Macam Jenis Pompa Celup Untuk Sumur, Sirkulasi Kolam, dan Penguras Air Kotor

Jenis pompa celup merupakan salah satu dari varian mesin pompa air yang secara teknis operasionalnya dengan dibenamkan kedalam air dan bekerja mendorong cairan menuju ke permukaan. Bahasa lain banyak juga yang menyebut pompa ini dengan istilah pompa submersible.

Pada dasarnya pompa celup hanya ada 2 model yang paling sering dan umum digunakan yaitu pompa benam untuk sumur dalam dan jenis pompa celup untuk kolam, sirkulasi, serta pengurasan air kotor.

Macam dan jenis pompa celup sesuai fungsinya

Berikut ini adalah ulasan mengenai type pompa benam yang ada dipasaran berdasarkan model dan penggunaannya.

Advertisement

Pompa celup sumur dalam (submersible pump)

Pompa-Submersible-TerbaikLebih umum disebut dengan istilah pompa submersible ada juga yang mengatakan pompa sible. Jenis mesin pompa air ini lebih tepat digunakan untuk keperluan suplay air bersih dari sumber mata air sumur dalam.

Kedalaman yang dapat di capai oleh pompa jenis ini hingga ratusan meter dengan pilihan debit air sesuai dengan power maksimum spesifikasi pompa berdasarkan ukuran PK/HP serta diameter pipa outputnya.

Pemasangan pompa submersible untuk sumur dalam memerlukan  perencanaan teknis yang cukup rumit karena harga pompanya sendiri beserta system electrikalnya juga sangat mahal untuk menjaga kinerja dan keamanan unit pompa. Simak juga tentang memilih pompa untuk sumur bor dalam.

Pompa celup untuk kolam, sirkulasi dan pengurasan air kotor

Pompa-celup-kolamModel yang kedua ini memiliki perbedaan dengan type submersible pump untuk sumur dalam meskipun pada dasarnya sama sama merupakan jenis pompa benam karena secara teknis pompa celup yang ini adalah bersifat portable.

Di katakana pompa portable karena pengunaannya tidak di pasang secara permanent dan dapat di pindah pindah dengan mudah sesuai kebutuhan.

Perbedaan yang lebih mencolok lagi adalah pada desain mesin pompanya yang mana pompa celup portable ini biasanya memiliki dimensi yang sangat simple dan perpanjangan kabel yang sudah built in (include) dari paket pemebelian unit pompa. Untuk kontrol otomatis pompa celup kolam dan sirkulasi biasanya dilengkapi dengan floating switch (pelampung) berbeda dengan pompa submersible sumur dalam yang harus merakit sendiri system electrical water level kontrolnya (WLC).

Kedalaman yang dapat dicapai jenis pompa celup kolam maupun pompa celup sirkulasi dan pengurasan masih terbatas untuk sumber air dangkal namun pilihan yang disediakan juga berfariasi menurut daya serta debit air dalam satuan liter per detik atau menit. Selengkapnya baca tentang berbagai model pompa celup portable beserta spesifikasinya.

Dari kedua type pompa celup yang sudah di uraikan di atas maka meskipun pada dasarnya memiliki cara kerja yang sama yaitu dengan dibenamkan kedalam air untuk mendorong air kepermukaan, akan tetapi keduanya memiliki karekter yang sangat jauh berbeda baik cara instalasi ataupun kelengkapannya.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.