Tanda Pompa Air Masuk Angin dan Cara Mengatasinya

Mengatasi persoalan mesin pompa air masuk angin harus mengetahui terlebih dahulu tanda tandanya agar tidak terjadi salah penanganan. Pada dasarnya banyak sekali masalah yang menyebabkan pompa tidak bisa menghisap dan salah satunya adalah lost suction ini.

Kenapa lebih populer dengan istilah masuk angin, karena memang permasalahan yang satu ini disebabkan oleh angin yang terselip di dalam pipa hisap sehingga pompa tidak memiliki daya hisap akibat hilangnya kevakuman.

Mengatasi Pompa Masuk Angin

Untuk memastikan bahwa mesin anda sedang mengalami kehilangan daya hisap, biasanya pompa akan tetap berbunyi normal namun tidak ada sama sekali tanda tanda air akan keluar.

Berikut adalah beberapa analisa yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan persoalan ini dengan tahap yang benar.

Pemasangan Pipa Hisap

Masalah-Pompa-Air-Tidak-MenghisapPastikan terlebih dahulu bahwa pipa hisap berada pada posisi yang benar yaitu tidak terpasang dengan tinggi yang melebihi kedudukan inlet mesin pompa ataupun terdapat banyak lekukan ke atas.

Dengan ini adalah mutlak bahwa memasang pipa hisap harus lebih rendah dari posisi mesin pompa di letakkan. Ini bertujuan agar tidak ada angin yang tertinggal di dalam pipa sehingga membentuk ruang kosong yang memicu hilangnya daya vakum.

Solusi dan Penanganan Paling Tepat

Sebelum bertindak yang dapat berakibat lebih fatal, ada baiknya anda mencoba tips berikut ini yang akan dapat memberikan kepastian bahwa pompa air anda benar benar sedang mengalami masuk angin.

Coba anda lepas pipa hisap sampai benar benar bebas dari mesin pompa sehingga anda dapat mengangkat dan menurunkan dengan leluasa. Selanjutnya perhatikan isi air yang terdapat di dalam pipa apakah tampak ada gelembung yang selalu muncul.

Untuk menghilangkan angin yang terselip di dalam pipa, bisa dilakukan gerakan naik turun secara cepat (dik*cok) sampai air dapat terangkat dan keluar dengan penuh. Kemudian pasang kembali pada mesin pompa.Jjika memang permasalahannya masuk angin, tentunya sudah pasti akan teratasi dengan metode ini.

Namun apabila pompa tetap tidak kuat menghisap air meskipun mesin dapat hidup dengan normal, maka persoalan ini bukan disebabkan oleh masuk angin dan perlu dilakukan pemeriksaan selanjutnya yaitu pompa menyala normal air tidak keluar.

34 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf sementara belum bisa menjawab komentar, kami terkendala jaringan internet dilokasi proyek saat ini sedang berada di area pedalaman. Terimakasih

Advertisement