Mendeteksi Serta Dampak Kerusakan Bearing (Laher) Pada Mesin Pompa Air

Kerusakan laher bearing dinamo pompa airBagaimana cara mendeteksi kerusakan komponen bearing atau laher pada mesin pompa air serta apa saja dampak yang dapat ditimbulkan oleh masalah ini?

Seiring dengan usia pemakaian maka akan terjadi keausan pada beberapa komponen mesin pompa air, terutama komponen yang terus menerus bergerak, salah satunya bearing atau bantalan atau orang bilang klaher.

Komponen ini terdapat pada bagian motor listrik yang menopang sumbunya dan terdapat 2 buah bearing yang berfungsi untuk menahan dan memudahkan rotor poros berputar lebih ringan.

Advertisement

Tanda kerusakan laher (bearing) pada motor mesin pompa air

Gejala kerusakan pada bearing adalah terdengar bunyi kasar pada saat diputar, terutama pada kecepatan tinggi getarannya akan lebih terasa, apabila hal ini dibiarkan terus menerus, maka akan mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal seperti bearing macet, bagian dalam pecah dll.

Pada mesin pompa air, gejala kerusakan bearing dapat terdeteksi dari suara atau getaran yang kasar, yang timbul dari bagian motor listrik, gejala yang lain dapat terdeteksi dari adanya peningkatan suhu atau temperature pada bagian body motor, dikarenakan motor listrik bekerja lebih keras karena ada sedikit kemacetan pada bearing, sehingga meningkatkan konsumsi listrik menjadi sedikit boros.

Lebih parah lagi jika sudah terlambat maka dapat meyebabkan dinamo tidak berputar alias macet meskipun mesin pompa air terdengan mendengung.

Cara yang paling sederhana untuk mengetahui kerusakan bearing adalah, dengan menggunakan stick yang terbuat dari besi, lalu tempelkan ujung stick tersebut pada bagian atau titik yang hendak dicheck getarannya, lalu tempelkan ujung stick yang satunya ketelinga, maka akan terasa getaran dari bearing yang rusak tersebut, apabila bearing kondisinya masih bagus, getarannya akan halus dan apabila bearing itu sudah rusak maka getarannya akan kasar.

Segera mengganti bearing baru sebelum kondisi lebih parah dan mengakibatkan as atau dudukan bearing menjadi cacat tentunya akan lebih mahal biaya perbaikannya.

Harga laher pompa air dijual dipasaran berkisar antara Rp 20rb sampai Rp 25rb untuk satuannya dan memerlukan 2 buah bearing untuk menggantinya. Simak juga ulasan terkait tentang memerikasa masalah mesin poma air berbunyi berisik serta ulasan menarik lainnya mengenai cara memeriksa kapasitor pompa air.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.