Instalasi Listrik Yang Aman Untuk Pemasangan Mesin Pompa Air

Mempersiapkan instalasi listrik khususnya untuk memasang pompa air yang paling aman harus di rencanakan dengan baik karena mengingat unit mesin pompa itu sendiri terdiri dari beberapa komponen yang sangat rentan dan riskan terhadap resiko konsleting listrik.

Selain untuk mengamankan unit mesin pomp air, membuat instalasi listrik yang tepat juga akan memberikan keamanan kepada pengguna serta makhluk hidup lainnya dari bahaya tegangan listrik (kesetrum).

Pemasangan instalasi listrik untuk pompa air yang paling sederhana adalah menyiapkan sebuah stop kontak (plug), dengan model tertanam ataupun menempel pada dinding menggunakan kualitas kabel yang baik dan usahakan tidak terlalu dekat dengan unit pompa agar terhindar dari segala bentuk resiko tersiram air apalagi jika pompa mengalami pecah pipa atau kerusakan lainnya.

Advertisement

Demi memperoleh tingkat aman yang lebih efektif, baik untuk keselamatan pengguna maupun unit mesin pompa, jalur listrik khusus untuk suplai mesin pompa hendaklah diberikan sebuah alat pemutus listrik semi otomatis (MCB dan jenis lainnya) untuk mengantisipasi jika terjadi hubungan singkat.

Pemilihan MCB juga harus disesuaikan dengan daya yang dimiliki oleh mesin supaya tingkat kepekaan (sensitive) nya bisa bekerja dengan baik. Penggunaan MCB yang memiliki ampere terlalu besar justru membuat alat ini tidak dapat berfungsi dengan sempurna karena tidak akan mampu memutus tegangan jika hanya terjadi hubungan pendek semi konduktor.

Ukuran ampere MCB yang terlalu kecil juga rawan down karena tidak mencukupi daya yang diperlukan untuk menyalakan pompa.

Instalasi-Listrik-Pompa-AirInstalasi listrik untuk mesin pompa air berdaya besar

Biasanya untuk mesin pompa air berdaya besar dan memerlukan pengamanan extra, pemasangan alat alat elektrikalnya dibuat sangat detail dan di setting dengan tingkat efektifitas yang maksimal selain untuk membuat kinerja mesin optimal juga untuk menjaga daya tahan unit mesin itu sendiri.

Komponen yang sering di aplikasikan untuk jalur distribusi listrik pompa air berdaya besar adalah MCB, overload, dan kontaktor. Ketiga komponen tersebut dapat dirangkai secara berurutan dan saling membantu untuk menjaga keamanan mesin dari segala resiko yang di timbulkan oleh arus listrik.

MCB

Pasti para pembaca sudah banyak yang mengenal komponen satu ini karena sudah umum ditemukan pada Kwh meter listrik PLN di rumah. Fungsinya jelas untuk memutus arus listrik baik secara manual ataupun otomatis.

Overload

Merupakan sebuah komponen yang bertugas mengatur kepekaan suplai daya listrik kepada unit mesin. Lebih jelasnya adalah berfungsi menyesuaikan setting ampere pada batas yang sangat aman dalam arti tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil.

Karena MCB hanya memiliki ukuran paten dengan tingkatan tertentu, penggunaan overload akan mebantu unit MCB dalam memberikan ukuran setelan ampere yang lebih tepat sesuai kebutuhan mesin.

Khususnya model alat elektronik yang menggunakan dynamo seperti pompa air, mesin cuci, AC, Kipas akan memiliki resiko memanas pada bagian motornya sehingga akan berakibat daya listrik semakin meningkat maka jika menggunakan overload akan bisa segera memutuskan arus dan mencegah terjadi konsleting atau dynamo terbakar.

Kontaktor

Komponen elektrik ini berfungsi sebagai saklar magnetic dan bekerja jika ada arus listrik yang mengalir. Karena berkerja dengan menggunakan medan magnet, maka saklar ini akan lebih aman dan tidak memerlukan pengaturan manaual dari pengguna.

Dengan penggunaan kontaktor akan mencegah terjadinya percikan listrik pada saat saklar atau tombol untuk menyalakan dan mematikan pompa sedang di kontak. Tentunya hal ini lebih aman untuk komponen saklar itu sendiri dari resiko aus karena biasanya saklar manual cenderung memicu percikan api listrik jika terdapat kelonggaran (miss) pada platinanya.

Instalasi-listrik-aman-untuk-pompa-airKembali pada pemasangan instalasi listrik untuk pompa air, karena unit mesin ini sangat dekat dan hampir selalu berada di sekitar aktifitas kita sehari hari khususnya untuk rumah tangga, maka apa salahnya jika diberikan sebuah tingkat keamanan yang lebih baik untuk jalur listriknya.

Karena anda dan siapapun yang memang bukan orang yang harus setiap hari bertugas memeriksa kondisi mesin pompa air dirumah, apakah anda pernah tahu kapan akan terjadi bahaya yang ditimbulkan oleh mesin pompa di rumah anda  seperti tersiram air, di masuki binatang yang dapat mengakibatkan musibah kebakaran hanya lantaran mesin pompa panas kemudian konslet dan listrik tidak dapat terputus secara otomatis.<pompair.com>

42 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *