Beragam Jenis Pemasangan Alat System Otomatis Untuk Mesin Pompa Air

Memasang saklar (switch) otomatis pada pompa air secara teknis berfungsi sebagai perangkat pemutus arus yang bergerak tanpa perintah manual sehingga bekerja sesuai dengan setting yang di kehendaki.

System otomatis yang bisa di pasang pada unit mesin pompa air terbagi dalam dua model yaitu analog dan digital sensor otomatic dengan segala kelebihan dan kekurangan masing masing.

Berikut ini adalah uraian singkat mengenai 2 type perangkat otomatis yang umum di aplikasikan pada mesin pompa air.

Advertisement

Analog Switch

Otomatis-pompa-airPada mesin pompa air yang banyak di pakai untuk kebutuhan rumah tangga, biasanya sudah dilengkapi dengan saklar otomatis ini dengan system tekanan air sebagai pemicu platina nya. Saklar jenis ini berfungsi terbatas pada kerjanya yang tergantung dengan tekanan air dalam pompa.

Jika terdapat kebocoran pada instalasi pipa maka saklar jenis ini tidak akan dapat berfungsi dengan baik bahkan akan sangat mengganggu karena mesin akan hidup dan mati tak beraturan (otomatis pompa sering bunyi terus).

Masih pada type saklar analog juga terdapat model lainnya yaitu model pelampung (radar) yang biasanya terpasang pada tandon air. Saklar ini bekerja karena gerakan pemberat yang naik turun mengikuti level air dan memicu platina saklar.

Dari kedua jenis otomatis di atas memiliki kelemahan jika sumber air sumur mengalami kekosongan, maka mesin pompa akan menyala terus dan resiko mengalami over heat karena mesin pompa bekerja tanpa air.

Memasang sensor otomatis jenis relay pada pompa air

Sensor-otomatis-pompa-airPerangkat ini sudah menerapkan system semi digital karena bekerja dengan rangkaian alat elektronika yang komplek dan harganya yang relatif mahal. Memerlukan keahlian khusus untuk menangani dan memasang alat otomatis ini sehingga dapat berfungsi dengan baik dan aman dari kesalahan yang fatal.

Cara kerja sensor otomatis adalah dengan unit elektroda  yang terhubung dengan panel kontrol dan akan berfungsi memberikan sinyal listrik dari bagian yang menyentuh air kepada unit prosesor selanjutnya mengolah perintah menuju unit mesin pompa.

Alat ini sangat fleksibel untuk di setel sesuai keinginan dan lebih mampu mengamankan pompa dari segala resiko yang di timbulkan oleh masalah air.

Jika pada model saklar analog hanya mampu mematikan mesin ketika air penuh atau pipa tertutup rapat, maka model sensor lebih mampu melakukan tugas yang sangat rumit untuk keduanya seperti mematikan mesin jika terjadi kekosongan sumber air sehingga mesin akan lebih aman.

47 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.