tangga

Untuk kebutuhan air bersih rumah tangga, menentukan hal ini secara sederhana bisa dimulai dari 3 faktor saja, berikut adalah penjelasannya lebih detail:

1. Mengetahui spesifikasi sumber air

Sebelum menentukan jenis, type ataupun model pompa air yang akan digunakan pada proyek Anda, sebaiknya terlebih dahulu memiliki data yang akurat mengenai sumber air yang tersedia di lokasi.

Untuk jenis sumber air dari sumur besar ataupun sumur bor, Anda perlu untuk mengetahui kedalaman total lubang sumur mulai bibir atas hingga dasar sumur. Selanjutnya hitung berapa kedalaman level air yang tersedia dari dasar sumur sampai permukaan air.

Kemudian satu hal yang masih berhubungan dengan sumur adalah, memastikan dimana posisi mesin pompa air nantinya akan diletakkan, serta mengetahui berapa jarak tempuh pipa menuju tandon (profil tank) atau area yang akan di suplai air.

CONTOH SIMULASI DATA YANG DIPERLUKAN:

  • Kedalaman sumur : 50 meter
  • Level kedalaman air: 10 meter
  • Jarak pompa menuju tandon: 30 meter

2. Daya listrik yang tersedia di lokasi

Poin ini juga bagian yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan atau memilih jenis pompa air apa yang tepat karena masih memiliki korelasi terhadap spesifikasi sumber air yang tersedia.

Jika data sumur didapatkan seperti contoh di atas adalah kedalaman 50 meter, level air 10 meter, jarak tempuh 30 meter, maka secara teknis tidak tepat jika anda memilih pompa air dengan daya listrik kecil yang umumnya hanya cocok untuk sumber air dangkal ataupun suplai jarak dekat.

Dengan demikian memastikan ketersediaan daya listrik yang pas sesuai dengan spek mesin pompa akan mendukung proses perencanaan kerja anda semakin akurat dan tentu lebih efisien.

Jangan pernah Anda memaksakan untuk menghemat biaya jika akhirnya justru Anda akan menyadari kesalahan besar setelah semuanya terpasang dan tidak dapat memberikan hasil yang memuaskan.

3. Menentukan spek mesin pompa

Langkah terakhir dalam tahap perencanaan proyek ini ialah memilih jenis, model, merek, hingga harga pompa air yang akan di sesuaikan dengan kebutuhan serta budget dana anggaran yang disediakan.

Pada umumnya setiap unit mesin pompa baru yang di jual oleh distributor resmi maupun toko, akan dilengkapi dengan data spesifikasi yang harus dipahami oleh pembelinya.

Berikut ini adalah pengertian istilah atau cara membaca kode kode yang terdapat pada spesifikasi unit mesin pompa air yang umum ada dipasaran.

Data Spesifikasi Keterangan
MODEL
 XYZ-300 Type berdasarkan nomor atau seri dari pabrik
V/Hz/PH
220v/50Hz/1
Tegangan dan frekuensi mesin pompa saat di nyalakan
Output
300 watt
Daya yang di keluarkan mesin pompa
RPM
2850 rpm
Putaran mesin pompa per menit
Pipe Size 
1 x 1 inch
Ukuran pipa hisap dan pipa output satuan inch
Suction Lift
12 m
Kekuatan hisap maksimum 12 meter
Discharge Head
25 m
Kekuatan dorong ke atas 25 meter
TOTAL HEAD 
37 m
Jarak total maksimum yang mampu di tempuh pipa
MAX. Capacity 
50 L/m
Debit air maksimum dalam liter per menit
Water Temp 
40
Suhu air maksimum yang di ijinkan 40 derajat

Semua data mulai dari sumber air, daya listrik dan spesifikasi pompa merupakan sebuah perhitungan teknis yang saling berkaitan dan saling mendukung bahkan tidak bisa di tawar agar bisa memperoleh kinerja yang maksimal.

Apabila sudah memiliki data yang akurat seperti contoh di atas sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan pemilihan jenis mesin pompa apa yang paling efisien untuk di aplikasikan pada lokasi proyek Anda nantinya.

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

19 KOMENTAR

  1. Salam kenal om Adi, mohon rekomendasinya untuk merk submersible dg kwalitas menengah keatas untuk sumur bor dg diameter 4 inch kedalaman 65 meter, budget yg dimiliki 5 jt. Sekedar info dikota saya tersedia merk firman, airlux dan york. Diantara merk tsb yg manakah memiliki kwalitas terbaik. Atau om adi punya rekomendasi merk lain dg kwalitas yg lebih baik dg harga yg tidak jauh berbeda. Atas penjelasannya terimakasih

    • Untuk ketiga merek yang anda sebutkan tadi kami memang belum pernah menggunakannya pada proyek proyek kami. Namun ada beberapa informasi yang pernah kami dapati bahwa Airlux dan York masih berada pada peringkat di atas Firman. Selama ini kami lebih mempercayakan produk Grundfos dan Franklin untuk mengerjakan proyek air. Memang untuk budget terpaut sangat jauh namun kualitas sudah tidak membuat kami ragu ragu lagi dengan pengalaman di bidang ini sejak 16 tahun silam.

  2. Mas, kalau pompa hidran mesin diesel 500gpm head 124 m sedangkan kebutuhan head 115 mau… apakah dalam jangka waktu yang lama masih sanggup memenuhi kebutuhan head nya?

    • Untuk jenis pompa hidrant dengan tenaga disel kami pernah mengerjakan proyek tersebut dan kekuatan atau head maksimumnya masih dapat bekerja secara optimal dalam rentang waktu yang lama.

  3. selamat pagi om Adi, saya punya sumur gali dengan kedalaman 12 meter. saya menggunakan pompa air shimizu semi jet pump 100 bit berharap saya bisa meletakkan pompa di lantai, namun pada kenyataannya ketika saya instalasi di lantai, pompa tidak mampu menghisap, setelah saya coba turunkan pompa kedalam sumur krg lebih 4 meter baru pompa mampu menghisap. persoalannya berat dr pompa air lumayan 8 kg. kedalaman permukaan air 2 meter. adakah rekomendasi pompa air yg lbh tepat om? terima kasih

    • Dengan kedalaman lebih dari 11 meter memang sudah harus memilih jenis pompa air type JETPUMP. Di manipulasi dengan cara pemasangannya di turunkan memang bisa menjadi solusi.

      Kalau tidak ada rencana menggantiya dengan type jetpump maka tidak ada rekomendasi lain kecuali memperkuat tali ikatan sebagai penopang berat unit pompa.

  4. terimakasih infonya om, tp bgmn dengan instalasi pipanya ketika saya hendak mengganti dengan pompa jetpump, apakah sama dengan instalasi pipa untuk sumur bor?

    • Pada rangkaian pipa hisap terdiri dari 2 jalur. pipa hisap dan pipa tekan dan menggunakan injektor. Ukuran standart nya 1,25 inch untuk pipa hisapnya dan diameter 1 inch untuk pipa tekan.

  5. Hallo mas salam kenal ya,sy mau tny nih pompa air di rmh seringkali berbunyi sendiri seperti saat kita menggunakan air padahal kran air tertutup semua,sy sdh cek tidak ada pipa yg bocor,pernah juga otomatisnya sy ganti br tpi tetap saja,sumber air sy PDAM mas tandon dg kedalaman 1,5m sy menggunakan pompa dg ukuran 3/4 apakah ukuran pompa bisa pengaruh dlm hal ini,terimakasih

    • Jika sudah dipastikan pada jalur instalasi tidak ada kebocoran, maka kondisi foot valve (tusen klep) yang tidak mampu menutup dengan sempurna 100% juga dapat memicu otomatis pompa sering on off.

  6. mat siang om’mau txa ni sy pxa sumur bor kedalaman 40m.di kedalaman 30m sdh dpt pasir.sekarng d sedot tp airxa keluar sedikit.apa perlu d bor lg.soaxa d dasar 40m.tanah liat.debit air sekaran 8m.km pake pompa submelsiber merk inoto.0,75hp.mksh

    • Jika masalahnya kekurangan sumber air, maka salah satu upayanya adalah dengan tetap memperdalam sumur hingga menembus lapisan tanah keras kedua.

    • Kami memang berencana ingin juga mengulas materi plumbing. Namun karena beberapa bulan terakhir ini project sangat padat, jadi rencana tersebut belum sempat terealisasi 😀

  7. Swlamat malam om saya saya punya jet pump dengan sumur 3 meter jarak sumur ke toren 300 meter,mengguna kan jet pump yang 375 wat.tapi jet pum nya suka mati ,saya cabut listriknya trus nyalakan lagi.apakah itu kekurangan daya listrik atau gimana,saya pake listrik daya 900.mohon solusinya mas andi.

    • Mesin pompa sering mati? yang dimaksud apakah MCB trip atau mesin mengalami overheat kemudian mati sampai mesin dingin baru bisa dihidupkan kembali. Jika kekurangan daya biasanya mengakibatkan MCB trip.

      Namun apabila masalahnya overheat, artinya mesin pompa kekurangan sirkulasi udara alami untuk melakukan pendinginan saat bekerja dalam durasi yang panjang bisa disebabkan oleh penempatan yang salah atau di dalam rumah pompa yang terlalu sempit.

  8. Halo mas, saya menampung air pdam di tandon tanam bawah, dari sini baru dipompa ke tandon atas. Jarak tandon bawah ke pompa 6 meter dengan jarak ke permukaan 1 meter dan kedalaman tandon 1.5 meter. Jarak dari pompa ke tandon atas 15 meter. Mohon advis jenis dan merk pompa yang tepat. Terima kasih

  9. Selamat siang admin,
    saya berencana instalasi pompa air, jarak pompa air ke sumber air sekitar 100 m, posisi sumber air dengan pompa mendatar. dari pompa akan diteruskan ke tandon dg ketinggian 5m. mohon rekomendasi pompa air yang tepat sesuai kebutuhan.
    Terima Kasih

    • Paling aman menggunakan jenis pompa distribusi sudah pernah kami ulas dalam artikel lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini