Tips Menghilangkan Karat Pada Semua Jenis Logam Menggunakan Bahan Alami

Cara menghilangkan korosi atau karat pada material besi logam yang ada di semua perkakas seperti motor, chrome, velg, dan beberapa peralatan dapur dengan menggunakan bahan yang aman akan lebih efektif serta efisien selain tidak mengganggu kesehatan.

Karat dapat timbul atau muncul pada semua benda yang terbuat dari logam baja dan besi atau material berlapis chrome yang pada umumnya ada pada perkakas rumah tangga.

Seperti panci, periuk, maupun penggorengan yang setelah di cuci kemudian terlalu cepat disimpan tanpa menunggu kering dapat berpotensi lebih cepat berkarat.

Advertisement

Cara sederhana namun ampuh untuk menghilangkan karat pada besi

Berikut ini adalah panduan singkat cara menghilangkan karat pada beberapa perkakas dapur dan perangkat rumah tangga lainnya.

Persiapkan beberapa bahan alami yang cukup mudah didapat yaitu garam, bubuk soda kue, dan perasan jeruk lemon.

Bahan tersebut selain efektif untuk menghilangkan karat di beragam material logam besi peralatan rumah tangga tentu juga dijamin aman tidak akan membahayakan untuk kesehatan.

Cara penggunaanya sebagai berikut:

  • Campurkan setengah sendok teh garam dapur dan bubuk soda kue dengan satu sendok makan air perasan jeruk lemon.
  • Kemudian di oleskan bahan campuran tersebut pada bagian yang sudah timbul atau mulai berkarat.
  • Tunggu sampai 15 hingga 20 menit selanjutnya usap dengan kain lap kering.
  • Cara ini akan lebih efektif jika langkah 2 dan 3 di ulangi sampai hasilnya benar benar bersih.

Apabila tidak ada perasan jeruk lemon, maka bisa menggunakan air bersih biasa sebagai penggantinya dengan takaran setengah dari bubuk soda kue.

Sedikit berbeda metode yang harus diterapkan untuk menghilangkan karat pada perkakas panci dan penggorengan yaitu sebagai berikut:

  • Tuangkan air hangat langsung ke dalam panci atau penggorengan kemudian di taburkan bubuk soda kue hingga larutan ini berbuih.
  • Diamkan saja selama beberapa menit sampai reaksi soda kue optimal.
  • Selanjutnya gosok dengan perlahan memakai spons dapur supaya karat bisa terangkat.

Untuk mengantisipasi munculnya karat, sebaiknya selalu menjaga kebersihan semua perkakas dengan rajin mencuci menggunakan sabun cuci yang aman kemudian bisa di oleskan sedikit minyak goreng pada permukaan perlatan dapur yang akan disimpan dalam waktu lama.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara membersihkan noda dan kerak di kamar mandi serta artikel menarik lainnya tentang memeriksa kualitas air bersih layak minum.

Menghilangkan karat pada perkakas berlapis chrome

Banyak sekali perkakas dapur dan peralatan rumah tangga yang menggunakan material berlapis chrome seperti kran, aksesoris kamar mandi, shower, wastafel, knalpot motor dll.

Apabila sering terpapar air, beragam perkakas tersebut akan mudah timbul karat, untuk itu anda memerlukan pembersih serbaguna yang mengandung butiran mikro, seperi Cif Cream, yang paling efektif mampu menghilangkan korosi dan karat perlatan yang berlapis chrome.

Dengan menggunakan zat pembersih tersebut anda tidak harus repot menyiapkan ramuannya karena cukup di oles kemudian di gosok memakai kain lap atau spons dapur.

Yang tidak kalah penting ialah merawat kebersihan setiap harinya supaya hal hal yang dapat memicu timbulnya karat dapat dicegah sedini mungkin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.