Cara Kerja Sistem Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control)

Banyak ragam jenis unit otomatis yang dapat di aplikasikan sebagai kontrol atau saklar pengatur hidup dan matinya mesin pompa air menyesuaikan dengan sistem instalasi atau jenis unit pompa yang akan digunakan.

Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control) / Alat Pengontrol Level Air (Liquid Level Control Switch) utamanya digunakan sebagai kontrol pada Toren / Tandon / Tempat Penampungan Air, dan lain sebagainya. Produk dengan merek York adalah yang paling banyak terdapat dipasaran.

Unit ini pada peket pembeliannya disertakan kabel dengan panjang yang berbeda antara merk satu dengan yang lain bahkan juga bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Saklar pelampung atau float switch, adalah sebuah unit saklar diskret yang memiliki fungsi untuk mengontrol level permukaan cairan di sebuah wadah penampungan. Posisi level cairan dalam tangki digunakan untuk men-trigger perubahan kontak saklar. Posisi level switch ada yang horizontal dan ada yang vertikal.

Floating kontrol ini lebih cocok dipasang sebagai pengganti jenis otomatis model pressure switch yang cenderung kurang awet apabila dipasang untuk mesin pompa dengan daya dan tekanan besar. Selain itu juga sebagai pilihan lain dari jenis otomatis pelampung yang masih konvensional yang kurang kuat dengan daya listrik besar.

Cara kerja pelampung air otomatis

Cara Kerja Pelampung Air OtomatisPenggunaan untuk posisi horizontal, ketika level permukaan air menurun,  maka unit pelampung akan mengikuti sehingga merubah posisi kontak begitu pula sebaliknya.

Untuk penggunaan pada posisi vertikal di dalam pelampung terdapat magnet tetap, yang bergerak naik turun mengikuti tinggi permukaan cairan.

Di dalam pipa bagian tengah pelampung terdapat saklar yang membuka dan menutupnya dikerjakan oleh piston yang bergerak mengikuti magnet tetap di dalam pelampung.

Paling umum penggunaan unit otomatis pelampung air ini difungsikan sebagai kontrol menghidupkan mesin pompa ketika tangki, tandon, toren atau penampungan air lainnya dalam kondisi kosong kemudian mematikan unit mesin pompa ketika kapasitas air sudah penuh.

Selain itu, piranti ini juga dapat difungsikan sebagai safety kontrol yaitu pengaturan untuk menghidupkan mesin apabila terdapat sumber air dan mematikan mesin pompa ketika stok sumber air kosong agar unit mesin pompa aman dari resiko overheat karena kekurangan air.

Admin
Aktifitas offline sebagai tukang instalasi pipa air dan instalasi listrik. Menulis blog untuk berbagi pengalaman dan menambah persahabatan.   Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar disini. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung di POMPAIR.com
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

8 KOMENTAR

  1. Mohon maaf…. Kalo pompa dangkal maupun pompa dorong, mampu tidak ya dipakai continue/non stop.
    Saya pakai untuk sirkulasi air kolam ikan dan tanaman hidroponik sekaligus soalnya.
    Sudah 2x pengalaman pompa bocor, nyetrum.

    • Segala jenis pompa air permukaan menggunakan kipas serta memanfaatkan udara terbuka sebagai pendingin alami jadi tetap memerlukan jeda waktu untuk berhenti agar suhu mesin tidak terus meningkat.

      Berbeda dengan jenis pompa celup yang secara otomatis akan di dinginkan oleh air maka lebih kuat jika digunakan secara nonstop.

    • Paham.
      Minta ijin 1 pertanyaan lg y….
      Lalu menghindari nyetrum nya pompa celup gmm y? Dlm arti,…. Namanya juga brg produksi massal, ap lg umumnya dr negara yg doyan jiplak n tanpa standard bhw nyawa tu penting?
      Kolam beton sy alasi terpal, jd ikan saat sy tdk “sentuh” air aman. Nah saat sy njaring sampah, nyetrum. Walo tdk pd lvl arus mematikan (saat ni) tu kan arus AC, alternate current, pln.

      Terima kasih….

    • Memang masalah yang kerap terjadi pada produk produk pompa celup dengan kualitas kurang baik beresiko pada persoalan bocornya aliran listrik. Dan ini sebenarnya memang karena kualitas material dari pompa itu sendiri.

      Namun selama pengalaman kami mengerjakan berbagai instalasi pompa air, dengan memilih produk yang sudah terpercaya semacam Grundfos ternyata belum pernah menemui persoalan.

  2. Apabila instalasi pipa suplai dari pompa menuju tangki air sudah di kontrol menggunakan perangkat elektrik seperti pelampung radar misalnya, maka sebaiknya sudah tidak menggunakan lagi pelampung bulat tersebut.

  3. Maaf sy mau tanya. Mesin air di rm sy sering bgt nyala padahal sy pake toren. Tiap nyalahin air pasti mesin air ny nyala.. itu ap nya yg bermasalah ia.. listrik nya jadi boros

  4. Mau tanya cara air terisi ke toren. Karena toren di rumah tidak terisi sejak digunakan sampai habis saat pompa di Komplek rusak.
    Terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini