3 Macam Obat Atau Alat Penjernih Air Pada Sumur Bor

Sumber air tentunya selalu dibutuhkan oleh semua orang didunia. Semua orang bisa mencukupi semua kebutuhan seperti mandi, makan, kakus dengan air.

Namun pada kenyataannya, membuat sumur bor bukanlah hal yang mudah karena anda harus tahu dimana anda akan mendapatkan air yang bagus dan berkualitas.

Anda pasti bingung bagaiman caranya untuk menjernihkan air sumur dengan obat atau alat penjernih sumur bor bukan? Namun tidak perlu khawatir, karena kebingungan anda sepertinya akan segera berkahir.

Kini kami akan memberitahukan kepada anda bagiamana caranya menjernihkan air pada sumur bor dengan menggunakan suatu obat atau alat. Bagaimanakah itu? Ketahui jawabannya dibawah ini:

  • Batu gamping

Batu gamping berfungsi untuk menetralkan pH atau tingkat keasaman air yang berada di angka 6,5 – 8,5. Takarannya sebanyak 3 sendok untuk 100 lt air.

Cara pemakiannya sangat mudah. Pertama ketahui terlebih dahulu takarannya. Setelah itu, campurkan gamping ke dalam ember yang berisi air tersebut. Aduk hingga rata, setelah itu masukkan ke dalam penampungan air secara merata. Jika bisa di aduk juga, tunggi selama 6 jam.

  • Kaporit

kaporit berfungsi membunuh bakteri, kuman dan virus. Bahan ini ternyata bisa digunakan oleh PDAM untuk menjernihkan air layak minum.

Takaran pemakaian hanya sendok makan untuk 1000 lt. Jangan sampai lebih, karena jika dalam kadar yang berlebih bisa berakibat kanker. Prosesnya sama dengan penggunakan batu gamping.

  • Tawas

Bahan ini berfungsi untuk mengikat partikel dalam air agar mengendap di dasar tempat penampungan. Biasanya dijual dalam bentuk bongkahan dan serbuk, Lebih baik memilih yang serbuk agar lebih mudah.

Manakah yang lebih baik? Gabungkan antara batu gamping, kaporit dan tawas agar hasilnya akan lebih baik dari hanya 1 obat di atas saja.

Baca juga info tentang cara membuat filter air sederhana dan ulasan mengenai syarat standart air bersih yang layak untuk minum

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini