test

Pemasangan Instalasi Pipa Air Bersih Rumah Yang Baik dan Benar

Memasang instalasi saluran pipa air bersih untuk rumah adalah bagian yang tidak dapat ditinggalkan karena merupakan pelengkap atau infra struktur wajib sebagai sebuah rumah yang layak huni.

Perencanaan instalasi air bersih hendaknya di buat dengan benar sesuai kaidah teknis agar proses distribusi air untuk keperluan rumah nantinya dapat berjalan lancar dan efisien.

Beberapa faktor penting dalam pemasangan pipa air bersih

Sumber Air. Pada bagian ini adalah memahami dari mana air bersih untuk keperluan rumah anda nantinya akan di suplai. Pada umumnya ketersediaan sumber air yang layak untuk kebutuhan rumah adalah jaringan pipa PAM dan air tanah.

Setelah anda menentukan jenis sumber air yang sesuai, maka pemasangan pipa air dapat anda rencanakan lebih matang sebagai contoh adalah: jika menggunkan sumber air PAM, tentunya anda akan diberikan jalur distribusi dari pipa yang sudah di sediakan oleh pengelola PAM dan anda di larang untuk memodifikasi ukuran pipa ataupun merubah nya sendiri.

Penggunaan air tanah dalam pengertian membuat sumur sendiri dan memasang pompa air, akan memudahkan anda memanajemen keperluan air anda selama sumber air tersebut selalu tersedia dan tidak mengalami kekeringan.

Model Instalasi. Ada dua jenis model instalasi pipa air bersih yang bisa anda aplikasikan dengan menyesuaikan kondisi lapangan serta ketersediaan dana anggaran.

  • System Tertutup. Instalasi pipa model ini disebut juga dengan istilah sambungan melingkar artinya seluruh ujung pipa tersambung tanpa memutus. Kelebihannnya adalah menjadikan tekanan air lebih kuat dan ketika ada kran air yang di buka secara bersamaan maka akan mendapatkan debit air yang sama. Baca tentang: Masalah air kran lemah 
  • System Terbuka. Dengan biaya lebih murah, instalasi pipa air jenis ini jika salah dalam perencanaannya maka akan timbul banyak masalah di kemudian hari seperti debit air yang tidak sama antara kran satu dengan lainnya, dan jika terjadi kerusakan pada titik tertentupun akan membuat sebagian jalur distribusi mati total tanpa mendapat suplai air.

Letak Instalasi. Menurut prosedur teknis pemasangan instalasi saluran air bersih ada dua metode yang bisa di pilih yaitu instalasi tertanam dan menempel. Untuk yang tertanam tentunya akan tampak lebih rapi karena berada di dalam tanah atau dinding namun juga tetap menyulitkan jika nantinya ada perbaikan atau perawatan.

Bahan Material. Saat sekarang ini pemilihan material bahan instalasi saluran air sudah sangat beragam mulai dari yang berbahan logam (besi), PVC dan yang paling mahal adalah berbahan stainless steel yang terbilang sangat aman dari korosi.

Masing masing bahan tersebut juga memiliki kelebihan dan kelemahan dari segi teknis yang berbeda pula menyesuaikan dengan lokasi pekerjaan di lapangan atau menurut prosedur pendukung lainnya.

Admin
Aktifitas offline sebagai tukang instalasi pipa air dan instalasi listrik. Menulis blog untuk berbagi pengalaman dan menambah persahabatan.   Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar disini. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung di POMPAIR.com
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

32 KOMENTAR

    • Memasang pipa saluran buang (air kotor) cuci piring dengan ukuran 2 inch di dalam dinding tentunya harus ada jalur yang terhubung dengan saluran air kotor utama. Sedangkan metode instalasinya menyesuaikan dengan spesifikasi bak cuci yang anda pilih mengenai ukuran serta jarak pemasangannya.

  1. Mas, saya td nyambung pipa PVC untuk keran air. Satu pipa nempel di saluran airnya dan satu pipa nempel di kerannya, saya mau yambung ke dua pipa td, saya rekatkan pake lem PVC kok gak kuat ya mas, waktu saya tutup kerannya sambungan pipa pada keran lepas krn tekanan airnya, itu gmn mas solusinya? Apa krn kurang lama nunggu kering lemnya atau ada cara lain, trims.

    • Taufiq, menyambung pipa PVC akan lebih kuat jika permukaan pipa yang bersentuhan dengan permukaan aksesoris yang akan disambungkan dibuat menjadi kasar, boleh digosok dengan amplas atau di lukai dengan gergaji agar lem PVC menjadi lebih merekat. dan biasanya lem PVC yang bagus bekerja sangat cepat daya rekatnya bahkan dalam kondisi pipa basah.

  2. bang aku mau nanya nech….. kemarin ada pelebaran jalan trus pipax di ganti dengan pipa karet hitam… trus pipax aku di buang gitu aja tampa pasang ulang….. karna yang kerja pelebaran jalan gak tau pasangx…. naaa yg mau aku nanya gimana cara sambung pipax biar airx bisa ngalir lagi…….. pake apa n gimana carax…… aku pusing karna gak ada air…….

    • Jika anda menggunakan layanan air PAM tentunya masalah instalasi jaringan sudah merupakan tanggunag jawab pengelola. Memasang sendiri tentunya harus menggunakan komponen yang sesuai seperti reducer dari pipa jaringan menuju saluran rumah.

  3. Mas, di rmh pasang.tendon air yg 3 mtr pasang kran 4 titik debit air kluarnya kecil apalagi kalau dibuka 4 kran kecil banget mohon solusinya dong.mksh

    • Memasang instalasi pipa memang terkadang tampak mudah, namun jika tidak diperhitungkan dengan matang kapasitas debit air serta jalur distribusinya maka akan fatal dan berakibat air karan menjadi melemah.

      Silakan di cari artikel kami dengan mengetik “solusi untuk air kran yang mengalir kecil” pada kolom pencarian.

      Disana sudah kami berikan skema untuk model pemasangan jalur pipa instalasi agar dapat mengalirkan debit air lebih optimal.

  4. mas, saya mau nanya nih, saya baru saja mengebor sumur sedalam 40m dan menggunakan pompa shimitzu 375. sudah bbrp hari saya kuras airnya masih keruh mendekati bening. dan debit air yg keluar juga blm banyak, saat stop kran dibuka 1/2 cuma 15menit saja air sudah habis. apakah kondisi spt ini normal mas? thanks sebelumnya

    • Jika stop kran dibuka 1/2 habis menandakan bahwa sumber air terlalu kecil sehingga tidak mencukupi untuk dihisap pompa. Dengan kondisi seperti itu sebaiknya kran dibuka paling minimal untuk mempertahankan tekanan air.

      Untuk sumur bor dengan kedalamn 40 meter, setidaknya harus memiliki stok air sedalam 20 meter agar kapasitas air mencukupi dihisap jetpump.

  5. Pak, mau tanya. Air di rumah saya disuplai langsung dari tandon, tanpa mesin pompa. Nah, airnya di distribusikan ke kamar mandi, dapur, mesin cuci, dan garasi. Awalnya, kran kamar mandi airnya lemah bangat. Baik shower maupun kran untuk bak mandi, sama-sama pelan. Sementara kran lainnya, kencang semua. Akhirnya kran dan shower kamar mandi saya copot, saya ganti dengan kran yang ukurannya lebih besar. Eh, air kran kamar mandi kencang sendiri dan yg lain pelan.Itu masalahnya kenapa ya? Terus solusinya bagaimana biar air merata.

    • Masalahnya adalah instalasi yang diterapkan pada rumah anda belum tepat. Kemungkinan besar jalur pipa induk (utama) terpasang di dinding atau di atas plafon. Pemasangan yang lebih baik adalah pipa utama terpasang pada lantai kemudia di bagi dengan cara naik ke masing masing kran untuk memberikan tekanan air merata.

      Satu hal lagi, pipa induk harus lebih besar dari pipa cabang menuju kran. Minimal ukuran 3/4 inch.

  6. Dear Pak Admin,
    Saya sedang mengerjakan proyek kost yang denahnya memanjang (lorong tengah, kamar pada sisi kanan dan kiri). Untuk menghemat waktu saya apakah saya dapat meminta jasa konsultasi mengenai instalasi pipa air yang baik? Jika bisa, berapa biaya yang harus saya sediakan untuk jasa konsultasi tersebut? Apabila bersedia, dapatkah kita komunikasikan by email? Email saya : [email protected]

    Deskripsi :
    Luas Bangunan = 360 m2 (lantai 1) + 370 m2 (lantai 2) = 730 m2.
    Lokasi Tandon Air = Di atas plat lantai 2 (elevasi +7,00 m dari lantai dasar (+/- 0,00 m)). Tanpa Pompa.
    Kapasitas Tandon Air = Rencana 4000an Liter (untuk 35 kamar)
    Jumlah Titik Output Air = 2 Titik (Shower dan Kran Bak)/ kamar (diluar fasilitas umum)

    Thanks
    Regards,
    Hermanto, S.T.

    • Memang untuk perencanaan instalasi pemipaan air bersih untuk bangunan seperti hotel dan rumah kos harus bisa mengatur debit suplay air dengan baik (merata).

      Yang paling sering kurang diperhatikan dan berakibat fatal adalah masalah tekanan air untuk masing masing kamar yang terkadang tidak bisa sama. Hal ini sebenarnya hanya karena metode instalasinya yang kurang benar.

      Sehingga meskipun sudah dibantu dengan pompa booster tetap tidak bisa memberikan hasil yang optimal. Padahal dengan ketinggian tandon air 7meter jika sistem pemipaannya tepat sudah tidak memerlukan pompa dorong agar dapat memberikan debit dan tekanan air yang maksimal untuk masing masing kran.

      Misalkan saja proyek bapak berada di wilayah sekitar kota kami tinggal, kami tentu bersedia ikut bergabung dalam proyek khusus mengerjakan bagian instalasi air bersihnya. Kami berdomisili di kota Malang Jawa Timur.

  7. Salam, saya mau tanyakan bahan kran yg aman untuk kesehatan yg seperti apa? Kebetulan daerah kami air ledengnya keruh dan masih membawa kotoran sisa penyaringan…mohon tanggapan terima kasih

    • Komponen untuk instalasi air yang paling baik memakai jenis stainles steel namun semua peralatan dengan bahan ini dari segi harga termasuk sangat mahal.

  8. Salam, saya sedang mengalami masalah nih mas dengan instalasi air di rumah saya. Dan sepertinya sesuai dengan penjelasan mas diatas, system instalasi air di rumah saya system terbuka. Kira-kira kalau saya memerlukan jasa mas untuk memperbaiki permasalahan instalasi air di rumah saya bisa tidak? Minta nomor yang bisa dihubungi mas kalau nggak keberatan. Terima kasih

    • Kami berdomisili di kota Malang – Jawa Timur. Untuk pekerjaan di dalam kota tentu saja kami bersedia untuk membantu. Mohon maaf Untuk yang sampai di luar kota kami hanya fokuskan untuk proyek yang agak besar seperti water treatmet plan dan pengeboran air tanah dengan spek yang tinggi beserta instalasinya.

  9. Dear Admin,
    Thanks Pak atas sharing ilmunya. Domisili proyek saya ada di Ciawi-Bogor. Saya sekali belum dapat proyek di Malang, mungkin Pak Admin berkenan menyarikan hehehe. Pak, satu pertanyaan, adakah standard kemiringan (slope) pipa air kotor yang terletak dibawah pelat lantai dasar?

    Thanks

    • Untuk membuat kemiringan pipa air kotor bisa menggunakan rumus paling sederhana seperti:

      Setiap jarak 100 CM bisa diwakili oleh elevasi kemiringan minimum 1 cm. Ini sudah cukup aman dan proses drain akan lancar tanpa hambatan.

    • Ada komponen bernama g-bolt joint. tapi biasanya agak sulit mendapatkannya di toko biasa yang tidak lengkap menyediakan perkakas teknik plumbing.

  10. Mas.. Mohon bantuan untuk masukkannya.
    Kami punya Tandon Air ukuran 2000 liter diposisi atas dengan kekuatan pondasi yang sudah tepat. Kami ingin agar pemipaan adalah cukup single line mulai dari Meteran PAM – Pompa – Instalasi dalam rumah – Tandon air dan kembali ke instalasi rumah. Check alve sudah saya pasang sebelum meteran mencegah air dari Tandon balik ke PAM. Dengan kata lain saya menginginkan line in ke Tandon juga line out ke Instalasi dalam rumah. Kira0kira dimana lagi saya harus pasang check valve, apakah dipasang di Line Out Tandon supaya air yang dipompa dari PAM tidak masuk melalui line out Tandon tetapi jalur nya tetap bisa dipakai untuk mengaliri Instalasi Rumah ketika pompa tidak berfungsi (tekanan ke rumah dengan Gravitasi Tandon). Mohon pencerahannya, terima kasih.

    • Untuk memberikan gambaran dengan ilustrasi, silakan disimak artikel kami tentang cara memasang pipa bypass. Yang mana secara garis besar memainkan fungsi yang serupa dengan instalasi yang bapak inginkan. Klik disni.

  11. Mau nanya mas., instalasi pipa kos kosan 7 kmr sdh terlanjur pakai pipa 1/2 inch, dengan bantuan tandon dari ketinggian 2 mtr, tapi airnya kurang merata, apakah bisa pipa induknya ganti 3/4 inci dan jaringan nya tetap 1/2 inch… Trims sbelumx

    • Disesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi dilapangan pastinya. Tapi untuk standart kamar mandi orang asia umumnya mulai 80-90cm dari lantai untuk kran

  12. Dalam susunan sumur bor ada 2 paralon, yg satu berdiameter 17 cm, yg kedua 10 cm, yg ketiga paralon ukuran 1 dim yg kearah pompa air. Apakah celah antara paralon 10 cm dan 17cm apa harus tertutup/terbuka??

    • Yang saya tangkap dari permasalahan bapak adalah mengenai sambungan pipa casing memang sebaiknya tertutup supaya fungsinya optimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini