Kenapa mesin pompa air harus dipancing

Tusen-Klep-BocorPernah mengalami masalah pompa air yang selalu minta dipancing dulu agar dapat menghisap air? Tentunya akan sangat melelahkan apalagi kalau kebutuhan air sudah mendesak pasti bikin situasi makin menjengkelkan.

Ada beberapa analisa yang dapat dilakukan ketika mendapati mesin pompa air anda tiba tiba saja macet tidak bisa mengeluarkan air dan harus dengan dipancing baru bisa menghisap air. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasinya.

Kerusakan yang mengakibatkan pompa air harus dipancing adalah adanya kebocoran pada rangkaian pipa hisap sehingga mengakibatkan volume air yang semestinya selalu penuh didalam jalur pipa hisap menjadi kosong. Karena kekosongan ini menyebabkan impeller kekurangan air dan kevakuman menjadi menurun sehingga kemampuan pompa auntuk menghisap air semakin berat.

Sebenarnya untuk pompa yang masih bagus dan terpasang sesuai dengan spesifikasi ada yang mampu menghisap air meskipun kondisi pipa hisap kosong namun tentu saja memerlukan waktu yang agak lambat sampai kondisi pipa hisap terisi sedikit demi sedikit.

Akan tetapi jika kebocoran terjadi pada area pipa yang berada di atas permukaan air sudah mutlak bahwa pompa tidak akan sanggup untuk menghisap air meskipun dipancing kecuali jika kebocorannya sangat kecil dan masih bisa terkalahkan oleh daya hisap pompa.

Namun dari kebanyakan kasus, masalah pompa yang minta dipancing adalah bersumber dari tusen klep atau foot valve yang bocor karena posisi klep yang sudah tidak presisi ataupun karena ada material/kotoran yang mengganjal dudukan klep.

Langkah perbaikan satu satunya adalah dengan melepas rangkaian pipa hisap untuk dilakukan pemeriksaan setiap sambungan dan memastikan keadaan tusen klep.

13 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf untuk respon yang lambat karena komentar yang masuk sangat banyak, dan bagi yang tidak mendapatkan reply, kemungkinan komentar masuk ke folder spam karena kepadatan server kami

Advertisement