test

Tips Generator Portabel, 3 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Tujuan Keamanan

POMPAIR.COM – Tahukah Anda bahwa generator portabel jika tidak diatur dan digunakan dengan benar dapat berbahaya bagi kesehatan Anda?

Ada tiga bahaya yang terkait dengan mesin generator yang harus menjadi perhatian besar terutama bagi pemilik baru.

Kemungkinan kebakaran, keracunan karbon monoksida, dan sengatan listrik adalah tiga masalah utama yang terkait dengan semua semua jenis generator portabel. Artikel ini membahas dan menawarkan tips tentang generator portabel untuk mengatasi masalah keamanan ini.

Keracunan karbon monoksida

Menggunakan generator listrik di dalam ruangan, di garasi atau di dekat jendela atau pintu rumah bisa menjadi bencana.

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berbau dan tidak berwarna yang merupakan bagian dari pembuangan generator portabel yang sedang beroperasi.

Gas beracun ini dapat meresap bahkan masuk melalui lubang terkecil di dinding, di sekitar jendela dan pintu.

Bahkan membuka jendela dan pintu serta menggunakan kipas angin tampaknya tidak akan mampu untuk mengurangi risiko bahaya ini. Jika terhirup dalam waktu lama, karbon monoksida dapat menyebabkan kematian.

Sengatan listrik

Sengatan listrik adalah bahaya yang sangat nyata jika generator dioperasikan di luar pedoman keselamatan seperti yang tercantum dalam panduan manual operator.

Ingatlah untuk menjaga generator tetap bersih dan kering. Pastikan unit mesin generator disimpan di area yang berventilasi baik dan kering di bawah tenda atau kanopi untuk melindungi dari cuaca.

Jangan pernah menyentuh generator dengan tangan basah atau berdiri di tanah basah ketika mesin generator sedang beroperasi. Hal ini sangat berisiko dapat mengakibatkan sengatan listrik. Biasakan untuk membaca tips keamanan generator portabel ini yang sudah diuraikan dalam buku manual pemilik.

Api dan potensi kebakaran

Ingatlah untuk tidak pernah menyimpan bensin, minyak tanah atau cairan mudah terbakar lainnya di dekat mesin generator yang sedang beroperasi.

Melakukan tindakan ini sangat berisiko dapat menimbulkan kebakaran atau ledakan.

Jangan pernah mencoba mengisi bahan bakar mesin generator saat sedang panas. Selalu matikan mesin generator dan biarkan dingin dahulu selama beberapa menit sebelum anda mengisi bahan bakar.

Listrik adalah bagian penting dari kehidupan kita saat ini. Ketika jaringan listrik PLN mati entah karena alasan apapun, mesin generator portabel bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyuplai sumber daya listrik sementara.

Meskipun demikian, tetaplah untuk selalu berhati hati dalam penggunaannya dan tetap memperhatikan panduan keamanan operasionalnya.

Admin
Aktifitas offline sebagai tukang instalasi pipa air dan instalasi listrik. Menulis blog untuk berbagi pengalaman dan menambah persahabatan.   Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar disini. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung di POMPAIR.com
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini