test

Menentukan Jenis Mesin Pompa Air Yang Tepat Untuk Sumur Bor Dalam

Menentukan pompa air yang tepat dan yang paling bagus untuk sumur bor dalam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara memilih pompa air lainnya. Hanya saja yang menjadikannya berbeda adalah pada ukuran kedalaman sumur itu sendiri yang harus disesuaikan dengan spesifikasi unit mesin pompanya.

Sumur bor juga memiliki dua jenis yaitu sumur bor dangkal dan sumur bor dalam yang mana jika memiliki kedalaman lebih dari 10 meter maka tidak memungkinkan lagi jika akan dipasang mesin pompa air sumur dangkal karena keterbatasan daya hisap pompa ini maksimum hanya sekitar 9 meter.

Untuk itu jika sumur bor yang tersedia dirumah anda berkedalaman lebih dari 10 meter artinya sudah harus menggunakan mesin pompa air untuk sumur dalam. Mesin pompa ini juga masih terbagi lagi menjadi dua jenis type pompa air yaitu pompa jet dan pompa submersible.

Pompa jet (Jetpump) sumur dalam

Memasang-pompa-sumur-dalam-jetpumpMesin pompa air jenis ini memang kebanyakan dipasang pada jenis sumur dalam baik sumur besar maupun sumur bor namun tetap memiliki batasan spesifikasi daya hisap maksimun untuk kedalaman 60 meter.

Teknik pemasanggannya tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan cara memasang pompa air sumur dangkal. Dan yang membuatnya berbeda hanya pada instalasi pipa hisapnya yaitu dengan dua jalur pipa yang mana salah satunya berfungsi sebagai jet atau pendorong air menuju pipa hisap.

Pompa jet ini biasanya memerlukan daya listrik yang relative besar karena menggunakan motor elektrik dengan power yang lebih besar dari pada type pompa sumur dangkal.

Untuk mengetahui berbagai jenis mesin pompa air dan spesifikasi untuk sumur bor atau sumur dalam bisa anda simak di sini Pompa Air SANYO dan Pompa Air SHIMIZU.

Mesin pompa air submersible

Memasang-pompa-submersibleJenis pompa ini sering juga disebut dengan nama pompa air benam adalah pompa yang di operassikan didalam air dan justru akan sangat beresiko rusak jika dinyalakan pada area kering (diluar air) dalam waktu yang lama.

Spesifikasi pompa air submersible tidak memiliki daya hisap namun hanya terdapat daya dorong yang mampu dicapai dengan menyesuaikan power mesin terhadap kebutuhan debit air yang di inginkan oleh pengguna.

Prinsip kerja pompa air submersible sangat jauh berbeda dengan jetpump yang mana jetpump bekerja dengan menghisap air sedangkan type pompa ini adalah mendorong air.

Pompa submersible merupakan type pompa sentrifugal dengan susunan kipas bisa lebih dari satu yang diputar dengan cepat oleh motor listrik didalam cassing sehingga mampu untuk menggerakkan air menuju ke atas permukaan.

Kelebihan menggunakan jenis pompa ini adalah sangat tepat dan paling cocok untuk sumber air dari sumur bor yang mana mesin pompa akan masuk kedalam lubang cassing dan tentu saja akan tampak lebih ringkas. Selain itu juga akan bebas dari suara bising mesin pompa ketika beroperasi dan memiliki system pendinginan yang alami karena selalu terendam air selama sumber air tidak mengalami penyusutan.

Kelebihan lainnya untuk pompa submersible adalah tersedia untuk berbagai kedalaman sumur bahkan ada yang mampu untuk dipasang pada sumur hingga sedalam 200 meter. Simak juga tentang Pompa air untuk sumur dangkal.

Disisi lain tentu ada kekuranganya yaitu biaya yang relative sangat mahal untuk belanja satu unit pompa submersible beserta kelengkapannya termasuk pipa yang harus berkualitas bagus dan biaya aksesoris lainnya. Selain itu pompa jenis ini juga memerlukan system kelistrikan yang lebih rumit untuk mengontrol operasional serta daya listrik yang cukup besar.<pompair.com>

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

505 KOMENTAR

  1. Pompa air apa yang terbaik untuk sumur bor dengan kedalaman sekitar 30 meter dan ingin saya gunakan untuk mengisi profil tank dengan ketinggian antara 10 hingga 12 meter. Terimakasih untuk informasinya pak.

    • Artinya sumur tersebut sudah termasuk kategori sumur dalam, Jadi target keseluruhan atau spesifikasi total head pompa air yang bapak perlukan harus sekitar 40 meter, untuk ini dapat dipilih pompa air model jetpump yang memiliki daya hisap sekitar 30 meter maximum seperti Shimizu PC250 BIT sudah cukup mumpuni untuk bapak gunakan.

    • Mas, mohon pencerahanya. Saya baru bikin sumur bor kedalaman sekitar 30meteran. Tinggal beli mesin jet pump. Dikarenakan keterbatasan dana, sy punya rencana beli mesin bekas. Pertanyaanya, sy mending pakai yg shimizu 250 watt atau 375 watt? ( listrik di rumah 900watt)Terus kelengkapan apa saja yg sy harus saya beli jika kondisi ketika beli cuma unit mesin aja.? Satu lagi, tips untuk membeli mesin bekas?
      Terimakasih

    • Membeli mesin pompa air bekas akan sangat beresiko jika anda tidak benar benar paham dengan kondisinya. Sementara jika hanya berupa unit pompa saja masih memerlukan banyak part seperti bagian injektor termasuk foot valve atau bahkan bagian flange (plendes) input output apakah masih ikut bersama pompa bekas tersebut? kemudian apakah pressure switchnya masih dapat bekerja, tabung nya apa masih normal, kemudian apakah motornya belum pernah mengalami perbaikan demikian juga impelernya. Untuk daya pompa lebih baik menyesuaikan dengan kondisi daya yang tersedia jangan sampai melebihi batas pemakaian saja.

    • Mas mau tanya apa titik bor boran yang harusnya menggunakan mesin pompa biasa diganti dengan mesin jetpump dengan kedalaman yang sama

    • Bisa saja pak, dengan catatan diameter lubang sumur cukup untuk dimasukkan injector. Minimal adalah diameter 4 inch.

    • Mas sy mau tanya..kalau kedalaman 70 meter sy harus menggunakan mesin apa dan tipe berapa..karena sy tidak mengerti masalah pemakaian mesin yang benar dengan kedalaman..untuk listrik sy punya 2200watt..terimakasih

    • Kedalaman sumur lebih dari 50 meter akan lebih optimal jika menggunakan pompa jenis submersible.

      Contoh produk: Simizhu SP-327 BIT

      Fitur Utama :

      Single-phase : 220V 50 Hz.
      Power (kW) : 0.75
      Power (Hp) : 1
      Head Max (m) : 113
      Submersible Depth 70m
      Max. sand content : 150 g/m3.
      Min. well diameter : 3.5”.
      Submersible motor in oil bath
      Diameter Discharge Pipe / Output : 1 inch.
      RPM : n=2850 r/min.
      Tipe Kabel : H05RN-F
      Diameter Kabel : 1.0MM2

    • Mas admin..sy baru bikin sumur bor dg ke dalaman 10mtr
      Yg ingin sy tanyakan apakah bs sy memakai pompa air jenis shimitzu type 128bit sedankan posisi tandon air sktr 3mtr dari lanatai..mksh

    • Mas saya ngebor 100 meter yg pas pke sibel apa ya mas tpi sya mau out 2 dim casing 4 dim

    • assalamu alaikum mas mau nanya kira2 kalau klep yang bawaan jet patah dan tertinggal didalam sumur apakah jetnya masih bisa dipakai dengna diganti sokdrat 1 inc

    • Mas, dari ferdinan. Mau tanya, apakah saya bisa menggunakan pompa shimizu Pc375 BIT untuk sumur dengan kedalaman 30 meter dan posisi toren sekitar 10 meter dari permukaan tanah?

    • Assalamualaikum. Mas mau nanya saya punya sumur bor kedalaman 18 meter kok masih keruh airnya. Padahal sudah satu tahun lebij. Gimana carangnya supaya njernih airnya mohon sulusinya

    • Min mau tanya, di rumah ku pasang mesin celup yg kedalaman 30mtr
      Pertanyaan saya, box nya itu bagus nya harus selalu ON atw pada saat ingin di gunakan baru di kasih ON ?
      Mohon pencerahan nya min

  2. Dirumah saya menggunakan sumur bor dengan kedalaman 30m dan mesin yang saya pakai Jet pump merk shimizu (30m). Namun air yg keluar sangat kecil..apakah yg bermasalah mesin airnya ato debit airnya? Mks

    • Apakah spesifikasi jetpump yang dipakai sudah sesuai dengan kondisi lapangan meliputi daya hisap dan daya dorong nya? apakah air tetap mengalir kecil ketika tidak terpasang pipa suplai? maksudnya pipa keluar di lepas dan liat debit air langsung dari lubang outlet pompa. Kemudian pastikan bahwa tegangan listrik tidak mengalami penurunan yang mengakibatkan putaran mesin di bawah normal.

  3. Apakah bisa kalo pompa dipasang tidak tepat diatas sumur?karena atas sumur akan ditutup buat ruang kamar,mungkin jarak sekitar 2 meteran dari sumur.makasih

    • Sangat bisa namun tetap harus memperhatikan posisi yang tepat agar tidak terdapat banyak lekukan sehingga dapat memicu terjadinya masuk angin. serta penempatan harus memungkinkan untuk bisa dilakukan perawatan baik untuk unit mesin pompanya ataupun pipa hisapnya.

  4. Saya mau ganti pompa jet pump dengan pompa sumur dangkal. Apakah pompa sumur dangkal tetap bisa menggunakan pipa jet pump tanpa melepas nozzel hisap di lubang sumur? Jika bisa pipa hisap pompa disambung ke pipa 1″ atau 1 1/4″?

    • Bisa saja dan disambungkan ke 1 1/4 namun harus di reducer ke ukuran 1 inch. sedangkan pipa satunya harus dimatikan dengan menutup rapat menggunakan plug atau dop.

  5. Kemaren pompa celup dirumah saya tidak berpungsi walau lampu on nya menyala di kotak panelnya dan tidak mengeluarkan air.kemudian saya panggil tk sumur bor perkiraan mereka mesinya rusak dan diganti baru saja.walau mesin ya belum diangkat karna perkiraan biaya yg lumayan.sebelunya pakai merek maxson 1hp.perkiraan teknisinya klo dinamonya yg rusak lebih baik ganti baru.padahal masih kurang 2thn pemakaian..mohon saran dan solusinya untuk masalah saya ini.klo pun hrs diganti baru dgn biaya yg terjangkau tapi mutunya terjamin dan hemat listrik.Terimakasih atas perhatiannya.

    • Setidaknya perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari mengangkat mesin sampai pemeriksaan pada panel kontrolnya. Karena tidak berfungsinya sebuah unit pompa air memiliki banyak faktor dan tidak bisa di analisa dengan perkiraan khususnya untuk type submersible yang notabene tidak dapat di amati secara langsung.

  6. saya punya pompa semijet saya gunakan sumur bor kdlamn 10 meter klw bawahnya pakai saringan ato apa nmnya itu.. keluar airnya kecil
    tp pas saya copot saringanya keluar airnya besar tp suara pompa jadi keras..
    gimana solusinya

    • Maksudnya bawah pipa hisap atau bagian yang mana? jika ini berhubungan dengan foot valve (tusen klep) maka artinya perlu diganti yang baru. Kemungkinan tusen klep maupun saringan yang lama sudah banyak kotoran atau kerak.

  7. iya pipa hisap..
    padahal itu baru d ganti yg paling bagus..
    tp klw g pakae saringan.. harus d pancing dulu

  8. Saya punya sumur bor kedalaman 32 meter sedangkan permukaan air di dasar 8 meter.. Dari atas bibir sumur 24 meter ke air.. Pakai pompa jenis apa dan berapa watt?? Dia meter cisiing nya 4inch..

    • Yudi, saran saya pilih model JETPUMP (double jet) rata rata memiliki daya sekitar 200 watt.

  9. Mas sudah saya pasang pakai pompa jetpam shimizu 375 watt.. Tapi air tidak bisa naik.. Rpm cuman ada di 20 .. Tidak bisa baik lagi.. Air keluar cuman 1 jari manis. Klo kran di buka lge malah ampos.. Kendala apa ya mas??? Apa air yg turun?

    • SHIMIZU PC 375 BIT sudah cukup bagus dengan daya hisap 40 meter. Dan pompa air tersebut sangat kuat maka stok atau kapasitas sumber air yang tersedia harus juga mumpuni. Coba pastikan kapasitas air nya dulu sebab meskipun tersedia 8 meter namun jika sumbernya kecil tetap akan habis dalam beberapa saat.

    • Mas..saya mau buat sumur bor dgn ke dalaman minim 45 mtr..sebaiknya pake jetpump/submerlible? Dan kira2 berapa harga pompa submerlible shimizu? Karena sama tukang bornya di tawari paket sumur bor + submerlible 12,5 jt.mohon pencerahan..karena saya awam dlm hal ini.trims.

    • Untuk kedalaman sumur bor di atas 30 meter lebih aman dan optimal jika menggunakan pompa submersible. Untuk harga pompa masih kisaran di atas 5 juta termasuk kelengkapan instalasinya.

  10. Langkah paling bagus apa ya mas?? Apa harus di bor lagi sumur nya? Atow disuntik biar mata air kluar.. Mohon pencerahan nya mas.. Saya lagi galau tidak ada air di rumah.. PDAM tidak ngalir . jetpam cuman sedikit ngalir nya cuman kecil kaya jari telunjuk keluar nya.. Itu kran nya ga di buka full.. Klo d buka full rpm turun..

    • Kalau memang masih memungkinkan adalah di bor lagi dengan ukuran diameter yang sama. namun jika memang sudah kesulitan karena mendapati batuan keras memang solusinya adalah hanya di suntik dengan diameter lebih kecil sampai memperoleh sumber air yang besar kemudian pipa di bawah injektor di perpanjang.

  11. Kalau di suntik lagi.. Apa bakal keluar air lagi?? Kalau pipa di tambahin dari jet.. Apa bisa pakai mesin yg 375 atau harus ganti mesin?? Soal nya mata jet ada di cesing 4 inch ngegantung tidak terendam air..

    • Setidaknya usahakan injector dapat terendam air. kecil kemungkinan akan sukses jika injector berada jauh di atas air meskipun kadang masih bisa menyedot. Paling tepat dan bisa dipastikan akan berhasil adalah mengganti mesin dengan model submersible 2,5 inch. namun biaya memang akan membengkak sangat besar karena semua komponen pipa jetpump tidak dapat digunakan lagi.

  12. Sudah saya tuker sama yg 500 watt.. Air kesedot.. Setelah kurang lebih 1 bak rpm turun.. D coba d nyalain lagi mesin air tidak naik.. Apa abis air nya?? Soal nya sudah lama lubang sumur tidak di pakai ampir 6 tahun lebih..
    Skrang mau di pakai lagi… Klo di suntik lagi apa bakal ada air lagi???

    • Kalau begitu sepertinya jelas masalah sumber air yang kurang mencukupi, di suntik bisa saja kalau nanti bisa menemukan sumber air yang lebih besar namun kelemahannya adalah jika ternyata sumber air hanya bisa memenuhi area lubang suntikan tentu saja akan tetap kekurangan debit sumber air. Untuk sumur yang lama tidak di pakai lebih baik di kuras dulu untuk membersihkan endapan dan material yang mungkin sudah menumpuk di dasar sumur dan menyumbat sumber air.

  13. mas,sumur bor saya kedalamannya 40 m,pipa casing sumurnya 1,5 inch.,pompa apa yg cocok buat sumur bor saya,yg mana kalau menggunakan jetpump tdk bisa masuk pada pipa casingnya,mohon sarannya.terima kasih.

    • Rudy H, saya rasa mengebor sumur dengan kedalaman 40 meter akan sia sia jika diameter lubangnya kurang dari 4 inch. Sebab setiap kedalaman sumur yang lebih dari 9 meter maka jenis pompa yang digunakan harus sudah menggunakan type injector (jetpump) maupun submersible yang mana sangat tidak mungkin dimasukkan pada casing diameter 1,5 inch.

    • di perumahan saya casingnya bornya cuma 1.5 cm kedalaman sumur 20 meter saya coba pake semi jet pump shimizu tidak kuat naik mas,, kalo pake yang jet pump tidak masuk karena casingnya kecil gimana yah solusinya ??

    • Membuat sumur bor itu jika melebihi kedalaman 9 meter maka diameter lubang sumur minimal harus 4 inch. hal ini untuk mengantisipasi agar lebih mudah untuk menyesuaikan jenis pompa air yang akan dipakai. Sedangkan pompa air semi jetpump sendiri anya memiliki daya hisap sekitar 11 meter, jadi meskipaun kedalaman sumur anda adalah 20 mete maka sangat tidak efisien apalagi hanya diameter 1,5 inch.

    • halo bapak giman kalo saya tinggal di dataran tinggi sekitar 100M.> gimana solusinya mau beli pompa air yang bagimana? makasih.

    • Jika memungkinkan untuk di buat sumur bor ataupun mengambil sumber air dari permukaan yang lebih rndah, maka dengan estimasi kedalaman sekitar 100meter, maka hanya jenis pompa submersible yang dapat digunakan.

  14. krn sering dikocok2 pipanya karena ga keluar airnya sambungan pipa dibwh tnh jd patah,bgmn mengatasinys ya pak.mohon dibantu

  15. Mas bro g mn klo dinamo pompa air ku klo mau hidupin nya baling2 dibantu putar biar bisa hidup dinamo nya .. solusi nya g mn ya mas bro masa nau hidupin dinamo harus di bantu putar mrlulu sih… tks jwban nya

    • Charles, hal tersebut sudah merupakan tanda tanda kelistrikan bermasalah mulai dari kapasitor, bahkan motor yang setengan terbakar atau bisa jadi hanya kotor.

  16. Apakah bisa memasang pompa jenis sumur dangkal (shimizu PS-135BIT) setelah saringan air (tabung)?
    Apakah saringan air nya akan cepat rusak?
    Skema saluran air nya; toren –> saringan air tabung –> pompa. posisi toren sejajar dengan saringan air.

  17. Mas mw tanya drumah saya menggunakan sumur bor kra2 kdalaman’y 30 m saya menggunkan pompa air jenis sumur dangkal styp x di nyala’n kluar air’y dkt bwngt tp styp x dbnrn pompa air y sama tkang pompa air kluar y bnyk tp itu gk brthan lama psti kmbali sprti smula kluar air y kcil lg kra2 pa y mas …. Trus lw misalkn pompa air y dgnti dgn jetpump apakah bs pke pipa casing yg ukuran 1.5 inch dsmbng dngn jet pump mohon pencerahan y…..???

    • Makrus, Pompa sumur dangkal tidak akan bisa memberikan hasil yang optimal jika diaplikasikan pada sumur dengan kedalaman melebihi 9 meter. Dan ukuran lubang sumur bor 1,5 inch juga tidak akan bisa di pasang injector jetpump.

  18. Mas kalo mau sewa teknisinya untuk ngecek pompa submarine di rumah saya kemana telp nya? Krn sy gak ngerti masalah pompa2 ini. Saya baru ngebor 60m bbrp bulan lalu tp kata tukangnya mesun lemah dan hrs ganti pompa. Masa secepat itu hrs ganti pompa? Mahal sekali

    • Mustika, alamat kami adalah di kota Malang – Jatim. Sebelum di putuskan mengganti pompa, akan lebih baik di analisa dulu pada bagian suplai listriknya. Ada kemungkinan masalah pada bagian panel kontrolnya seperti koneksi kabel yang longggar, ukuran kabel yang tidak sesuai, atau bahkan komponen electrikalnya yang sedikit soak.

  19. Malem mas. Mau tanya pompa utk sawah, dulunya pake pompa p2t dengan pipa chasing 10 dim kedalaman sumur kr lbh 150 meter rencana .AU ganti pakai pompa listrik dengan daya yg ada 10.000 Watt 1 phase. Kira2 pake .erk dan jenis apa ya ? Trmkasih

    • Ivan, saran kami jika memungkinkan adalah dengan menggunakan pompa submersible 3 phase karena akan lebih mumpuni dan tersedia berbagai pilihan spesifikasi. Untuk merek yang paling umum dipakai adalah Pompa submersible Grundfos dan Franklin.

    • Ternyata listrik terpasang 3 phase ad rekomendasi jenis nya mas ? Lebih baik mlagi kalo ada referensi kisaran harganya ? Maturnuwun ?

    • Jenisnya pompa apa lebih baik disesuaikan dengan keperluan debit air serta power supply nya. rekomendasinya bisa langsung merujuk ke distributor Grundfos yang ada di kota anda tinggal. Disana akan diberikan penjelasan detail spesifikasi serta harganya. sebab untuk jenis pompa ini memang tidak banyak di stok oleh toko toko pompa pada umumnya karena harga yang lumayan mahal kisaran Rp.12juta bahkan hingga Rp30juta.

  20. mas, kedalaman sumur bor saya sekarang 6m, permukaan air ada pada kedalaman 5m. saya pasang pompa semi jetpum air keluar tidak stabil bahkan kemudian tidak keluar lagi. tp setelah saya nyalakan setengah jam kemudian air keluar lagi. air yg keluar juga berlumpur. kalau saya ingin menambah dalam sumur saya untuk pompa semi jetpump kira2 kedalaman berapa dan diameter sumur bor berapa? terimakasih..

    • Rizaldi, tampaknya sumur anda kekurangan sumber air sehingga kapasitas air yang disedot pompa kurang mencukupi. Untuk jenis pompa air semi jetpump, akan lebih optimal jika total panjang pipa hisap tidak melebihi dari 11 meter. Sedangkan ukuran diameter sumur bor yang paling aman adalah dapat masuk pipa casing 4 inch.

  21. mas.,sy menggunakan 2 toren, untuk menyalurkan air dari toren tersebut saya menggunakan pompa boster. yg ingin saya tanyakan:
    1. Apakah bisa sy hanya memakai 1 pompa boster ini untuk menyedot dari masing2 toren tersebut tanpa toren A dan B di hubungkan ?? kenapa tdk sy hubungkan karena sy mau memproses air terlebih dahulu sebelum disedot pompa. jadi jika mau nyedot toren A, out let dari toren B yg menuju pompa di ditutup, demikian sebaliknya jika mau nyedot toren B, outlet di toren A menuju pompa ditutup. sy menggunakn pompa boster yg 1 lubang input.
    2. jika bisa, apakah nantinya akan dapat merusak pompa?
    3. jika tidak bisa, apakah dipasaran ada pompa boster yang menggunakan 2 lubang input ?
    terimakasih

    • Jhon, pertanyaan yang cukup cerdas dan sangat detail. Jika ingin menggunakan 1 unit pompa booster untuk mendistribusikan dari 2 jalur toren yang tidak saling terhubung maka harus menggunakan pemisah (valve) yang mana juga harus dilakukan secara manual. Dampak terhadap pompa tidak akan ada masalah selama pompa masih beroperasi dengan suplai air yang cukup, maksudnya jangan sampai terlupa katup suplai dari kedua toren kondisi tertutup.

    • Martono, selama ini kami menggunakan 5 impeler adalah yang paling maksimum untuk pompa submersible Franklin 1,5 hp.

  22. gan mau tanya, bedanya jetpump tabung bawah model shimizu pc250 sama tabung atas model shimizu pc260 apa ya? bagus yang mana gan? padahal sama-sama 30 meter

    • Dicky, diantara kedua type pompa air tersebut hanya menyesuaikan dengan kondisi dilapangan saja. Misalkan tabung yang di bawah biasanya unit mesin pompa tertutup dan suara mesin lebih teredam dan jika ditempatkan di dalam ruangan dekat dengan tempat tinggal akan lebih tepat.

  23. Mas mau nanya dong, saya baru pindah ke rumah baru nah pompanya model semi jetpump ( cuma 1 pipa kebawah sumur ) dan kondisi sudah berisik sekali, sedangkan saya masih punya pompa jetpump kondisi baru apakah bisa saya gantai pakai pompa jetpump(2 pipa ) itu mas? dan langkah apa aja mas yang harus dilakukan, maturnuwun

    • Nova, jika awalnya menggunakan semi jetpump tentunya harus anda perhatikan diameter lubang sumur (khususnya sumur bor) apakah masih muat jika dimasukkan injector jetpump yang memiliki 2 pipa. Untuk sumur besar tidak akan pernah ada masalah dalam hal ini. Dan sebelum mengganti dengan pompa baru akan lebih baik jika sumur dibersihkan atau di kuras dulu oleh tukang sumur untuk mengangkat endapan ataupun kotoran.

    • Dione, kalau untuk sumur besar jelas bisa pak, sedangkan untuk sumur bor setidaknya harus berdiameter 6 inch jika hendak menggunakan jetpump. teknisnya tetap masing masing mesin pompa harus menggunakan pipa hisap sendiri sendiri.

  24. Salam Mas Admin, ditempat saya pakai sumur dangkal dan saya pakai semi jet pump dengan pipa isap 1 in, kondisi suplai air bagus dan daya hisap bagus, namun setelah di tambahkan casing 2 in dengan kedalaman 20 meter daya hisap masih tetap bagus cuma kenapa setiap mesin mati kondisi air seperti terhisap balik padahal foot valve sudah baru (2 x ganti), terimakasih atas pencerahannya

    • Wahyu sy, semestinya jika kondisi foot valve bagus dan tidak terdapat kebocoran maka tentu saja tidak akan bisa air terhisap kembali kebawah. Dengan kedalaman 20 meter artinya tekanan air yang terdapat pada pipa hisap sudah cukup besar, maka diperlukan kualitas foot valve yang bagus seperti merek KITZ asli.

    • Mas Adi, apa maksudnya pompa submersible? biasanya di kota kota besar terdapat agen distributor resmi mesin pompa submersible seperti Grundfos atau Franklin yang mana akan lebih terjamin kualitas serta dapat langsung konsultasi dengan teknisinya mengenai spek maupun layanannya. Browsing aja untk menemukan distributor Grundfos sesuai nama kota

  25. Mas untuk sumur bor dengan kedalaman 60 m, pompa mesin apa yang sesuai digunakan …selama ini kita memakai mersible yang 1 pk,tapi bertahan tidak terlalu lama?

    • Hari, pompa untuk sumur kedalaman 60 meter sebenarnya sudah sangat tepat jika menggunakan pompa submersible, Persoalan kenapa tidak bisa bertahan bisa di analisa dari teknis pemasangannya serta kontrol suplai electrikalnya apa sudah tepat sesuai dengan prosedurnya. Pastikan unit mesin pompa di amankan dengan sistem otomatis panel kontrol agar dapat bekerja secara otomatic ketika terjadi hal hal yang diluar kendali seperti Overheat, Dry, ataupun Short conection.

  26. Halo mas, saya ingin bertanya, dirumah saya sumur bor pipa 3″ dengan kedalaman 18meter. saya menggunakan jet pump. pipa hisapnya 9 meter dari permukaan. Sumur kategori berpasir. Bisa kah saya memperkecil tarikan jet pump ini? untuk sekarang ini, mata jet pumpnya di pasang di dekat mesin. apakah pipa dorong nya boleh ditutup saja? karena saya tidak punya budget lagi untuk beli pompa biasa. hehe. makasih saran dan ilmu nya , pak.

    • Michael, sayang sekali jika membuat sumur bor dengan diametar lubang yang tanggung, semestinya minimal harus menggunakan diameter 4 inch karena kebutuhan mesin pompa air kadang sangat tidak terduga. Memasang injector di atas memang bisa namun sangat tidak optimal dan tentunya akan sangat rugi selain penggunaan listrik yang besar namun kualitas debit air yang dihasilkan pompa masih kalah dengan pompa non jetpump.

    • Salam hormat ,mas ada yang ingin ditanyakan 1.posisi rumah saya diapit dua rumah yg menggubskan jet pump.jarak titik bor dengan titik bor saya 15meter.apakah saya mash kebagian air.rencana saya pakai shimizu 135.
      Terima kasih atas info dan saranya.

  27. Sy di papua, sedang melakukan pengeboran tp kondisi dlm tanah selalu longsor, sy sdh cegah pakai casing, tanah penuh dgn batu sebesar kepalan tangan, tdk bs dibor, tidak bs digerus dan diangkat pakai tabung, dan mata bor selalu terjepit batuan. Mohon pencerahan mas.

    • Harun, Proses pengeboran jika menemukan batuan tidak padat memang sangat sulit. dan solusi yang bisa dicoba hanya dengan memasukkan tanah liat agar dapat mengikat batuan.

  28. Mas, mau tanya apakah dg kedalaman pipa yang mencapai 20 mtr dan sudah ketemu pasir hitam tidak dapat menggunakan submersible pump 0.5 HP? karena saya keperluannya untuk mengisi Torent dg ketinggian 12 Mtr dr permukaan tanah jadi total 24 meter dari dalam air. Terimakasih.

    • Locky, sebenarnya menggunakan pompa yang efektif adalah menyesuaikan dengan kebutuhan saja serta spesifikasi mesin pompa yang memadai. Untuk keperluan total head 24 meter sebenarnya menggunakan jetpump sudah cukup mumpuni.

  29. Halo Mas, maaf salah hitung maksudnya total dr permukaan air sampai Torent itu +/- 35 Meter, artinya mendorong sampai ketinggian 35 meter apakah dapat menggunakan Submersible Pump 0.5 HP. Terimakasih

    • Iya pak, 0,5 pk cukup mumpuni untuk total head 35 meter namun jangan menggunakan diameter pipa yang besar. untuk saluran output bisa direducer lebih kecil dari ukuran flange pompa sehingga akan membantu memperkuat daya dorong.

    • Zenal, Apakah yang anda maksud pompa tersebut dipasang secara seri atau pararel? Jika pararael maka operasional pompa secara bersamaan akan sangat tidak optimal karena kapasitas satu pipa hisap yang dipaksa untuk memberikan suplay 2 unit mesin pompa. Dan apabila dipasang secara seri maka juga akan sulit membuat seting mesin supaya bisa berjalan sinkron karena kedua mesin harus memiliki stamina yang sama.

  30. Maaf mas mau nanya, tekanan air di pdam rumah saya kok sedikit lalu saya pake shimizu jet power model ps 135E. Apakah sudah cocok.. Tpi kok waktu aku nyalain kok airx gak keluar mas

    • Jay, jika memang kondisi debit air dari jaringan PDAM kurang kuat maka dengan memasang pompa untuk menyedot juga kadang kurang bisa optimal. Solusi paling tepat adalah dengan membuat penampungan (tandon) bawah yang di isi dari PDAM dan di pasang kran pelampung kemudian pompa difungsikan untuk menghisap dari tandon tersebut untuk mengisi jalur instalasi rumah.

  31. iya mas, karena waktu itu saya salah beli pompa, dan sumur juga kategori berpasir. jadi saya mikirnya daripada saya beli lagi pompa biasa yang baru, mending saya pakai pompa jetpump yang salah beli itu pak. kemudian, saya bermaksud memang untuk mengurangi daya hisap pompanya, agar tarikan air dibawah tidak terlalu kuat. Jadi dengan memasang injectornya di dekat mesin, itu bisa mengurangi daya hisap ya.. makasih banyak mas infonya. Btw, kalau saya tutup saja pipa dorong nya, jadi cuma satu pipa hisap (ga pake injector lagi), ga apa2 kan mas ? takutnya mesin pompa air nya rusak. mestinya ada pressure switch ya di pompanya. mohon pembahasan lebih lanjut soal ini mas. trims..

  32. Saya punya sumur bor 4″ kedalaman 90meter,selama ini saya pasang sumersible 0,5hp dan hanya di pakai untuk kebutuhan rumah tangga,saya bermaksud untuk mengganti pompa dengan yang lebih besar karena akan saya fungsikan untuk pengairan di lahan pertanian
    Pompa dengan ukuran berapa dan paling besar menghasilkan air dengan ukuran sumur 4″?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    • Darminto, pompa submersible ukuran 1hp sudah cukup mumpuni untuk keperluan irigasi dan diameter lubang 4 inch masih bisa menggunakan pompa ukuran 3 inch.

  33. Maaf admin mau tanya, sy punya sumur kdlmn 60 meter namun airnya yg keluar dr jetpump tdk sbnyk dl. Skrg keluarnya kecil, kl valvenya digedein dikit mlh ngempos. Kira2 masalahnya dr pompanya / sumurnya y? Mohon pencerahannya,trmksh sblmny…!

    • Kami belum bisa memberikan analisa permasalahannya karena anda tidak menyebutkan spesifikasi pompa apa yang anda gunakan untuk kedalaman sumur 60 meter.

    • Memperbaiki pompa submersibel (pompa celup) memang sangat sulit meskipun secara teknik masih memungkinkan untuk dapat diperbaiki. hanya saja permasalahan ada pada seal atau penutupnya apakah bisa sempurna dan 100% aman dari kebocoran air yang memiliki tekanan cukup besar.

  34. mas, btw, kalau saya tutup saja pipa dorong nya, jadi cuma satu pipa hisap (ga pake injector lagi), ga apa2 kan mas ? takutnya mesin pompa air nya rusak. mestinya ada pressure switch ya di pompanya. mohon pembahasan lebih lanjut soal ini mas. trims..

    • Metode tersebut memang masih di ijinkan, namun biasanya daya dorong pompa kurang optimal tanpa adanya pipa pendorong injector. Pressure switch hanya diperlukan jika unit mesin pompa tidak menggunakan kontrol radar ataupun WLC.

  35. Mas mohon pencerahan untuk pompa 12v yang daya dorong 15meter vertikal dan dorong horisontal 30an meter recomended pakai apa dan merk apa ya??
    Makasih pencerahan nya

    • Untuk kedalaman melebihi 11 meter sudah dianjurkan menggunakan pompa jenis JETPUMP dengan injector agar dapat bekerja secara optimal. Untuk merek pompa yang bagus tergantung dari budget saja, dan kami rasa saat ini sudah banyak merek merek baru dengan kualitas yang hampir sama dengan produk yang sudah terkenal.

  36. selamat malam pak,

    Saya sedang mencari mesin pompa untuk pengeboran 110meter lokasi kami dipinggir pantai. apakah menggunakan jetpump bisa? kalau bisa type seperti apa?

    • Untuk kedalaman melebihi 30 meter akan lebih baik jika menggunakan jenis pompa benam (submersible). Pompa jenis ini akan lebih mudah menyuplai air menuju ke permukaan karena prinsipnya adalah mendorong air. Karena semua type jetpump memiliki prinsip menghisap air dan ini akan sangat sensitif terhadap kedalaman jika spesifikasi standartnya saja sudah tidak sesuai dengan kedalaman yang akan dicapai.

  37. Mas mau nanya nih,efek dari pemasangan pompa air jetpump menggunakan pipa di bawah ukuran standar tepatnya pipa uk 1 1/4″ jd 1″ trs yg 1″ pake 3/4″

    • Dengan menggunakan ukuran pipa hisap yang lebih kecil akan dapat meningkatkan daya hisap menjadi lebih panjang. Namun juga memiliki resiko terhadap debit atau kapasitas air yang dihasilkan tentu juga akan lebih kecil.

  38. Pompa submersible yg cocok untuk sumur dngan permukaan air 32 meter.jenis yang mana ya mas???yg irit mas.

    • Shimizu SP-311K BIT
      Power : 220V~240V
      Daya (kW) : 0.25 /250 watt
      Daya (Hp) : 0.33
      Head Max (m) : 48

  39. Siang pak, saya baru mau buat sumur bor, air yg saya butuhkan untuk 24 jam sebanyak 2500 liter. Kira -kira kedalamanya brpa ya? Dan saya harus pake mesin yg gimana ?

    • Untuk memenuhi kebutuhan air 4000 liter perhari sebenarnya cukup dengan menggunakan jetpump. sedangkan berapa meter kedalaman sumur tentunya tergantung dari lokasi dan berbeda beda untuk setiap daerahnya.

    • Permisi ya mas…sy mau nanYa mas klu kedalaman air cuman 4 meter…dari permukaan tanah, berapa meter ketinggian air yang dapat disalurkan ya mas…mohon infonya ya mas. Mf sy ga tau apa apa mengenai sanyo…

    • Kebutuhan mengikuti berapa meter yang akan di suplai oleh pompa. Setiap mesin pompa air memiliki spesifikasi daya hisap dihitung dari posisi mesin pompa hingga level air dan total head yaitu panjang total kemampuan pompa menyuplai air mulai dari pipa hisap hingga pipa output. Contoh Shimizu PS 135 memiliki kapasitas 35 liter/menit selain itu daya headnya juga sangat kuat yaitu 33 meter.

  40. Sebelumnya terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini. Saya sudah punya sumur 30m dengan pompa jet pump….Jika tetangga menggunakan pompa satelit, apakah saya bisa dapat air? Jika saya mau tambah kedalaman menjdai 50m & pompa satelit, berapa estimasi biayanya. Terima kasih

    • Memang kadang ada resiko jika di sekitar lokasi anda ada yang melakukan pengeboran dalam yang mana dapat memicu hilangnya atau menurunnya level sumber air lapisan atas. Untuk membuat pengeboran dalam kisaran 50 meter dengan pompa submersible kualitas sedang maka memerlukan biaya sekitar 15 juta. Namun biaya dapat berbeda beda sesuai dengan lokasi daerah masing masing.

  41. mas mau txa sumur sy kedalaman 25 m q pkai pompa air merk davey xf192 apa mampu menghisap kedalaman 25 meter

    • Pompa tersebut memiliki spesifikasi standart hisap 7 meter dan dorong 21 meter. Jadi jika di aplikasikan untuk menghisap kedalaman 25 meter sepertinya akan banyak resiko gagal ataupun bekerja tidak optimal.

  42. mas mau tanya. ada sumur untuk irigasi dg kedalaman 25 meter bagusnya pakek pompa apa ya mas? trimakasih

    • Jika kebutuhan debit air sangat besar lebih baik menggunakan pompa submersible dengan PK yang besar.

  43. Maaf mas mau tanya.
    Saya punya sumur bor kedalaman 45mtr.
    Dr atas ke sumber air 25meter.lalu dr sumber air kebawah 20mtr.selama ini pakai pomp sub merk sumoto made italy.tp blm ada 1thn udh ganti.
    Memang control bok bag startnya sering turun,tp begitu ditekan lg mesin hdp,lalu mati lg sktr 30mnt.
    Anehnya penyakit itu dtg pd waktu siang,kalau malam lancar pipa 1.1/2 penuh keluarnya.tiap 6bln angkat mesin utk sibersihkan
    Casing 4″,pipa dorong 1,1/2.motor sumoto 1hp.
    Mohon infonya,kena udh 4kali ganti tiap thnya.

    • Sepertinya ada masalah pada sistem pengamanan unit pompanya yaitu sistem overload protectornya. Jadi ketika siang hari mungkin pompa lebih sering bekerja sehingga ketika mengalami panas berlebihan makan sistem akan mematikan pompa. Sedangkan jika pengaman overload tersebut masih bekerja dengan baik dan aman maka tentunya pompa akan terus dapat bertahan. Yang perlu diperhatikan adalah sistem pengaman terhadap water level kontrolnya ketika kapasitas air dalam sumur sampai limit maka pompa seharusnya berhenti agar mesin tidak bekerja tanpa air. Masalah yang dapat menyebabkan pompa sering rusak adalah waterlevel kontrol yang tidak tepat sehingga motor mudah terbakar jika kapasitas air dalam sumur sampai menipis karena pompa sub memerlukan air yang terus menyelimuti untuk mendinginkan mesin secara alami.

  44. Mas untuk sumur bor dengan kedalaman 60 meter, mesin apa yang paling baik, info tambahan listrik ditempat kami 1300w, terimakasih

    • Sudah pasti lebih baik jika menggunakan pompa submersible. Untuk daya bisa menyesuaikan dengan PK pompa serta debit air dalam satuan liter per menit yang akan dibutuhkan.

  45. Sy dpt info bhw sekarang ada pompa submersible utk casing 2 inch. Sumur bor dirumah saya kedalamannga 45 m. Tinggi air dari dasar sumur sekitar 11 m. Casing utk sumur bir saya hanya 2 inch. Mohon info dan sarannya. Thanks

    • Coba di baca komentar dari sodara hilmi May 31, 2016 di atas, saya sudah menjawab pertanyaan serupa beserta info produknya.

  46. saya punya sumur bor dg chassing 4″.Kedalaman 60 meter.permukaan air dari atas permukaan tanah ada di 20 meter.kira2 jenis pompa apayg cocok untuk ini.swn pencerahannya mas bro….

    • Jika level air masih berada pada kedalaman 20 hingga 30 meter maka menggunakan pompa jenis jetpump masih dapat bekerja dengan optimal.

  47. Mas,mau nanya.mau buat sumur bor kedalaman sekitar 30m. jarak sumur bor ke bak penampungan sekitar 300m dengan elavasi tanah dari sumur bor kebak penampungan 6m. Kira2 jenis dan merk pompa seperti apa yg dipakai?

    • Mengingat jarak tempuh yang cukup panjang meskipun elevasi hanya 6 meter tentunya memerlukan pompa yang memiliki daya dorong lebih besar dari pada daya hisapnya. Untuk pemilihan unit pompa yang lebih optimal adalah jenis pompa submersible

  48. Mas mau tanya, kl utk torent kapasitas 10 kubik dgn ketinggian dr tanah 12 mtr, kedalaman air sumur 30 mtr, mesin pompa apakah yg efisien dan tahan lama yg bs sy pilih dan mudah dservis. Penggunaannya untuk kontrakan apa kedalamam air sumur sdh cukup atau perlu dtambah lg

    • Menggunakan jetpump sudah cukup efisien hanya saja untuk keperluan tampungan 10 meter kubik tentu saja akan sangat lambat untuk memenuhinya. Jika anggaran cukup lebih aman dan optimal menggunakan jenis pompa submersibel dengan daya 1/2HP sudah mumpuni.

  49. Mas saya mau tanya, saya ditawari yang bahan kitirannya dari plastik (merek lupa) sama bahan kitirannya dari stenless (merek juga lupa). Hrg selisih tidak banyak, bagus memakai yang mana ya mas? Keuntungan dan kerugiannya apa ya? Tirimakasih

    • Tentu akan lebih baik yang berbahan stainless karena akan lebih aman dari korosi serta lebih kuat.

  50. sumur bor saya kedalaman 40 m , dengan pipa cashing 20inch, permukaan air krg lbh 20m, selama ini saya memakai kompresor untuk mendapatkan air, mohon bantuanya solusi yang tepat kalu menggunakan pompa air jenis apa??

    • Pipa casing 20 inch cukup besar dan banyak jenis pompa yang dapat digunakan. Dengan kedalaman 40 meter lebih efisien jika memilih pompa submersible 1HP saja sudah cukup.

  51. Mas mau tanya, saya punya sumur kedalaman 72 meter, permukaan air 65 meter, mesin submersible 1 pk, sekitar
    20 meter ada pemboran sumur juga sedalam 110 meter, pake submersible 1,5 pk, apakah nnt debit air saya terganggu ga ya, terima kasih.

    • Dengan jarak 20 meter memang masih sangat riskan akan mengganggu sumber mata air sumur yang lebih dangkal. Namun jika pengeboran yang lebih dalam tersebut memang memperoleh jalur sumber mata air di level lebih bawah lagi dan di amankan dengan pipa casing yang presisi maka masih ada harapan bahwa sumur anda tidak akan terganggu.

      Apabila memang terganggu, maka sejak proses pengeboran sudah akan tampak gejala debit air sumur anda akan berkurang atau menurun.

  52. zet pump dng kedalaman 40M di rumah saya airnya kotor,berlumpur dan berbau…..bagai mana solusinya agar menjadi bening….? terima kasih

    • Ini permasalahan yang tergolong rumit jika berhubungan dengan kualitas sumber airnya karena berhubungan dengan kondisi geografis suatu lokasi tertentu. Untuk melakukan pembersihan sebaiknya di kuras menggunakan peralatan tukang sumur bor untuk mengangkat lumpur. Dan pastikan sumur anda sudah terpasang pipa casing hingga ke dasar.

  53. Di rumah ada sumur bor dg kedalaman kurang lebih 70 meter menggunakan pompa sible sekarang bermasalah kadang air nya gak keluar mas kadang keluar tapi kecil. Makasih

    • Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja mesin pompa air menjadi menurun. Banyak baca baca komentar para pengunjung blog ini pak, ada berbagai macam persoalan bahkan tak jarang sama persis dengan yang anda alami dan kami sudah menjabarkannya.

  54. Asalamualaikum.. Mas mau nanya .. Kalau jet injeksi nya gabisa di angkat keatas.. Solusinya gmn ya mas? Apa masih bisa di pasang yg baru jet injeksinya di atas jet yg tertinggal dibawah? Atau pakai pompa air saja yg hanya pakaibpipa kecil? Mojon bantuannya mas admin.. Nuhun sebelumnya

    • Kenapa injectornya bisa sampai tertinggal, apakah karena pipa casing yang terlalu sempit? Jika memang kedalaman level air masih mencukupi untuk dipasang pipa hisap yang baru maka bisa dilakukan. Namun dengan tindakan mengganti pipa hisap tunggal maka perlu dipertimbangkan apakah spek pompa anda sesuai dengan kedalamannya.

  55. Kayanya rongga menyempit.. Dan pipa nya sewaktu di angkat susah sampai2 dipaksa lalu patah.. Tertinggal didalam..
    Terus dah sebulan ini saya lihat kelorong sumur bor nya.. Terlihat air nya apakah itu tanda airnya naik dan bisa di sedot dengan jet injeksi yg baru? Nuhun ya mas

  56. Assalamualaikum. Trmksh sblmx. Malam. Bang.. Mohon pencerahanya. Sy punya bor lama. Sdh 5tahun ng trpakai lagi. Sdh saya suntik ulang kotoran yg ada smpai terasa airnya dibawah. Trus sy tambahkan pipa 2batang turun k tanah,jd sdh 12 meter. Sdh ada air dbawah,Namun airx blm naik juga. Skrg ini sy mau fungsikan lagi. Tp sdh sy coba dgn pompa air dy hisap 10mtr. Namun airnya ng bisa naik Bang. Ukuran pipanya masih kecil. Kta ttangga sy harus bor ulang dgn pakai mesin turbo 2 pipa. Satu pipa hisap satu pipa dorong. Tp it beayanya sngat berat bagi sy. Pertnyaan sy. Apakah smur bor lama sy ganti aja dengan pompa jet dgn dy hisap 11mtr dan di ingat sumur bor lama yg ukuran pipx masih kecil dan tdk bisa di gantikan mesin pompa sembarang. Di ingat harus sesuai dgn ukuran pipanya masih kecil lubangya. Trmksh Bang.

    • Jika tetap mempertahankan lubang sumur yang lama maka pilihannya cuma pompa jenis semijetpump yang umumnya memiliki daya hisap maksimum 11 meter.

    • Ada pak. biasanya ada part after market namun bukan suku cadang asli dari merek pompa air pada umumnya.

  57. assalamualaikum
    mau tanya mas, saya pakai pompa DAB yg 500watt, listrik rumah 2300 Watt (rumah baru dibangun & mesin pompa juga baru.

    Pengeboran air 55mtr tapi normal permukaan air sekitar 18-20 mtr, sengaja saya bor dalam buat jaga2 musim kemarau disini suka kering airnya.

    masalahnya ini saya baru masuk rumah & pakai itu pompa, setelah nyala kurang lebih 10-15 menit, listrik turun/ngjeglek & saklar utama yg ke PLN cuma bisa di on kalau colokan mesin pompa dicabut (padahal toren belum penuh).

    kata yg masang mesin karena listrik saya ga stabil/kuat (padahal menurut saya udah 2300 Watt & cuma 2 kulkas yg nyala, smua peralatan listrik lain ga dipake). kalo gini ceritanya bisa jebol peralatan listrik kalo bolak balik nyalain.

    tukangnya nyaranin Pasan meteran listrik sendiri yg 1300watt khusus untuk mesin pompa. apa benar itu kaya si tukang & mesti pasang listrik/meteran/token baru? berat bgt biayanya. mohon infonya mas.

    terima kasih sebelumnya.

    • Waalaikum salam, untuk spesifikasi sumur bor nya sudah tepat dengan cara perhutungan bapak. Nah untuk kapasitas daya 2300 watt itupun sudah sangat cukup untuk kebutuhan rumah tangga.

      Jangan terburu buru memutuskan bahwa karena listrik yang tidak kuat, normalnya daya pompa 500watt jika ditambah dengan toleransi overheat atau beban puncak maksimal hanya akan naik sekitar 600watt. Jika kondisi MCB down setiap kurang lebih 15 menit saat pompa menyala dan ini selalu terjadi, ada kemungkinan pemicunya adalah instalasi listrik yang kurang bagus.

      Misalkan jika ada satu sambungan saja yang cara menyambungnya kurang benar (ngefong) maka setiap beban pompa naik akan memicu kabel listrik juga memanas. Untuk pemeriksaan atau analisa mudahnya, coba saja pompa dinyalakan dengan menngunakan jalur kabel baru yang di colok dari jalur lain. Jika kondisinya tetap maka bagian electrikal motor (dinamo) pompa perlu di periksa.

  58. sy punya masalh dgn pmpa submer sible.dah di ganti kpasitornya tp msh gak nark/ngangkat.jd harus di bantu puter baru motor nya jalan tolong pencerahaanya

    • Pompa submersible semestinya berada di dalam air, bagaimana bisa harus dibantu memutar? Apakah mesin pompanya dipasang di atas atau permukaan?

  59. maaf mas mnta infonya nih…kalo kedalaman sumur sd. 27 m..trus sy mo tmpatkan pompanya dg jark sd 9 m dr sumur dg 2 tkungan, pertanyaan sy:
    1. jnis atw tipe pompa yg mumpuni.
    2. dg kndissi yg dmkian mengganggu gak ya…
    3.diharaokan saran lain dr mas….tks

    • Pompa yang sesuai untuk kedalaman lebih dari 11 meter sebaiknya sudah menggunakan type JETPUMP. Pemasangan pada jarak 9 meter akan sangat beresiko pada masalah angin yang terjebak di dalam pipa hisap meskipun hanya terdapat 2 lekukan. Namun jika elevasi pipa hisap dibuat sedikit miring dan posisi mesin pompa adalah yang tertinggi maka masih bisa aman dengan syarat pastikan pemasangan benar benar tepat.

  60. Mas sumur bor saya kedalaman 40m,tp jika d sedot dgn jetpam jenis grunfos kapaditas hisap maksimal kedalaman 50m tp air telat,sering d patiin baru d hidupkan lg keluar tp telat lg air ny,gmn mas solusi ny,apa mesti d perdalam lg sumur ny,tp jenis mesin apa yg cocok mas,,

    • Solusi untuk mengatasi sumber air yang telat ada 2 pilihan yaitu dengan memperdalam sumur dan mengatur debit pompa. Jika stok air yang akan dihisap atau pipa hisap yang terbenam adalah minimum 4 meter sebaiknya bukaan kran utama (ball valve) pada output pompa di atur seminimal mungkin dan pastikan jangan sampai debit air drop.

  61. Mas mau tanya tentang pompa pendorong. Sebelumnya pake pompa biasa untuk mendorong air dari toren ,shimizu ps 135 e, Q=28 L/ mnt, di pakai utk 1 water heater , untuk 3 kamar mandi . Kemudian saya ganti dengan pompa wasser PB 169 EA, yang menurut buku nya Q=48 L / mnt. Tapi hasil keluar airnya kecil, tidak sebesar pompa shimizu. Mohon pencerahan ?

    • Shimizu PS 135 memiliki kapasitas 35 liter/menit selain itu daya headnya juga sangat kuat yaitu 33 meter. Sedangkan pompa booster yang anda pilih apakah sudah di atur pada speed maksimum. Karena kebanyakan orang memakai wasser PB 169EA hanya maksimal untuk melayani 2 kamar mandi saja.

  62. Mas mau nanya.. saya mau bor sumur untuk irigasi sawah dengan kedalaman 75 meter, rencana mau pakai pipa ukuran 2,5 inc dan pakai pompa submersibel.. kira2 kasingnya pake berapa inc dan pompanya pakai merek apa yang sesuai? Mohon pencerahanya thx..

    • Sebaiknya membuat sumur bor dengan ukuran lubang minimal adalah 4 inch sudah terpasang pipa casing. Hal ini nantinya akan memudahkan dalam pemilihan jenis unit mesin pompa yang akan digunakan. Dan pompa submersible yang sering kami pilih adalah Grundfoos yang tersedia berbagai model dan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan debit air serta menyesuaikan dengan daya listrik yang tersedia di lapangan.

  63. sumur saya dalamnya 9 meter. tetapi jarak antara sumur dan rumah saya sekitar 200 m..saya pakai penampung air ukuran 550L yang ditaro pada ketinggian 3 m.. jika saya hendak meletakkan pompa air saya dekat dengan tempat penampungan air saya bagusnya menggunakan mesin pompa air apa? oh iya sebelumnya saya menggunakan mesin pompa air sanyo yang ditaro dekat dengan sumur tetapi saat ini kondisix sudah rusak type PH 236..mohon sarannya

    • Kami rasa akan sangat beresiko gagal menghisap jika pompa diletakkan pada posisi sejauh sekitar 200 meter dari mata air. Dengan jarak sejauh itu memerlukan unit pompa air yang kuat dan sudah tentu kinerjanya juga tidak optimal karena untuk jenis pompa air permukaan biasanya memiliki spek daya hisap maksimum sepanjang 50 hinga 60 meter (jetpump).

  64. mas sumur saya sumur cincin..jarak dari rumah 50 m kedalaman sumur cuma 3 meter..bisakah ai rmengalir apabila pompa saya pasang di rumah? terima kasih sebelumnya mas

    • Untuk jenis pompa tertentu yang memiliki daya hisap panjang memang bisa. Namun akan memiliki banyak resiko dengan jarak yang sedemikian jauh kemungkinan adanya udara yang terjebak didalam pipa hisap sebab elevasi yang tidak vertikal sehingga daya hisap pompa bisa menjadi sering bermasalah.

  65. Mas, saya pnya sumur bor kdalaman 72m dng casing 4inch. Klo saya pakai mesin merk san-ei pump sdh tepat kah dan efisiennya kira2 pipa yg msuk brp mter?

    • Dengan kedalaman sumur bor 72 meter, anda harus mengetahui pada posisi kedalaman berapa level permukaan air. Untuk pompa submersible biasanya memiliki debit yang besar, maka jika lubang casing 4 inch, pastikan kapasitas air di lubang masih aman jangan sampai pompa kekeringan.

  66. duliu mesin pompa air saya lumayan laju, di gunakan di sumur bor, lalu kenapa sekarang daya hisap dan dorongnya melemah, air yang dihasilkan sangat minim, dan apakah sumur bor misalnya kedalaman 15 meter bisa mengunakan pompa air daya hisap 9 meter ?, pleace

    • Nah, ini yang sering kali terabaikan dan kurang diperhatikan ketika memilih jenis pompa yang tepat. Sudah jelas pompa sumur dangkal maksimal hanya untuk daya hisap 9 meter. Maka jika dipaksakan untuk menghisap lebih dari 9 meter tentu saja kinerjanya tidak akan bisa optimal lebih lama. Saat mesin masih baru mungkin akan tampak baik baik saja, namun seiring usia pakai maka akan semakin tampak unit pompa melemah karena sebelumnya mesin bekerja terlalu berat.

  67. 1. Bor jetpump 40 meter, mesin shimizu 375 bit ,Paralon pakai champion aw 7 juta.
    2. Bor satelit 50 meter 8 juta pakai mesin 1/4 hp. Kalo pakai 3/4 hp 9 juta.
    3. Bor satelit 60 meter 12 juta pak
    Estimasi mesin sama kedalaman udah benar itu mas, sama biaya kemahalan g.trima kasih

    • Jika diberikan 3 pilihan tersebut, maka kembali pada kebutuhan saja. Untuk pilihan pertama memiliki kelebihan lebih mudah serta murah perawatannya selain itu juga hemat listrik. Namun kekurangannya ada pada debit air yang dihasilkan kemungkinan tidak sebaik pilihan kedua dan ketiga.

      Pilihan kedua dan ketiga memiliki kelebihan debit air pasti lebih baik namun biaya perawatan serta konsumsi listrik akan besar karena pompa submersible memerlukan peralatan electrical yang rumit dan mahal hanya untuk menjaga keamanan kinerja unit mesin.

  68. sumur kedalaman 50m mesin yg saya pakai pc375 bit baru. tetapi air yg keluar sedikit sekali. kalau kran dibuka full tekanan drop.
    permukaan air 15m . instalasi pipa ok. kalau pipanya sy kocok/angkat. airnya kencang. mohon pencerahannya.trims

    • Dengan kedalaman sumur 50 meter dan permukaan level air 15 meter jika pipa hisap yang terbenam lebih dari 12 meter maka kemungkinan daya hisap pompa terlalu berat karena foot valve yang terlalu banyak tekanan.

  69. Terima kasih atas tanggapanya pak..
    Tapi untuk kedalaman dan jenis mesin pompa udah sesuai belum itu pak, biar g salah jga sebelum masang..
    Iya pak pilihan kedua ketiga memerlukan biaya lebih mahal, maav tapi maksud untuk biaya perawatan gimana ya pak.

    • Untuk budget harga memang menyesuaikan dan akan berbeda untuk daerah satu dengan lainnya. Biaya perawatan maksudnya adalah jika ada persoalan atau masalah dikemudian harinya pasti pemakaian unit mensin pompa tidak bisa selalu dalam kondisi fix selamanya.

  70. Mohon pentunjuk. Saya mau masang pompa untuk mendorong air sejauh kurang lebih 500-700 Meter dari lokasi air. apa dimungkinkan.? kalau dimungkinkan spesifikasi mesin pompa yg cocok seperti apa. mohon bantuannya. medan yg dilalui pipa dataran bukan bukit.

    • Self priming pompa sentrifugal untuk irigasi banyak yang memiliki spek besar.

      Model : AP – S100
      Bobot ringan : 28 kg
      Dimensi : 388,49 x 274 x 275,89 mm
      Diameter : 4 inchi
      Putaran impeller : 2000-2300 rpm
      Debit air yang dihasilkan : 1,53-1,81 m3/menit
      Tinggi angkat air : 16-23 meter
      Daya : 6 – 8,7 kw

      Ini belum termasuk mesin penggeraknya yang bisa menggunakan dinamo electrik atau tenaga disel.

  71. Saya punya sumur bor kedalaman 50 meter, diameter cashing 2″ perlu air dalam 1 hari 5000 liter, pompa seperti apa yang cocok mas…terima kasih

    • Sayang sekali jika ukuran lubang sumur hanya 2 inch. untuk spek pompa yang mampu dengan cepat menyuply 5000L per hari pilihannya sangat terbatas untuk sumur 2 inch. Kalaupun menggunakan jenis pompa submersible dengan diameter 1 inch saat ini masih sangat sulit untuk diperoleh.

      Pilihan hanya pada pompa semi jetpump, akan tetapi tetap kurang efektif juga dengan kedalaman sumur 50 meter. Setidaknya dengan lubang sumur 4 inch akan lebih mudah menentukan jenis pompa dengan berbagai type dan spesifikasi.

  72. G jadi pasang satelit pak g boleh sama tetangga..
    Dan info dari tetangga keluar air dengan kedalaman 14m jangan lebih, kalo lebih dalam katanya airnya kuning pak..
    Untuk kedalaman 14m baiknya mesin pompa jenis apa dan pipa berapa inc mohon pencerahan pak.Trima kasih

    • Untuk kedalamana lebih dari 11 meter gunakan jetpump pipa hisap 1,25 inch dan 1 inch dengan nozel (injector). Pastikan lubang sumur bor minimal adalah 4 inch.

  73. Mas, rumah sy 3 lantai.. mesin sy tempatkan di lantai 3 dan pernah coba pakai mesin air semi jetpum tp ga mau menghisap.. pertanyaannya mesin apa yg hrs sy pakai ?

    • Kenapa mesin pompa ada di lantai 3? kemudian menghisap sumber air dari mana? Jika harus menghisap dari lantai dasar belum lagi di tambah kedalamannya maka instalasinya akan sangat rawan bermasalah. Sebaiknya pompa diletakkan sedekat mungkin dengan sumber air.

  74. Tolong bantu.pompa submersible kami baru diservis dinamonya. Dsn kami pasang kembali listriknya selalu anjlok. Itu bgmana yah…mksh penjelasanya

    • Untuk pompa submersible memang sangat berbeda khususnya jenis kumparan dan cover dinamonya dengan jenis pompa permukaan biasa. Jika sudah pernah di bongkar maka sering kali ada kebocoran yang membuat dinamo konslet. Untuk jenis pompa submersible memerlukan sistem seal yang bagus agar setelah dibongkar bisa aman dari rembasan sampai 100%.

  75. Sy pkai msin shimizu 375 bit pak tp knp g bsa mngisap smpai kdlman 40 meter sy pkir air yg tdk ada pdahal sy coba turunkan tali ternyata air msih ada skitar 20 meter kdalam n mslahx dmn kira2 y pak apa msin ygvtdk mampu ngisap atau pipa hisapx sy gnti dr 1.1/5 k 3/4 dan pipa pndorongx mnjdi 1/5 inci y pak

    • Mengganti pipa hisap dengan ukuran yang lebih kecil memang bisa dilakukan jika ingin kedalaman hisapnya bertambah namun tidak sampai se extrim itu. Setidaknya hanya menurunkan 1 tingkat ukuran yaitu pipa hisap menjadi 1 inch dan pipa dorong menjadi 3/4.

  76. Maaf mau nanya gimana cara agar pompa submersible tidak tekor air. Apa boleh dipasang kran agar air keluaran air bisa di kecil kan supaya air sumur tidak tekor

    • Jangan dipasang kran atau valve yang hanya akan memberatkan kinerja impeler. Lebih baik dipasang water level control untuk menjaga unit mesin pompa secara otomatis akan off jika kapasitas sumber air mencapai limit.

  77. 1 lubang sumur bor bisa dipakai berapa mesin ya mas?
    Soalya skrng sudah terpasang 2 mesin dalam 1 lubang…kira2 bisa ditambah 1 atau 2 mesin lagi gk mas?

    • Dipakai berapa mesinpun tidak akan ada masalah selama lubang sumurnya muat dijejali pipa pipa serta debit sumber airnya mencukupi.

  78. Water level kontrol yg kaya gmana ya kang soalnya casing pipa cuma 4in dan diameter popa hampir 3 in mohon di kasih contoh level kontrol nya

    • Merupakan sebuah elektroda saja dan dimasukkan kedalam sumur dengan kabel. Elektroda memiliki 2 sampai 3 kutub tergantung relay yang dipilih. jadi tidak akan menyita ruang atau space lubang sumur bor.

  79. Mas mau tanya,, saya baru saja bikin sumur bor, info yang saya dapat dari tukang bornya bahwa sumur saya kedalamannya 60m.. Saya hendak memasang jet pump. Pertanyaan saya, apakah efektif jika saya menggunakan jet pump?? Lalu jet pump apa yang cocok (merek dan jenis/speckk) untuk saya gunakan??????
    Trimakasih mas.

    • Spesifikasi pompa JET dengan injector memang ada yang bisa untuk kedalaman lebih dari 40 meter.

      PC-375 BIT
      Fitur Utama :

      Voltage/Hz : 220/50
      Daya Output Motor : 375 W
      Daya Input Motor : 0.65 kW
      Panjang pipa hisap : 40 m
      Daya dorong max. : 60 m
      Head (m) : 32, Kapasitas : 25 l/min
      Head (m) : 44, Kapasitas : 10 l/min
      Pipa hisap 1 1/4 inch
      Pipa tekan : 1 inch
      Pipa dorong : 1 inch

      PC-503 BIT

      Fitur Utama :

      Voltage/Hz : 220 V/50 Hz
      Daya Output Motor : 500 W
      Daya Input Motor : 1,2 kW
      Panjang Pipa Hisap : 50 m
      Daya Dorong Max : 100 m
      Head (m) : 56, Kapasitas : 21 l/min
      Head (m) : 30, Kapasitas : 30 l/min
      Pipa Hisap : 1 1/4″ inch
      Pipa Tekan : –
      Pipa Dorong : 1 inch

      Jika ingin menambah kedalaman hisapnya bisa dilakukan modifikasi pipa hisap ukuran 1 inch dan pipa tekan 1 atau 3/4 inch.

  80. Mau nax lg pak sbnarx msin shimizu pc 375 bit bs mngisap air smpai kdlaman brp ya pak krn sy pkai d rmh cmab bs ngusap air smpai kdlam 18 mter pak, kra2 mslhx dmn pak ?

    • Shimizu PC 375 max hisapnya 40 meter. Jika tidak mampu melebihi daya hisap tersebut ada kemungkinan terlalu panjang untuk pipa (out) suplai yang maksimun adalah 60 meter.

      Dan kinerja mesin pompa yang tidak bisa maksimal bisa disebabkan oleh banyak faktor. Periksa tegangan listrik jangan sampai kurang dari 220 Volt untuk memperoleh RPM maksimum. Periksa ruang impeler jangan sampai ada kotoran yang terselip akibat terhisap air atau kipas impeler menjadi cacat.

  81. Sy punya sumur bor kedalamannya 55 meter,trus sy pasan mesin jet 375 zhimisu,tapi airnya sedikit,menurut tukan bornya airnya dalam,bagus pake mesin celup,yg mau tanyakan,sumur bor sy dalamnya 55 mter dan daya listrik dirumah 900what,kira2 mesin celup merek apa dan daya dorong berapa meter yg cocok untuk sumur sy itu pak? makasih sebelumnya

    • Banyak tersedia pompa submersible (pompa celup) dengan daya listrik rendah kisaran 350 watt. Contoh
      OSSEL TYPE 4SDM2/5 (1/2HP) + 30M KABEL
      TYPE 4SDM2/5 (SS 1/2 HP)
      POWER 0.5 HP (0.37 KW)
      LISTRIK 370 WATT
      KAPASITAS PADA KEDALAMAN 33M, DEBIT AIR 17 LITER /MENIT
      PADA KEDALAMAN 30M, DEBIT AIR 33 LITER / MENIT
      PADA KEDALAMAN 26M, DEBIT AIR 50 LITER / MENIT
      UKURAN PIPA 1 1/2′
      DAYA 220 / 240V
      PANJANG KABEL 30M

  82. Misi mas mw tnya medin pompa submersible saya klu on sekringnya mjrpret trus, kira2 apa ya masalahnya dtunggu infonya

    • Persoalan seperti ini paling sering adalah karena dinamo pompa sudah mengalami konsleting. Bisa disebabkan oleh bocor dan overheat.

  83. Jet pump sy kedalaman 23 meter. Casing 4 inch, level air di 16 meter. Mo sy bor lebih dalam, apakah boleh pakai tambahan casing ukuran 3 inch? Apa beresiko?

    • Jika ingin menambah kedalaman sumur bor dengan ukuran yang sama 4 inch memang harus melepas pipa casing yang lama terlebih dahulu. Tetapi ini kadang sangat sulit dilakukan.

      Dengan menambah kedalaman menggunakan ukuran 3 inch memang masih bisa dipasang injector untuk jetpump. Namun resikonya adalah terlalu sempit yang dapat menyebabkan injector terjepit dan akan sulit jika perlu dilakukan perbaikan.

  84. Mau konsul mas,
    Sy pasang submersible ukuran 0.5, di taruh di kedalaman 60 meter,
    Permukaan air 11 meter, 6 menit keluarnya air brsar,setelah itu kecil sama dengan rokok walaupun dihidupin 6 jam lamanya,setelah di chek permukaan air 15 meter pada posisi air keluar seperti rokok, mhn pencerahan…

    • Pertama pastikan suply tegangan listrik masih normal jangan sampai turun dibawah tegangan standartnya.

      Maksud dari pertanyaan tersebut jika setiap penurunan kapasitas sumber air sampai 4 meter kebawah selalu terjadi perubahan kapasitas debit air? Kemudian apabila air sudah naik sampai level 11 meter debit pompa maksimal?

      Kejadian seperti ini bisa disebabkan oleh adanya bocor pada pipa suply dengan level kedalaman 15 meter tersebut sehingga air tidak dapat naik sepenuhnya. Karena meskipun pipa suply bocor namun jika posisi dan kondisi terendam air maka tekanan akan masih bisa optimal naik ke atas.

      Untuk analisa selanjutnya menunggu setelah pemeriksaan tegangan listrik dan pemeriksaan pipa.

    • Konsul mas..
      Sy naruh submersible di kedaman 40, air besar selama 5 menit setelah itu jecil lagi
      Sy coba di kedalaman 35 ,air besar 15 menit baru kecil,sambil.menunggu air
      Sy akan coba oaralon dari ukuran 1 ke 3/4 apa bisa menambah memperlama debet air jadi 30/menit atau 20 menit

    • Sepertinya pompa tersebut kekurangan daya (PK) untuk dibenamkan terlalu dalam di air. Mohon informasikan merek dan type pompa yang digunakan agar kami bisa menganalisa berdasarkan spesifikasinya.

  85. Mas mau tanya, klo kedalaman sumur 32 meter, trus pakai jet pump 30 meter merek Sanyo masih bisa ngangkat air gak ya? Atau ada saran lain mas? Btw, kira2 berapa standar biaya bor untuk sumur dalam ya? Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Yang pasti akan lebih aman jika spesifikasi pompa air melebihi kondisi dilapangan. Artinya kinerja pomp akan lebih ringan apabila memeiliki daya hisap lebih besar dari kedalaman sumurnya.

      Minimal harus menggunakan pompa dengan daya hisap 40 meter. Kami melakukan pengeboran dengan mesin untuk sumur dalam diameter 6 inch dengan kisaran biaya seratus juta untuk kedalaman 100 meter. Unit pompa sudah include beserta electricalnya kecuali perijinan.

  86. Pak.. Saya mau tanya apakah ada pipa utk grunfos sq2-55 yg kompatible selain pipa galvanis? Karena saran dari tkg sumur bor harus memakai pipa besi galvanis..sedangkan saya menghindari penggunaan material besi(fe) di dalam aur sumur.. Pipa apa yg cocok utk pompa submersible sq2-55? sebelumnya terimakasih pak.

    • Selama ini kami hanya menggunakan jenis pipa galvanis dan jenis stainless untuk pemasangan pompa submersible. Karena memerlukan strukur bahan yang kuat untuk menopang beban unit pompa di dalam sumur.

  87. Mas mau tanya nih..
    saya sedang ngebor untuk kedalaman 50 m casing terpasang 5 inc 10 batang , pinginnya pakai pompa submersible ada saran ngak mesin yangb sesuai ? kira kira yang berapa HP ?
    bagaimana daya tahanya dibanding dengan jet pam ?

    • Untuk memilih pompa submersible perlu dipertimbangkan dengan kebutuhan debit airnya. Dengan daya yang besar sudah pasti akan mampu menyuply debit air yang besar pula. Pompa submersible paling kecil mmiliki daya 0,5hp.

      Namun untuk kedalaman 50 meter akan lebih aman jika memilih pompa dengan daya 0,75hp sekitar 500 watt. Ini setidaknya akan mampu memberikan debit air hingga 17 liter permenit.

      Daya tahan unit pompa sangat berbeda dari masing masing jenis sesuai dengan kinerjanya. Untuk jetpump tentunya akan lebih murah untuk biaya pemasangan unit mesin pompa baru.

  88. Saya punya sumur bor dengan kedalaman 76 meter..dengan menggunakan diesel yanmar T230 PS,tapi airnya tidak lancar..
    Air keluar Sekitar 2-3 menit trus berhenti sampe 2-3 menit baru keluar lagi..
    Kira kira masalahnya apa,,Mohon penjelasan..terimakasih

    • Jika mesin pompa spesifikasinya sudah mencukupi dalam arti kemampuan daya hisapnya mampu untuk 76 meter maka kejadian yang demikian kemungkinan adalah sumber mata air yang terlalu kecil sehingga tidak mencukupi untuk dihisap.

  89. Mas.. klo sumur bor dlmnya 60 meter. Sebaiknya pakai pompa merek apa yg hemat watt nya, yg bs jg utk ditampung ke tempat pnyimpanan air 1000 liter. Trims

    • Dengan kedalaman sumur lebih dari 50 meter disarankan menggunakan pompa submersible karena akan lebih optimal. Jangan lupa minimal lubang sumur bor harus 4 inch dan sudah terpasang pipa casing.

    • Kami sudah pakai pompa Jetpump Shimizu PC 375 BIT. Gmn baiknya? Klo Pompa submersible tsb merek apa yg bgus & bisa otomatis? Apakah bisa hemat listrik? Trims

    • Pompa submersible banyak sekali jenisnya. selama ini kami lebih sering menggunakan grundfos. Otomatis menggunakan digital WLC dan masalah hemat listrik tergantung pada pemakaian.

    • Mas.. Sebaiknya kami pke pompa apa utk rumah kami yg pke sumur bor dgn dlm 60 meter, tangki pnyimpanan air di atas isinya 1000 liter? Bisa tlg kasihkan rinciannya/detil nama pompa, merek, daya listrik, harga yg bs trjangkau dll? Trims

    • Mas, kami disarankan tukang sumur bor nya pakai Pompa Air PC-375-BIT, Pressure Tank PT-190-BIT, kami sudah pakai itu. Pertanyaannya:
      1. Apakah itu cocok utk kedalaman sumur bor 60 meter & mengangkat airnya ke tangki ukuran 1000 liter?
      2. Apakah mesin air tsb hemat listrik? Karena 1-2 hari ini pengisian air ke tangki memakai waktu berjam-jam, sekitar 4jam-an penuh. Sedangkan kami butuh yg hemat listrik dan tidak berjam-jam mesinnya berjalan.

      Trims sebelumnya.

    • Sebenarnya pompa tersebut hanya memiliki daya hisap maksimal 40 meter. Jika dipaksa untuk kedalaman lebih dari itu tentu saja debit air tidak akan bisa optimal.

      Dalam kondisi mesin pompa masih baru memang belum tampak kelemahannya namun jangkan panjangnya akan bisa timbul masalah daya hisap lemah.

    • Mas.. Pompa submersible – grundfos otomatis menggunakan digital WLC <– ini mksdnya gmn Mas? Pompa itu bisa utk sumur bor lebih dari 60 meter? Itu brp watt nya, brp harganya? Trims

    • Pompa submersible (pompa satelit) wlc adalah otomatis yang menggunakan electroda dengan dipasang di dalam sumur ataupun di dalam tangki air. Sangat cocok untuk sumur bor dengan kedalaman lebih dari 50 meter. daya 1pk = 700 watt tinggal mengalikan saja. Harga relatif tergantung merek dan PK bisa mencarinya di google.

  90. Km sdg renovasi rmh. Letak pompa (jet pump) skrg dlm rg tidur. Km mau memindahkan pompa tsb keluar ruangan. Jaraknya menjadi 4 m dari lobang sumur bor. Pipanya tidak bs lurus tp berbentuk L (40cm – 360 cm). Apakah mungkin berhssil?

    • Tetap bisa dilakukan dengan catatan elevasi pipa hisapnya jangan sampai datar atau horizontal. Dengan jarak 4 meter minimal harus memiliki elevasi vertikal setinggi 40 cm. Nilai 40 cm adalah perbandingan antara ketinggian pipa hisap yang berada di bibir sumur dengan posisi mesin pompa akan diletakkan.

  91. Mas mau tanya, saya mau pasang sumur satelit/benam, tapi kata tetangga kalau bisa pake jet pump az..soalnya kasihan tetangga yang lain takut ga kebagian air. Berapa jarak ideal antara sumur benam dengan jet pump atau dengan sumur benam lainnya agar kebagian air. Rata-rata kedalaman 20 M air sudah keluar. saya tinggal diperkampungan bukan di perumahan..

    • Anggapan tersebut sesungguhnya tidak mutlak benar jika anda membuat sumur dengan kedalaman yang rata rata seimbang dengan sumur milik warga sekitar. Kecuali jika anda mengebor sumur dalam hingga menembus lapisan level tanah keras sampai menemukan sumber mata air paling bawah, kemudian terjadi water loss sehingg akan menghisap sumber air permukaan menuju lubang yang terdalam.

  92. mohon bantuannya y mas,kami mau bikin pompa jet pump.krn sudah 2 x bikin sumur bor air nggak keluar.sedangkan air PDAM keluarny kotor berlumpur.Pompa merk apa yg bagus ya mas sama bahan2 apa aja yg perlu dibeli?

    • Pertama harus ditentukan dulu berapa kedalaman sumur, kemudian berapa meter pipa dari sumur hingga ke tandon air atau menuju instalasi. Hal ini untuk menyesuaikan spesifikasi unit mesin pompa yang tepat dengan kebutuhan.

  93. Kami punya masalah,sumber air kami sangat jauh lebih kurang 600 mtr dari sungai,kira2 pompa merek apa yang cocok untuk kami,dan kami memakai pipa 2 inch,,terima kasih

    • Gunakan jenis pompa submersible dengan daya minimal 2PK agar lebih optimal dengan jarak tempuh yang sangat panjang.

  94. Dear Mas Admin,
    Saya rencananya mau pasang pompa untuk kedalaman 100 meter. Pipa penghubung dari sumur ke reservoir ukuran 2″. Dari lokasi sumur ke bak reservoir saya jaraknya sekitar 100 meter. Mohon sarannya ya spek pompa yang cocok dan berapa kira-kira harga + instalasinya. Terima kasih.

    • Contoh produk Pompa Submersible SP7518

      Pompa submersible 7HP Taiwan 4″ ideal digunakan untuk industri maupun perumahan.
      Dapat digunakan untuk irigasi ataupun untuk distribusi air pada umumnya.
      Kualitas terbaik untuk menyedot air dari kedalaman 100m.
      Pompa multistage dengan baling-baling radial sentrifugal daya dorong tinggi dan stabil.
      Konstruksi keseluruhan terbuat dari stainless steel 100% SUS 304 tahan karat.
      Manufaktur Taiwan dengan motor pompa Franklin-USA 7.5 HP.
      Dilengkapi reset otomatis untuk overload protector (1 phase) atau reset manual (3 phase).
      Bagian discharge dirancang 3 ukuran agar sesuai dengan volute.
      Dilengkapi dengan check valve dan safety hook.

      Untuk budget project pompa dan pemipaan berkisar antara 50 sampai 100 juta tidak termasuk pembuatan sumur dan pengadaan listrik.

  95. Mohon pencerahannya Om, kalau panel pompa benam sering ngetrip itu apanya padahal kontraktornya sudah di ganti baru

    • Kemungkinan paling besar adalah disebabkan adanya indikasi peningkatan ampere yang disebabkan oleh motor pompa yang pernah mengalami overheating.

  96. Mas..mau tanya. Untuk sumur bor kedalaman 67 mtr sebaiknya pake pompa apa yah?? Kmrn tukang pompanya bilang merk Mitshubisi. Emang ada yah mas?? Thx

    • Memang ada merek mitsubishi. Untuk kedalaman lebih dari 50 meter sebaiknya menggunakan jenis submersible.

  97. mas Guanteng
    saya berencana membuat sumur bor dimana kedalaman sumber airnya lebih dari 60 meter dan rencananya akan menggunakan mesin air submersible. mohon advicenya mesin submersible yang type bagaimana, diameternya yang berapa dan yang berapa PK ? trims

    • Contoh Produk Shimzu SP-310 BIT

      Fitur Utama :
      Single-phase : 220V 50 Hz.
      Power (kW) : 0.25
      Power (Hp) : 0.33
      Submersible Depth 70m
      Max. sand content : 150 g/m3.
      Min. well diameter : 3.5”.
      Submersible motor in oil bath
      Diameter Discharge Pipe / Output : 1 inch.
      RPM : n=2850 r/min.

  98. Numpang tanya min, kedalaman sumur sy 41 m, permukaan air 30 m. Casing sampai kedalaman 22 m 4″, sisanya sampai 41 m 3″. Bagusnya pakai submersible yg hp brp ya?

    • Sebenarnya bisa menggunakan submersible dengan daya 0,33 pk. sayang sekali diameter lubang harus minimal 4 inch atau 3,5 inch.

  99. Mlm mas.. Sumur sy kedalaman 57 meter dan permukaan air berada di 20 mter.. Knp ya air nya g mau keluar pdhl sy jet pump yg sy pake mark shimizu bit 375 yg keterangannya daya hisap 40mter dan daya dorong 40mter.. Sumur dgn casing 2″ pipa hisap 1″dan pipa dorong 1,5″ dgn menggunakan Mata jet Apollo.. Sdh sy coba di kedalaman 32mtr s/d kedalaman 50mter tetap aja air g keluar air nya.. Kontrol angin di mesin jarumnya menunjukan cuma di angka 10 itupun krannyA cuma buka dikit klo kran buka bnyk anginnya lgsg Kosong /jarumnya lgsg turun ke 0. Gmn solusinya agar air nya bs naik kesedot.. Mohon masukannya terima kasih sebelumnya. bs minta no hpnya mas… Nope sy 081347666299

    • Sumur dengan casing 2 inch? bagaimana bisa memasukkan 2 pipa dan injector (mata jet) sampai sedalam 30 meter? yang pasti untuk type jetpump memiliki ukuran standart pipa hisap 1,25 inch dan pipa dorong 1 inch.

  100. Setau saya untuk sumur dalam tidak harus menggunakan pompa dengan daya hisap tinggi. Misal sumur dengan kedalaman 30m bisa kok pake pompa semi jetpump dg daya hisap 11m. Yg penting di ujung pipa hisap harus dipasang check valve. Sehingga akan menjaga air tetap pada pipa hisap. Ingat konsep suction head adalah kemampuan pompa untuk menghisap dengan jarak vertical terhadap permukaan air. Semoga membantu.

    • Terimakasih untuk pak Andi sudah bersedia ikut memberikan masukan. Saya rasa untuk semua pemasangan mesin pompa memang mengharuskan memasang valve pada ujung pipa hisap vetikal.

      Namun spesifikasi standart sebuah mesin pompa sudah memiliki batas dengan toleransi yang tidak terlalu besar. Untuk mesin dengan daya hisap 11 meter tanpa melakukan ubahan spek pipa tentunya tidak akan bisa optimal untuk menghisap sumber air pada kedalaman lebih dari itu.

  101. saya mau bertanya kalau pakai pipa 1 1/4 inci apakah dapat menaikan air dengan tdk putus putus dengan kedalaman sampai 20 M…makasih

    • Jika pompa yang digunakan memiliki spesifikasi daya hisap lebih dari 20 meter pasti bisa dengan syarat pemasangannya tepat sesuai prosedur teknisnya.

    • saya pakai mesin 8,5 pk merek yammar tpi kenapa airnya susah naik padahal klu mata airnya bagus….makasih bro

  102. Mas tanya dong, sy baru beli shimizu ps 135 e utk sumur bor 9mtr, sayang’y pipa yg bisa msk ke dlm hny pipa 1/2, pake 3/4 bs cm ntr mentok disambung ato klep.. Alhasil sy pake pipa 1/2.. Di awal air kluar normal, bbrp detik kmudian nyembur besar smbil trdenger bunyi denging (persi denging otomatis saat tutup kran),lalu air ga keluar lg.. Kira2 knp ya mas

    • Pipa hisap dengan ukuran 1/2 memang terlalu kecil yang semestinya hanya bisa diturunkan dari ukurannya standartnya 1 inch ke 3/4. Bunyi denging di akibatkan oleh daya hisap pompa yang kuat namun pasokan air menuju impeler sangat minim.

      Selain itu dengan ukuran 1/2 akan sangat rawan terjadi sumbatan material yang ada di dalam lubang sumur bor.

  103. Mas.. Drmh ortu saya pnya pompa air dragon manual, trs rencananya saya mau jadikan sumur bor dgn mesin pompa panasonic 125 , kira bisa gak ya ? Gmna caranya. , krn mesin pompa g ada cuma itu, panasonic 125

    • Perhatikan kedalamannya. Jika masih kurang dari 11 meter maka bisa menggunakan berbagai jenis pompa sumur dangkal seperti panasonic 125

  104. sy punya sumur bor kedalaman 80 m. tlg direkomenkan alat apa saja yg perlu saya siapkan?? apakah bs pakai pompa air biasa?

    • Dengan kedalaman 80 meter diameter lubang sumur minimal harus 4 inch. Gunakan jenis pompa submersible ukuran 2 sampai 3 inch dengan daya minimal 1HP.

  105. Mas, ini saya mau membuat sumur bor. Dengan kedalaman sumur 24 meter. Lebih baik menggunakan diameter lubang 3 inch atau 4 inch ya?
    Seumpama saya menggunakan diameter 4 inch, Untuk pengeboran 24 meter itu apa semua(dari atas sampai bawah) akan dibor dengan diameter 4 inch ?

    • Akan lebih aman jika sepenuhnya memakai diameter 4 inch. Ini untuk memudahkan pemilihan jenis pompa yang nantinya bisa dipasang dengan kedalaman pipa hisap secara maksimal.

  106. Mass mau tanya di rumah ku pake pompa air merek lakoni type Dwp 375 a yang aku tanyakan air yang keluar kok kecil ya padahal kedalaman sumur 29 meter

    • Apakah sudah terpasang sesuai dengan spesifikasi produknya?. Tidak boleh terlalu banyak lekukan di pipa hisap, Jarak pompa dengan lubang sumur seminimal mungkin, Tegangan listrik harus stabil tidak bisa kurang dari 210 VOLT agar RPM mesin normal.

  107. Mas mf saya sudah punya lobang sumur bor kedalaman 150 m..digunakan untuk industri,dan saya menggunakan sumersible SUMOTO ukuran 3 pk…sering keteter,,apakah kurang besar ukuran pompanya,,apa mungkin kwalitas pompanya kurang bagus,,kalo idealnya harus mnggunakan yang berapa pk,???? Terima kasih di tunggu info nya

    • Sebenarnya untuk pompa dengan daya antara 2pk hingga 6pk (Grundfos dan Franklin) memiliki daya hisap bisa sampai 190 meter dengan kondisi semua faktor pendukungnya bekerja optimal.

      Untuk pemeriksaan pastikan saja kelistrikan yang menyuply mesin pompa selalu normal, tegangan harus stabil tidak pernah drop sampai di bawah kisaran 210 volt AC karena akan menyebabkan RPM mesin turun.

  108. Maaf mas mau nanya , kalo pompa sumersible yang pipanya 2 inci berapa watt ya listriknya , soalnya mau pasang pompa takut tidak cukup listrinyq karena masih menggunakan 450 .
    Terima kasih

    • Untuk ketersediaan daya listrik 450 maka pilihannya cuma pompa dengan daya 0,25PK sama dengan sekitar 200watt sampai 0,5PK sekitar 350watt.

  109. Saya berencana membuat sumur bor dengan kedalaman 12 meter menggunakan casing pralon 4″. Debit air pada beberapa sumur gali dilingkungan saya terlihat cukup bagus.
    Dengan kondisi tersebut apakah sumur bor diameter 4″ kedalaman 12 meter tsb bisa untuk mengisi bak tandon kapasitas 520 liter dalam sekali isi? atau malah sumur kehabisan air sebelum tandon 520 lt penuh?
    Mohon pencerahannya ya. Terimakasih sebelumnya.

    • Perbedaan antara sumur bor dan sumur gali adalah pada ketersediaan kapasitas sumber airnya. Jika sebuah sumur gali diameter 80cm memiliki kapasitas air sedalam 1 sampai 1,5 meter artinya setok yang tersedia sudah mendekati 1000 liter.

      Jadi perhitungannya juga sama, jika membuat sumur bor yang nantinya akan di gunakan untuk menyuply tandon 500 liter, upayakan stok kapasitas air yang tersedia di dalam lubang selalu mencukupi.

      Perhitungannya menggunakan rumus volume silinder yang mana jika diameter 4 inch maka minimal kedalaman air yang ada di lunang sumur adalah 5 meter agar dapat mengisi tandon 500 liter.

  110. halo pa’ Admin, saya punya sumur bor dikedalaman 80 m, dan kebetulan tidak ada listrik disana, tolong dibantu pa’ pompa apa yang cocok dan spek genset yang sesuai dengan pompa tersebut

    • Dengan kedalaman tersebut, jika lubang sumur bor adalah 4 inch maka pemilihan pompa adalah jenis submersible, minimal memiliki daya 1 sampai 2 pk kebutuhan daya listrik antara 1000 sampai 1800 watt. Untuk spesifikasi generator bisa googling saja ke situs penyedia genset untuk memperoleh informasi lebih detail.

  111. Jika air PAM tidak bisa naik ke lantai 3 tempat tandon pompa apakah yg perlu dipasang?
    Dan bagaimana jika saya mau menggali sumur di daerah Kalpataru Malang?

    • Untuk menyuplay air menuju lantai 3 masih cukup mumpuni dengan pompa sumur dangkal. Akan tetapi lebih baik dengan membuat penampungan bawah terlebih dulu dari pada menghubungkan unit pompa secara langsung pada pipa PDAM.

  112. Selamat pagi, Mas. Saya berencana memiliki sumur bor kedalaman 60 mtr, yang airnya akan digunakan utk mengisi toren kapasitas 2000 ltr, utk kebutuhan rumah tangga biasa dgn 8 org. Sebaiknya pakai pompa jenis apa yg paling tepat, dengan pertimbangan biaya jangka panjang? Jetpump atau Submersible? Type dan merk? Mohon sarannya. Terima kasih.

    • Untuk kedalaman 60 meter akan lebih optimal menggunakan submersible. Minimal menggunakan pompa dengan daya 1/2 pk. Merek banyak sekali tersedia dipasaran dengan harga yang berfariasi.

    • Kedalaman lebih dari 11 meter harus menggunakan pompa jenis JetPump. Minimal lubang sumur harus berdiameter 4 inch.

  113. Mas, mau tanya, di antara 3 merek pompa submarsible ini, mana yg paling bagus?:
    1. Dab king
    2. Dab decker
    3. Nasional
    Saya udah sepakat mau bor, kata tokonya ada 3 pilihan, tp kalo ditanya mana yg paling bagus, selalu dijawab bagus semua. Kata dia lebih bagus dr simizu itu merek.
    Kalo menurut Mas, mana yg lebih bagus?
    Terima kasih…

    • Mohon maaf sebelumnya, selama kami menangani segala bentuk proyek air, belum pernah menggunakan unit pompa dengan merek tersebut. Khususnya unit submersible, kami tidak mau ambil resiko dengan pompa yang belum pernah kami tau akan kinerjanya.

      Dengan harga yang mungkin lebih mahal, grundfos atau franklin adalah yang sering kami gunakan dan belum pernah menemui kendala atau persoalan.

  114. mas admin, mau tanya saya rencana mau buat sumur bor untuk keperluan rumah tangga ( 10 orang anak kos) katanya rata rata kedalaman sumur bor kurang lebih 100 meter, sebaiknya kami menggunakan mesin merk apa dg daya berapa dan pipanya menggunakan ukuran berapa, kira kira berapa budgetnya ya?

    • Jika sudah melebihi kedalaman 50 meter lebih baik menggunakan pompa submersible. Ukuran lubang sumur minimal adalah pipa casing 4 inch.

      Keperluan pipa besi untuk unit pompa dihitung setelah pengeboran selesai di bagi dengan panjang 6 meter. Budget untuk pengeboran 100 meter lengkap dengan unit pompa dan instalasinya skitar 80 sampai 120 juta tergantung dari spesifikasi yang diminta dan ini belum termasuk pengadan suplai daya listrik. kualitas unit pompa, material dan peralatan pendukungnya memakai kualitas baik (kami lebih mengutamakan kualitas untuk jangka panjang).

      Untuk menekan budget mungkin bisa menggunakan merek pompa yang belum terkenal (produk promo), kemudian komponen pendukung lainnya menggunakan kualitas rendah, daya tahan dan kemampuan kami belum pernah mencobanya.

  115. Mau tanya mas di kompel kami menggunakan sumber air WTP dengan casing sumur 8″ dengan kedalaman 120m dan permukaan air di 70m airnya bagus bersih, cman yang jadi masalah adalah pompa cepet sekali rusak, paling bertahan sekitar 4 bulan, bahkan pernah ada yang satu bulan di karenakan sumurnya mengandung banyak pasir, ada saran ga pompa yang tahan dengan kondisi seperti itu

    • Segala jenis pompa sumur dalam memang sangat riskan jika kondisi air selalu membawa material seperti lumpur atau pasir yang membuat kinerja mesin pompa menjadi berat.

      Apakah penempatan posisi unit pompa sudah berada pada jarak (spasi) yang aman dari dasar permukaan sumur? Dikhawatirkan ini hanya persoalan pompa yang terlalu terbenam sampai mendekati dasar sumur sehingga endapan pasir selalu terhisap pompa.

  116. salam kenal om… rumah sy di ketinggian s.d 20m. skrg sdg dibuatkan sumur bor. karena longsor terus dipasang casing 4 inci sd kedalaman 16m. dites airnya trnyata debitx kurang. saat dicuci Selang air tersedot bahkan Selang jadi kempot.. katanya mo dicuci lagi agar debit bisa bertambah…bener kah om? klo ga ngaruh apa yg musti dilakukn om? trimaksi

    • Permasalahan debit kurang bisa jadi disebabkan karena pipa hisap menggunakan jenis SLANG (bukan pipa tebal) yang mana jika daya hisap pompa terlalu kuat memang akan berakibat kempot sebelum terisi air.

    • Min..
      Mau tanya,dirumah saya menggunakan pompa benam,dengan kedalaman sumur 50-60 meter.debit air yg keluar memang besar,tapi terkadang airnya keruh,itu penyebabnya apa dan kalau ingin mengukur kedalaman air gimana caranya..
      Terimakasih

    • Air keruh jelas karena kondisi fisik sumber mata air. Bisa saja pemicunya adalah endapan yang sudah tebal, adanya longsor dinding lubang sumur jika tanpa pipa casing.

      Mengukur kedalaman tentunya sudah dilakukan ketika proses pengeboran dengan menghitung potongan pipa yang bisa masuk kedalam lubang hingga ke dasar sumur.

  117. mas sy ada pam tapi ga bisa naik ke torn yang tingginya skitar 10-12 meter, saya ingin menggunakan pompa yang bisa narik air PAM tsb dari atas (disamping torn), (tetapi jangan yg terlalu kuat agar tidak mempengaruhi debit air tetangga). apakah hal tsb memungkinkan?
    pompa apa yang bisa saya gunakan? terima kasih

    • Instalasi pompa air secara direct dari jaringan PAM sebenarnya kurang di anjurkan. Lebih aman menggunakan sistem penampungan atau transfer seperti yang kami ulas pada artikel berikut ini. Klik Disini.

  118. Siang mas, mo nanya, mampukah daya listrik rumahan 450 dipasangi pompa air jet pump dengan spesifikasi daya tertulis 350 watt? Apakah MCB listrik pada meter listrik tidak akan turun

    • Masih aman jika pompa dihidupkan tanpa bersamaan dengan perangkat elektronik lainnya yang memiliki daya besar.

  119. Mz,saya punya sumur bor 40m,cesing 4in,permukaan air sekitar 15m,tp sudah ada jetpum, kalo saya masukin pipa semi jetpum dg kdalamn segitu dan 2 mesin,kira2 air bisa terhisap gk mz?

    • Sepertinya akan kesulitan jika dipasang semmi jetpump mengingat permukaan air berada pada kedalaman 15 meter, sedangkan semijetpump memiliki daya hisap maksimum adalah 11 meter saja.

  120. Mas mau tanya :
    Saya mau buat sumur bor 50 meter, mesin jet pump daya hisap 40m,saya survey 2tukang bor:
    Tukang 1.: Pipa casing 4′ 4batang(24m),selebihnya pipa 2,5′
    Tukang 2: pipa casing 4′ semua
    Yang mau saya tanya APA perbedaan nya mas???Dari segi debit air nya gmn???moon pencerahannya mas
    Tks

    • Saya sarankan menggunakan diameter lubang 4 inch total hingga ke dasar. Hal ini untuk memaksimalkan kinerja mesin jetpump yang akan dipasang. Selengkapnya simak lebih rinci tentang memasang jetpump pada sumur bor.

  121. Mas mohon saran:
    1. Apakah membuat sumur bor lebih baik saat musim kemarau atau musim hujan ?
    2. saya ingin menggali sumur sedalam 25 mtr atau lebih. Lokasi tetangga sdh dapat dg kedalaman 12 meteran. apa syarat penggalian yang baik, apakah sesudah ditemukan pasir ? atau di teruskan sampai kedalaman tertentu (25 mtr spt yg saya inginkan)?
    3. penggunaaan Listrik , Lebih efisiensi yg mana antara submersible atau jet pump ?

    • Memang akan lebih baik membuat sumur bor ketika musim kemarau untuk mendapatkan sumber air yang murni tanpa tecampur dengan resapan dari air permukaan.

      Jika memungkinkan dan ingin mendapatkan sumber air yang baik lakukan penggalian semaksimalnya. Mencapai lapisan tanah berbatu dan berpasir sudah menandakan level sumber air yang baik.

      Pemakaian listrik sesuaikan saja dengan kebutuhan kapasitas debit airnya.

  122. Mas saya di kaltim blum tau pomp s sible Tolong rincikn apa2 yg di pesan beli pompa untuk sumr bor pipa siring 4 inc kedalaman skitr 20m dan rekom mas merk apa yg murah tapi dah dibilang bagus perkiraan brapa hrga msinya.. makasiih

    • Jika kedalaman sumber air masih kurang dari 50 meter maka masih bisa menggunakan pompa jenis jetpump. Untuk kedalaman 20 meter bisa menggunakan shimizu PC-260 BIT

  123. mas mau tnya, pompa saya jenis submersible, dengan kedalaman hampir 60 meter, kemaren air saya tidak keluar dan setelah ditarik pipa keatas ternyata pompa tertutup oleh lumpur dan kabel panas sehingga terpaksa ganti kabel dan mesin normal kembali.. namun sewaktu mesin diturunkan menurut tkg 1 pipa tdk usah dipasang karena untuk menghindari longsor tanah . jadi dari 8 buah pipa sebelumnya yg dipasang hanya 7, apa benar pendapat tsb?
    skrg air keluar besar namun keruh/butek..,pdhal sbelumnya air sdh bening/jernih, mengapa terjadi hal tsb?
    dan apakah sumber air dapat mengering saat musim kemarau?,karena menurut tkg saya, hal tsb tdk mungkin krena kl tekor pasti sdh terjadi,krena mesin saya hidupkan berjam-jam namun air tetap keluar besar namun butek/keruh.
    terima kasih,

    • Pertama langkah antisipasi untuk menghindari unit pompa terbenam endapan memang benar harus mengurangi kedalaman dengan mengurangi jumlah pipa terpasang.

      Kemudian masalah air keruh bisa terjadi karena endapan sudah menumpuk yang mana jika dalam kondisi pompa hidup maka di dalam akan terjadi getaran sehingga endapan terurai dan terbawa air naik ke atas.

      Untuk menganalisa kondisi sumber air tekor atau tidak sesuaikan saja dengan kebutuhan tangki air yang akan di suplai oleh pompa. Yang pasti selama air masih keruh usahakan pompa sering di hidupkan (dikuras) dan jangan sampai terjadi endapan.

      Yang perlu di waspadai adalah terjadi longsor pada dinding lubang pengeboran apakah sudah terpasang pipa casing dengan benar.

  124. lanjutin yg lalu mas.. skrg sumur 4″ dlm 45 m sdh jadi.. sy pk shimizu sub 315. sehari didiamkan air keluar full pipa 3/4 tp cm bertahan 5 menit. slanjutnya klo spt itu kondisinya..gmn y? apa disuntik lg 2″ bs membantu? ato mas ad saran? gmn sbaiknya .. trimaksi.

    • Apakah yang dimaksud adalah shimizu 375 yang memiliki daya hisap maksimal 40 meter. Kemudian berapa meter panjang pipa hisap yang terpasang? Dan kedudukan permukaan air ada di kedalaman berapa?

      Ini untuk menganalisa apakah jenis pompa yang dipilih sudah sesuai dengan spek yang di butuhkan. Jika persoalannya adalah sumber air yang tekor maka memang perlu untuk menambah kedalaman sumur.

      Namun perlu diperhatikan bahwa sedalam apapun suntikan tidak akan bisa efektif jika ternyata posisi injector jetpump berada jauh dari permukaan air atau tidak terbenam.

  125. saya mempunyai sumur bor dengan kedalaman 50 meter namun masih ditemukan kandungan minyak apakah bisa hilang kandungan minyak tsb?, dengan kondisi air keruh, bagaimana solusinya ?

    • Dalam kondisi seperti ini biasanya akan sulit sekali diprediksi sampai kapan kandungan minyak tersebut akan hilang dari sumber air. Setidaknya melakukan survey terlebih dahulu dengan radius minimal 50 meter sampai 300 meter apakah ada pemilik sumur bor lain dan bagaimana kondisi sumber airnya.

      Jika memang mereka ada yang mengalami masalah serupa, artinya memang lokasi tersebut memiliki jalur minyak dan tampaknya akan banyak memakan biaya untuk dapat menemukan sumber air murni dengan cara berpindah pindah pengeboran.

  126. Pak saya masih bingung pilih mesin pompa antara jetpump atau semijet, karena sumur saya hanya 20 meter dengan permukaan air lebih dari 11 meter

    • Lebih aman menggunakan jetpump untuk mengantisipasi adanya penurunan debit sumber air pada saat tertentu.

  127. lanjutin lg mas… yg kmrn itu sy pake submersible 315k u sumur 40m.. tapi airnya cmn bertahan 5 menit. skrg sdh disuntik 2″ sedalam 20m. pompa dirubah pake jetpom shimizu pc 375. jetnya di 40m dan pipa hisapnya 4 batang. tp air keluar kecil padahal dibenang permukaan air ada di 10m.. kenapa y mas? minta pencerahannya dong. Trimaksi

    • Nah, persoalan seperti ini sering terjadi pada pemasangan jetpump yang mana jarak pipa yang berada dibawah injector (mata jat) menuju foot valve terlalu panjang.

      Meskipun dapat menghisap air, biasanya debit yang dihasilkan tidak akan bisa optimal alias kecil. Coba dikurangi panjang pipa yang berada di bawah injector maksimal satu batang pipa 4 meter ukuran 1 inch.

  128. saya pake pompa air grundfos basic5 airyang keluar kurang apa ada pengaru setela ganti klep merek onda, atau pengaru ada tetangga yang bikin lubang bor yang jaraknya 20 meter dari tempat saya posisi tana miring bor tetangga posisi di bawah

    • Sepertinya untuk jarak antara 2 lubang sumur yang cukup jauh tidak terlalu berpengaruh dengan debit air milik anda. Yang patut dijadikan analisa adalah spesifikasi unit mesin pompa nya berapa daya hisap maksimum? Berapa meter jarak pomp dengan permukaan air, dan berapa meter pipa hisap terbenam kedalam air.

  129. Mas.. Sumur saya kedalaman 20 meter.. Tapi jarak dari sumur ke penampung air mencapai 40 meter..kondisi sumur ke penampung datar.. Paling bagus pake pompa jenis ap y mas? Sama merek dan typeny..biar air keluarny besar dan tidak memakan banyak listrik.. Daya listrik 900watt.. Terimakasih..

    • Kedalaman sudah melebihi 11 meter sehingga harus menggunakan type jetpump dengan daya listrik sekitar 250 watt. Contoh produk shimizu PC-250 BIT

    • Mas saya tanya, sumur bor sdh dua bulan di buat tapi air tetap berpasir. Kedalaman 40 meter pipa hisap sampai 20 meter, sdh lama kok ngak bening stabil. Artinya setiap hidupkan mesin, air keruh, berpasir selama 1 jam. Bgmna solusinya supaya tak betpasir

    • Dengan kedalaman 40 meter apakah sudah terpasang pipa casing sepenuhnya? Kemungkinan timbulnya persoalan pasir adalah karena struktur tanah lubang pengeboran selalu longsor.

  130. pompa submersible merek apa dan tipenya yang tahan lama, air banyak permenit dasar air di 30 meter listrikdi rumah 1300

    • Untuk kedalaman sekitar 30 meter dan daya listrik yang tersedia 1300 watt, bisa menggunakan pompa submersible dengan daya 0,25PK. Contoh produk Shimizu SP-310 BIT.

  131. Permisi om… Saya Mau Tanya, Saya punya sumur dengan kedalaman 30MTR, casing yg digunakan 1in, pompa APA yg bisa di gunakan untuk sumur tersebut. Karena casing yg di gunakan 1in. Sementara Saya menggunakan compresor buat memompa air v hasil air kurang maksimal.

    • Permasalahan seperti seringkali dipertanyakan dan merupakan hal yang paling salah dalam pembuatan sumur bor. Untuk diameter sumur kurang dari 4 inch hanya akan efektif jika kedalamannya kurang dari 11 meter karena hanya tersedia semi jetpump dan pompa sumur dangkal.

      Sumur sedalam lebih dari 11 meter mutlak harus berdiameter minimal 4 inch. Hal ini akan memudahkan dalam pemilihan jenis unit pompa yang akan dipakai.

    • Untuk memberikan penilaian mana yang terbaik dari kedua produk pompa air tersebut tampaknya akan seimbang. Daya tahan unit pompa berserta kinerjanya juga dipengaruhi oleh pemasangan instalasi yang tepat sesuai dengan standartnya.

  132. Mas..mohon pencerahnya
    Titik sumur bor dibawah lereng sementara posisi penampungan air di atas lereng.elevasi lereng kurang lebih 30 m, jarak sumur bor ke penampungan air kurang lebih 150 m, spesifikasi mesinnya seperti apa dan berapa unit mesin untuk air sampai di prifil tank ?

    • Lebih aman jika memilih type submersible minimal dengan daya 1PK dan cukup menggunakan satu unit saja.

  133. Jenis pompa apa yang cocok jika menggunakan sumber mata air dengan elevasi 57 M dan jarak dari mata air kereservoir 350 M.

    • Bisa menggunakan 2 pompa secara estafet untuk hisap dan transfer jika daya listrik yang tersedia minim, Sedangkan jika budget dana besar maka bisa dipilih pompa jenis CR (milik grundfos)

  134. total sumur bor 20 meter..9 meter pipa 4 inci..11 meter pipa 2 inci..sy pakai sanyo biasa pipa 1/2 inci sepanjang 19 meter..air lancar..tp klo musim kemarau air ketuntut 1 jam d diemin br bs naik..klo d ganti sm jet pump apakah lancar?merak apa jetpump nya?

    • Tampaknya bukan masalah pompanya namun sumber air yang kurang saat musim kemarau, untuk jenis sumur tersebut hanya ada dua pilihan jenis pompa yang cocok yaitu pompa sumur dangkal dan semi jetpump yang mana paling efektif untuk kedalaman sampai 11 meter saja.

  135. Pak, saya punya sumur dlmnya kira2 30 mtr pemakaian 2 tahun pertama airnya bersih dan jernih, tapi 2 thn belakangan airnya jadi keruh, apakah saya harus buat sumur baru dan kedalaman berapa, daerah saya dikeluarkan durikosambi Jak bar. Terima kasih

    • Apabila debit sumber air masih optimal (tidak kurang) maka permasalahan air keruh kemungkinan adalah karena adanya kotaminasi dengan resapan dari permukaan atau pipa casing yang bermasalah.

      Kemungkinan lain adalah sudah menumpuk endapan hingga berada dekat dengan posisi foot valve. Ada baiknya sumur dikuras saja oleh tukang bor tanpa menambahkan kedalaman.

  136. Mas, jet pump di kantor di daerah Ciputat – Gaplek rusak. Kedalaman sumur sekitar 25-30 meter dan pipa ke bak air sekitar 9 – 10 meter keatas. Kondisi air bisa menimbulkan endapan karat. Sebelumnya pakai Shimizu PC 268 BIT dan sudah direparasi, hanya bisa hisap tapi tidak kuat dorong ke atas. Sebaiknya saya ganti dengan merek dan tipe apa yang lebih baik. Budget harga pompa sekitar 3 s.d. 3,5 juta.

    • Shimizu termasuk merek yang cukup layak dan bisa dibandingkan dengan merek lainnya. Untuk kedalaman lebih dari 11 meter hingga 50 meter pasti harus menggunakan type jetpump. Seperti model PC250 BIT sudah sangat mumpuni untuk spesifikasi sumber air yang anad miliki.

  137. Maaf sekali, saya mau nanya nih Pak!
    Kebetulan kami baru gali sumur di masjid dengan kedalaman 24 meter, saya beli pompa air Lakoni yang daya hisap 50meter , sementara Meteran Listrik cuma 1300VA , sehingga mesinnya gk bisa di pakai karena Meteran sering Loncat
    gimana solusinya Pak
    Makasih sebelumnya,

    • Memakai pompa lakoni type apa? disitu pasti ada data spesifikasi berapa daya yang diperlukan. Jika memang melebihi daya listrik yang tersedia maka tidak ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengoperasionalkan pompa tersebut.

  138. mas,sumur bor di rumah saya kedalamannya skitar 140 meter,dan mengisi tandon yg tingginya kira2 6 meter,kira2 pompa merk apa yg bisa di gunakan?

    • Gunakan pompa submersible dengan daya 1,5 hp. Merek ada banyak sekali dipasaran. Contoh:SP-333K BIT

      Fitur Utama :

      Power : 220-240V
      Daya (kW) : 1.1
      Daya (Hp) : 1.5
      Head Max (m) : 143
      Tipe Kabel : H05RN-F
      Diameter Kabel : 1.0MM2

    • Memakai jetpump atau submersible. Sesuaikan dengan kebutuhan debit air terhadap kapasitas sumber air yang tersedia atau spesifikasi sumur bor.

  139. Mas.mau tax.apa penyebab dari debit air yg kecil saat pengisian tandon.pompa air yg di pakai shimizu pcj 375 bit. Daya listrik rumah 5500 watt. Kedalaman sumur bor 90 meter. Jarak pompa ke tandon 50 meter. Mesin di buka full tekananx.menunjukkan ke angka 30 psi. Dari awal pemakaian debit air sdh lemah. Air yg keluar bersih. Tdk trdpt kebocoran. Tegangan listrik normal.

    • Apakah pemilihan pompa ini sudah tepat? PC375 memiliki spesifikasi daya hisap maksimum 40 meter. Pastikan sekali lagi berapa panjang pipa hisap yang terpasang dan seharusnya menggunakan pipa ukuran 1 inch dan 1,25 inch serta tidak ada sambungan bawah injector yang terlalu panjang sampai pada tusen klep.

  140. Mas mau nanya…
    Jet pump Untuk sumur Bor sedalam 20 meter bagus nya pake merk apa yah???
    Pipa 4 inchi,Permukaan air sekiran 16-17 meter???
    Mohon Balasan nya agan…
    Tks

    • Untuk kedalaman sumber air yang sudah melebihi dari 11 meter harus menggunakan type jetpump.

  141. Mas Admin, tolong rekomendasi jenis pompa dan spesifikasi dan kontak dari toko atau ahlinya. Saya berniat menarik air dari sungai untuk kebutuhan pengairan dengan jarak ke bak penampungan kurang lebih 300 m dan ketinggian 70 m, Terima Kasih

  142. Mas mo nanya tadi saya dapat job pasng pump submersible,cuma saya lupa berapa PK mengunakan suberlistrik pakai inverter 1200 watt 20 amper,tapi kok gak mampu,ada solusi gak mas?

    • Ini yang cukup sulit jika lupa berapa daya atau power pompa itu sendiri. Setidaknya bisa diperkirakan bahwa untuk 1PK membutuhkan daya listrik sekitar 700 watt.

  143. Pompa air saya memakai 10 casing 4 inch, dgn mesin menggunakan submersible, bor-bor an mencapai hampir 60 mtr, namun air terasa lengket ditangan dan berwarna keruh…mhn penjelasan

    • Sebaiknya dilakukan pengurasan lebih lama. Hidupkan pompa dan buang air sampai beberapa hari dan terus di amati perubahannya. Apabila keruh hanya karena ada endapan sisa pengeboran maka akan segera jernih setelah air banyak di buang.

  144. Mas, saya sedang proses pembuatan sumur, pakai jasa pembuat sumur bor. Sudah capai 42m, katanya sudah cukup, casing 4″, pipa sedot 1″, lalu diinstallah submersible 0,75hp merk airlux. Tp sedot 1 menit air habis dan harus tunggu 15menit. Kira2 apa kendala dan solusinya? Apakah tdk terbentuk atau ketemu rongga/kolam tampung di bwh sana? (Tukangnya malah bingung, kurang pro). Biaya sudah keluar bnyk.

    • Kondisi seperti ini sudah jelas karena kapasitas sumber air yang tidak mencukupi untuk disuplai ke permukaan. Untuk instalasinya kami rasa sudah benar apabila telah berhasil bisa menyuplai air meskipun hanya sesaat saja,

      Solusinya tukang bor harus dapat memastikan bahwa debit sumber air melimpah. Estimasinya begini, jika kedalaman sumur 42 meter dan dipasang submersible 0,75PK maka sumber air harus tersedia minimal sedalam 15 meter dari total kedalaman sumur dengan diameter 4 inch agar stok air tidak terlalu limit.

  145. Mas, sy mohon kali balasan petunjuknya. Di perumahan sy air satelit kedalaman 130mtr n skrg dibikin lg yg baru 150 meter kadang airnya sedikit, jd sy juga tidak kedapatan air. Mas, apakah cocok jika Sy mau ngebor sendiri sumur sedalam 160/170/180 mtr melebihi kedalaman air satelit di perumahan sy? Cocoknya pakai pompa merek apa yg bagus n harga berapa? Berapa PK? Kabelnya merek apa yg bagus n berapa ketebalannya? Listrik PLN sy 1300 apakah cukup dayanya? Casing merek apa yg bagus n berapa inch? Harga/ongkos pengeboran sumur sedalam 160/170/180 mtr biasanya berapa ya!? Thks.

    • Bisa saja anda membuat sumur bor sendiri, dengan kedalaman 160/170/180 tetap harus menggunakan pompa jenis submersible. Diameter pengeboran jika memungkinkan dibuat ukuran 6 inch. Minimal harus tersedia daya listrik 3000 watt. Contoh produk grundfos SP3A-29 daya 2.20 kW, output 1-1/4″, debit 73 l/min HEAD: 180 m

      Untuk harga pompanya sendiri kisaran US$1,500 sedangkan untuk biaya total bisa mencapai Rp 100 sampai 150 juta. Sudah terima jadi include semuanya.

  146. Mas ditempat sy ada sumur bor kedalaman 84 meter. Mesin ditanam di kedalaman 40 meter. Awalnya mesin dan penyedotan berjalan normal. Tetapi belakangan ini, setiap mesin dinyalakan, listrik selalu jeklek (mati). Masalahnya apa ya dan solusinya apa? Trims.

    • Mohon di informasikan jenis mesin apa yang digunakan. Maksudnya mesin ditanam apakah jenis submersible?

  147. mas saya mau tanya ,,saya punya rumah baru,dan saya ngebor iar dengan kedlaman 100meter lebih,,,saya mesti pake merk apa untuk mesin airnya mengeingat saya ga pake tandon (ga suka tandon)..makasih,,jarak dengan sumur bor dengan posisi mesin air sekitar 3 meteran,,,

    • Untuk kedalaman lebih dari 50 meter sudah harus menggunakan pompa jenis submersible. Memiliki tandon menjadi mutlak dan harus jika memakai mesin pompa berdaya besar.

      Jika tidak menghendaki tandon, resikonya anda harus mengoperasionalkan pompa secara manual karena untuk kedalaman tersebut sangat tidak efektif jika masih mengandalkan kontrol jenis pressure switch.

    • Maaf pak saya punya usaha cucian mobil dg sumber air sumur dlm 35 m, kapasitas bak penampung /tower 25 M³, ketinggian tower 6 m dr permukaan tanah, sekarang sy pake jet pump nocci tp debitnya sangat kecil, sehingga mesin non stop. Baiknya pakai mesin air merk/type apa ya pak? tks

    • Untuk penampungan berkapasitas 25m kubik sudah jelas akan kuwalahan jika menggunakan pompa jetpump. Minimal sudah menggunakan unit pompa submersible dengan kapasitas debit antara 100 hingga 200 liter/ menit agar setiap kubiknya bisa dicapai hanya dalam waktu antara 5 hingga 10 menit saja.

    • Yang dimaksudkan pompa sebagai suplai tangki atau apa? pertama pastikan dulu spek instalasi yang akan di pilih. berapa kapasitas tangki, berapa jarak pompa dengan tangki kemudian berapa daya listrik yang bisa terpenuhi.

      Apabila yang di maksud ini seperti perkiraan saya yaitu usaha isi air galon, maka cukup memakai jenis pompa sumur dangkal.

  148. mas, saya mau tanya. saya punya sumur kedalaman 7 meter. cuma jarak antar sumur ke rumah 22 meter. bagusnya saya pake pompa air atau jet pump ya? daya brp ya ? trims

    • Untuk kedalaman sumur kurang dari 9 meter bisa menggunakan jenis pompa sumur dangkal. Daya listrik sekitar 125 watt. Lebih dianjurkan memasang pompa sedekat mungkin dengan sumber air akan lebih efektif daripada memilih pompa berdaya besar namun terpasang jauh dari sumber air.

  149. mas saya mau tanya..saya pnya zumur kedalaman -+ 15 meter.dan jarak sumur dari rumah 150 meter.posisi agaak menanjak sampai ke rumah..bagusnya pakai pompa air jenis apa..dan merek apa yg kuat..makasih sebelumnya maz..

    • Untuk spesifikasi tersebut harus menggunakan pompa dengan spek tinggi. Tentu biaya instalasinya juga sangat mahal. Contoh produknya adalah pompa jenis submersible atau juga bisa menggunakan type NK, NKG, NKE, NKGE | Grundfos

  150. Salam kenal, dirumah saya sufah dibor sedalam 8 pipa, menggunakan jet pump shimizu pc 267,kalau keluar air ada endapan tanah berwarna coklat kadang abu2, awal baru di bor sempat jernih, trus akhirnya pipa dikurangi karena katanya kena lapisan tanahnya tetapi masih sama saja ada endapan tanah. Mohon solusi nya. Sebelumnya terima kasih

    • Untuk persoalan kualitas sumber air, sebaiknya dilakukan survey terlebih dahulu pada sumber air (sumur) milik masyarakat sekitar bagaimana kondisinya. Apabila memiliki maslah yang sama artinya memang letak geografisnya yang menjadi pemicu.

      Untuk penanganan masalah sumber air yang kurang bagus memang cukup kompleks. Bisa disebabkan pipa casing tidak tepat, unsur kandungan airnya, serta lokasi. Penggunaan filter air bisa menjadi solusi apabila secara teknis memang tidak memungkinkan untuk bisa memperoleh sumber air dngan kualitas baik.

  151. Malam mas,
    Skrng saya sedang bikin sumur bor kedalaman 30 meter, dan saya sudah beli mesin shimizu pc 260, baiknya pipa dorong dan pipa hisap dipasang berapa meter kedalam sumur..?apakah harus pakai tambahan tesen klep (valve) ?

    • Tusen klep harus dipasang. Panjang pipa hisap yang terpasang tidak boleh melebihi kemampuan maksimum daya hisap mesin pompa. Untuk kedalaman 30 meter, sebaiknya pipa hisap diberikan spasi minimal 1 meter dari dasar sumur untuk menghindari adanya endapan.

  152. mas mau tanya…saya baru bikin sumur bor…memakai pipa kesing 9…apakah ada pengeboranya sampai 42 m…

    • Untuk mengetahui berapa kedalaman pengeboran bisa dihitung dari jumlah panjang alat pipa bor yang digunakan oleh tukangnya.

  153. Assalamu’alaikum. Mas kalo pompa jet pump selalu habis air pancingannya, masalah dimana hampir setiap 3 hari harus tambah air untuk pancingan….

  154. Selamat siang maaf mas mau tanya nih..saya mau bikin sumur bor nih di perumahan cuman posisi tanahnya agak tinggi saya disarankan untuk memakai yang submersible engine nah yang saya ingin tanyakan untuk kelemahan dari mesin tersebut apa? Dan untuk pengoperasian kapasitas listrik itu memakan berapa watt ? Terimakasih sebelumnya.. wassalam

    • Untuk jenis pompa submerible harus diketahui terlebih dahulu kedalaman sumber airnya. kemudian debit air yang diinginkan permenit berapa liter? Sebagai contoh:

      Kedalaman 100 meter dan debit 200 liter per menit maka memerlukan daya listrik minimal adalah 5000 watt dengan ukuran pipa output diameter antara 2 hingga 3 inch.

  155. Mlm min, sy mw tny type mesin summersible slain grundfos krn pny sy pemakaian baru 3thn sdh rusak pd bgian motor macet kedalaman 100mtr, apakah bs dperbaiki ? Klo pun tdak bs mhon info merk lain yg lbih baik, thx…

    • Untuk jenis pompa sub jika terjadi kerusakan pada motornya menurut pengalaman selama ini belum ada yang bisa diperbaiki hingga kembali normal. Masalahnya adalah pada casing motor yang di cor menggunakan bahan kedap air dengan tekanan tinggi.

      Sedangkan untuk merek, sebenarnya grundfos sudah cukup tangguh dan kami hanya menggunakan franklin untuk pilihan kedua.

  156. Selamat malam om,
    Saya punya perencanaan untuk instalasi air di lahan percobaan,
    Rencana kerjanya mau pakai pompa air panel surya.
    Yang jadi pertanyaan saya untuk pipa output 3″ dibutuhkan pompa air jenis submersible dengan kapasitas berapa ya?

    • Untuk pompa dengan diameter output 3 inch bisa menghasilkan debit sekitar 300 liter per menit. Sedangkan daya listrik yang diperlukan untuk operasional mesin pompa sekitar 8000 watt.

  157. Assalamu’alaikum
    Maaf mas, sy punya sumur diameter 120cm dan kedalaman 18m. Sekarang pakai jetpump shimizu 250bit tapi air ditandon sering habis krn dipakai utk produksi (nyuci singkong). Apa sy bisa pasang submersible pump di sumur sy mas?

    • Waalaikum salam, Bisa pak. Yang penting di atas sumur diatur sebuah plendes (flange) untuk mengikat kedudukan pipa agar unit pompa tidak bergerak.

  158. Assalamualaikum ..selamat pagi mas,saya mau nanya kalau kedalaman diatas 100m Pakek sumarsible yg kapasitas berapa kalau untuk pipa 4 dim ,terus listriknya juga berapa ??trims

    • waalaikum salam, Jika yang dimaksud 4 inch adalah lubang sumurnya maka akan lebih aman apabila memakai pompa dengan diameter 2 sampai 2,5 inch. Sedangkan untuk kedalaman lebih dari 100 meter minimal harus menyediakan daya listrik sebesar 7000 watt untuk pompa dengan debit hingga 300 liter/menit.

      Contoh produk GF SP14-23 5.50 kW 2″ 300 l/min 140 m

  159. Assalamu’alaikum..
    mas Admin..minta tolong saranya mz..saya mau pasang submarcible disawah utuk pengairan,saat ini udah terpasang listrik 4.500Kwh untuk mengairi sawah +_3ha idealnya pompa,diameter bor sumur& kedalamanya berapa?..
    trus ada saran lebih baik mengeluarkan biaya banyak untuk membuat sumur bor dari pada beli pompa yang bagus..
    sekian terima kasih

    • Waalaikum salam, Untuk kedalaman sumur kami tidak dapat memberikan analisa karena setiap wilayah akan berbeda. Sedangkan ukuran diameter lubang sumur minimal adalah 4 inch.

      Jika tersedia daya listrik 4,5 KW bisa memilih unit pompa dengan power sekitar 3PK yyang mampu menghasilkan debit sekitar 300 liter/menit jadi sumber air minimal terdapat stok sedalam 20 meter untuk lubang 4 inch.

  160. Mas.. Sy memasang pompa submersible sgn kedalaman kurang lebih 60 M, krn menginginkan kualitas air yg baik krn sebelumnya air dtmpt sy asin dan berkarat. Namun setelah dipasang kwalitas air yg keluar bening namun beberapa saat akan berubah kecoklatan dan agak berbau serta agak payau.. Mohon solusinya u/ saya.
    Trims mas adm

    • Kondisi air payau biasanya memang tampak jernih kemudian setelah diendapkan akan timbul perubahan. Ini peristiwa yang paling sering kali terjadi dan cukup sulit untuk diatasi dari sumber airnya. jadi alternatif yang pernah kami pakai adalah menggunakan filter air hanya untuk mendapatkan kualitas jernihnya namun untuk kadar asin itu sendiri kadang akan tetap ada.

  161. Maaf min mau tanya, saya ada sumur, instalasi yang sudah ada 2 bak penampung,dari bak pertama ke bak kedua jaraknya 300m ,ketinggian nya 140m ,pipa yang digunakan ukuran 2inc,di bak pertama memakai pompa merek grundfos,di bak ke kedua memakai jetpum fungsinya untuk membantu penyedotan.listrik yang digunakan 6 paket.sekarang kondisi mesin pompa di bak pertama macet berjalan baru 1 tahun. Yang mau ditanyakan untuk pergantian mesin di bak pertama baik nya menggunakan mesin jenis apa? Karena memakai dua mesin hasil air tidak maksimal dan boros listrik.trimakasih min

    • Untuk jarak suplai sejauh 300 meter tetap jenis pompa submersible yang memungkinkan. Penggantian unit pompa dengan merek serta type sejenis akan lebih mudah dan tidak perlu merubah konstruksi instalasinya.

      Sementara untuk persoalan boros listrik kadang hanya disebabkan oleh buruknya sistem operasional hidup dan matinya unit pompa yang tidak diatur dengan baik.

  162. Yang cocok untuk jarak segitu berapa pk mesin nya ? Mesin sebelum nya grundfos ms402 buatan meksiko bertahan 1tahun.

    • Unit pompa 1 PK yang bapak gunakan memang terlalu kecil dan akan membutuhkan waktu lama beroperasional sehingga akan memperpendek usia pakai. Jadi untuk memperingan kinerja pompa memang membutuhkan power pompa yang besar agar pompa dapat beroperasi pada waktu yang minim namun menghasilkan debit yang besar.

      Sedangkan untuk menghitung kebutuhan power pompa doperlukan perhitungan mengenai berapa daya listrik yang tersdia dilokasi, kemudian berapa meter kubik air yang dibutuhkan setiap menitnya.

  163. pak mohon maaf sy punya sumur bor ktanya sih udh nyampe 51 meter lebih dan kedalaman air mencapai 18 meter.tp air yg kluar kecil.katany harus ganti pompa pake jetpump.kira2 sy hrus pke Jetpump apa n yg ukuran brpa?ditunggu kabarnya ya pak

    • Apabila kedalaman sumur sudah melebihi 11 meter maka memang harus menggunakan pompa air jenis jetpump.

      Contoh Shimizu PC-503 BIT
      Fitur Utama :

      Voltage/Hz : 220 V/50 Hz
      Daya Output Motor : 500 W
      Daya Input Motor : 1,2 kW
      Panjang Pipa Hisap : 50 m
      Daya Dorong Max : 100 m
      Head (m) : 56, Kapasitas : 21 l/min
      Head (m) : 30, Kapasitas : 30 l/min
      Pipa Hisap : 1 1/4″ inch
      Pipa Tekan : –
      Pipa Dorong : 1 inch

  164. Maaf min numpang tanya ,
    Saya punya sumur bor kedalaman 16 meter . Saya harus pakai mesin apa ??? Tetapi di rumah saya hanya punya tekanan 900 watt. Dan jarak tempuh dari sumur bor berkisaran 110 Meter dan kondisi nya agak menanjak baru sampai ke penampungan. Mohon masukan nya ya min. Thanks

    • Untuk unit pompa bisa menggunakan jenis jetpump karena hanya kedalaman 16 meter dengan daya listrik sekitar 250 watt. Namun yang jadi persoalan adalah jarak suplai sejauh 110 meter dengan elevasi menanjak hingga penampungan ini yang secara teknis memerlukan unit pompa dengan daya yang lebih besar misalkan shimizu PC 503 namun membutuhkan daya listrik minimal 500 watt.

  165. Met pg mas mau tanya. Di tempat saya punya sumur bor kdlman 100 mter. Kedlman 60 mter ada penyempitan solusinya bagsimana

    • Dengan kondisi demikian tidak ada solusi lain kecuali dengan cara dilakukan pengeboran ulang. Apakah sudah terpasang pipa casing? ataukah kondisi pipa airnya masih tertanam hingga terhimpit tidak dapat di angkat?

  166. Maaf min numpang nanya, saya punya sumur bor dengan pipa 2 inchi kedalaman 70 meter dan permukaan air dr daratan > 8 meter, saya coba pakai mesin pompa air dan sanchin 30 A tapi tetap tidak bisak menarik air, kira2 apa permasalahannya ? Thanks

    • Pompa air jenis merek dan type apa yang digunakan? sayang sekali meskipun kedalaman sumur hingga 70 meter jika diameter lubang hanya 2 inch memang sangat terbatas untuk pemilihan jenis pompa yang dapat dipasang.

  167. Min dirumah sya ada sumur bor kedalaman 104 m. Sya mau beli mesin pompa lgy min karena yg lama sdh rusak selain itu mesin yg lama terlalu bising dan wattnya besar. Minta saran min krna mau beli lgy merk yg seperti apa? Dan mesin sebelumnya tdk dibenamkan tetapi diluar.

    • Apabila ukuran diameter lubang sumur minimal adalah 4 inch maka bisa menggunakan jenis pompa submersible. Memilih jenis mesin pompa air memerlukan banyak data yang berhubungan. Listrik yang tersedia berapa watt? berapa debit air yang dibutuhkan, kemudian berapa meter jarak tempuh yang akan disuplai?

  168. Dear Min,

    Saya memiliki lahan 1 ha. lahan tersebut saya gunakan untuk menanam cabe. saat ini saya memiliki 3 buah sumur bor dengan kedalaman rata-rata 25 meter dan casing pipa yang terpasang 3 inch dan 4 inch. Saat ini saya menggunakan jet pump tapi saya merasa supply air untuk tanaman masih kurang.
    Daya listrik 6600 watt.
    Pertanyaan saya apakah saya bisa menggunakan submersible dan merek apa yang cocok sesuai data yang saya berikan. Saya mengharapkan kapasitas air keluarnya di atas 50 menit per liter.

    Terima Kasih
    Salam
    Febrian

    • JIka tersedia daya listrik 6000 watt, akan lebih efektif menggunakan pompa submersible dan tentunya dapat menghasilkan debit air yang lebih besar.

      Contoh produk
      Grundfos SP3A-15
      daya 1.10 kW

      diameter pipa 1-1/4″
      Debit 73 l/min
      Maksimum head 92 m

  169. terima kasih pencerahannya mz..sekali lagi sarannya rencana mau bor sumur 100m utk daya listrik 4.5kw diameter out 2.5-3 inch jenis pompanya ada mz..
    terima kasih

  170. Tanya: sy sdh punya sumur bor kedalaman 7 pipa, casing3 inch. masalahnya sumur tsb mau dipakai 2 keluarga. mohon solusinya supaya masing2 rumah dapat bergantian pakai dgn listrik masing2.
    Nuhun.

    • Untuk diameter 3 inch tampaknya sangat riskan sebab untuk pompa jenis jetpump sebaiknya minimal menggunakan diameter lubang 4 inch. Sedangkan untuk mengatur agar dapat dipakai 2 keluarga dengan penggunaan listrik masing2 maka tetap harus memiliki 2 unit pompa serta pipa hisap yang terpisah.

    • Siang mas. Saya baru ngebor dgn kedalaman 60 meter. Katanya sudah ketemu waterlos. Tp air yg dihasilkan kotor dan mengeluarkan cacing. Waktu itu sudah diangkat 1 pipa dari bawah tp masih saja begitu air ny. Mohon solusi ny mas. Terimakasih

    • komentar bapak sudah saya jawab pada artikel tempat bapak meninggalkan koment sebelumnya mohon diperiksa email

  171. Gan saya punya sumur dangkal 9 meter, jarak dari sumur dangkal ke rumah saya adalah kurang lebih 170 meter saya naik/menanjak, saya menggunakan 3 buah buah mesin pompa air tapi air yang keluar kurang maksimal dan mesin pompa sering rusak, ada rekomendasi jenis pompa air yang cocok untuk kasus saya..

    • Apakah 3 unit pompa tersebut dipasang seri direct untuk bisa mencapai jarak 170 meter? Jika demikian tentu saja air tetap tidak akan maksimal dan kinerja unit pompa juga kurang bagus.

      Kalaupun 3 unit pompa dipasang untuk saling transfer menggunakan bak penampunga masih lebih baik. Akan tetapi untuk type pompa sumur dangkal memang kurang optimal jika harus menempuh jarak suplai lebih dari 25 meter untuk masing2 mesin.

    • Iya mas, maaf 2x komentar. Saya mau tanya lagi. Kata tukang ny, sudah dipasang full casing ny. Trus dia saranin dasar air disetrum sehingga cacing mati setelah itu dikuras? Tepat kah cara itu? Trus apakah pemakaian filter air bisa mengatasi masalah saya? Terima kasih.

    • Memang sebaiknya kalau bisa casing dimatikan dengan catatan sudah diberikan lubang2 halus dibagian bawah kemudian sumur dikuras. Penggunaan filter memang cukup efektif untuk mengatasi masalah keruh dan jika memakai filter dengan teknologi nano juga dapat menetralkan bau atau aroma sumber air.

  172. Saya sempat googling sebentar katanya semi jetpump dengan daya 400 watt lumayan lancar, saya juga mau menanyakan untuk in/out dengan diameter 1 inch to 1/2 inch apakah membebani mesin atau nggak? Soalnya saya udh tanggung beli pipa pvc ukuran 1/2 inch..

    • Pompa dengan daya besar memang akan memiliki debit yang besar apabila pemasangannya sesuai dengan spesifikasi. Namun perlu diperhitungkan sisi efektifnya mengenai daya listrik yang tersedia, kedalaman sumur dengan kebutuhan air.

      Untuk pemipaan instalasi kalau bisa minimal menggunakan pipa diameter 3/4.

  173. Selamat malam..mau nanya nih…saya punya pompa speroni dp 255a. Kondisi rusak..kemudian saya ganti memakai pc 268 bit. Untuk kedalaman sumur saya juga kurang tahu…krn beli rumah bekas. Maslah setelah ganti pompa air menjadi kuning dan kadang berbau..mohon sarannya mengapa hal ini terjadi. Terima kasih sebelumnya

    • Apabila sumur lama tidak terpakai atau setelah instalasi pipa hisap diangkat, biasanya akan memicu endapan menjadi terurai ataupun kotoran2 yang lama mengendap juga ikut terurai sehingga kejadian air menguning saat baru ganti unit pompa kadang hanya berlaku sementara.

  174. Pak Min,
    Sumer bor Saya dalam nya 80 m, pompa submersible Akan ditaruh di kedalaman 70 m, tangki air 20 m diatas permukaan tanah, diameter Sumur 4 inch.
    Rencana pakai Grundfos sp berapa ?

    • SP9-16 Daya 3.00 kW Diameter 2″ debit 192 l/min MAx head 103 m

      SP9-18 Daya 4.00 kW Diameter 2″ debit 192 l/min Max head 117 m

  175. Maaf pak Min,
    Diatas yg untuk sumur 80 m, permukaan air 40 m, diameter 4 inch, Pompa diletakkan di 70 m, tangki air 2000 l, berapa 25 diatas permukaan tanah. Kalau memakai sp 9, kayaknya terlalu besar, begitu juga watt nya, Saya bingung memilih Sp 3-15, atau 18 atau 22 ?

  176. daerah saya susah air..sumur bor pada rata 70m tapi air msh tekor…itu knp ya?
    klo bikin sumur kedlmn 70-80 pake pompa jenis apa merek apa yg bgs?

    • Untuk sumur dengan kedalaman lebih dari 50 meter alangkah baiknya memilih jenis pompa submersible. Untuk mengentahui beragam spesifikasi pompa submnersible, silakan baca artikel kami yang menampilkan tabel spek pompa submersible lengkap.

  177. 1.Kalo casing ukuran 2,5 in bisa dipasang submarsibel 2 in gak.
    2. ada pompa submarsibel 2 in,
    3. bisa ga dipasang selang elastis

  178. Gan, sy mau rencanakan pekerjaan sumur air tanah dalam dgn kedalaman 100 m, bak air cuma 3 m di atas permukaan tanah. Ini pekerjaan utk di desa dgn anggaran terbatas tapi masih dgn kualitas yg bagus. Harapan sy air bisa keluar sampe 3 l/d. Merk pompa (spesifikasi) apa yg tepat ya?? Rencana mau pasang sambungan listrik baru dr PLN.

  179. Salam kenal Om Admin..saya mau minta saran pompa air yg sesuai untuk jarak dari mesin ke torn 500m…bentuk sumurnya sumur gali..kondisi di pedesaan pedalaman banten..ini project sosial jadi mohon di bantu ya om ..mksh

    • Untuk jarak temmpuh hingga 500 meter membutuhkan daya pompa yang besar. seperti contohnya produk grundfos type NB. dan listrik untuk operasionalnya minimal harus tersedia 5000 watt

  180. Siang min…ane mau bikin sumur bor, rencana kedalaman sumur sekitar 11 pipa. Tapi ane msih bingung untuk penggunaan pompa yg sesuai dengan daya listrik rumah ane yg hanya 1300 Watt.. mohon sarannya min…
    Kalau gk keberatan kirim ke email saya aj min : septianpoetra@ ymail. com
    Thanks

    • Untuk kedalaman sekitar 50 meter bisa menggunakan produk ini PC-503 BIT

      Fitur Utama :

      Voltage/Hz : 220 V/50 Hz
      Daya Output Motor : 500 W
      Daya Input Motor : 1,2 kW
      Panjang Pipa Hisap : 50 m
      Daya Dorong Max : 100 m
      Head (m) : 56, Kapasitas : 21 l/min
      Head (m) : 30, Kapasitas : 30 l/min
      Pipa Hisap : 1 1/4″ inch
      Pipa Tekan : –
      Pipa Dorong : 1 inch

  181. pak sy ad sumur bor kesing 4″ di area sawah untuk mengairi sawah.mesin ap yg cocok untuk menaikkan air.sy butuh yg output air nya 2 setengah sampe 3 in

    • Harus ada data mengenai berapa kedalaman sumber air, memerlukan listrik atau tidak? apabila kedalaman hanya 8 meter maka bisa menggunakan jenis pompa alkon

  182. Pak Admin, Saya mau buat sumur bor. Sebelumnya sudah ada sumur bor tapi sudah tidak digunakan selama 12 tahun. Rekomendasi tukangnya yang kebetulan yang membuat sumur bor pertama, dibuat sumur bor yang baru. Sumur bor yang pertama kedalaman 18 meter sudah keluar air. Yang mau Saya tanya :
    1. Apakah sumur bor yang pertama tidak bisa digunakan lagi?
    2. Rencana Saya mau menggunakan jetpump merk grundfos (katanya memiliki kualitas sangat bagus), tapi Saya tidak tau tipenya. Tipe yang cocok apa saja? Listrik rumah 900 VA.

    • Selama sumur bor yang lama bisa di kuras, artinya tidak pernah mengalami penyumbatan karena adanya material dari luar maka masih bisa digunakan apalagi diperdalam akan lebih baik.

      Untuk kedalaman lebih dari 11 meter memang harus menggunakan type jetpumpdan mohon maaf Kami tidak memiliki katalog mengenai spesifikasi pompa GF. Untuk shimizu bisa memakai type PC-250 BIT (250 watt).

  183. Malam pak admin, perkenalkan sy wildan. Sy berencana mau buat sumur bor d daerah rancamanyar bandung,, sy d sarankan memasang submersible pump oleh tetangga karena menurut nya dia pernah pasang jetpump, airnya keruh. Tp sy d kasih tau temen kalo submersible pump kalo rusak ribet katanya karena g bisa diperbaiki jadi harus ulang dr awal, kalo jetpump relatif lebih mudah karena kalo rusak masih bisa d perbaiki sehingga lebih hemat kalo rusak. Saat ini kondisinya sy g tau berapa meter permukaan air nya ada. Yg mau sy tanya

    1. sebaiknya saya pakai pump apa ya pak ? Listrik d rumah 1300 watt penggunaan untuk 3 org (1 bayi) tp sy pengen nya yg sekalian bagus aja gt biar sekalian keluar duit nya. Kalo bisa merk rekomendasi bapak + pipa” nya gt ukuran berapa pak yg ideal
    2. Kedalaman berapa meter sebaiknya sumurnya pak ? Jujur sy g ngerti soal pompa ini,, baca artikel bapak aja saya g ngerti, nyari penjelasan pompa ideal buat rumah sy d web lain juga g membantu karena sy g ngerti. Sy nanya karena takut d tipu sama yg bantu masang nya,, sy g papa keluar duit gede asal hasilnya sesuai dan bagus *jadi curhat

    Makasih pak, semoga bapak bisa membantu, maaf merepotkan pak, sy bener” g faham pak dan takut menyesal sehingga sampai saat ini belum punya sumber air d rumah.

    • Pertanyaan yang cukup panjang pak Wildan 😀 kami bisa merekomendasikan jenis pompa apa yang paling tepat dengan kebutuhan dengan memerlukan data yang harus akurat meiputi kedalaman sumber mata air, listrik yang tersedia serta jarak antara titi sumur dengan area yang akan di suplai utamanya tangki air.

      Nah disini bapak hanya menjelaskan bahka listrik yang ada hanya 1300 watt, sementara menentukan jenis submersible atau jetpump harus mengetahui berapa kedalaman rata rata sumber mata air yang murni di area lokasi tempat tinggal anda.

      Apabila dengan kedlaman maksimum 50 meter sudah bisa memperoleh sumber air bersih berkualitas baik maka bisa menggunakan jetpump karena lebih ekonomis dari segi material serta perawatan meskipun debit yang dihasilkan kadang pas pasan.

      Sedangkan untuk kedalaman lebih dari itu disarankan menggunakan submersible, namun kebutuhan listrik cukup besar, material dan perawatan mahal, akan tetapi debit air bisa maksimal.

      Masalah air keruh atau tidak bukan disebabkan unit pompa melainkan adalah kualitas sumber air serta mekanisme lubang sumur bor harus dengan pemasangan casing yang tepat serta minimal diameter harus 4 inch.

      Menentukan kedalaman tidak bisa secara pasti karena setiap wilayah sangat berbeda, jadi lebih baik melakukan survey terlebih dahulu pada sumur yang dimiliki oleh masyarakat sekitar kedalaman berapa mereka bisa memperoleh sumber air yang berkualitas baik.

  184. Halo Gan

    Saya mau bertanya . Kira2 mesin jet pump type apa ya yg cocok untuk kedalaman 40 m?

    Teriama kasih

  185. selamat sore pak admin..mohon bantuan saran dari admin sbg ahli di bidang pompa air..sy ada sumur bor dengan kedalaman 115 meter..rencana akan dialirkan di permukaan ke atas tandon..dengan perkiraan pipa permukaan sepanjang kira2 10 meter..lalu kemudian naik keatas tandon dengan ketinggian 3 meter. listrik rencana akan menggunakan 2200watt. mohon rekomendasi pompa air submersible merk apa dan tipe apa yg cocok dengan kondisi diatas..skalian harga pompanya berapa. Terima kasih atas jawaban pak admin.

    • Semua unit pompa bisa disambung secara langsung dengan listik, Panel hanya merupakan perangkat sebagai pusat kendalinya dan kontrol safetynya

  186. Malam min.. saya mau tanya …
    Sumur bor saya kedalaman 70m dgn diameter lubang 4 inch . Lalu mau di alirkan ke perumahan jaraknya 4 km .. kira2 tipe apa yg cocok utk kondisi ini .. trims..

    • Dengan jarak 4KM lebih baik menggunakan tandon air diketinggian akan lebih menghemat biaya listrik. Kemudian untuk suplai ke tandon menggunakan pompa submersible.

      Apabila mengiginkan mesin pompa yang sekaligus menyuplai untuk jaringan sejauh itu maka membutuhkan jenis pompa dengan daya besar dan inipun tetap harus estafet yaitu pompa sumur sendiri kemudian ditampung pada bak penampungan selanjutnya disuplai oleh pompa menuju jaringan.

  187. Mau nany ni pa saya pake mesin pompa simizhu untuk sumur bor rumah saya tapi kok nggk bisa y kedalaman pipa say lebih kurang 50 meter pa tapi nggk bisa keluar air ny pa yg k luar cuman angin solusi ny gi mana y pak supaya saya bisa menggunakan sumur bor ny

    • Untuk kedalaman 50 meter spek pompa shimizu PC-503 BIT adalah yang paling direkomendasikan. Selain type jetpump tersebut saya rasa akan sulit menghisap dengan kedalaman maksimal 50 meter.

  188. mau.nanya mas. dirumah saya.kedalaman.sumur.bornya 60 meter.dengan kondisi seperti.itu mesin jetpump.merek.aoa.yang bagusnya saya.pakai. makasih mas

    • Selama ini kami hanya pernah memakai PC-503 BIT Shimizu untuk kedalaman maksimum 50 meter. Selebihnya kami sudah mengaplikasikan pompa jenis submersible untuk kedalaman lewat 50 meter.

  189. Min sumur ane 25 meter ane bingung nih mending pake jet pump atau pompa celup ya,,,sebelumnya ane pke 2 pompa sumur dangkal yang di estafet ,mkasi jwabanya

    • Untuk kedalaman 25 meter cukup memakai jenis pompa jetpump saja selain perawatan lebih mudah, biaya juga lebih murrah dbandingkan dengan jenis submersible.

  190. Mas,mautanya nich sumur saya kedalamannya 54 m,saya mau pakai submersible mesin, pertanyaan saya 1, apakah mesin ini bisa dipasang langsung?info saya dengar lem sambungan perlu waktu lebih dari 24 jam 2. Apakah kebocoran pipa yg turun bersama mesin mempengaruhi daya dorong???? 3 apaka h pembelian mesin ini ada garansinya?? Natur nueon mas mohon pencerahannya

    • Disarankan jika menggunakan pompa submersible maka instalasi pipa menggunakan jenis pipa besi dengan sambungan drat. Jika ada sambungan pipa memang akan sangat berpengaruh terhadap daya dorong ke atas sehingga debit menjadi kecil.

      Beberapa produk mesin pompa submersible ternama tidak menyertakan garansi apabila sudah terpasang. Dan sebaiknya pada waktu pembelian mesin dicoba untuk memastikan bahwa motor bekerja dengan baik.

  191. mat sore mas..
    mau tanya… saya ada sumur dangkal 7-10 mtr.. mau ditarik ke runah dgn jarak 500mtr..
    mesin apa yg rekomend mas..
    trimkasih..

    • Disarankan menggunakan pompa jenis CRE, CRIE, CRNE seperti milik produk grundfos yang spesifikasinya memang untuk suplay air jarak jauh.

  192. mas sumur bor saya kedalaman 25 meter memakai pompa sanyo daya hisap 27 meter, pertanyaanya knp air yg keluar kurang nyembur sperti kalo sy pegang bagian pipa yg masuk sumur spt bercampur angin.
    kemudian air yg dihasilkan selalu keruh kecoklatan, mohon solusinya mas..
    sy tinggal di lawang, malang

    • Tampaknya disebabkan oleh debit sumber air didalam sumur kurang mencukupi alias terlalu dangkal. Sehingga pemasangan pipa hisap terlalu dekat dengan level dasar dan menghisap endapan.

      Coba di konsultasikan dengan tukang sumurnya atau tukang pompanya apakah jarak tusen klep dengan dasar sumur ada 1 meter.

  193. sore min….mohon pencerahannya pompa apa yg tepat utk mendorong mata air dr sungai ke perumahan yg berjarak 300 mtr dgn kemiringan kira2 30 derajat, trm kasih….

    • Selama ini menurut pengalaman kami jenis pompa yang paling optimal untuk digunakan sebagai mesin pompa distribusi jarak jauh ialah jenis pompa grundfos type NB, NBG, NBE, NBGE dan pompa jenis CR vertical multistage centrifugal in-line pumps

  194. Kalau pakai mesin Shimizu PC-503 BIT, saya lihat daya start nya 1500W.
    Kalau rumah dengan daya 1300W, berarti ga bisa hidup ya, pompanya?
    Makasih..

  195. mas..saya mau tanya..submersible saya baru di nyalain saklarnya gk lama k’ mteran listriknya njepret(njeglek) kira2 npa ya mas..mhon pncerahannya…trims..

    • Tidak bisa, karena pompa tersebut adalah jenis untuk sumur dangkal dengan daya hisap kedalaman maksimum hanya 9 meter.

  196. Untuk sumur kedalaman 70 m…dgn lobang sumur bor 6dm..kira kira submmersible ukuran berapa agar bisa mengeluarkan air 4dm full…mksh

    • Selama debit sumber air mencukupi dan lubang sumur bisa dipasang untuk 2 unit mesin maka tidak akan masalah. Yang jelas bukan satu jalur pipa hisap tapi dipakai untuk 2 mesin pompa

  197. Salam kenal pak.saya mau tanya pompa air jenis apa yg cocok untuk mengalirkan air dari bak penampungan ke dataran yg lebih tinggi dgn jarak kira” 500meter dari bak penampungan mohon masukannya terimalasih…

    • Untuk jenis pompa distribusi (suply) jarak jauh kami sering menggunakan jenis pompa CR produk grundfos vertical multistage centrifugal inline pumps

  198. Mau tanya, kalau sy mau mulai buat sumur dalam, kedalaman 70 meter, itu baiknya pake pompa submersible merk apa dengan spesifikasi yg bgmn ya yang tidak terlalu mahal tapi masih oke kualitasnya? Merk DEA Italy 0.5HP itu termasuk merk yang tahan lama ga? Atau lebih baik Wasser, atau Shimizu atau apa? Terima kasih

    • Sebaiknya memang menggunakan pompa submersible, dari semua merek yang telah anda sebutkan kami belum pernah menggunakannya karena selama ini lebih mempercayai produk grundfos bore hole dan selalu tidak pernah bermasalah.

  199. mas kalo mau menghisap air pada pipa hampir datar.. paling jarak ketinggina perbedaan naik turunnya 30 cm.. jarak 100 m apa bisa menggunakan pompa dg daya hisap maks 9 m?? pipanya hampir datar hanya ada beberapa naik turun aj sekitaran 30 cm.trmksh

    • Bisa dengan catatan letak pompa berada pada posisi terdekat sumber air karena daya dorong pompa akan lebih mudah didapatkan daripada memaksakan daya hisap pompa dengan jarak jauh.

      Kemudian output pompa juga harus menggunakan diameter pipa kecil (1/2 inch) untuk mengurangi tekanan supaya lebih ringan.

  200. mas mau minta saran donk, saya pake jetpump di rumah, kedalaman sumur 45 m, tapi saya sering on/off terus utk isi air, akhirnya listrik menjadi boros, gimana biar bisa hemat ya mas?

    • Solusinya dipasang tangki air (tandon) kemudian memasang otomatis radar untuk mengontrol kapasitas tandon supaya pompa secara otomatis menyesuaikan kapan hidup dan matinya.

  201. Mas, mw tnya, di rymah saya sumur bor manual kedalaman 16 M, pipa casing 3/4″ pada saat awal ngebor (musum hujan) air yang keluar banyak, setelah 1 tahun ,kemudian musim panas, air yg keluar mulai menurun dan saat ini sgt sdkit, pas tiba musim hujan lagi, air yg keluar ttp sdkt, mohon penjelasannya ttg penyebabnya dan solusi yg hrs dilakukan, thanks

    • Untuk lubang pengeboran dengan pipa casing ukuran 3/4 inc saya rasa akan sangat beresiko mudah tersumbat. Standart lubang pengeboran minimal yang paling aman adalah 4 inch.

  202. makasih infonya mas.
    mau tanya nih, saya ada pompa shimizu pc 260 bit, mau ngebor sumur, rata2 di lingkungan perumahan saya dalam bor sekitar 36-45meter. nah kira2 kuat gag pompanya ngangkat air? kalau misalnya gag kuat gimana cara ngakalin biar kuat?
    trims

    • Pompa tersebut memiliki daya hisap maksimum 42 meter. Untuk menambah daya hisap bisa dengan memperkecil ukuran pipa hisap dan pipa tekan.

  203. Selamat pagi mas, mohon di bantu saya sudah ngebor sedalam 60m, sudah keluar air tetapi keruh berwarna agak putih kehitaman, debitnya pun awalnya besar tapi 15 menit kemudian jadi kecil, tukang bor nya bilang sudah ketemu pasir berwarna kehitaman, tetangga sekitar juga sudah ngebor mulai 30 sd 50 m, air yg keluar awalnya putih lalu jernih, tanah lokasi kami dulunya sawah dan dataran rendah, pompa yg di pakai summersible 1/2pk, pertanyaan saya apakah bila di tambah kedalaman nya masih berpeluang dapat sumber air yg lebih banyak dan bersih ? Mohon bantuannya, terimakasih

  204. Ijin tanya mas, saya di rumah memiliki akses air sumur bor kedalaman 30m, air tsb akan ditampung dalam penampungan air dg tinggi sktr 10 meter…daya listrik rumah saya 1300…kira2 mesin pompa apa yg paling cocok buat saya?trims

  205. Rumah saya 2 lantai. Sy mau pake sumur bor kedalaman kira” 40 m. Adakah pompa air yg mampu mengalirkan air ke lantai 2 tanpa hrs buat tendon air diatas. Kalo ada merk dan type apa? Mohon sarannya..makasi

  206. Pak, saya masih awam perihal pengeboran. Baru” ini saya bor sumur dengan kedalaman 40 meter. Tukang bor menginfokan untuk pipa casing pakai 1.5 inch dan 1.25 inch dan mesin jet pump 500 watt, secara budget juga terbatas. Pertanyaan saya adalah, dengan kondisi kedalaman 40 meter dan pipa casing 1.5 inch spesifikasi mesin pompa jet pump apa yang bisa optimal saya pakai dengan debit air mengalir deras. Kalau saya pakai mesin jet pump dibawah 500 watt seperti shimizu Pc 375 bit apakah cukup deras debit air nya. Listrik di rumah saya 1300 watt. Mohon penjelasanya. Terima kasih.

  207. Mas, saya akan bikin sumur bor +/- 50 meter, apa saja yang harus saya persiapkan ? Termasuk jenis pompa, kalau perlu merk dan seri berapa, supaya tidak salah dan kerja/biaya 2x. Terima kasih.

  208. Selamat Malam Mas, numpang bertanya..
    Sy ada sumur galian dgn kedalaman sekitar 8 meter, namun kualitas airnya berbau dan mengandung zat besi yg tinggi..
    Rencana sy mau dipasang mesin air dan filter air 10 inch sebanyak 4 buah..
    Kira2 rekomendasi mesin yg cocok utk menarik dan mendorong air melalui filter air dan sampai ke lantai 2 yg mesin dgn spesifikasi yg mana ya Mas?
    Terima Kasih

  209. Pingin tau aja mas..mesin jetpum lubang pipa 1″ trs yg ke dlm kesingny sy pke yg 3/4 bsa naikkah airny..lalu antara dua lubang atas bwh yg mn pendorong mn penghisap…satu lagi klo saya tutup salah satu apkh bs naik airny..tks

    • Permisi mas..
      Saya mau tanya.. kemarin saya bor air dengan kedalaman 21 meter, pipa yang di masukkan kedalam tanah 16 meter dan menggunakan pompa shimizu tipe 130… Setelah digunakan air keluar dengan deras tapi tidak bertahan lama, mungkin sekitar 10 menitan air sudah mengecil bahkan mati… Kira” penyebabnya apa ya mas..?

  210. Slmt pagi mas, saya punya sumu bor dgn kedalam sktr 40 m, dan memakai mesin pompa submersible airnya cukup deras untuk mengisi tengki di lantai 3, namun karena mesin tsb tidak memiliki otomatis / pemutus listik saat tengki penuh sehingga sering kelupaan dan air meluber kadang sampai seharian, yg ingin sy tanya adakah alat pemutus listrik / otomatis saat tangki penuh, kalau ada tlg infonya jenis apa dan rekomendasinya merek apa serta bagaimana system pemasangannya, tks atas info dan jwbannya

  211. malam mas, izin bertanya jenis dan kapsitas pompa yg cocok untuk mengaliri air ke toren jarak toren air ke sumber airnya 120m kira kira pakai pompa seperti apa ya terimakasih

  212. Mas admin yang baik hati saya mau minta saran
    Saya mau pasang submersible di kebun, kondisi kebun miring dan sumber air ada dibawah kebun
    Rencananya saya mau bikin bak dibawah dengan ukuran panjang 1,5m, lebar 1m, tinggi 1,2m kemudian jarak dari bak tersebut kisaran 140-150meter tapi kondisinya miring kira2 60 drajat dan kapasitas listrik 1 paket(450 watt)
    Minta saranny jenis atau merek submersible apa yang cocok berikut spesifikasi dan lainnya…
    Terimakasih atas bantuannya

  213. pak saya mau tayak. Pompa air saya merek shimizu.kedalaman sumur bor saya ada bekisar 60m.jadi pertayaan saya sumur bor saya posisinya di samping rumah. Sedangkan pompa airnya saya pasang di belakang rumah. Begitu saya pasang air sumur bornya tidak bisa di hisap.
    Jarak titik sumur bor dari pompa air ada bekisar 25m.apa yg harus saya lakukan agar air sumur bornya dapat di hisap pompa air saya.
    Mohon pk bantuannya

  214. Minta sarannya kak, rencana mau buat sumur bor di kedalaman 30m dengan casing 4″, trus nanti mau pakai submersible, untuk submersible ukuran berapa ya kak

  215. mas mau tanya untuk elevasi 80 meter n jarah tempuh 1000 meter submersibel yg gimana harus pakai mohon petunjuk n klarifikasinya???

  216. selamat Siang mas Admin…
    Saya mau tanya, Submersible Pump utk yg outlet-nya 6″ apakah biasanya ada.dipasaran….
    utk kedalaman sumur sekitar 200meter

    rencana pipa pendistribusiannya menggunakan pipa 12″

  217. Mau tanya mas jetpump sy ga keluar air dgn kedalaman 40 m,kemaren udh dibetulin klep nya terus air nya kering terus saya tanya sama tukang pompa katanya mesin saya udh ga bisa ngakat air lagi.terus apakah saya harus ganti mesin lagi,sedangkan mesin jetpump saya merk pedrolo

    • Merek pedrolo sudah termasuk brand bagus itu pak, sayang sekali tidak disebutkan typenya agar saya bisa memberikan analisa kenapa tidak mampu untuk menghisap kedalaman 40 meter.

  218. Min, saya menggunakan Wasser PC-255-E dengan kedalaman sumur bor sebanyak 19 pipa (mungkin hitungan pipa casing 4″). jika pipa 4″ yg dipakai adalah panjang standar 4m, maka akan di dapat 19x4m=76m kan? nah, pertanyaannya apakah itu sudah tepat? tks

    • Untuk pompa Wasser PC-255-E memiliki daya hisap max 30 meter dengan diameter pipa hisap 1 inch. Jadi apabila sumur memiliki kedalaman 76 meter, saya rasa tidak efisien. Akan lebih cocok jika menggunakan jenis pompa submersible.

  219. Mas ma’af, numpang tanya, dirumah saya listrik 1300watt
    Apa bisa saya pake mesin sumur bor dalam 1,5 HP
    Kuat gak, tipe, 333k bit simidzu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini