test

Spesifikasi dan Definisi Unit Mesin Pompa Air Irigasi dan Drainase

Unit mesin pompa air untuk irigasi dan drainase adalah sarana yang di pakai dalam penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian atau kebutuhan proyek lainnya yang meliputi irigasi pengairan sawah, pengairan kolam peternakan, irigasi air bawah tanah, irigasi wahana wisata air, serta untuk memenuhi kebutuhan proyek pembangunan.

Irigasi berarti mengalirkan air secara buatan dari sumber air yang tersedia kepada sebidang lahan untuk memenuhi kebutuhan baik permanen ataupun hanya sementara.

Sedangkan untuk drainase adalah salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen penting dalam perencanaan kota (perencanaan infrastruktur khususnya). Berikut beberapa pengertian drainase :

Drainase juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas. Drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal.

Drainase berfungsi untuk mengalirkan air permukaan ke badan air (sumber air permukaan dan bawah permkaan tanah) dan atau bangunan resapan. Selain itu juga berfungsi sebagai pengendali kebutuhan air permukaan dengan tindakan untuk memperbaiki daerah becek, genangan air dan banjir.

Memilih pompa air irigasi dan drainase

Sebelum menentukan jenis pompa irigasi yang akan dipilih hendaklah memastikan lokasi dan jenis pekerjaan yang akan menggunakan mesin pompa ini. Karena dipasaran telah tersedia model pompa irigasi dengan dua jenis mesin penggeraknya yaitu pompa irigasi dengan motor listrik dan pompa bermesin bahan bakar disel dan bensin.

Untuk area yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik, tentu saja harus menggunakan jenis pompa dengan mesin disel atau bensin. Dari kedua jenis inipun juga masih terbagi lagi untuk spesifikasi ukuran yang harus disesuaikan dengan kebutuhan mulai ukuran power (PK) atau ukuran inlet outlet diameter pipa nya.

Masyarakat sekarang inipun telah banyak melakukan serangkaian experiment yang bertujuan untuk menekan biaya belanja unit pompa irigasi yang memang tergolong mahal dengan cara melakukan berbagai modifikasi pompa air atau membuat unit pompa irigasi rakitan.

Untuk pompa bermesin disel biasanya sangat fleksibel dan cukup mudah dalam penempatannya karena tidak terlalu dipusingkan masalah resiko terhadap bahaya jaringan listrik ketika kondisi cuaca buruk ataupun medan yang sulit.

Sedangkan unit pompa irigasi dan drainase dengan motor listrik akan lebih tepat jika digunakan pada lokasi yang sudah permanent seperti di dalam gedung yang telah beroperasi dan pada tempat tempat yang termasuk publik area karena tidak menimbulkan polusi asap mesin ataupun suara yang bising.<pompair.com>

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

77 KOMENTAR

    • Mesin DONG FENG 195 dan POMPA NS 100
      Spesifikasi Mesin DONG FENG sbb :
      • Tenaga maksimum 13 hp
      • Tenaga kontinyu 12 hp
      • Tenaga berputar 2.200 rpm
      • Bahan bakar Diesel
      • Sistem Pendingin Radiator
      • Berikut Chasis & Belt

      Mesin Pompa NS 100 = 115.000 L / jam
      • Tipe : NS-100
      • Dimensi : 60x26x56 cm
      • Kapasitas 115.000 L / jam
      • Daya hisap : 5-6 m
      • Total Head : 32 m
      • Diamater pipa (hisap&pancar) : 10 cm

    • Bos mau nanya dong. Kebun saya dengan air berjarak kurang lebih 250m kemiringan 50 sampe 60 derajat. Pompa air apa yang cocok buat dorong naik ke atas ya?

    • Kalau saya mau memakai alkon. Kira2 alkon apa yang cocok buat jarang 200meter dengan kemiringan 50 drajat. Supaya air bisa naik keatas ya bos?

    • Gan saya punya kebun digunung jarak dari sungai 2 km, sungainya berada dibawah ( lembah)…cocoknya mesin pompa apa biar air naik sampe ketujuan…?klo bisa nama mesin,tipenya apa dan spesifikasinya apa gan…mohon pencerahannya…soalnya udah mau dibeli

    • Membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk membuat system irigasi dengan spesifikasi lokasi sepeti yang anda sebutkan. Minimal adalah dengan menggunakan pompa submersible 3 phase dengan daya antara 5 sampai 7,5 HP.

      Kemudian belum sistem listriknya yang mana harus memasang kabel sejauh 2KM tentunya harus kualitas kabel yang baik.

    • bos. mau tanya, ditempat saya ada sumber air yang debitnya besar, namun di wilayah agak keatas ada sawah tadah hujan yang kisaran beda elevasinya kurang lebih +110 m, setelah saya hitung kebutuhan air untuk sawah kisaran 0.4m3 / detik, saran untuk pompanya menggunakan apa? dan bagaimana caranya,, trimss

    • Dengan ketinggian tersebut sudah jelas akan afektif jika menggunakan pompa submersible minimal adalah 3PK dengan kebutuhan daya listrik sekitar 2500 watt. Pompa type ini mampu untuk untuk mendorong air hingga setinggi 120 meter vertikal.

    • Maaf admin
      Saya punya lahan jauh dari sumber listrik
      Ada sungai mau saya sedot dengan jarak pompa ke sungai 1-2 m, tinggi 1/2 – 1 m,
      Jarak yg mau diangkat sejauh 200m, dan kemiringan 45 derajat
      Kira-kira model alkon yg bgmana yg cocok ?
      Apakah benar dgn memperkecil pipa? (Saya gk masalah walaupun air yg keluar nantinya cuman pipa 1/2, yg penting air bisa naik)

  1. Kami butuh pompa utk mengairi sawah 10 ha.
    Sumber air bor kedalaman 30 metet .kapaditas 100 m3/jam. Mohon saran tipe mesin pompanya (crntripuga), baik menggunakan bbm solar atau listrik

    • Jika sumber air dengan kedalaman 30 meter, akan lebih praktis kalau menggunakan pompa air submersible saja dengan kebutuhan sumber daya listrik sekitar 1000watt. Karena spesifikasi pompa air drainase yang paling banyak beredar dipasaran secara umum hanya memiliki daya hisap antara 5 hingga 10 meter baik yang menggunakan tenaga mesin BBM ataupun Motor listrik.

  2. mlm mas,saya mau tnya,klu di kebun listrik gk ad,hanya mengandalkan mesin diesel,pakai sumur bor dgn kedalaman 30 meter,bisa gk pakai mesin diesel,klu bsa spesifikasi mesin ap aj yg hrs saya beli.

    • Joni, apakah mesin disel yang anda maksud adalah alkon. Info mesin alkon untuk hisap kedalaman mendekati 30 meter adalah Pompa Alkon Yamaha YP-30C. Sebelumnya pastikan dulu jarak posisi permukaan air dari permukaan tanah berapa meter?

      Spesifikasi :
      Merk : Yamaha
      Tipe : YP-30C
      Engine : Yamaha K180
      Daya : 4.2 HP
      Head max : 27 meter
      Kapasitas : 1050 l/min
      Inlet/outlet : 3″X3″
      Berat : 30,7 Kg

    • Rizal, mesin pompa air yang mampu digunakan untuk menyuplai dengan jarak tempuh hingga 200 meter sebenarnya sangat banyak sekali. Khususnya mesin pompa dengan bahan bakar bensin ataupun disel yang rata rata memang memiliki spesifikasi daya hisap dangkal namun daya dorong yang panjang. Jika memang ingin pompa air listrik yang cukup mumpuni untuk jarak tempuh sejauh ratusan meter bisa dipakai jenis pompa submersible.

  3. to admin. pompa yg saya mksud diatas adalah pompa sejenis alkon. bhan bkar bnsin or diesel. yg daya dorong bsa sampai diatas 300 Mtrs. tolong penjelasan nya.
    thanks a lot

    • Mangile, Untuk daya dorong 300 meter datar, Pilih saja pompa sentrifugal berbahan bakar disel dan sangat mudah di jumpai di pasaran.

    • Tyo, yang anda maksudkan adalah mesin tersebut akan digunakan untuk penggerak pompa drainase dan irigasi seperti: Model NS-100, Max Capacity 449 USG PM = 1697.22 Liter / menit, Max total head 82 FT, Pengerak 10 hp. Memakai mesin disel dengan tenaga 10 PK akan lebih aman.

  4. pagi mas brow,mo tanya apakah alkon untuk pipa hisap yang sebelumnya 2 dim,rencana mo saya ganti 1,5 dim ( untuk hisap air sumur kedalaman 15meter ) apa bisa,mohon penjelasan,terima kasih

    • Irawan, mengganti pipa hisap dengan ukuran yang lebih kecil masih bisa dilakukan dan ini akan memiliki manfaat pada daya hisap yang bertambah untuk kedalamannya. Namun konsekuensinya adalah debit air yang dihasilkan juga tidak akan mampu optimal.

  5. mohon penjelasan untuk jenis Pompa untuk irigasi dengan head 30 m, dengan kapasitas debit besar dan tentunya juga berlumpur karena pengambilannya dari sungai yang di bendung jenis pompa submersible cocok tidak karena ini daerahnya berlumpur atau kalau pake pompa permukaan pompa jenis apa dan berapa harganya, apakah ada pompa submersible kapasitas besar

    • Dengan kondisi yang dicuriagai berlumpur jika menggunakan pompa permukaan justru akan sering bermasalah karena daya hisap akan lebih sensitif dan rawan tersumbat lumpur. Sedangkan pompa permukaan dengan kapasitas besar yang headnya 30 meter tentu saja akan sangat mahal dan jenis pompa ini biasanya menggunakan penggerak bermesin besar.

      Pemilihan jenis pompa submersible akan lebih tepat karena sistemnya hanya mendorong aliran. Untuk kebutuhan kapasitas besar sudah banyak tersedia seperti merek Grundfos yang paling umum dipakai.

  6. Assalamualaikum Wr Wb saya punya waduk tapi arealnya 30 meter di atas waduk tentunya butuh pompa pompa jenis apa yang baik untuk di gunakan, karena saya butuh untuk ngangkat saja, pengalirannya dengan sistim gravitasi saja, apakah pompa submersible cocok untuk jenis ini apakah pompa submersible tidak akan terganggu dengan lumpur yang ada

    • Pompa submersible cukup mampu untuk pekerjaan irigasi. sedangkan cara menghindari lumpur sebaiknya pemasangan tidak sampai menyentuh dasar atau permukaan dan jarak paling aman adalah sekitar 1 meter dari dasar permukaan.

    • Jarak tempuh harus dihitung dengan perbandingan ukuran diameter pipa yang akan digunakan. Semakin diperkeil ukuran pipa akan mampu menempuh jarak yang jauh.

    • Untuk mesin penggerak dengan tenaga disel memerlukan antara 1 hingga 2 liter perjam menyesuaikan dengan RPM yang akan di capai.

  7. Pagi Mas Admin,
    Saya mau tanya mas, saya sedang desain sistem pompa untuk irigasi pertanian dengan sumber air dari danau.

    Elevasi muka air sumber air (danau) antara +5 m hingga +6 m. Airnya rencananya akan dipompa hingga elevasi +15 m hingga +20 m. Jadi kira-kira butuh pompa yang kapasitas suction head 10 m sampai 15 m.

    Kira-kira jenis pompa dan merk apa yang direkomendasikan? Apakah di Indonesia terdapat vendor yang menjualnya?

    Terimakasih

    • Untuk mesin pompa dengan penggerak mesin berbahan bakar minyak ada bnayak sekali pilihan sedangkan untuk mesin pompa listrik saat ini yang paling sering digunakan adalah pompa vertical milik produk Grundfos.

    • Kami belum pernah melakukan test ataupun review terhadap produk tersebut. Yang pasti untuk memilih sesuaikan saja dengan spek yang di butuhkan.

  8. Salam mas admin… Mau nanya saya punya dinamo 2900 RPM 10 HP ,7.5 KW. Kira2 pompa pompa submarsible type & merk apa yang cocok buat spek dinamo diatas?

    • Mungkin lebih tepat digunakan sebagai penggerak pompa sentrifugal seperti:

      Spesifikasi Mesin Pompa Irigasi

      Mesin Pompa 85.000 L / jam

      Tipe : NS-80
      Dimensi : 56x26x53 cm
      Kapasitas 85.000 L / jam
      Daya hisap : 5-6 m
      Total Head : 30 m
      Daya yang diperlukan : 6.000 watt
      Diamater pipa (hisap&pancar) : 8 cm

      Mesin Pompa 115.000 L / jam

      Tipe : NS-100
      Dimensi : 60x26x56 cm
      Kapasitas 115.000 L / jam
      Daya hisap : 5-6 m
      Total Head : 32 m
      Daya yang diperlukan : 10.000 watt
      Diamater pipa (hisap&pancar) : 10 cm

    • Kondisi mesin alkon macet dan tidak dapat di putar ada dua kemungkinan. Pertama adalah bagian mesin penggerak termasuk piston, klep dan poros engkolnya macet. Kedua bisa terjadi ada material yang terselip di ruang kipas air kemudian mengakibatkan cacat.

  9. Gan…
    saya ada.mesin sedot air merek general type wp 30cx 5.5hp. ukuran 3in.
    yang mau saya tanyakan bisakah mesin ini jadi penggerak buat mesin lain seperti mesin penepung,penggiling,parut?
    sy sdh beli pully 3in untuk dipasang di mesin pnggerak dan vanbelt untuk dihubungkan ke penggiling daging sdh ada pully.
    sy blm prnh bongkar/lepas waterpump dr mesin. jika berkenan mohon diberi pnjlasan dan peralatan apa lg yg harus disiapkan agar mesin bs multifungsi walau bergantian pmakaiannya.
    Terima Kasih. semoga bermanfaat buat yg lain.

    Wafa 586184a3, fb wava holics.

    • Saya rasa jika ingin menggunakan motornya saja sebagai penggerak mesin lain cukup mudah tinggal melepas bagian impeler pompa dan diganti dengan puli. Namun kalau ingin membuat dua fungsi dalam arti pompa air dan mesin gilingan dalam satu dinamo saya belum pernah terpikirkan untuk itu karena bagaimana menyambung as impeler dan memasang puli ditengahnya.

  10. Bang, mohon arahan dan saran untuk kasus yang sedang kami hadapi.
    Kami sedang membangun area mess karyawan di tepi suatu sumber air (sungai dari mata air).
    Jarak lokasi tandon air ke sungai adalah:
    -Jarak dataran (slope/miring) ke tepi sungai = 37 m
    -Jarak tepi sungai ke permukaan air sungai = 18 m
    -Ketinggian tandon air = 5 m
    Mohon saran pompa apa yang sesuai untuk memompa air sungai ke tandon (jenis, kapasitas, daya dll) dan di mana pompa tsb harus dipasang.
    Terima kasih banyak sebelumnya..

    • Menurut analisa kami lebih tepat jika menggunakan pompa jenis submersible karena akan lebih optimal untuk mendorong air ke permukaan. Pompa harus dipasang di lokasi sumber air. Untuk kapasitas sesuaikan saja dengan kebutuhan yang diperlukan dengan patokan bahwa 1pk adalah 700 watt daya listriknya. Debit air bisa 10 kubik per jam.

  11. mas mohon sarannya dong… saya punya kebun, rencana mo beli mesin pompa air, tapi jaraknya sekitar 1 km dari sumber air dengan kemiringan 90 derajat, sementara mesin pompa rata2 memiliki total head 30 meter, (maksud total head apa ya mas ?) apakah batas titik dorongnya aja cuman 32 meter atau gmn? trus kalau memng ada yg mampu mendorong sejauh 1 KM kira apa ya mas.. mohon pencerahannya… terima kasih

    • Total head adalah jarak dari ujung pipa hisap paling bawah hingga ujung pipa keluar yang paling jauh.

      Untuk jenis mesin pompa yang mampu mendorong vertikal 90 derajat sejauh 1000 meter hanya jenis pompa submersible. Namun dengan spek yang cukup tinggi tentunya kebutuhan biaya akan sangat besar.

      Sebagai gambaran, kami mengerjakan proyek air tanah dengan kedalaman sumur 110 meter vertikal menggunakan pompa submersible 2pk sudah menelan biaya sekitar 50 juta untuk unit mesin pompa beserta komponen pendukungnya.

  12. Numpang tanya om..
    Saya punya pompa NS-50 tp lg bingung mau pake mesin penggerak bensin/solar.
    Misalkan saya pake mesin penggerak bensin apakah kuat untuk memutar pompa NS-50 om??
    Kira2 hrs pake mesin bensin ukuran brapa PK?

    • Lebih efisien jika menggunakan mesin penggerak DISEL dengan daya 3 PK agar kinerjanya optimal.

  13. Selamat pagi admin,
    Saya ada kebutuhan mengalirkan air +- 250 meter, rencana menggunakan 2 pompa ns 100 dikopel ke 1 diesel, rencana menggunakan penggerak diesel kubota 12 pk, apakah power nya sudah sesuai (medan datar)? Trims

    • Untuk satu (1) pompa irigasi NS 100 memerlukan daya penggerak sekitar 10.000 watt agar menghasilkan debit optimal. Jika 1pk sebanding dengan 750 watt, maka bisa dihitung berapa kebutuhan daya mesin untuk memutar 2 unit pompa.

  14. aslkm bos saya thomas di banten…saya numpang tanya….sekarang saya punya usaha menyalurkan air di sekitar perumahan saya. dan sekarang sudah mencapai 200 rumah. dan sumber air saya dapatkan dari air tanah melalui sumur bor submersible 3/4 hp sebanyak 5 unit di kedalaman 45 meter. air tersebut saya alirkan ke toren saya yg ada di rumah kmudian saya salurkan melalui peralon di bagi menjadi 20 line/ jalur arti nya per 10 rumah 1 jalur peralon. sekarang saya ada masalah kekurangan air karnah mesin submersible saya itu terlalu kecil hanya 3/4 hp hanya 5 unit saja. saya pengen nambah tapi listrik nya sangat mahal. trus saya mintak saran…agar irit biaya bulanan dan terkaper untuk 600 rumah akan datang….tolong bos bantuan nya….semoga Allah membalas kebaikan anda..thanks

    • Yang pasti pesoalan hemat atau tidaknya penggunaan listrik tetap berbanding dengan aktifitas pemakaian pompa.

      Dan kenapa mesti ada 5 unit pompa? Padahal akan lebih efisien menggunakan 1 unit pompa dengan daya dan kapasitas besar kemudian membuat tandon penampungan dengan kapasitas yang besar pula.

  15. mau tanya, kalau pompa air yang cocok untuk ditempatkan disungai dg jarak 1200 meter menggunakan pipa 3 inch yg tepat pakai jenis apa, spec dan toko dmn.tks

  16. Mohon penjelasan gan….
    Saya punya kebun cengkeh dengan panjang sekitar 300 meter berbatasan langsung dengan sungai disekitarnya tidak ada listrik….rencananya saya mau beli mesin alkon 3 inci dengan pipa pengeluaran airnya akan saya ubah/dikecilkan sampai 1/2 inci….kira kira gan apa bisa mesin alkon dapat mendorong airnya dikebun saya dengan jarak 300 meter kemiringan 30 derajat???

    • Mesin alkon memiliki tekanan dorong yang kuat untuk jarak dekat. Apabila pipa output di ubah terlalu kecil akan beresiko terhadap kinerja mesin pengeraknya dan setidaknya dari ukuran standat diameter 3 inch hanya boleh diperkecil hingga 1 inch.

      Yang menjadi keraguan adalah jarak sejauh 300 meter dengan elevasi 30 derajat ini. Tampaknya untuk jenis alkon tidak akan bisa optimal.

    • Bisa menggunakan pompa dengan spek tinggi seperti produk milik grundfos type NK, NKG, NKE, NKGE. Silakan hubungi distributor resmi grundfos yang biasanya ada di setiap kota, dan mereka tidak men display semua produknya namun bisa melayani konsultasi serta memberikan katalognya.

  17. Mlm brooo,sy pakai mesin dompen 26 pk,dengan pompa ns 80 +pipa 3 inc,kekuatan air sangat deras sampai 250 mtr dengan kmiringan skitar 15 mtr,namun masalah yang dihadapi akhir akhir ini volly dan vambel pada pompax sangat panas,mohon solusinya…..?

    • Untuk persoalan puly dan v-belt panas biasanya disebabkan oleh pemasangan yang tidak senter sehingga terjadi gesekan diluar jalur puly

  18. Boss saya mau membuat sumur irigasi dengan pengeboran kedalaman 4pipa, mohon saran minimal pompa alkon type yg mana yang bisa digunakan?. Trims atas jawabanya.

    • Untuk spesifikasi jenis pompa alkon yang banyak tersedia dipasaran memiliki daya hisap optimal untuk kedalaman 8 meter. Jika yang bapak maksud kedalaman 4 pipa artinya sekitar 16 meter kami tidak memiliki sumber referensinya mengenai mesin alkon dengan spesifikasi tersebut

  19. Om,tumpang tanya Kalo Sumur Bor 6″ di sedot menggunakan Mesin Bertenaga Diesel 19 HP bisa ga Om..saya lg merencanakan Kegiatan nih.mohon Bantuannya.

    • Kalau mesin peggeraknya sih mencukupi, yang terpenting adalah jenis pompa yang akan digunakan untuk menghisap disesuaikan dengan kedalamannya.

  20. dear admin,
    kami memerlukan pompa utk sedot air sungai dan di transfer utk air kebutuhan masyarakat ; mohon advice..data apa yang diperlukan utk menentukan jenis /daya kekuatan pompa yang akan dipakai.
    terimkasih.
    dadi

    • Pertama harus diketahui berapa kubik kebutuhan air perjam untuk konsumen. Kemudian berapa daya listrik yang tersedia. Untuk pompa dengan kapasitas besar biasanya memiliki spesifikasi kapasitas debit air permenit. Selanjutnya hanya menentukan kapasitas tandon air agar pompa bisa memiliki jeda untuk istirahat yaitu dengan menghitung kebutuhan air total perjam di tambah 50%

  21. Om numpang tanya. Saya memiliki sumur bor dengan kedalaman permukaan 8 meter. Untuk penyedotan saya menggunakan diesel 10 pk + pompa (wayer) ns 50, namun hasilnya kurang memuaskan. Apakah pompa tersebut sudah sesuai dengan kedalaman tersebut?

    • Jika pompa NS 50 dipasang sesuai spesifikasi standartnya menggunakan pipa diameter 2 inch mampu untuk total head 27 meter. Dengan mesin disel 10 PK sudah cukup mumpuni dan perhatikan RPM minimum adalah 3000 RPM

  22. Jenis mesin brp pk n waterpump merek apa yg bandel dan irit utk irigasi sawah mengambil air sungai jarak kuranglebih 25mtr???

  23. Pak,ssya berrncana merancang sistem pengairan tanaman bawang dgn sistem sprinkle..
    Sumber air adalah dari dalam bak kolam yg ada dipnggir kebun.
    Jarak sumber air ke areal kebun yg akan dialiri yg paling jauh adalah sekitar 50 m dgn cara instalasi pipa pvc dim 1/2inch.
    Jumlah sprinkle direncsnakan 8 buah yg disebar merata.ketinggian pipa sprinkle dr permukaan tanah kebun 1m..jenis pompa apa yg bisa dipakai dgn budjet minim pak?
    Trims

  24. Gan..kebun saya jauh dari pemukiman..jadi tidak ada listrik sama sekali…jarak air dari mata air sampai ke kebun 200 meter dengan kemiringan 70°…kira2 alkon tipe apa yang bagus ?

  25. Bang, lokasi rmh klo hujan deras 1 jam aj sdh genang air kisaran stinggi 0,40 m’, luasan skitar 400 m2 kr2 baiknya pompa rendam atau pompa centrfugl, dgn spek brp y, biar air cepat surut/habis. Trims.

  26. Mohon saran dan bimbingan, kalau kedalaman permukaan air dari permukaan tanah mencapai 20 m , jenis mesin alkon apa yang mampu ?

    • Untuk jenis alkon kami belum pernah berpengalaman menggunakan untuk kedalaman 20 meter pak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini