test

Masalah dan Cara Memperbaiki Pompa Air Tidak Menghisap Atau Menyedot

Permasalahan pompa air tidak mampu menyedot atau tidak kuat menghisap merupakan persoalan yang paling umum dan hal ini bisa saja terjadi pada pemasangan unit mesin pompa baru maupun yang sudah beroperasi untuk rentang waktu yang lama.

Dalam kasus pompa sumur dangkal, atau jenis pompa yang berada di permukaan, penanganan dan cara perbaikan ketika terjadi masalah pompa tidak kuat menghisap/tidak menyedot, maka langkah pertama sebelum anda memutuskan untuk mengangkat semua pipa hisap, akan lebih praktis jika terlebih dahulu memeriksa secara pasti apakah motor (dimano) masih dapat bekerja dengan normal.

Pastikan putaran motor dari unit pompa anda masih mampu berjalan sesuai dengan rpm yang wajar dan tidak terdengar suara berisik, bising atau terdengar menggerus. Jika menunjukkan ada tanda tanda putaran mesin pompa melambat, silakan baca terlebih dahulu artikel tentang pemeriksaan mesin pompa.

Sampai di sini anggap saja bahwa kondisi motor (dynamo) masih dalam keadaan prima, maka memasuki tahap selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan terhadap tabung angin pada pompa untuk type tertentu yang memang menggunakannya. Cobalah untuk menekan katup tabung angin dan memastikan masih terdapat tekanan udara yang cukup kuat dari dalam tabung.

Kalaupun tidak terdapat udara sama sekali atau hanya sedikit melemah, artinya angin didalam tabung telah kosong bisa jadi juga mengalami kebocoran. Sesungguhnya sebuah unit mesin pompa masih dapat dioperasikan secara normal meskipun tanpa menggunakan tabung angin tersebut dengan syarat, harus menutup rapat lubang (drat) nepel bekas tabung dengan menggunakan dop/plug yang sesuai ukuran.

Masalah lain penyebab pompa air tidak bisa menghisap 

Jika semua tindakan di atas sudah dilakukan dengan benar tanpa menemui masalah yang serius namun tetap saja pompa tidak mampu menghisap air, maka langkah final yang harus dilakukan adalah mengangkat seluruh rangkaian pipa hisap dari dalam sumur.

Lepaskan semua sambungan pipa satu persatu dan memeriksa pada setiap bagian untuk memastikan tidak ada pipa yang pecah, retak atau bocor sekecil apapun. Jika terdapat kebocoran pada bagian pipa hisap, khususnya yang berada di atas permukaan air, maka akan membuat mesin pompa kehilangan kevakuman sehingga daya hisap akan melemah bahkan tidak ada sama sekali (kosong).

Memperbaiki-Pompa-AirSelanjutnya rangkai kembali pipa hisap, dan sekali lagi anda harus memastikan bahwa tusen klep yang berada pada bagian ujung bawah masih dapat bekerja dengan baik. Pemasangan pipa hisap yang benar supaya memperhatikan dan mengetahui berapa kedalaman level air untuk memberikan jarak paling aman antara posisi tusen klep terhadap dasar sumur serta terhadap permukaan air sehingga akan menjaga posisi kapasitas air yang tersedia dan menghindari kejadian pompa kekurangan air (masuk angin).

Semua rangkaian pipa harus tersambung dengan benar dan sambil dimasukkan kedalam lubang sumur, lakukan pengisian air pada pipa hisap hingga penuh sebelum anda menghubungkannya dengan mesin pompa,  tunggu beberapa saat untuk memastikan tidak ada kebocoran di bagian bawah dengan melihat bahwa posisi air di dalam pipa tidak menyusut atau menurun.

Kesalahan pemasangan (instalasi) pipa hisap

Masalah-Pompa-Air-Tidak-MenghisapKesalahan dalam metode pemasangan pipa hisap merupakan faktor penyebab pompa air tidak bisa menghisap yang paling sering terjadi. Biasanya untuk konsumen yang memasang tanpa menggunakan jasa ahli atau tukang pompa kurang memiliki pengalaman dalam hal ini.

Mereka hanya mencoba melakukan pemasangan dengan tujuan dapat menempatkan unit mesin pompa serapi mungkin tanpa mempertimbangkan efektifitas dan prosedur teknis yang benar.

Gambar yang kiri sepintas hanya berbeda pada rangkaian pipa hisapnya dimana pipa hisap terpasang dengan posisi melebihi ketinggian unit mesin pompa. Karena sebaik apapun sambungan pipa yang dirangkai seperti ini tetap memiliki resiko masuk angin pada bagian pipa yang berada di atas mesin sehingga daya hisap pompa menjadi lemah.

Gambar yang kanan bermakna bahwa sejauh apapun unit pompa dari lubang sumur namun jika pipa hisa tetap berada dibawah mesin, maka secara teknis tidak akan mengurangi daya hisap pompa karena seluruh ruangan pipa tidak beresiko terjadi masuk angin.

Biasanya jika mesin pompa air masih dalam kondisi normal, dan rangkaian pipa hisap telah tersambung dengan benar, kemudian spesifikasi pompa juga sudah sesuai dengan prosedur teknis untuk kedalaman hisap yang di ijinkan, maka seharusnya pompa air anda akan langsung bekerja dan dapat menghisap air dengan baik ketika di nyalakan.<pompair.com>

Admin
Aktifitas offline sebagai tukang instalasi pipa air dan instalasi listrik. Menulis blog untuk berbagi pengalaman dan menambah persahabatan.   Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar disini. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung di POMPAIR.com
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

476 KOMENTAR

  1. Bagaimana cara memperbaiki pompa air yang sering macet. Maksud saya setiap kali pompa menyala sebentar air bisa mengalir tapi selang beberapa menit air sudah berhenti.

    Kedalaman sumur saya 25 meter dengan Jet Pump.

    Apa yang harus saya lakukan untuk langkah pemeriksaannya. Terimakasih.

    • Untuk masalah seperti yang bapak alami, jika memang kondisi mesin pompa masih dapat menyala normal tapi air sering berhenti, nampaknya persoalan bukan pada pompa airnya melainkan dari kapasitas sumber air yang kurang mencukupi.

      Untuk melakukan ceck pemeriksaan paling sederhana adalah nyalakan pompa kemudian tutup rapat rapat pada saluran outletnya dengan memasang kran air atau ballvalve dengan jarak sekitar 20cm dari unit mesin pompa.

      Perhatikan ketika ada tanda tanda pompa mulai menghisap air kemudian buka perlahan kran mulai dari bukaan kecil biarkan bertahan apakah air masih keluar, tambah lagi bukaan kran semakin membesar apakah air malah mengecil.

      Jika pada saat kran di buka kecil air masih mampu mengalir namun ketika dibuka semakin besar justru air menyurut, sudah dapat dipastikan bahwa sumber air bapak mengalami penurunan sehingga pompa miskin debit air.

    • Saya punya jet PAM merek gunfros pada samvungan y tosen rusak saya akal langsung dengan t tk mampu menyedot kadang seperti ngostong/menghisap ke bawah apakah penyebabnya terimakasih

    • Kami kurang dapat memahami persoalan anda namun jika masalah utamanya adalah tusen yang rusak, semestinya harus diganti dengan yang baru dan tidak akan pernah bisa digantikan aksesoris lain semacam sock, Tee, atau elbow.

    • Maksudnya injektornya nozel hilang jatuh ke bawah, apakah injektor itu bisa di akali dengan sambungan pipa T untuk dorong pipa hisapnyanya. Karena waktu d nyalakan air tk naik setelah di pancing naik hanya beberapa detik hilang seperti ke hisap ke bawah. Apa empelernya yg rusak karena waktu air mau naik suara kasar setelah nyemprot hilang lagi dan tak mau naik.

    • Pompa jetpunp sy sudah ganti yg baru sudah di tarik pipa dalam sumur sebanyak 2x…tp tetap saja harus dipancing manakala lebih dari 2 jam tdk dipergunakan…..bagaimana solusi nya……trims

    • Yeti, hal tersebut mengindikasikan bahwa pemasangan pipa hisap yang masih kurang tepat seperti adanya lekukan yang memicu terselipnya udara ( masuk angin) serta ada kemungkinan juga terdapat kebocoran pada rangkainan pipa hisap atau foot valvenya.

    • Permasalahan kami jg sama dengan Bu Yeti Nur, setelah beberapa lama air di dalam bak pancing berkurang dan harus di pancing. Kmrn kami sdh melakukan pengecekan, ternyata ada yg bocor di sambungan sok, kami sdh benarkan kembali yg bocor telah normal krmbali, kemudian jg kami check kami isi air di pipa isap tidak ada air yg turun. Kami test air sdh keluar lagi. Tp setelah kami diamkan beberapa saat begitu kembali, hrs di pancing, padahal kami lihat tidsk ada yg bocor, mohon pencerahaanya.

    • Jika permasalahannya seperti itu ada kemungkinan foot valve (tusen klep) sudah tidak bisa menutup secara sempurna. Namun jika penurunan air dalam bak pancingan itu belum terlalu jauh ke pipa bawah biasanya mesin pompa masih mampu menyedot air. Dengan ini sebelum memutuskan untuk dipancing coba biarkan pompa hidup sampai sekitar 3 menit jika blm mampu menghisap air barulah di isi air pancingan.

    • Mlm mas sy kan pnya pompa trasfer ebara per tma msa g dya lemparnya keras.. Tpi skrang dya lemparnya lemah. Kira 2 apanya ya.. Mas.

    • Masalah seperti ini sangat kompleks dan saling berkaitan. Bisa disebabkan tegangan listrik menurun, pipa sulpy sudah ada kerak atau sumbatan, kemudian kondisi motor apa pernah mengalami overheat sehingga berdampak pada putaran mesin yang mnjadi berat.

    • Saya mempunyai kendala dgn sumur saya,kedalaman sumurnya 14 m.Dipompa dgn pompa air airnya nyala slm 5 jam non stop,air tdk kandas.stlh sumur itu sy masukkan jetpump airnya naik tp cuma sebentar trs macet ,begitu berulang ulang..bagaimana solusinya

    • Mau tanya bagaimana mengatasinya jika di tabung pompa penuh air sampai muncrat kl dibuka tetapi air tdk nyedot ? akan tetapi jika air yg muncrat td sdh dibuang sampai level penuh ditabung pompanya jd bs nyedot. Apakah kesalahan di tusen nya atau dipompanya ?

    • Selamat siang mas, aku punya mesin shimizu type PS 230 BIT tapi tdk mau keluar air, awalnya sih bisa tapi tiba2 tdk mau keluar air lagi, dan kalau dikocok pipa pengisapnya baru keluar air dan sedikit keruh, tapi apabila dihentikan kocok maka air juga berhenti keluar, bunyi mesin normal dan tidak perlu dipancing, kira2 dimana masalahnya ya mas?

    • Secara umum, pemasangan mesin pompa air tetap memerlukan lekukan namun tetap pada batas yang wajar untuk memaksimalkan daya hisap mesin pompa. Lekukan sebanyak apapun jika tidak memicu kebocoran dan pemasangannya tidak menimbulkan dampak masuk angin pada pipa hisap tetap saja bisa dilakukan dengan catatan tidak melebihi panjang dari spesifikasi daya hisap yang di ijinkan. Misalkan pompa dengan daya hisap 9 meter tetap boleh saja ada lekukan 3 sampai 4 kali namun tetap di aplikasikan untuk kedalaman kurang dari 9 meter yang artinya panjang total pipa hisap tidak melebihi spesifikasi daya hisapnya.

    • Cara seperti yang pak Rudi pakai bisa saja untuk melakukan analisa terhadap masalah jika mesin pompa hidup dan air tidak keluar. yang pasti apabila pada bukaan sedikit air bisa mengalir tapi untuk berapa lama? apakah tetap stabil meskipun air yang dikeluarkan sangat kecil ataukah masih tersendat sendat?

  2. Saya mau tanya bagaimana cara benerin sanyo jetpump yang tidak mau nyedot air ?
    Pada awalnya kerusakan terjadi pada mesin dinamonya saya cek kelahernya rusak dan sudah saya ganti namun setelah mesin bagus tidak bisa menyedot air… ini kira kira pengaruhya dimana ia..?

    • Sebelum dibongkar lahernya apakah sanyo jetpump tersebut masih dapat beroperasi dengan baik yang artinya mesin masih bisa menyedot air hanya saja akan terdengar berisik karena laher rusak. Ataukah pompa sudah berhenti dalam waktu yang lama? Jika terlalu lama berhenti dan tidak ada aktifitas menyedot air, maka ada kemungkinan endapan telah menyumbat foot valve (tusen klep) di bagian pipa hisap.

  3. saya mau tanya mas saya punya sumur bor dengan kedalaman 60 m dan apa bila mesin air di hidupkan air tidak mau keluar, tetapi apabila pipa sedot di angkat dan di turunkan (di kocok) air keluar tapi nggak lama setelah itu mati lagi apakah it bisa di sebut masuk angin atau daya sedot pompa yg tidak memadai padahal pompa it baru saya beli tlong mas gimana solusi nya

    • Bisa disebutkan type atau jenis pompa yang bapak gunakan apakah spesifikasinya sudah sesuai? kemudian berapa jarak antara pompa dengan lubang sumur dan apakah terdapat banyak lekukan?

      Analisa sementara jika kejadiannya seperti itu kemungkinan masalah daya hisap pompa yang kurang optimal.

    • Saya menggunakan pompa air shimizu semi jet pump jarak pompa dgn lubang sumur sekitar 1 meter, ada beberapa lekuka saja sekitar 3, sdh saya coba pipa sekali tekukan saja langsung ke mesin tp tatap saja air tdk keluar, yg ingin saya tanyakan lagi sumur 60m tersebut apakah harus menggunakan pipa sedalam 60 m juga? Soal ny yg saya gunakan cma sekitar 25 meter saja takut nya nggak ke hisap apa kah benar yg saya lakukan tersebut

    • Sekarang hitungan tepatnya berapa meter jarak mulai dari permukaan air sampai bibir lubang sumur. Apakah spesifikasi pompa air yang bapak gunakan memiliki daya hisap untuk ukuran tersebut. Jika bapak memakai Shimizu semi jetpump type JET-100 BIT, JET-250 BIT, JET-300 BIT, JET-400 BIT memang akan kesulitan untuk menghisap sedalam 25meter.

      Saya sarankan untuk kedalaman lebih dari 20meter sebaiknya sudah memakai Jetpump (Double Jet) dengan pipa tekan. karena jenis semi jetpump hanya efektif untuk daya hisap sekitar 10 sampai 15 meter saja meskipun total head bisa mencapai 40meter.

    • Masalah tidak bisa menyedot sangat banyak faktor penyebabnya meskipun mesin tersebut baru. Spesifikasi dari type mesin harus sesuai. Cara pemasangan harus tepat dengan teknisnya. Dan apakah sudah benar benar dipastikan tidak ada kesalahan sambungan pipa, foot valve, maupun daya listrik yang menyuplai mesin. Tegangan turun 10 volt saja dari batas normal juga dapat memicu pompa tidak kuat menyedot meskipun mesin pompa tampak menyala dengan normal.

    • Tanpa mendahului penjelasan admin ,

      Saya ingin berbagi ilmu fisika.
      Segala jenis pompa prinsip kerjanya adalah vakum untuk menarik air.
      Tekanan udara 76 cmhg . Lewat perhitungan singkat didapatkan angka 10.8 meter.

      Artinya jika vakum 100 % ….jarak pompa dan permukaan air maksimal 10.8 meter .
      Tapi karena pompa air tidak bisa menghasilkan vakum 100 % kita kira kira jarak maksimal 9 meter.

      Jarak permukaan air —->pompa maksimal 9 meter.
      Setelah itu aliran outnya tidak ditentukan jaraknya (tergantung kekuatan dinamo pompa artinya beban pada pipa out pompa seberapa tingginya tergantung kekuatan pompa)

      Jadi menarik air misalnya 100 meter dari permukaan tanah , maka jarak pompa thd permukaan air maksimal 9 meter vertikal

    • Nico, terimaksih sudah ikut memberikan masukan serta turut membantu memecahkan persoalan para pengunjung web POMPAIR.com Salam persahabatan dari Admin.

    • Malam mas . Saya mau tanya . Apa jadinya jika salah pasang pipa hisap pada jet pump. Dan apa akibat nya . Sekian dan terima kasih

    • Tentunya akan fatal bahkan tidak bisa menghisap air sama sekali. Kesalahan seperti apa yang dimaksudkan? karena banyak sekali faktor yang berhubungan dengan kemampuan hisap pompa terhadap metode pemasangan pipa hisapnya.

      Banyak lekukan, atau kesalahan menentukan diameter pipa atau bahkan kesalahan pada teknik penyambungannya.

  4. Pak, saya punya pompa washer 255 ea, apakah pipa hisap dan dorongnya, bisa kita turunkan jadi 1/2″, atau 1″?Karena pipa kesingnya hanya 3 inci, jadi tidak muat jika kita masukan valvenya yang seharusnya 11/4″dan 1″, apa ada solusi lain? Terima kasih

  5. Maaf mas,mau tanya, di rumah ,saya pake pompa jenis wilo, seperti pada gambar paling atas tu bang. tpi tiap mau ngisi bak, pompa harus dipancing terlebih dulu, baru airnya naik dan keluar. malahan Tak jarang jga airnya gak keluar2. Kira-kira permasalahanya apa ya mas? Tenaganya, daya hisapnya atau yg lainya. Mohon solusinya ya mas?

    • Jika maunya di pancing baru bisa menghisap air, sudah jelas ada kebocoran pada bagian pipa hisap atau klep bawah.

      Solusi paling tepat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan membongkar seluruh pipa hisap kemudian pastikan foot valve (tusen klep) masih bisa menutup dengan rapat dan sambungan semua pipa hisap tidak ada indikasi kebocoran. Hanya itu saja kalau memang permasalahannya adalah ruang impeler yang selalu kosong dan minta di pancing.

  6. mohon info dan solusinya dirumah saya pakai mesin merk sanyo model tabung bawah setiap sesekali mau ngisi air ketoren penampungan harus membuang angin dulu lewat lubang yang biasa buat mancing setelah dibuka tutupnya baru keluar angin setelah anginya keluar ngak lama airnya keluar dengan sendirinya baru bisa keluar dengan normal intinya kl mau ngidupin mesin biar keluar air harus selalu membuang anginya terlebih dahulu baru bisa keluar air mohon infonya dari bapak terima kasih

    • Maaf bapak Aryo saya lambat membalas, karena koment bapak rupanya masuk kedalam kotak spam. Jadi begini, untuk persoalan pompa air tersebut mengindikasikan bahwa telah terjadi kebocoran pada pipa hisap yang sangat halus sekali sehingga masih memungkinkan untuk menghisap air namun resikonya demikian kadang selalu minta di pancing ataupun harus membuang angin terlebih dahulu.

  7. Maaf bng saya mau nanya, drumah saya punya pompa air sumur bor merk SAN-EI MODEL:SE370JP.
    pertanyaan nya: awalnya suara mesin itu terdengar agak kasar tapi masih bisa menyedot air setelah itu suaranya berubah lembut teus tidak nyedot lagi, kira kira kesalahan nya apa bang, note dari awal baru suaranya keras

    • Coba di periksa apakah pompa minta untuk di pancing, jika tetap tidak ada reaksi lepas pipa hisap dari pompa kemudian coba di kocok apakah air dapat terangkat sampai tumpah? jika air bisa keluar dari pipa hisap artinya bagian pipa aman.

      Apakah suara pompa yang lembut tersebut terjadi karena putaran pompa yang menjadi lambat ataukah karena kondisi pompa memang kosong tidak ada air pancingan. Jika putaran pompa lambat jelas ada masalah dengan dinamo atau sumber listriknya.

  8. Maap bang mau nanya,, saya habis masang pompa air shimizu z100,,awalnya bang lancar jaya,,tpi kemarin bang ,,air ga keluar sama sekali terus,,saya pancing,,keluar lagi lancar banget ga berhenti2,,begitu dimatiiin nyalain lagi ga naik lagi airnya bang,, gmana solusinya yah bang,,trimakasih banyak,,,apa ada kebocoran apa gamana

    • Tampaknya jika pompa selalu minta dipancing supaya dapat menghisap air, ada masalah pada bagian pipa hisap dan perlu dilakukan pemeriksaan apakah ada kebocoran pada sambungan bahkan kejadian paling sering adalah tusen klep sudah tidak dapat menutup dengan sempurna.

    • Coba di periksa dulu pipa hisapnya di angkat total, di bersihkan kemudian dirangkai kembali. pastikan tidak ada kebocoran, tusen klep normal, serta posisi pipa tidak terlalu kedasar sumur atau terbenam lumpur.

    • Coba dipastikan apakah setelah ganti laher putaran mesin mengalami perubahan. Kemudian periksa impeler apakah sudah terpasang dengan tepat dan tidak ada cacat ataupun sesuatu yang terselip ketika proses bongkar pasang.

  9. Mas numpang tanya.kenapa jetpum sy tidak kuat mengangkat air padahal Klo sy buka baut pancing itu airnya nyempot. Trus pipanya jg rapat smua serta bunyi mesin normal..mohon pencerahannya Trimakasih…

    • Air menyemprot dari lubang pancingan itu terus menerus atau hanya sesaat kemudian habis. Jika hanya sesaat sudah pasti ada masalah dengan pipa hisap. Tapi jika bisa menyemprot terus bahkan bisa di bilang mengalir lancar, maka artinya pompa dalam kondisi normal.

  10. Maap bang apakah shimizu z100,,bisa dipasang switch otomatis,, klo bisa gmana caranya ya bang,,, apa udah ada artikelnya atau gambarnya,,, tadi saya coba2 pasang ga bisa2 bang

  11. Mau tanya, arah putaran dinamo pompa air ke kanan (searah jarum jam) atau ke kiri (berlawanan arah jarum jam)?
    Sy ada mesin grundfos, suara mesin normal tapi tidak bs sedot air.
    Sudah d coba buat sedot air dari ember (jarak sedot mesin ke ember hanya 2meter), tapi msh tidak bisa sedot.
    Apa mungkin arah putaran nya terbalik?
    *hal ini terjadi setelah proses ganti kapasitor (kapasitor sblumnya pecah krn ad kabel yg korslet)

    • Putaran mesin jika dilihat dari sisi bagian kipas maka akan berputar searah jarum jam. Memang bisa terjadi kesalahan putaran akibat kapasitor yang tidak tepat dan meskipun jarak 0,5 meter tentu saja tidak akan mampu menghisap.

  12. slmat mlm mas. aku mau konsul. dirumah sy ada pompa jetpum merk groundfos. sebelumnya airnya keluar lancar, baru dipakai 2 bln airnya dah tdk keluar, saat dicek air di pipa hisap penuh , karet shill bagus, pipa masih sep waktu air lancar dan suara mesin bagus. lalu dimana kendalanya sehingga airnya macet ?

    • Apakah pipa hisap sudah pernah diangkat total, bisa saja ujung pipa hisap terbenam lumpur dasar sumur. selain itu jika pemasangan pipa hisap sudah tepat namun masih belum bisa menyedot, periksa juga bagian impeler mungkin saja ada kotoran yang terselip ketika terbawa air, terakhir kalau semua baik dan belum juga mampu menghisap pastikan putaran mesin normal yang artinya tidak melambat akibat tegangan listrik menurun atau kapasitor yang sudah lemah.

  13. Knapa ya gan, kalau pompa air menghisap lemah jika di tutup lubang pancingan, setelah memancing.. tapi kalau dibuka akan beroperasi normal.. infonya gan

    • Pompa type apa, lalu jika lubang pancingan di buka artinya air tentu akan keluar dari lubang tersebut dengan normal dan ketika lubang pancingan di tutup maka debit air yang dihasilkan ternyata sangat kecil. Kondisi yang demikian biasanya ada kotoran yang tersangkut pada impeler ataupun di dalam lubang output pompa yang menyebabkan daya dorong pompa menjadi terhambat sehingga sering di salah artikan bahwa daya hisap pompanya yang melemah.

  14. pompa air di rumah saya baru ganti tabung sekitar 2 bulan yg lalu. Selama ini lancar2 saja, tapi dari kemarin setiap kali buka keran, pompanya mati nyala mati nyala terus seperti ngos2an begitu. Harus membuka 3 keran, baru pompa menyala terus spt biasa. Kira2 masalahnya apa ya mas admin.
    Terima kasih sebelumnya 🙂

    • Pompa air pak Agus menggunakan otomatis pressure switch. coba setting otomatisnya di longgarkan agar tekanan menjadi lebih ringan sehingga dengan membuka kran sedikit saja pompa air sudah bisa hidup normal.

  15. PAK saya mau Tanya saya pasang jetpum, keluar airnya kenapaa harus sambil di k*cok yah,,kalo ga di k*cok ga keluar air,,kalo sambil di k*cok baru airnya keluar? Tolong infonya PA? Terima kasih?? Sdah pake mesin 500 wat Sama kaya gitu juga? Makasih PA?

    • Berarti pak Supriadi sampai mengganti mesin pompanya tapi tidak mengangkat total pipa hisapnya? kejadian seperti itu biasanya foot valve (tusen klep) sudah mengalami kebocoran yang sangat halus. Dan kemungkinan lain, tusen klep di bawah sana terbenam endapan sumur bisa berupa lumpur atau kotoran lainnya yang menghambat hisapan air. sebaiknya pipa hisap di angkat total periksa tusen klep serta semua sambungan kemudian dirangkai kembali.

  16. Mas mau tnya nich kmrn d rmhku br pasang jet pump shimizu BIT 360 baru.tp waktu d pasang kq gk bs hisap air nya kedalaman sumur 20meter

    • Apakah pemasangannya dilakukan oleh tukang atau teknisinya? sebuah unit pompa baru jika spesifikasinya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan maka biasanya tidak akan mengalami masalah.

      Kalaupaun di telusuri, persoalan pak Ivas bisa sangat panjang penjabarannya dan semuanya sudah kami ulas di sini tentang berbagai masalah pompa air mulai dari kesalahan pemasangan pipa, pemasangan otomatis, serta sebab sebab mesin pompa tidak menghisap lainnya. Coba di cari di kolom pencarian dengan kata kunci yang lebih spesifik.

    • Pada umumnya persoalan seperti itu terjadi karena sumber air yang tersedia kurang mencukupi alias telat. Kalau boleh di informasikan tentang spesifikasi mesin pompa merek apa dan kedalaman sumur berapa?

  17. bos.saya pnya pompa simizu 250.mesin normal hidup tpi tdak bsa keluar air.terkadang harus di kocok2 bru keluar bentar dah nga keluar air lgi

    • Apakah pompa airnya selalu minta di pancing air? kemudian pastikan air yang di keluarkan tidak keruh. Jika kedua masalah tersebut terjadi maka ada masalah pada bagian pipa hisap atau foot valve terendam pada endapan sumur.

  18. Bang tolng ya sumur saya baru dibor dengan kedalaman 25 meter dngn pipa casing 2,5in. Ketinggian air 15mtr dari prmukaan tanah. Masalahnya saya terlanjur beli pompa jet zhmizu pc260bit krna mata jetnya tdk bs masuk d dlm pipa. Apakah pompa ini bsa digunakan tnpa memakai mata jetnya ataukah ada cara lainnya. Trus pompa mana yng pling cocok buat sumur 25mtr dan air 15mtr dngn pipa sumur2,5inci

    • Sayang sekali dengan sumur bor nya, minimal seharusnya lubang sumur bor adalah 4 inch. Untuk kedalaman 25 meter minimal memang harus menggunakan pompa air jetpump (Duoble Jet). Solusi paling efisien adalah membesarkan lubang sumur setidaknya sampai kedalaman 10 meter jika memang posisi permukaan air adalah 15 meter dari bibir sumur.

      Kemudian setelah jet nozzle bisa masuk sedalam 10 meter, maka pipa hisap pada bagian foot valve dengan ukuran 1 inch bisa diperpanjang hingga 5 meter lebih sampai terbenam kedalam air.

      Namun jika lubang sumur sudah tidak memungkinkan untuk diperbesar, maka dengan kedalaman 25 meter dan diameter lubang 2,5 inch maka pompa air yang paling tepat adalah jenis pompa air submersible 2 inch.

  19. Asslm..
    Mau naya mas, di rumah saya gunakan mesin Pompa Shimizu PT-190BIT. Usia pompa sekitar 5 tahun pemakaian. Pompa digunakan untuk sumur dengan kedalaman sekitar 25M(panjang pipa). Pertanyaanya :
    1. Akhir2 ini debit airnya lemah/daya hisap menurun pada saluran outlet mesin. Apa faktor penyebabnya.
    2. Apakah bisa saya tdk menggunakan Pressure tank dan menutupx dengan baut sj, karna saya menggunakan bak penampung dan saklar listrik khusus ke pompa.. sehingga mesin akan dimatikan setelah bak penampung full.
    Terima kasih sebelumnya

    • Dengan usia 5 tahun, jika belum pernah dilakukan perawatan termasuk membersihkan pipa hisap yang tentu saja sudah banyak menempel kerak dan sebagainya maka sudah jelas akan mengganggu daya hisap serta debit air yang dihasilkan.

      Tidak menggunakan pressure tank tetap bisa Pak dan tidak akan ada resiko apapun kecuali jika mesin pompa masih menggunakan pressure switch.

  20. Maaf Mas, saya punya pompa air shimizu pc 260bit namun terkadang harus umpan klw nggak airnya nggak kluar. Trus saya manggil tukang servis akhirnya dia rancang dengan naikin injectornya dari pompa hanya 2 meter, selanjutnya hanya satu pipa kebawah 12 meter sampai foot valve, setelah udah pasang semua trus di tes tapi nggak hisap juga airnya. Kira-kira itu masalahnya apa Mas? Thanks sebelumnya.

    • Metode naikin injector memang bisa dilakukan, namun jika sampai 12 meter untuk pipa foot valvenya itu sangat tidak efektif dan prosentase keberhasilannya akan kecil. Paling panjang untuk pipa foot valve adalah 4 meter.

  21. Mas mau Tanya saya di rumah pake pompa air shimizu otomatis, belum setaun saya pakenya, masalahmya Kalo lagi posisi mati suka mati idup sendiri kayak batuk2 gitu, baru setelah dinyalain salah satu keran Dan dimatiin lg dia diam tapi ga lama mati idup2 lg, kenapa ya masalahnya, Terrimakasih sebelumnya

  22. Mas mau tanya
    Pompa jetpump dirumah sudah digunakan lebih dari 8 tahun dan cenderung tidak ada masalah
    Namun 2 bulan belakangan ini ketika dihidupkan hanya nyala sekitar 10 menit lalu mati 3 menit lalu nyala lagi mati lagi begitu seterusnya
    Kira-kira apa permasalahannya dan bagaimana solusinya
    Terimakasih untuj jawabannya

    • Menurut pendapat kami, itu merupakan gejala mesin mengalami overheating. Yang artinya mesin sudah perlu di service total untuk menjalani pemeriksaan setiap komponennya.

  23. Mas.. pompa air saya sany*.. baru beli.. sbelumnya lancar jaya.. gg ada gnguan.. ehh di tnggal smingguan.. kok gg nyedot.. mesinnya nyala normal.. pake yg tipe otomatis yg ada tabung nitrogennya.. itu kenapa mas

  24. mohon bantuanan saya baru memasang Filter di instalasi pipa air saya, jadi urutan instalasi nya Sumur bor , lalu kemudian Pipa hisapan pompa kemudian pompa lalu tempat penampungan sementara kapasitas 600 liter dari penampungan sementara ini saya balikan lagi kepompa tadi dengan cara membuat cabang hisapan pompa yg dipisahkan dengan keran ( baik dari sumur dan juga dari penampungan sementara, kemudian air selanjutnya di pompakan ke filter menuju penampungan diatas atap , awalnya baik , namun sudah 3 hari ini air saya tidak bisa dipompa dari sumur ke penampungan sementara, apakah penyebabnya ???

    • Apakah anda hanya menggunakan satu unit pompa saja dan mengoperasionalkan untuk dua type suplay dengan pengaturan kran pemisah? Hal ini sangat beresiko terjadi masuk angin sehingga pompa akan sering mengalami masalah daya vakum yang kurang.

  25. saya baru pasang pompa bekas panasonic 200 yang baru saya perbaiki dengan check valve punya pompa saya sejenis yg lama. check valve dpasang pada pompa yg lama gak masalah tapi dpasang pada pompa yg baru bocor. sudah saya coba pasang per dbelakang karet valveny tapi tidak ngefek. kira2 penyebabnya apa y kok jadi gitu?

    • Awan, biasanya check valve kondisi bekas apalagi bongkar pasang sangat rawan bocor krn goresan sedikit saja akan merubah presisi valvenya.

  26. Maaf mas sy mauu nanya bagaimana cara mengangkat pipa hisap yang copot dari sambungan,,sudah berkali2 coba disambung pake lem tapi ttap tidak bisa diangkat..?

    • Sobat Reny, menggunakan jetpump atau semijetpump dan pipa hisapnya copot di kedalaman berapa? dipasang pada sumur besar atau pada sumur bor?

  27. saya mau tanya Mas,
    Kalo tekanan pada pompa masih tetap turun sedangakan pada pipa keluaran saya sudah pasangkan Valve untuk kontrol kebocoran-kebocoran pipa, seharusnya pada saat Valve di tutup tekanan Naik & pompa mati, tp ini aneh mas, Valve pada pipa keluaran saya tutup & tidak ada kebocoran di pipa keluaran kok tekanan perlahan tetap turun dan pompa tetap mati nyala pdhl posisi valve di tutup & tidak ada kebocoran di pipa keluaran, mohon pencerahan penyebabnya tekanan tutun pada pipa keluaran pdhl tidakc da kebocoran…..

    • Freedrick, metode anda sudah tepat dengan memasang valve untuk deteksi kebocoran jika pompa menggunakan pressure switch. Menganalisa persoalan yang anda alami, bisa di pastikan masih terdapat kebocoran yang menyebabakan tekanan perlahan turun. Kebocoran yang tidak tampak dan sulit di amatai biasanya terdapat pada bagian pipa hisap dan bisa jadi pada bagian foot valve.

    • Askha, permasalahan pompa air tidak menyedot sangat kompleks sekali. bisa dari yang paling ringan hingga sampai persoalan yang serius. Coba saja ikuti prosedur atau buku panduannya dulu jika beli pompa baru.

      Di dalam web ini jika anda mau menelusuri banyak halaman maka telah banyak kami ulas segala permasalahan pompa air dan kami juga telah menjawab banyak sekali pertanyaan yang sama.

    • Mas, permasalahan sy skr sama persis. Itu sdh bs dipastikan ya foot Valve yg rusak? Foot Valve itu letaknya di paling bawah dr pipa?
      Kalau kondisi sumur dan pipa nya ada di dlm rumah (dapur) dan dapur sudah ditutup dengan atap asbes, cara ngajakin ngeluarin pipanya bgmn ya? Thx alot..

    • Bisa di potong sesuai ukuran yang bisa di angkat. kemudian pemasangan dengan di sambung kembali menggunakan sok drat ataupun di lem pipa.

    • Akbar, mohon di informasikan mengenai spesifikasi mesin pompa nya? kemudian spesifikasi kedalaman serta kapasitas air sumurnya.

  28. Mas maaf nanya lg kedalaman sumur 9m aq pakai jet pump. Pakai pipa ukuran 3/4 buat dorong untk isap pakai11/4 tapi air g mau naik.mesin bagus tusen bagus gmn solusinya mas trmsh

  29. mas mau nanya nih, dirumah saya satu sumur satu pompa air untuk dua rumah sehingga menjadi masalah jika di pakai berbarengan air mengalir kecil, rencana saya mau pake dua pompa air untuk masing-masing rumah tapi tetap satu sumur, apa ada masalah jika dua pompa digunakan secara bersamaan (air tetap kecil…?) mohon petunjuknya mas, trims….

    • Dwi mulyo, selama sumber mata airnya lancar saya rasa akan bai baik saja meskipun di pasang 2 unit mesin pompa air. Namun jangan pernah mencoba untuk membuat cabang pada bagian pipa hisapnya. Dan tetap menggunakan pipa hisap sendiri untuk masing masing mesin pompa.

  30. Ass ..begini mas sumur ditmpat sy dlmnya 50 mtr dan pakai jetpump baru tp koq airnya gak bs naik knp ya , terima kasih sbelumnya wass .

    • Bu Tammy, mohon di informasikan spesifikasi pompa dari merek beserta type yang digunakan agar kami dapat menganalisa permasalahannya.

  31. Mas maaf, saya mau bertanya, drumah saya baru dipasang pompa air Merk Sh*m*zu 375BIT, tapi ko ga ada tabungnya ya?
    nah, saya baru tahu pas sudah terpasang rapih,-
    setelah saya mencari tahu, ternyata bawaanya ada tabung-nya, apakah bermasalah nanti-nya jika digunakan tidak pakai tabung?

    sedangkan saya belum pasang Penampungan air (toren air), mohon masukannya mas?

    • Tito, tidak ada masalah meskipun dipasang tanpa tabung untuk kinerja hisap ataupun debit air yang dihasilkan. namun hanya saja akan mempengaruhi keras lembutnya seting switch otomatis pompa jika masih menggunakan pressure switch. Maka dari itu lebih baik di pasang tandon air beserta saklar model radar atau WLC untuk kontrol otomatis on off nya.

  32. Mas, saya tanya nih, saya pasang pompa air 125 watt di lantai sejajar dengan toren 350L, input pompa langsung dari keluaran bawah toren, untuk mengisi toren atas setinggi 5 meter, secara posisi ada yang salah ga? karena maslahnya sekarang pompa air jadi bocor & suaranya berdesing keras sekali, tapi air tetap jalan, terima kasih

    • Pranajaya, saya bisa memahami maksud anda bahwa pompa tersebut di fungsikan sebagai pompa dorong. untuk lebih jelasnya bisa anda cari artikel di web ini yang berjudul kesalahan memasang pompa air dorong

  33. Tanya pak, alkon 7.0hp dengan pipa hisap 1inch tidak bisa menyedot air sumur bor, yang mana subur bor tersebut diameternya cuman 1,5inch, keluar namun berat dan tak brtenaga, tetapi saya coba pada sumur cincin dengan pipa hisap 1inch juga, hasilnya baik, debit besar dan tendangan bertenaga, prtanyaanya apakah karena faktor sumur bor yg trlalu kecil ya pak..? Gimana kalo sumur bornya saya ganti ke yg 5 inch misalnya,, apakah bisa atau kjadiannya malah sama..?

    • Dodi, pertama pastikan dulu kapasitas sumber mata air yang ada pada sumur bor sudah mencukupi, kemudian persoalan pada sumur bor biasanya adanya endapan yang bisa saja kurang bersih ketika pengurasan sehingga pipa hisap tersumbat. sedangkan sumur besar meskipun sumber mata air kecil namun sudah pasti stok air yang akan di hisap sudah terkumpul banyak. Kemudian endapan sumur besar relatif mudah terpecah karena ruang yang luas.
      Sehingga jika Pak DODI akan membuat lubang sumur bor dengan diameter lebih besar maka hal tersebut merupakan langkah atau solusi yang sudah tepat.

  34. maaf mas saya mau nanya. ini pmpa di rumah merk panason*c.. uda tiga tahun makenya biasanya lancar selalu.. sampai sekarang kondisi masi bagus, mesin masi berjalan normal. sampe akhirnya beberapa minggu ini, pompa sama sekali gabisa nyedot air, kecuali di pancing (baru maau nyedot air, kalo pompa tetangga juga lagi di hidupkan) kalo tidak, ya pompa nya tidak menyedot air, tapi tetap hidup. masalahnya dimana ya mas?
    makasih banyak mas

    • Andre, jika di pancing masih bisa menyedot air, maka dapat dipastikan bahwa telah terjadi kebocoran pada rangkaian pipa hisap. Mengangkat total untuk melakukan pemeriksaan dari setiap sambungan pipa hisap dan memastikan kondisi foot valve masih dapat bekerja dengan normal.

  35. Mas saya mau nanya nih ,gmn mas klo pompa air nya bisa hidup klo kipas nya di bantu putar baru mau hidup dinamo nya,klo gk dibantu putar malah cuman mendengung aja mas ,dinamo ku merk nya sanyo mas,bantuin dong mas solusi nya…tks atas jawaban nya

  36. mas saya pakai jet pump panasonik GN-205Hk pipa yg dua ujung mata jet pump kedalaman 8meter nah sisa nya 12 meter pipa in awal nya air banyak dah 1lbn air ga kelauar,saya pancing keluar lg banyak 15 menit kemudian air nya abis knp nya mas

    • Ridwan, menurut analisa kami, sumur anda kekurangan sumber mata air sehingga kapasitas atau stok air yang di hisap pompa tidak mampu mencukupi.

  37. siang om, sy mau tanya ttg permasalahan air sumur. pompa sy 40pk yg br shimizu kedalaman sumur 40 m casing dan pipa saya ganti baru dan setelah di coba kok aerna kecil dan makin lama mkn ga ada. listrik 900w. tolong bantu solusinya oom dan makasih

    • Marbun latif, coba pastikan dulu dari kedalaman sumur 40 meter tersebut berapa meter posisi ketersediaan airnya.

  38. Mas,pompa saya shimizu semi jet pump. Pertama2 saya pasang selama 1 minggu air kencang tapi habis itu air ya keluar kecil. Pompa saya letakan di dasar 5 meter. Dengan pantekan 20 meter . dan air saya keluar melelaui toren dengan ketinggian 5 meter . menurut mas bagaimana yg seharus ya saya lakukan?

    • Mordekhay S, kejadian seperti itu biasanya disebabkan oleh sumber air yang mulai menurun sehingga ada kemungkinan pompa kekurangan air. pastikan dulu kapasitas air apakah stabil. kemudian pastikan bahwa kedalaman pipa hisapnya tidak melebihi 11 meter untuk type semi jetpump.

  39. Mw ty ne mas,pd saat pompa air dihdupkan,hy trdengar suara berdengung saja,tp saat kipas pompa dibantu putar baru pompa mau berputar,tp air gak mau keluar,sdh dipancing ttp gak keluar,masalahnya apa ya mas??

    • Fahzan, kalau hanya berdengung dan tidak mau start sendiri sebaiknya kapasitor di ganti dengan yang baru. Untuk masalah dipancing tidak mau menghisap, pertanyaan sama persis seperti yang anda ajukan sudah banyak kami jawab di sini, silakan di baca halaman halaman serta komentar komentar pembaca web ini dengan teliti.

  40. Mas..kenapa pipa paralon air nya sangat keras dan susah diangkat..awal nya air lancar mas (memakai jet pump) seminggu tdk di pakai(krn blm ditempati) waktu di nyalakan mengeluarkan banyak media pasir dan susah keluar air nya.harus di pancing dan di kocok..akhir saya mau angkat semua pipa hisap nya..tapi keras tdk bs diangkat..bagaimana solusinya mas..makasih

    • Lessya, sepertinya sumur anda mengalami longsor dan kemudian mengendap sehingga menjepit pipa hisap. Peluang untuk dapat di angkat sangat kecil karena pada bagian injector akan tersangkut dan resikonya pipa akan putus jika dipaksa di angkat. Solusinya bisa di coba memakai katrol manual.

  41. Minta ilmunya gan..mo nanya nih
    Mesin air selalu minta di pancing gan..padahal air di dlm pipa yg msk ke sumur penuh gan..
    Tak kocok airnya muncrat gan.
    Gk ada kebocoran…
    Tp jika semalam gk di pake paginya
    Minta di pncg. Tabung air nyA..hanya segelas air.lgsg lncr.
    Mesin kondisi ok. Gan..gimana solusinya gan…oh ya..air yg keluar pertMa kotor gan.air lumpur .
    Mohn solusinya gan

    • Tanto, Kalau selalu minta di pancing namun hanya sikitar segelas artinya jalur pipa hisap masih aman dari kebocoran. Sedangkan masalah air keruh pada saat start menandakan bahwa ujung pipa hisap anda sudah terlalu dekat dengan endapan lumpur yang beresiko akan menyumbat foot valve. solusinya angkat pipa hisap dan bersihkan. berikan jarak aman antara dasar sumur dengan ujung pipa hisap jangan sampai terlalu dekat dengan dasar sumur.

  42. Mas Bro, maaf klo Shimizu 502 jetpump dipasang seperti semi jetpump tanpa jetnya bisa kah? jadi kebawahnya pake filter/ saringan biasa. Suwun.

    • Nugroho, dengan alasan apa harus dijadikan semi jetpump? apakah pipa casing yang tidak muat untuk injectornya ataukah hanya sekedar untuk menekan biaya pemasangan? meskipun bisa, namun kinerja mesin pompa tentu saja kurang optimal.

  43. mas mo nanya,mesin airku tiba2 ngempos pas lg ngisi toren,trs tak pancing ma tak kocok2 ttp aj ga keluar airnya.kira2 mesinya pa pipa hisapnya yg rsak.urutan cara untuk ngetest kerusakanya gmn

    • Tarman, pastikan tersedia sumber air yang cukup dan terjangkau oleh pipa hisap. Ketika di kocok semestinya ada tanda2 tekanan air naik, jika tidak ada sama sekali kemungkinan foot valve bocor.

  44. Mas tolong bantuannya mengapa pompa air saya kalau kran baru dibuka airnya deras terus tambah pelan kemudian berangsur normal dan kalau nabis dipakai lama terus dinyalahkan lagi kadang mesin pompa gak jalan

    • Suwandi, Kondisi tersebut bisa dipengaruhi oleh pompa yang sudah mulai melemah dan pada umumnya adalah mesin pompa air yang sudah beroperasi pada rentang waktu yang panjang. Solusinya perlu dilakukan reinstalasi seluruh pipa hisap serta service pada mesin pompanya.

  45. Admin bisa dbntu, sy rencna mau pasang jetpump kira2 brpa jrak ideal untuk pasang injectorx biar efektif pipa hisap dan pipa tekannya, trus kra2 klu sy psang mesin jet pump pada jarak 200 meter d bidang datar dari titik air mampu tdk mesinnya beroperasi

    • Yus, Jarak ideal injector yang anda maksud adalah jarak dari unit pompa atau jarak dari foot valve (tusen klep). Untuk jarak dari unit pompa hendaknya menyesuaikan dengan spesifikasi daya hisap standart mesin. Sedangkan jarak ideal dari foot valve adalah 1 meter.

      Daya dorong mesin pompa pada bidang mendatar 200 meter sebenarnya akan seimbang dengan daya dorong vertikal (tegak ke atas) setinggi kisaran 20 meter. jadi pastikan dulu spesifikasi total head (dari ujung pipa hisap hingga ujung pipa keluar) pompa yang anda gunakan memiliki kemampuan lebih dari 20 meter.

  46. Mas admin, saya mau tanya., mesin pompa semi jet 108 bit., mesin hidup normal, tetapi setiap kali menghidupkan harus di pancing lagi, baru di matikan 5 menit begitu akan menghidupkan harus mengisi air pancingan, saya coba isi penuh air pancingan dengan mesin kondisi mati air tidak surut di lobang dan tidak ada tanda2 kebocoran, tapi air di mesin pompanya habis total, mohon di bantu solusinya mas supaya tidak memancing setiap kali menghidupkan, trmksh.

    • Mulyadi, tampaknya masih ada kebocoran pada bagian pipa hisap anda, dan kenapa ketika di pancing air tampak penuh dan tidak surut karena ada valve pada lubang intake nya yang membuat air tidak cepat abis.

  47. mohon bantuanya,,saya ada keluhan dengan pompa air saya:
    1.listrik pompa air saya matikan tapi air pada keran tetap mngalir kecil
    2.listrik pompa air saya nyalakan terus pressure otomatis bunyi tuk tek dan aliran air tersendat-sendat.
    mohon solusinya,,

  48. Pompa air saya sering bermasalah, air tidak keluar ketika pompa air di hidupkan, butuh waktu agak lama supaya air keluar dan biasanya kasus seperti ini apabila pompa air tidak saya pergunakan dalam jangka waktu yang agak lama, klo saya tidak gunakan pompa air stengah hari atau sehari saja air tidak keluar atau lama keluarnya. Mohon analisanya kira2 ada yang trouble dimana ya ? Mohon penjelsannya terimakasih.

    • Dwi santoso, kejadian yang demikian biasanya karena ada kebocoran pada jalur pipa hisap. Lebih baik jika pipa hisap di angkat total kemudian dirangkai kembali untuk memastikan seluruh sambungan telah rapat dan foot valve masih bekerja dengan baik.

  49. Selamat pagi.. sy mau nertanya.. dirumah sy pake air PAM utk naik kelantai 2 sy sedoy dg jet pump kecil dan sdh digunakan sekitar 5 thn. & skrg permasalahannya adalh jetpum kadang bisa menyedot air walaupun lemah kadang menyedot air tp airnya berbusa sprt ad udaranya dan kadang tdk menyedot sama sekali. Dan kalo sdg tdk menyedot bunyi jetpump nya sprt ngempos pak. Atas solusinya yerimakasih

    • Atien, Jika pada debit air yang di keluarkan terdapat semacam busa, maka kemungkinan pada jaringan pipa PDAM sedang mengalami limit atau minim air. Sebenarnya cara paling aman adalah tidak langsung menghubungkan pipa hisap pada jalur pipa PDAM, namun membuat tampungan dari PDAM kemudian di pasang unit pompa.

  50. Mas klo sil pd pompa dekat motor bocor, apakah ada pengaruhnya.
    Air tetap keluar tp agak kecil.
    Apakah dari sil yg bocor td ya..?
    Mks.

  51. oom admin….konsul nih…
    Saya pakai Shimizu 108 BIT, kedalaman 5 btg pipa x @4 mtr = 20mtr.
    ujung pipa yg masuk sumur cuma ada satu tesen klep. Kurun waktu 2 bulan saat ini air susah naik, saya sudah cek pipa kesumur tidak terlihat adanya kebocoran.
    Kalau dari model motor pompanya apakah daya hisapnya terlalu kecil untuk pipa yg panjangnya 20 mtr.
    Mohon penjelasannya oom….
    Terimakasih…….

    • Ronny, Shimizu 108 BIT adalah semi jetpump yang standartnya memiliki spesifikasi daya hisap 11 meter. Jadi sudah wajar jika dipaksakan untuk menghisap kedalaman 20 meter akan melemah. Kecuali jika spek pipa hisap diperkecil ukurannya dengan menggunakan reducer setidaknya menjadi ukuran 3/4 inch.

  52. Mas Mau tanya… Saya punya pompa air jet pump simizhu 260.. Kedalaman sumur 26 meter permukaan air 13 meter,. pipa sesuai spesifikasi kedalaman pipa hisap dan dorong 20 meter.. Pemasangan pertama lancar dengan tekanan 20 bar, setelah 2 tahun keluaran air mengecil dengan tekanan yang sama selanjutnya saya kurangi tekanan manjadi 18 bar,, keluaran air normal tp selang beberapa menit mati airnya.. Begitu saya pancing langsung hidup selang bebera menit mati lagi, setelah saya cek kebocoran dan valve saya ganti masih sama tetep sesuai permasalahan diatas.. Itu masalahnya apa mas… Mohon penjelasan… Terimakasih

    • Udin, maksudnya mati airnya atau mesin pompanya? jika hanya airnya yang mati, ada kemungkinan adalah sumber air sumur sudah tidak mencukupi untuk dihisap.

  53. Terima kasih mas… Atas informasinya… Kalau yang mati airnya berarti apa perlu di tambah pipa dorong dan pipa hisapnya dari 20 meter menjadi 24 meter mas….terima kasih….

  54. mau tanyak bang,saya pakai pompa pendorong merk grunfos mati total gak mau mendorong apa biasanya masalahnya bang,coz masih awam bang terima kasih

    • Jaya, untuk masalah mesin pompa yang mati total pemeriksaan bisa dilakukan dari sumber listriknya,kemudian panel kontrolnya, dan terakhir adalah pada unit pompanya (dinamo).

  55. BrO .. ane punya pompa air tipe dap… stelah d pkai 4 thun.. skrang air kluarnya lemah… kira” apanya ya….. sil nya udah tak ganti… tpi ttep lemah aire

    • Ms broo, coba diperiksa bagian impeler nya. ada kemungkinan sudah mengalami keausan atau sudah terlalu banyak kerak sehingga daya hisap pompa menjadi menurun.

  56. Saya mau tanya
    Kalo di pompa itu ada indikator tekanaan angin,. Yg bagu dan normal itu tekananna angin pada indikatornna berapa yah angkannya ?
    Mohon infomasinya.

    • Ridwan, sebenarnya kontrol indikator yang terdapat pada unit mesin pompa air adalah menunjukkan tekanan air dalam satuan PSI. Untuk tekanan yang normal adalah 40 PSI untuk memicu pressure switch hingga dapat off.

  57. mw nanya om, saya pakai shimizu pc 268 kedalaman pipa 32m, permukaan air hanaya kurang lebih 10 m sudah terliha, jarak footg valpe 15 m, tetapai presure hanaya 20 psi ketika ditututp, dan ketika dibuksa hanaya di kisaran 10-12 psi, jadi air yg keluar sangat kecil. mohon pencerwhanya om.

    • Bayu, jika memang batas air hanya 10 meter dari permukaan, maka tidak perlu memaksakan kedalaman pipa hisap hingga 32 meter walaupun kemampuan mesin pompa masih dalam spesifikasi angka tersebut. Membenamkan foot valve hingga 15 meter kedalam air justru akan mengakibatkan daya hisap lebih berat karena tekanan air semakin dalam akan semakin besar. Idealnya foot valve terbenam kedalam air sekitar 2 hingga 4 meter sudah cukup optimal.

  58. Juragan saya mau tanya kalau semi jet vs jet pum lebih besar mana debit air nya pada kedalaman yang sama misal nya 5 meter, mohon pencerahan nya gan…?

    • Dalam kondisi mesin yang sama serta spesifikasi pemasangan yang sama akan menghasilkan debit air lebih besar jetpump, namun penggunaaan daya listrik semi jetpump lebih irit.

  59. Mas saya ratna mas dirumah saya ada mesin pompa jenisnya simizu masih lumyab baru sudah dicek tidaj ada yang slah pada mesinnya karena letak rumah saya yang tinggi airnya tidak mau naik keatas tapi apabila disalurkan sejajar dengan pompa airnya mengalir lancar saya mau tanya mas pemasalahannya ada dimana ya mas .. Trimaksih mohon pencerahab

    • Ratna Sari, mohon di informasikan type pompa nya dan kedalaman sumur mulai bibir lubang sumur hingga batas level airnya. Hal ini untuk menjadi data analisa kami tentang penyebab kenapa debit air pompa anda menjadi lemah dan tidak kuat dinaikkan lagi ke atas. Kalau kesulitan menemukan type pompa bisa di foto aja kirim ke WhatsApp 081-235-111-299 nanti akan kami jelaskan lebih lanjut.

  60. Mas sy sy memsng waserjetpum pc 255e pnggunaan pipa sesuai spek tp knp yg sering di pncing stlh 1 jm brhnti. Pipa hsp 4 btng,tp posiinya mnanjak krn pompa sy tro di lntai 2.apkh keuntngn dan kekurngya bila tbung pompa tdk dipasnh. Trmksh

    • Dede H, Selang 1 jam berhenti dan minta dipancing menandakan bahwa ada kebocoran pada bagian pipa hisap. Coba periksa kembali foot valve apakah kondisinya masih rapat. Penggunaan tabung menjadikan tekanan pada pressure switch menjadi lebih lembut dan memudahkan penyetelan.

  61. Assalamualaikum pa… mesinpompa air saya mengalami masalah sudah ganti kipas penghisap…sudah ganti sil tetap aja keluarnya masih kecil

    • Satumalpandu, Mengganti impeler belum menjadi jaminan akan memperbaiki kualitas daya hisap pompa air. Karena untuk meningkatakan kapasitas debit daya hisap sangat tergantung dari berbagai faktor mulai kedalaman sumur, spesifikasi pompa, serta jarak tempuh pipa outputnya serta diameter pipa yang digunakannya.

  62. mas saya mau tanya, sanyo mrek simizu, berdengung tp kipas ga berputar..
    sumur nya 7 meter.. ga ada lekukan..
    itu kira kira ap msalahnya ya mas

    • Syam, coba ketika terdenganr hanya berdengun kipasnya dibantu diputar dengan menggunakan obeng, jika masih bisa berputar normal kemungkinan kapasitor sudah soak atau ada kotoran yang sudah banyak bersarang pada laher dan dinamo.

  63. mas numpang tanya…pompa saya merk sanyo,,akhir2 ini sering ketika kran dibuka air tidak mengalir,dan saya coba lepas colokan listriknya dan didiamkan 1/2jam kemudia dipasang lagi listriknya dan air mengalir kembali.,sering seperti itu,,kira2 kenapa ya mas?terima kasih sebelumnya.

    • Rudi, persoalan pompa air anda menandakan bahwa sumber mata air mengalami penurunan sehingga memerlukan jeda untuk menunggu kapasitas sumber mata air mencukupi untuk dihisap.

  64. mesin saya semi jet pump,klo dinyalain airnya ga kluar tpi msin bunyi trus,setelah pipanya sya kocok bbrpa kli,air bru kluar masalahnya itu dmna ya pak

    • Yogo, ada kemungkinan karena pompa kurang kuat sebab type pompa air semi jetpump biasanya memiliki kekuatan daya hisap sekitar 11 meter.

  65. Saya punya masalah air pam tidak keluar semenjak diganti meteran baru, sebelum diganti meteran yang baru air keluar dengan normal, dr pihak pam sudah ada yang datang tapi masih belum keluar juga airnya. Mohon solusinya trimakasih

    • Jika masalah air pam tidak mengalir jelas ada jalur yang tersumbat ataupun putus kecuali jika saluran yang ada di tetangga juga tidak mengalir kemungkinan memang distribusi air milik pam sedang bermasalah.

    • Pastikan spesifikasi unit pompa sudah sesuai dengan kebutuhan mulai dari daya hisap terhadap kedalaman sumur hingga teknis instalasinya yang kurang tepat seperti banyakknya lekukan pada jalur pipa hisap.

  66. admin .mesin semi jet pum saya ga mau keluar air sementara mesin menyala normal.tapi pressure nya dari 0 ke atas goyang sedikit doang ga nyampe 5.prsr nya.
    knpa yah pak. mohon info nya.

    • Semijetpump maksimum untuk daya hisap kedalaman 11 meter. pastikan pemasangan pipa hisap tidak banyak lekukan dan tidak melebihi kedalaman tersebut.

  67. Mas mau nanya…..mesin saya simizhu pas udah ganti kapasitornya daya hisapnya jadi ngedrop. Air yang keluar di krangnya cuma sedikit…penyebabnya ap ya..? Padahal sebelum ganti kapasitor masih bagus

    • Apakah ukuran kapasitor berubah? biasanya akan mempengaruhi kecepatan putaran mesin sehingga berdampak pada daya hisap pompa.

  68. Om mau tanya2 nih…
    Saya punya pompa air jet pump merk shimitzu, masalahnya jika valve/kran dibuka full air hanya 2 menitan keluar lalu ga keluar sama sekali tapi kalo valve/kran dibuka setengah airnya lancar (air mengalir kecil).
    Udah pernah saya angkat mata jetnya dan dibersihin hasilnya sama aja.
    Sumur kedalamam 18 m.
    Mohon pencerahannya..

    • Masalah tersebut mengindikasikan bahwa ada 2 persoalan yang bisa menjadi analisa pemeriksaan pada pompa air anda. Pertama adalah kapasitas sumber mata air yang tidak mencukupi untuk dihisap mesin pompa secara maksimum. kedua adalah impeler mesin pompa air yang bekerja tidak optimal bisa karena ada cacat atau kotoran yang terselip dengan catatan spesifikasi unit pompa sudah sesuai terhadap kedalaman (daya hisap) yang mampu dijangkau.

  69. selamat siang. Kami ada rencana mau pasang pompa dengan jarang antara kolam dengan tanki air sekitar 250 m. posisi tanki air berada di ketinggian sekita 30 m dri permukaan air kolam. besar tanki yg akan di isap sekitar 30.000 m3. mohon saran pompa apa yg harus di gunakan dan spesifikasi pompa. trimaksih

  70. As.mau tanya mas,saya pake sumur pantek kedalaman 12 mtr,pompa air shimizu 108 bit,air yang keluar kecil.apakah pengaruh pemasangan pipa hisap setelah tosen klep disambung lg dgn pipa 2 meter kedasar air yg diberi lobang seperti suling.terima kasih

  71. Saya tanya gan jetpum grunfros kedalaman sumur 15 meter di pancing tetap tak mau keluar seperti kurang tenaga.setelah d matikan di isi penuh pancingannya d nyalakan nyemprot sebentar kira² 10 detik hilang lg airnya seperti kehisap ke bawah setelah itu tidak mau keluar lagi. Apa kerusakanya gan.

    • Cobo lepaskan pipa hisap dari unit mesin dan dikocok, apakah air dapat keluar secara kontinyu? jika bisa artinya kondisi pipa baik baik saja. Namun jika setelah di kocok air hanya keluar sebentar dan kemudian kembali turun, artinya ada kebocoran pada rangkaian pipa hisap atau foot valvenya.

  72. Siang mas admin. Pompa air saya grundfos Gt-H-18v. Saya gunakan untuk narik air pam. Sejak semalam pompa di nyalakan bisa nyala. tapi air tidak keluar. Padahal tetangga sebelah dan tetangga 1 komplek ada air. Suami juga gak tau masalah nya apa. Kira-kira apa yg bisa kami lakukan yah? Makasih mas admin

    • Apakah sebelumnya bisa berfungsi normal? Jika memang kejadian air tidak keluar tersebut baru saja terjadi, coba diperiksa terlebih dahulu apakah jaringan PAM yang menuju ke rumah anda tersedia air yang cukup atau memang ada masalah pada jalur distribusi PAM yang menuju ketempat anda.

      Persoalan berikutnya ada kemungkinan terjadi penyumbatan oleh kotoran pada saluran output pompa atau inputnya. Untuk membuat instalasi pompa pada jaringan PAM yang aman coba anda simak pada artikel berikut ini https://pompair.com/memasang-pompa-air-pada-pipa-pdam/

  73. pompa air saya sudah dua hari ini tiap 2 jam nyala
    apa ada kebocoran ya
    karena waktu di pancing isian air turun spertinya

    • Benar, hal tersebut dapat dipastikan karena ada kebocoran yang sangat halus sehingga harus menunggu sampai 2 jam untuk memicu tekanan pressure switch turun.

    • Maaf pak Alvin, kami hanya sebagai media informasi teknis pompa air. Biasanya masalah kenapa pompa minta dipancing terus adalah karena adanya kebocoran pada pipa hisap, tusen klep atau seal dari pompa itu sendiri.

  74. Mas, mau tanya nih…saya baru pasang PDAM yang ditampung pada toren penampung…saya pasang pompa untuk mengalirkan ke toren utama. Jarak pipa dari pompa tersebut ke arah toren utama kurang lebih 10 meter horisontal dan 5 meter vertikal. Tapi airnya tidak mau naik ke arah toren utama. Itu masalahnya dimana ya Mas? Sebagai informasi air di pompa bergolak tapi malah turun airnya. sudah pernah coba dipenuhin tapi tetap turun…..mohon pencerahannya mas…suwun

    • Masalah pompa tidak bisa menyedot ada banyak faktor yang menyebabkannya. Jika mesin pompa masih normal (baru) biasanya untuk suplay jarak rendah seperti itu tidak akan ada kendala. Pastikan saja dulu mesin masih normal serta pemasangan pipa hisap aman dari semua bentuk kebocoran.

  75. Pak, Mau tanya nih…..saya kemarin pasang pompa air untuk sumur dengan kedalaman sekitar 2.5 – 3 Meter
    tetapi pas di pasang pompanya keluar hitam hitam seperti kotoran pembuangan setelah itu pipanya saya angkat seditkit saya coba ternyata keluar tetapi tidak sampai 10 menit langsung mati, terus saya coba geraji pipanya saya kocok kedalam keluar airnya banyak tetapi pas saya pakai pompanya tidak keluar airnya. itu kenapa ya Pak???

    • Menurut analisa saya sumur anda masih terdapat banyak endapan lumpur sehingga mesin pompa sangat berat untuk menghisap air. Sebaiknya di kuras dulu dengan cara dikocok juga bisa kalau hanya kedalaman 2 sampai 3 meter tentunnya tidak terlalu berat.

  76. tetapi sudah dicoba dengan cara dikocok, saya lihat endapan lumpurnya sudah hilang tetapi pompa saya tidak mau mengeluarkan air

  77. Mas saya baru beli pompa shimitsu tapi ketika saya coba tidak ada daya hisapx sy coba dengan ember tapi sama saj ada solusi mas ?

    • Jika sudah sampai dilakukan percobaan menghisap di ember masih saja belum mampu menghisap, apalagi jika kondisi pompa masih baru maka ada kemungkinan bagian impeler pompa ada masalah. Kemungkinan lain seperti yang pernah kami alami adalah adanya cacat produksi seperti putaran mesin tidak normal (rpm lambat). Juga terkadang ada masalah putaran mesin yang salah arah tidak searah jarum jam jika dilihat dari posisi kipas.

  78. Mas Admind, pompa kolam saya ( pompa celup multipro SP-200 / 200 watt, daya angkat 8 meter ) baru saja saya gulungkan ( gulung dinamo ).
    problemnya : setelah saya gulungkan ternyata tidak mampu menaikan air. bahkan kapasitor yg asli 8 uf sudah saya ganti 12 uf. Mengapa ya dan bagaimana solusinya? ( kolam saya dilantai 1, sementara filternya dilantai 2 ). terima kasih.

    • Persoalan paling rumit dengan jenis pompa celup adalah ketika sudah mengalami perbaikan pada dinamonya. karena jenis pompa celup memiliki casing yang cukup aman dari tekanan air bahkan tidak jarang oleh pabrikan selalu di buat patent tanpa bisa dibongkar (diperbaiki). Selain itu kawat email untuk pompa celup biasanya sangat berbeda dengan kawat dinamo pada umumnya sehingga setelah mengalami perbaikan seringkali terjadi perubahan terhadap RPM mesin dan tentunya hal ini menjadi pemicu kenapa pompa anda menjadi tidak kuat mendorong air.

  79. jet pump tidak mau menghisap setelah berhenti kurang lebih 3 jam, padahal pipa2 tidak ada yang bocor (air di pipa tetap penuh) apakah seal yang bocor pada jet pump berpengaruh?

    • Bocornya seal pompa sangat berpengaruh karena ruang impeler menjadi kurang vakum. Yang anda maksud air masih penuh di dalam pipa hisap atau pipa distribusi.

    • Kami tidak dapat memberikan analisa yang tepat karena pertanyaan yang kurang detail. anda menggunakan pompa type apa dan teknis pemasangannya bagaimana?

  80. Saya mau tanya mas, pompa air saya tidak bisa menghisap setelah beroperasi sekitar 3 tahun, sudah dibongkar pompa tersebut dan tidak ada yg rusak pada pompanya, kemudian pipa hisal sudah diangkat dan diganti dengan pipa yg baru, klep/check valvenya sudah diganti yg baru, seluruh dalaman pipa hisap sudah dibersihkan dan instalasi pipa hisap sudah mengikuti seperti yg disarankan diatas, tapi pompa tetap tidak mau menghisap, kenapa ya mas? Mohon penjelasannya. Terima kasih

    • Begini, lakukan test pipa hisap tanpa terpasang pada pompa. kemudian di kocok apakah air dapat naik, jika mampu maka sudah dipastikan unit pompanya yang sudah tidak mampu atau masih terdapat masalah pada bagian impeler, seal, atau koneksinya ke pompa. Periksa juga tegangan listrik apakah normal untuk menyuplai listrik sehingga dinamo berputar pada RPM yang optimal.

  81. Saya menggunakan Shimizu Pompa Jet Pump 375 Watt PC-375 BIT…kedalaman sumur 45 mtr, permukaan air 12,5 meter, casing sumur 4″ dgn 32 meter.
    1. Berapa meter sebaiknya pipa hisap yng masuk ke sumur untuk melempar air ke tanki lantai 3 ( ketinggian lbih kurag 18 meter ).
    2. Bisakah tanpa pakai tabung mesin, dan di tangki sdh pake radar. ???
    mohon masukannnya terimakasih.

    • Sebaiknya pipa hisap diberikan kedalaman sekitar 30 meter agar dapat bekerja sesuai spek namun dengan permukaan air 12 meter akan lebih baik jika di pasang sekitar 20 meter namun pastikan stok air sumur masih aman dan cukup untuk dihisap.

      Tabung bisa saja dilepas jika sudah menggunakan otomatis radar.

    • Periksa suplay daya listrik sampai pada mesin poma apa tidak. Kemudian pastikan dinamo tidak terbakar dengan cara memutar kipas searah jarum jam jika lancar dan ringan artinya mesin baik baik saja. Terakhir periksa kapasitor jika sudah soak maka mesin pompa tidak akan bisa start. Cara memeriksa kapasitor bisa anda cari pada web ini ada artikel yang membahas tentang masalah tersebut.

  82. pak, pompa air tidak mau menyala itu kenapa ya ?, litrik ada radar di tandon baru tapi pompa tetap tidak menyala..

    makasih sebelumnya ..

    • Coba di tes tanpa melewati radar terlebih dahulu dengan langsung colok di stop kontak. apakah pompa bisa menyala?

  83. Pak, mau tanya pompa wasser saya skrg harus menunggu bbrp lama hingga air tidak keluar baru dia bunyi dan nyedot air. Bagaimana caranya supaya normal kembali? Terima kasih banyak

    • Apakah menggunakan pressure switch? bisanya disebabkan oleh setting preesure switch yang terlalu keras sehingga harus menuggu tekanan benar benar kosong untuk memicu switch ke posisi ON.

  84. Pompa air saya itu kadang nyala kadang mati…semua normal sesuai prosedur pemasangan. Masih garansi dan saya bawa ke toko nyala…pas di pasang nyala…tapi tau tau mati lagi. Ndengung aja ga nyedot air.udah ta pancing masih aja ndengung om

    • Sepertinya ada masalah pada jaringan listrik anda, coba diperiksa dulu apakah tegangan yang menyuplai mesin statusnya normal antara 210 sampai 225 volt.

      jika mesin mendengung sulit untuk start hanya ada dua test, yaitu tegangan dan kapasitor nya.

  85. Numpang tanya apa semua pompa air memberikan Garansi 3 tahun, saya baru ganti pompa kenapa meskipun telah dipancing dan air keluar tapi tidak bisa naik ke tangki, dicoba buka impelernya tak ada yang rompal karena masih baru kemudian dipancing ulang untuk sementara bisa naik, berapa jam maksimal pompa boleh on terimakasih

    • Untuk garansi unit mesin pompa air kami tidak tahu secara pasti biasanya juga akan sulit melakukan klaim. Untuk mengatasi pompa tidak bisa naik, mohon dengan teliti membaca komentar komentar pengunjung lainnya karena kami sudah berulang kali membalas pertanyaan yang sama. Karena kami kwatir akan terjadi duplikat konten, maka kami mengurangi penulisan kalimat yang terlalu mirip dan sering.

      Maksimal mesin pompa boleh menyala sebenarnya jika kondisi air terus mengalir dan sirkulasi udara baik untuk pendinginan mesin maka bisa saja sampai berjam jam.

  86. Pak, saat ini pompa saya dlm keadaan prima tp tidak dapat menyedot air. Type hitachi 250 gx . Tolong recommend tukang pipa danpompa

    • Sebaiknya periksa dulu, apakah spesifikasi pompa sudah tepat dengan yang diperlukan. Daya hisap terhadap kedalaman level air sumur, pemasangan pipa hisapnya serta tegangan listrik yang menyuplai mesin harus mampu menggerakkan mesin hingga RPM yang normal.

  87. Salam mas mekanik,saya mu tanya kendala pompa air merk whiser yang setiap di tutup setiap kran bunyinya normal dal mengeluarkan air sebentar kencang,namum setelah itu air kembali kecil kluarnya,mohon kasih komentar juga solusinya ya mas

    • Sesaat setelah buka kran air kencang karena masih terdapat tekanan maksimum dari sisa pressure switch. Selanjutnya adalah kemampuan pompa air dalam keadaan normal. Dan kenapa air mengalir kecil banyak sekali faktor penyebabnya. Mohon dengan cermat membaca komentar2 pengunjung lainnya untuk menemukan permasalahan dan jawaban yang sama.

    • Impeler bisa rusak dan sebaiknya di ganti dengan suku cadang yang sama jika yang anda maksud memperbaiki impeler tersebut apakah kerusakan pada fisik kipas impelernya.

    • pompa habis macet,dibongkar dikasih pelumas mau muter cuma muncul bunyi kasar,aliran air pun lemah dan kadang muternya harus dibantu kipas pendinginya diputer dulu baru muter..

    • Nah kalau seperti itu tampaknya bukan masalah pada impeler melinkan pada dinamo atau motor listriknya. Namun sebaiknya juga diperiksa kondisi bearing (laher) beserta porosnya apakah aman dari korosi.

    • Memindahkan mesin pompa air terkadang memang beresiko karena kadang terlupa apakah spek pompa masih mampu sesuai ukuran seberapa jauh pindahnya, apakah pemasangan pipa pipa sudah benar dan pastikan sebelum pipa hisap terhubung dengan pompa agar di kocok terlebih dahulu sampai air mampu keluar.

  88. Om,ijin posting nihh,moga moga dapet jawabn yg langsung diperaktekin,mesin pendorong saya merek lakoni itu daya hisap nya kosong tpi suara mesin halus,ijin masukannya donk,hatur nuhun yakk.trima kasihh

    • Hehe… Mas ewan, untuk mengetahui berbagai persoalan mesin pompa air sangat lah kompleks. Untuk itu analisa yang tepat dengan berbagai informasi mengenai type pompa beserta spesifikasinya, kedalaman sumur, kedalaman level permukaan air dan masih banyak lagi yang berhubungan mulai dari kinerja listriknya hingga model instalasinya. Silakan di simak komentar2 pengunjung lainnya yang sudah banyak kami jawab dengan permasalahan yang sama.

  89. Bang sorry ane mau nanya ,saya baru ganti kompa air ,tp otomatis kompanya ga jalan. Jadi kalo matiin kompa harus dicabut dr stop comtact kira2 kenapanya bang ,mohon petunjuk nya .makasih ya

    • Apakah pressure switchnya sudah di setel dengan benar? Silakan anda cari artikel kami tentang masalah ini dengan mengetik “otomatis pompa air” di kolom pencarian web ini.

  90. Bang, kemaren sy baru beli pompa jetpam sh*m*zu yang 250 Watt, nah ketika sudah beres dipasang pompa air nya kaya ga kuat ngehisap, penunjuk bar nya naik cuma sampe 4 bar, pipa yang dipasang bekas mesin 500 Watt dng panjang 20 meter. Apa mungkin karena pipanya kepanjangan jd nggak kuat hisap ?

    • Apakah spesifikasi pompanya sudah sesuai. Daya hisap pompanya apakah mampu untuk ukuran kedalaman sumurnya? Tekanan yang tidak dapat meningkat mengindikasikan bahwa pompa tidak mampu menghisap dengan optimal. Pemeriksaan pertama adalah pastikan bahwa kedalaman sumur masih terjangkau oleh jenis pompa yang anda pilih.

      Contoh: semi jetpump maksimum hanya untuk kedalaman 11 meter. Double Jet bisa lebih dari 30 meter sedangkan pompa sumur dangkal hanya maksimal 9 meter.

  91. bang pompa air ku gak bisa nyedot air, padahal valve bawah dah tak ganti, elbow jga sudah tak ganti, air bisa keluar tapi gak bisa lama, kira2 belum ada 1 menit air gak ngalir lagi, pernah ngalir lama tapi selesai itu gak mau nyedot lagi, masalhnya dimana bang?

    • Jika pompa mampu mengeluarkan debit air hanya sesaat maka ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama adalah sumber air yang kurang mencukupi untuk disedot. Kedua biasanya ada maslah pada spesifikasi pompa yang kurang tepat. Misalkan saja pompa semi jetpump yang aslinya untuk menyedot kedalaman 11 meter namun dipaksakan untuk kedalaman lebih dari itu.

  92. Bang punya saya tidak mau berfungsi otomatisnya(kalau mau air harus colok dulu dan harus dilepas lagi kalau abis pake air karna tidak mau berhenti) truss airnya yang keluar juga sedikit sekali….masalahnya dimana yaa bang??makasih

    • Ada dua kemungkinan. Pertama karena unit pressure switch sudah rusak atau setelan yang kurang tepat. Kedua adalah karena daya hisap pompa lemah sehingga tidak mampu memberikan tekanan yang optimal pada ruang impeler sehingga pressure switch tidak terkontak.

  93. bang kalo air tiba-tiba selalu mati terus minta dipancing mulu kenapa yah?
    padahal kedalaman nya udah 25M.
    sebelum nya mah lancar aja air nya.

    • Silakan dicari artikel kami yang sudah mengulas persoalan tersebut dengan mengetik “Masalah pompa air minta dipancing” pada kolom pencarian.

    • Apakah yang dimaksud adalah pompa celup untuk menghisap kotoran dasar kolam? Jika iya maka biarkan saja sampai kedasar lantai kolam tidak akan bermasalah.

  94. admin , numpang minta solusi ..
    mesin pompa dirumah kami kenapa ya sering sekali tidak keluar airnya ,
    sudah melakukan cara pancing air , tp hanya dalam beberapa detik saja airnya mengalir lalu air tidak mengalir kembali , dan setiap air yg keluar pasti saja keruh dan ada tanah yg ikut tersedot … mohon petunjuknya admin .. tks

    • Tampaknya memang pipa hisap sedang terbenam lumpur sehingga menghambat hisapan. Coba pompa dilepas kemudian pipa hisap dikocok naik turun, perhatikan apakah air bisa naik dengan baik.

  95. Mas mau tanya 2 pertanyaan mas,
    1. saya baru beli pompa air semi jet pump shimizu, tapi airnya awalnya kenceng, lama2 mengecil dan habis, itu kenapa ya mas? Apakah itu karna mesinnya atau airnya abis ya,
    2. Saya masang pipa sedotnya pake yg 1/2″, apakah berpengaruh ya mas, yg bener itu pipa sedotnya harus 1/2″ atau 1″, mksih banyak mas

    • Yang pertama ada kemungkinan debit sumber air mengalami penurunan (limit). Untuk ukuran diameter pipa hisap standartnya adalah 1 inch. Namun boleh di modifikasi (diperkecil) untuk menambah kedalaman daya hisap namun hanya satu tingkat ukuran ke diameter 3/4 inch.

  96. Maaf mas mau tanya kenapa mesin air celup saya kok tidak mau menghisap air cma terdengar suara kasar dr kipas didalam air
    Mhon bantuan pencerahannya ya mas…

    • Pompa celup memang tidak menghisap. Prinsip kerjanya adalah mendorong cairan menuju permukaan. Jika terdengar suara atau getaran saja biasanya ada sumbatan pada jalur outputnya. Namun jika hanya mendengung saja ada kemungkinan dinamonya bermasalah.

  97. mau nanya om,. saya baru saja beli pompa air dan langsung saya gunakan dengan prosedur yang benar .
    tapi kenapa pada saat hidup beberapa menit lalu air berhenti secara tiba – tiba, padahal pasokan air masih sangat banyak , bisa di pastikan air berhenti dalam 2 menit waktu berjalan, mohon petunjuknya

    • Apakah selalu terjadi seperti itu setiap 2 menit berhenti atau setelah berhenti tersebut pompa sudah tidak mengeluarkan debit air lagi?

      Spek pompa jenis apa dan kedalaman sumur berapa? Letak pompa berapa meter dari sumur?

  98. knpa gan pompa air ane kdang kluar air kdang bbrpa menit berhenti terus kluar lagi . 1 hari sebelumnya lancar jaya ,padahal air msh banyak , kdalman sumur 25m .

    • Untuk memastikan kapasitas sumber air yang masih banyak dan mencukupi untuk dihisap, anda harus tau berapa meter pipa hisap yang terbenam di dalam air. Minimal adalah 4 meter untuk pompa jetpump.

  99. mesin air sy shimizu PC260 BIT tabungnya bocor tdk ada anginnya lg tp masih bisa hisap air, sy sdh beli tabung baru dan full anginnya, stlh sy pasang tabung baru hisap airnya hanya sebentar saja setelh itu tdk menghisap air lagi, sy coba pasang kembali tabung yg bocor tadi malah bisa menghisap air nya keluar… kenapa ya pak..?

    • Untuk persoalan sperti ini biasanya karena mesin pompa sudah melemah. Jadi dengan tabung yang masih memiliki tekanan tinggi justru akan membuat daya hisap tidak optimal disebabkan tenaga pompa tidak mampu mendorong udara yang ada di dalam tabung. Coba dilakukan tes hidupkan pompa tanpa tabung. Drat di tutup dengan DOP sesuai ukuran. Jika pompa masih mampu menghisap, lebih baik tabungnya tidak usah dipasang.

  100. Pak, mohon infonya bagaimana mengetahui kalau air tanah yang kita ambil itu tidak kering? Soalnya selama ini pompa baik2 saja, suara normal, air keluar.
    Tapi sudah 2 hari ini air tidak keluar walaupun sudah dipancing. Mohon sarannya. Terima kasih pak

  101. Kang, saya pakai mesin jetpump kedalaman 20meter dan sumur bor baru. Dan setiap kali mesin harus d pancing, tp tdk lama air tdk mengalir lg.
    Setelah d buka lubang pancing saya tambah air(msin off) , Dr dlm keluar gelembung udara. Stlh full ,air keluar normal tp kecil.
    Dan tidak lama air tdk mengalir lg. Lubang pancing saya buka (mesin On) yg keluar hanya buih” air saja.
    Kira” apa permasalahan’a. ?
    Terimakasih…

    • Pastikan bahwa sumber air benar benar melimpah dan cukup untuk dihisap. Jika kondisinya minim air maka akan mengakibatkan udara terhisap kedalam pipa sehingga daya vakum pompa melemah. Biasanya gejala seperti ini tampak dari suara mesin pompa yang berisik bising dan seperti hanya menghisap udara saja.

  102. Numpang nanya gan,pompa sya hidup cuman di nyalain airnya gak naik.trus saya kocok2 pipa yang kebwah airnya gak keluar.keluhannya di apa nya ya.

    • Pipa di kocok dalam kondisi tidak terhubung dengan mesin pompa. Dan perhatikan air dapat naik apa tidak. Jika air naik maka kemungkinan spek pompa tidak sesuai.

  103. mas saya mw tanya,,akhir2 ini pompa jet pump saya kalo narik air selalu agak keruh dan kalau sudah agak lama dinyalakan -+10 menit indikator tekanan nya selalu turun sehingga tidak keluar air lagi,,tapi jika ditutup kran nya indikator tekanan nya naik lagi,,,kira2 itu kenapa ya

    • Menandakan bahwa sumber air yang dihisap sangat minim. Kemungkinan lagi adalah mesin pompa sudah melemah karena banyak faktor, pipa hisap sudah penuh kerak, tusen klep hampir tersumbat, impeler kemasukan kotoran.

    • Tidak bisa. Harus salah satu toren yang digunakan untuk mengontrol otomatis dan mengatur hidup mati mesin pompa. Dan dua toren tersebut harus di hubungkan dengan pipa agar level airnya bisa seimbang.

  104. Misi min.. Saya pake shimizu ps-230BIT otomatis kenapa ya pompa air suara nya seperti (siulan) gitu,
    tapi saat 2 kran dibuka suara (siulan) agak berkurang sedikit dan putaran air di mesin pompa (suaranya sangat terdengar keras).

    Sebelumnya saya pake shimizu 128Bit karna faktor usia pemakean sdh lama n bising sekali suaranya
    maka saya ganti ps-230bit (baru 7 bulan)
    dan penempatan mesin pompa air tetap seperti semula/awalnya dekat bibir pipa casing..

    Bagian pipa hisap pake 1/2″ dan pipa out 1/2″ tapi
    Bagian mesin pompa saya pake drat 1×3/4 in/out
    Pipa casing kira2x (7 Meter) dan pipa hisap (5 Meter).

    Kalau masalah keluar air (normal) jika dibuka 1kran
    air sangat deras/dorongan nya kencang dan
    kalau dibuka 2 kran air tetap bisa keluar walaupun
    (kran 1 besar, kran 1 lg agak kecil).

    Lalu apa penyebab nya mesin pompa
    mengeluarkan suara seperti siulan gitu
    (agak risi juga dengar suaranya)
    soal nya posisi pompa air berada didalam rumah.

    Kira2x apa n bagaimana agar (suara siulan) itu bisa hilang.. Mungkin om ada solusinya 🙂 thanks min..

    • Terimakasih sudah menyampaikan komentar secara detail dan akan memudahkan kami dalam membuat analisa apa permasalahannya. Terdengar suara siulan saat pompa dihipupkan biasanya karena daya hisap yang kuat namun suply air menuju impeler kurang.

      Pompa tersebut memiliki daya hisap maksimal 9 meter dengan ukuran pipa 1 inch. Dan difungsikan untuk menghisap sedalam 5 meter tentunya masih cukup tersedia banyak power untuk menyedot air.

      Karena ukuran pipa hisap diperkecil hingga 1/2 inch, maka pompa kekuarangan debit dengan tenaga yang terlalu besar. Setidaknya minimal ukuran pipa hisap adalah 3/4 jika kedalaman masih di ukuran standar spek pompa.

  105. Mas admin pompa sy dab 505(tanpa tabung atas) kedalaman sumur bor 50m, mesin sudah sy pergunakan selama 15 tahun tanpa kendala, akhir akhir ini sering pompa sy airnya tidak keluar. Kl mau keluar valve pengatur debit air hrs ditutup..baru dibuka perlahan sampai jarum tegak lurus …. masalah timbul:
    1. Pada saat jarum tegak lurus (ini setingan selama 15 tahun) kadang kadang ngak mesti bisa 1jam, bisa 1 hari, bisa 3 hari, bisa 5hari tiba tiba airnyatidak keluar … saya harus tutup valve debit air lagi baru keluar lagi..(seting lagi dijarum tegak lurus)
    2. Knpa pada saat valve debit air posisi tertutup mesin tidak mati?, padahal dulu dulunya mati. Apa atomatisnya sdh rusak karena selama 15 tahun tidak digunakan ( karena sy pakai radar) atau ada masalah yang lain? Kira kira penyakitnya apa ya mas? Trimaksih

    • Ada kemungkinan injector pipa hisap sudah bermasalah. terjadi sumbatan karena kerak atau kotoran, kemudian maslah valve yang ditutup namun mesin tidak mati menandakan tekanan air di dalam impeler sudah lemah atau setelan otomatisnya yang sudah tidak sesuai lagi kekerasannya.

      Sebaiknya pipa hisap di angkat total dan dibersihkan sambil melihat kondisi injector.

  106. Saya sudah nge cek keseluruhan pipa tidak ada yang bocor dan sudah mengganti impellernya dg yang baru tetapi debit air yg keluar dari pompa selalu kecil dan itupun harus di pancing dahulu , kira kira apa mas penyebabnya apa mungkin itu penyebab dari kapasitor atau Kondisi spul yg sudah melemah ? Mohon jawabannya

    • Jenis pompa apa merek dan type yang digunakan? Kedalaman sumur berapa meter? dan berapa panjang pipa hisap yang dipasang dari mesin pompa hingga foot valve (tusen klep)

  107. Makasih om atas tanggapannya (y)

    Jika saya ganti (Pipa hisap) dengan ukuran (Pipa 3/4″) apa saja yang harus dipersiapkan dan cara kerjanya..??

    Dengan cara seperti itu Apakah suara (Siulan) tersebut akan hilang…??

    Serta Bagaimana keluarnya air akan kah tetap (kencang/cepat) seperti sebelumnya.

    Nanti Pompa akan saya taruh (diluar/samping) rumah yang jaraknya kira2x (120cm) dari bibir pipa casing.., Dan pompa akan digantung (setinggi 50cm) memakai bracket blower AC.

    Lalu Bagaimana om cara (instalasi pipa) yang
    (baik dan benar) agar pompa bisa bekerja dengan sempurna…? thankz om… 🙂

    • Jelas karena mesin pompa tidak mampu menghisap. Berapa kedalaman sumur, jenis merek dan type apa mesin pompa yang digunakan?

  108. Hallo, saya punya masalah yang hampir sama.
    Pompa saya merk simitzu model ps-135 3
    Di fungsikan untuk disap air dari tandon bawah tanah (air pdam) langsung ke keran rumah (paling tinggi 5 meter dengan panjang pipa hanya 10 m), dengan beda tinggi pipa hisap 3m dan panjang pipa 4 meter

    Nah yang jadi masalahnya debit air terlalu kecil apa bila tekanan dalam pipa sudah berkurang

    Solusi selama ini saklar pompa saya “restart” terus agar tekanannya dalam pipa meningkat

    Kira2 masalahnya apa ya min??
    Saya curiga di foot valve rusak tapi ga pake pancingan lagi kalo maunyalain air

    Nb: pipa hisap ga ada yang bocor
    Suara motor halus

    Makasih banyak min

    • Yang bisa saya pahami dari yang disampaikan adalah masalah debit air mengecil ketika pompa sedang tidak menyala, kemudian harus di reset manual agar mesin pompa hidup terus tekanan air menjadi meningkat.

      Untuk spesifikasi mesin pompa tersebut sebenarnya masih cukup mumpuni dengan panjang hisap serta panjang dorong segitu. Masalah debit air kecil coba diperiksa terlebih dahulu pada suply tegangan listriknya apakah normal sehingga mempengaruhi RPM mesin pompa. Tegangan listrik minimal adalah 210 volt AC.

  109. Nanya pak, baru beli pompa sumur dangkal
    ukuran standar pipa sedot & pipa keluar masing2
    1 inchi, kl pipa sedot 3/4 inchi & pipa keluar 1/2 inchi bisa ngak yach…andai pipa sedot 3/4 inchi sambung tusen klep pake yank ukuran 1/2 inchi masalahnya diameter pipa bor 1 1/4 inchi takut na ngak masuk kalau pake yank 3/4 inchi…bisa ngak yach.thx

    • Bang tolong bang.pompa saya ko gk mau nyedot.pompa biasa buxi standar.ni tiba” bunyi melemma.ya di blang bunyi yang kasar jadi halus.bang tong Solusix.

    • Pertama periksa tegangan listriknya apakah masih normal jangan sampai kurang dari 210 volt AC. Kemudian periksa pipa hisap dengan melepaskan dari mesin. Lihat apakah didalam pipa hisap terdapat air. jika tidak ada air artinya tusen klep bocor dan harus diganti.

  110. Mas. Mesin saya merek sanyo. Kmaren masi bisa di pake meskipun mengisap skitar 5 menit kmudian baru keluar air. Tapi setela saya nyalakan lagi, airnya suda tisak mau keluar keluar. Ini oermasalahannya apa mas? Mohon penjelasannya. Tksh

    • Mohon di informasikan sanyo type apa, kedalaman sumur berapa? panjang pipa hisap yang terpasang mulai mesin hingga ujung pipa paling bawah berapa meter?

  111. Gan mau tanya,
    Pompa saya sudah umur 4 tahun, air kencanv ketika hidup trus mengecil tapi ttetap keluar air walau dihisap lama.
    Trus aku ganti shimizu ps 128.
    Awal normal, jalan 6 bulan penyakit kambuh. Air kencang diawal trus mengecil tp tetep kelhar air walau 2 jam hidup.
    Sumursaya bor dulu pas dicek tinggi air 3 m dari permukaan.
    Apa harus ganti semi jet pump atau airnya memang gak cukul.
    Maaf panjang n trims

    • Sebaiknya dipastikan dulu apakah sumber air masih mencukupi dan tidak telat. kemudian sesuaikan dengan spesifikasi mesin pompa jika kemampuan daya hisapnya 9 meter maka jangan memasang pipa hisap melebihi panjang tersebut.

  112. Sore mas…saya minta solusi nih…gimana cara ngambil pipa yg jatuh ke dlm sumur bornya, patah pada siku pipa hisa nya…
    Trimakasih

    • Seperti pengalaman kami yang pernah terjadi pipa jatuh di kedalaman 60 meter, Kami merakit alat seperti mata tombak dan memiliki kuncian. Prinsip kerjanya, apabila alat tersebut bisa mengenai pipa hingga merobeknya, maka ketika alat di tarik ke atas maka pipa yang jatuh diharapkan bisa terbawa naik.

      Kesulitanny adalah mencari posisi dimana pipa menyandar pada dinding sumur bor dan menepatkan mata tombak tadi sampai masuk kedalam pipa yang hendak di ambil.

  113. mau tanya klau pipa hisap dan buang pompa air 1 in,bisa di ganti sama 3/4 in.hasilnya bagus yang mana?soalnya klau tukang pompa suka pake yg 3/4in.walaupun tertera di pompa 1in.

    • Bisa saja di ganti dari 1 inch ke 3/4 sebenarnya hal ini juga akan meningkatkan tekanan air serta mampu menambah daya hisap pompa semakin kuat.

  114. Mas admin mau nanya.mesn bru sy beli merk shimizu ps 130 kendalanya kurang mengisap. Padahal sudah sy periksa semua sambungan pipanya tdk ad kendala.kira2 masalahnya apa yah mas? Apkah bukan kipasnya yg bermasalah.

    • Pompa tersebut adalah jenis sumur dangkal dengan kedalaman atau panjang pipa hisap maksimum 9 meter. Pastikan jangan melebihi panjang tersebut untuk mendapatkan kinerja mesin pompa yang optimal.

  115. Mau tanya mas, pompa air punya saya kamaren masi normal, nah pas saya coba nyalain besoknya lagi ternyata air dari kran ga keluar2. Saya sudah coba pancing, tetap gamau naik airnya. Saya coba buka tutup keran untuk cek pipa masuk angin atau tidak, air keluar dikit tp langsung tdk keluar2 lagi. Pas saya coba tutup buka pake tangan, dr pipa keluarnya angin aja lumayan kenceng. Itu biasanya kenapa ya mas?. Mohon bantuanya.

    • Pemeriksaan pertama, coba lepas pipa hisap dari mesin pompa, kemudian di kocok naik turun apakah ada air yang keluar secara menerus dan air di pipa tidak turun lagi. Jika air tidak bisa naik artinya ada kebocoran pada foot valve atau sambungan pipa hisapnya.

  116. mau nanya mas.
    kedalaman sumur saya +-10,5m.
    tandon posisi +- 3,5m dr tanah+pompa.
    saya pake jetpump shimizu 260bit.

    ketinggian air masih 130an cm.
    Tapi kok baru nyedot sebentar (1-2 mnt) pompa langsung ngerong gak nyedot.
    Kugantung bata persis tenggelam di bawah permukaan air.
    Pompa dinyalain. Cepet ngerong lagi padahal bata gak nongol dari permukaan air.
    apa masalahnya dg pompa?
    terimakasih banyak

    • Jika masih ada tanda tanda menghisap meskipun hanya beberapa saat kemungkinan ada masalah pada pipa hisap atau impeler pompa.

      Pastikan pipa hisap tidak tersumbat atau terbenam pada endapan sumur. Kemudian periksa impeler biasanya jika ada kotoran terselip sedikit saja akan menimbulkan masalah pompa menjadi tidak kuat menghisap.

    • Tadi sdh dicek, pipa ke bawah gak ada masalah.
      Kata temen saya kemungkinan impeller+karetnya. Misal itu sdh diganti masih terjadi. Tadi pas dibuka, impelernya ada batu kecil 2 sdh dibuang. Tapi blm sembuh.
      Apa ada kemungkinan lain?
      Terima kasih banyak

    • Itu masalahnya, setelah ada material yang masuk ke dalam ruang impeler, pastikan kondisi impeler tidak cacat. Biasanya ada cacat sedikit saja sudah berdampak besar terhadap kemampuan hisap mesin pompa.

  117. Misi mas, mw tanya, klw Sanyo yg daya sedot masing-masing 9 meter di pasang secara bersamaan dalam 1 rangkaian pipa, apa daya sedot nya menjadi 18 meter ? Terimakasih

    • Tidak semudah itu pak, memasang unit pompa secara seri bisa menimbulkan banyak kendala pada jangka panjangnya. Karena diperlukan pengaturan on off pompa sincron sepenuhnya. sedangkan setiap pompa tidak bisa memiliki kondisi yang sama 100% baik dari RPM, serta kemampuan hisapnya.

  118. Pompa lama merek nasional tiap hari dipakai lancar tp uda bertahun.otomatis nya uda tidak bisa jadi langsung ke saklar.kemarin waktu di nyalain bisa tapi kran nya ketutup smua kurang lebih 10 mnt.waktu dibuka kran nya air tidak mau naik.sudah coba di pancing masih belum bisa.dinamo dan lainnya berjalan seperti biasanya hanya kenapa air tidak kluar?.sebelum nya baru dpakai tidak ada masalah.terimakasih

    • Jika sudah kondisi lama tidak pernah ada masalah, kemudian karena mesin hidup dan tekanan meningkat akibat tidak ada pipa terbuka maka kemungkinan tekanan pompa mendorong foot falve shingga terjadi kebocoran. Coba pipa hisap di angkat untuk memeriksa kondisi foot valve.

  119. Kedalaman sumur bor 9 meter, permukaan air 4,5 meter, Saya pake pompa sumur dangkal otomatis daya hisap 9 meter dengan ukuran Pipa hisap 1/2 inchi dan pipa keluar 1/2 inchi. Ukuran pipa Diluar dari spek pompa yang masing” ukurannya 1 inchi.

    Letak Mesin Pompa dipasang sejauh 1,8 meter
    Pipa hisap masuk kedalam 6,1 meter
    Panjang keseluruhan Pipa hisap 7,9 meter

    Kenapa jika pompa di hidupkan terdengar suara seperti mesin baru menghisap air, Dalam artian saat pompa belum dihidupkan didalam pipa hisap seperti tidak terdapat air atau pipa hisap tidak menampung air.

    Dan juga Saat pompa dinyalakan lalu kran dibuka, kenapa ya air tidak lansung keluar, air keluar seperti telat ada sekitar 10 detik baru keluar air.

    Yang bikin saya kesal itu Suara Mesin pompa jadi rada berisik seperti kecekik begitu bunyi suaranya, lumayan juga menggangu kuping.

    mohon solusinya mas makasih.

    • Spesiifikasi pemasangan pompa sudah tepat. hanya saja pemilihan pipa hisap dengan ukuran 1/2 ini yang menyebabkan mesin pompa menjadi berisik karena power pompa yang besar dipaksa untuk menerima suply air yang sangat minim sehingga kevakuman ruang impeler menjadi tidak optimal.

      Ketika membuka kran dan tidak langsung ada tekanan air adalah karena masih terdapat kebocoran yang menyebabkan tekanan menurun dan pompa harus menghisap dahulu. Kebocoran bisa pada jalur pipa hisap dan foot valve atau bahkan pada instalasi pipa keluar.

  120. Bang admin..sy 2 hr lalu buat sumur bor dangkal 10 m..oleh tukang sumur bor ktx kedalamqn sgt sdh cukup krn tekstur tanah yg berpasir.menggunakan pompa sanyo 236 ac.klo kran dinyalakan pertama keluar air pelan sekli sekitar 30 detik sejak dinyalakan dan mesin beroperasi br airx kencang.serta saat ini air jernih kekuningan.mohon info masalah dmn ya admin.mksh

    • Kemungkinan masih terdapat kebocoran pada pipa hisap namun tidak terlalu fatal artinya karena jarak hisap yang pendek maka pompa masih cukup kuat akan tetapi ada jeda sampai kevakuman dai dalam pipa hisap penuh sempurna barulah debit keluarnya air bisa maksismal.

      Masalah sumber air yang buruk kemungkinan masih terjadi pencemaran atau resapan dari lingkungan karena kedalaman sumur yang masih terlalu dekat dengan permukaan. Pastikan lubang sumur sudah terpasang pipa casing dengan tepat.

  121. Mas Admin, saya pakai shimizu pc 268, kondisinya sering air tidak naik ke toren..sudah cek radar toren ok,.Kalo cara pancing pompa air shimizu 268 ini bagaimana ya ? ? mohon info trik nya kalau kejadian spt ini lg.. dan yg perlu di cek itu apa ?

    • Cara mengisi pancingan bisa dengan membuka tabung pompa. Coba diperiksa apakah pipa hisap sudah aman dari kebocoran. Lepaskan rangkaian pipa hisap dari mesin, kemudian isi dengan air sampai penuh, diamkan beberapa saat apakah air di dalam pipa hisap turun?

    • Pasang saja pipa hisap sekitar 30 sampa 50 cm lurus kesamping kemudian ujungnya ikatkan kantung plastik yang kuat, ingat jangan sampai mudah terlepas. Hidupkan mesin pompa jika daya hisap kuat maka kantong plastik akan tampak terhisap kedalam pipa.

      Itu adalah teknik paling sederhana tanpa mengetahui ukuran kevakumannya. Jika ingin melihat nilainya secara pasti harus menggunakan alat Vacuum Pump Measurement kemudian membuatkan dudukan pada pipa hisap yang tertutup rapat pada ujungnya.

  122. Assalamualaikum, mohon pencerahannya saya baru +- 1 bln bor dan pasang zpam merk dabinter, kdlmn menurut yg pasang 24m hari pertama sampai kemarin normal, air bagus dan deras, tapi setelah ditinggal sehari air berbuih, keluarnya air kecil/tidak deras bahkan dibawah normal berlumpur dan kotor, 2 hari kemudian tidak kotor, dari lubang input ketoren kaya ada gelembung air keluar sangat kecil sehingga kasian mesinnya, jadi nyala terus, itu kenapa ya? Apa ada kebocoran ya

  123. Mas saya pakai pompa Wasser tipe PC380E (dengan tabung angin). Permasalahannya air tidak mau keluar padahal sudah dipancing hingga 3 ember, tapi air di tabung pompa tidak penuh”. Kondisi mesin bagus seperti biasanya, sebelum air tidak keluar ada gejala air tidak mengalir sekuat biasanya dari torent padahal air biasanya mengalir deras walaupun pompa airnya tidak dinyalakan. Trimis

    • Ini yang pasti persoalannya yang mana? air dari toren tidak mengalir atau lemah atau mesin pompa tidak menghisap? Untuk masalah air pancingan yang tidak bisa penuh artinya ada bocor pada pipa hisapnya. Coba dilepas saja dari pompa kemudian isi air langsung dari pipanya perhatikan permukaan air menurun atau tetap.

  124. Saya punya mesin merek GNG .
    Ketika saya pasang mesin pompa air nya kedalaman sumur eh saya mendapat kan masalah air nya tidak keluar padahal saya udah pancing beberapa kali namun air nya tidak keluar, maka saya coba dengan ide baru dengan cara menghisap pipa pembuangan air nya maka saya mendapatkan hasil air nya cukup deras .
    Lalu saya matikan mesin nya 5 menit lalu saya hidup kn kembali saya mendapatkan hasil seperti yang pertama air tidak keluar ketika dihisap kembali air nya keluar .
    Lalu bagaimana cara supaya pompa air nya tidak perlu dihisap pipa nya,biar air keluar lancar ?
    Makasih atas jawaban nya

    • Saya malah belum pernah sekalipun mencoba dengan cara tersebut. Intinya pompa utama tidak bisa menyedot air kan?

      Analisanya begini saja, jika dengan cara dibantu tersebut air dapat mengalir dengan baik maka permasalahannya ada pada unit mesin pompa utama. Kemungkinan permasalahan ada pada impeler pompa yang kinerjanya kurang baik, bisa karena cacat, ada gangguan seperti material kotoran yang tersangkut.

    • Nah, lagi lagi saya juga tidak pernah merubah konstruksi teknis pemasangan pipa hisap tanpa foot valve. Coba di ikuti saja teknis pemasangan mesin pompa sewajarnya sesuai spesifikasi dulu.

  125. Mas mau nanya,sumur jetpam sy awal’y lancar jaya selama 1 thn trakhir ko tau” ngempos mendadak/tidak kluar air. Sy pancing tetep ga mau kliar air’y trs sy panggil tukang servis sama dia pipa d angkat total mata jet d ganti,token klep d ganti tp masalah nya skrg air nya ga mau kluar sama sekali. Sekali kluar habis d pancing air nya kcl trs ngempos ga mau ngisep mesin nya. Sy pake mesin merk biasa kapasitas 220 v kedalaman sumur 12 mtr,kira kendala d mesin apa d sumber air klo bgtu?

    • Nah ini masalahnya tidak disebutkan jenis merek dan type pompanya. Pompa air biasa yang paling umum adalah jenis pompa dangkal yang standartnya memiliki daya hisap maksimum 9 meter.

      Apabila sumur anda memiliki kedalaman 12 meter, maka minimal harus menggunakan jetpump. Mungkin ketika masin dulu masih baru memang kuat untuk bekerja di luar spesifikasi, namun jangka panjangnya pasti sering bermasalah.

      Test dulu pipa hisap jangan dipasang pada pompa, kemudian kocok naik turun apakah air bisa terangkat, jika mampu, maka yang bermasalah adalah pada unit pompa yang tidak kuat menghisap.

  126. Mas tolong pencerahannya. Saya memakai mesin shimizu.sudah lebih 5 tahun dan gak oernah ada masalah. Akhir akhir ini setiap mesin secara otomatis nyala pengisian sangat lama dan sering kali mcb listrik turun . apakah ada masalah dengan mesinnya atau persedian airnya yg kurang ( tp saat ini sedang musim hujan) terimakasih atas pencerahannya.

    • Melihat dari usia pakai yang sudah 5 tahun, tampaknya memang memerlukan perawatan dengan memeriksa seluruh komponen atau instalasi pipa hisapnya. Kemungkinan terjadi penyumbatan atau ada meterial yang mengganggu kinerja imperler, Dengan membongkar pipa juga akan diketahui bagaimana kondisi sumber air terjadi penurunan atau tidak.

  127. Mas pompa saya merk San-Ei model set jet 265,,,akhir2 ini..bunyinya berisik sekali mas..keras.mengganggu ketenangan tetangga..kira2 untuk mmperbaiki bagian mana yg harus di buka..bagian kipasnya atau yg mana.penyebab brisiknya tu knp.apa ada yg perlu diganti alat2 nya.bagian mananya.terima kasih sbelumnya mas

  128. Kalau pipa bor kemasukan pasir urukan
    bagaimana ya mas cara mengatasinya?

    Karna saya habis naikan ubin stinggi 40cm jadi keramik dipotong sedikit buat space pipa bor nya dan hanya ditambah pipa sambungan 20cm mungkin karena masih ada sela tersebut pasir urukan ada yang jatuh.

    ketika mau dicek agak kesulitan mas, Sebab pipa hisap seret sekali saat diangkat agak keras juga seperti keganjal batu pasirnya.

    Pompa air dinyalakan keluar air nya kotor berpasir dan hanya segelas besar saja, setelah itu ngak keluar” lagi.

    Saya memakai pompa sumur dangkal
    Pipa borannya 11/4inchi, pipa hisap 1/2inchi.
    Mohon bantuannya mas…makasih

    • Akan sangat beresiko mengangkat pipa hisap yang terjepit longsor didalam lubang sumur. Cara nya tetap dengan dicabut paksa. Resiko yang mungkin terjadi adalah pipa putus.

  129. Help boss.. Pipa hisap saya angkat lepas semua tapi tusep klep nyangkut di dalam pipa bor.. Tapi saat pipa hisap mau di masukan kembali nyangkut dan pipa hanya masuk di 4,3 meter, panjang pipa hisap 9 meter, Pipa bor’an sekitar 11 meteran.

    Pusing bos di rojok2 pakai pipa tetap keras kl dipaksa getok-getok takutnya pipa hisap pecah.

    Solusinya yg tepat/bgmna cara mengakali tusen klep yg nyangkut tersebut,,?? Supaya pipa bisa masuk semua sperti sebelumnya…Thankz bossss

    • Jika diameter lubang sumur kurang dari 4 inch, itu sudah resiko yang fatal. Hal ini sering kali terjadi pada sumur bor yang menggunakan casing diameter kecil. Apapun alasanya, secara teknis minimal ukuran casing adalah 4 inch seperti yang dianjurkan oleh panduan manual mesin pompa air.

  130. Tambahan ya boss.. jadi tusen klep yg nyangkut itu lepas dari antara drat ke drat pipa hisap.

    Sebelumnya saya memang sangat kesusahan saat mau angkat total pipa hisap nya krna selalu macet di 4,3 meter, bingung jg kenapa ya bisa nyangkut..

    Saya usahakan terus supaya bisa keluar total pipa hisapnya maka ditarik2x sambil diputar-putar, tapi ngak nyangka setelah pipa hisap berhasil ke angkat semua…ternyata tusen klep nya ketinggalan / nyangkut didalam pipa bor.

  131. Saya nenggunakan pompa air shimizu type 375 bit dgn daya hisap 32 mtr, bibir dinamo ke klep bawa sumur 17 mtr, rpm dinamo bagus, kebocoran tdk ada tapi udah dipancing tdk bisa menghisap atau tdk keluar airnya, apa kendalanya, trims sebelumnya

    • Analisa pertama pastikan pipa hisap berfungsi normal, lepas pipa dari mesin kemudian kocok naik turun pastikan air bisa naik dengan normal. Jika ini gagal artinya ada masalah dengan foot valve.

  132. Saat ini saya pakai pompa jetpump 250 Watt untuk sumur bor saya. Namun sebelum nya, sumur ini pernah dipasang pompa dragon dan airnya lancar. Saya tidak memakai tandon air. Dengan kondisi ini apakah memungkinkan jika diganti dengan pompa biasa non jetpump yg lebih kecil watt nya ? Tentunya juga dengan diganti pipanya. Makasih..

    • Untuk menentukan jenis pompa air yang sesuai dengan sumber air yang dimiliki harus mempertimbangkan banyak faktor. Silakan simak lebih jelas pada ulasan disini

  133. Mas Admin, Kalau sumur kedalaman 140 Meter, level air di 18 Meter, sementara pipa Casing atas 4 Inchi dengan panjang 24 Meter,sisanya 116 meter pipa 2 inchi, mohon sarannya pompa apa yang sesuai buat mengangkat air tsb?

    • Gunakan pompa type jetpump kemudian pipa hisap dipasang hingga kedalaman yang 24 meter. Artinya posisi kedudukan injector masih bisa masuk dikedalaman 24 meter sesuai ukuran pipa casing yang 4 inch.

  134. saya punya mesin simizu bertabung, tpi otomatisnya kebakar. klo misal tabung dan otomatisnya di buang. trus tenaganya listriknya langsung di salurkan ke mesinya tanpa lwat otomatisnya itu gmana ya. apa ada dampak lain ya

    • Tidak akan masalah pada kinerja hisap meskipun otomatis beserta tabung dilepas. Dampak yang buruk hanya akan terjadi jika dalam kondisi pompa hidup kemudian seluruh kran tertutup makan akan beresiko pompa overheat.

  135. Tolong solusi na maz,

    Penyebab keluar Air Kecil Seperti Lidi..? Dari 9 kran dibuka sampai dilepas semua dari drat nyaa tetap saja keluar air kecil bingit…bingunggg.

    Padahal Sudah dicek semua:
    Mesin pompa air masih bagus putaran normal dan
    Otomatis mau on/off.
    Tusen klep sudah diganti yang baru.
    Pipa hisap dikocok2 air naik truz muncrat.
    Permukaan air ada di 4 meter.
    Dalam sumur bor 11 meter.

    Butuh jawaban yang tepat ya maz atas masalah tersebut, makasih.

    • Pastikan dulu kondisi debit air dari pompa sebelum masuk ke instalasi. Hidupkan pompa dan lihat debitnya langsung keluar dari pompa, jika sangat kecil artinya ada masalah pada instalasi unit pompanya.

      Namun apabila debit dari pompa besar, kemungkinan jalur instalasinya ada bagian yang tersumbat.

  136. Saya sudah coba mas dari pompa lansung pake stop kran debit air yg keluar seperti kran dispenser…kenapa ya mas??

    Kalau dari kran bukaan pertama lumayan airnya tapi hanya 5 detik sajaa air lansung kecil banget,
    Padahal hidupkan mesin pompa tanpa dipancing dan body pompa saya pegang hangat normal.

    Pipa hisap tadi saya angkat semua, trus ukur dr bibir pipa casing ke bawah dan permukaan air masih tetap di 4 meter, Panjang pipa hisap 8.5 meter dan pipa hisap sudah ditambah maupun dikurangi panjangnya tetap saja debit air yg keluar kecil sekali…pusing saya.

    Mohon bantuannya maz…makasih banyak.

  137. mas saya mau tanya saya buat sumur bor kedalaman 98m dan pake pump hisap simizu tapi karena kesing sumur bor pake pipa 3″ maka valve hisap harus di modifikasi karna kebesaran dengan cara lobang anginnya di potong dan di ganti dg pipa yang lebih kecil oleh tukang sumur bornya kira2 gimanaya mas
    dan sekarang kran keluar dari pump saya tutp habis tapi presurnya malah nol tidak ada presur apamasalahnya ya mass

    • Mohon maaf saya kurang begitu memahami yang dimaksudkan. Dengan kedalaman sumur 98 meter menggunakan pompa dengan type apa? dan lubang angin yang disebutkan juga kurang dapat saya mengerti. Jika ada foto atau gambar yang bisa di lampirkan bisa di kirim ke email: [email protected] untuk bahan analisa

  138. Bang cara hitung total daya hisap sebuah pompa air itu dimulai dari mana yaaa??

    Contoh gini bang,,

    Kedalaman sumur bor = 10 meter
    Daya hisap pompa sumur dangkal = 9 meter
    Daya listrik = 200watt
    Permukaan air = 5 meter
    Panjang pipa hisap = . . ??

    Dimulai dari manakah daya hisap bekerja?

    1. Dari mesin pompa sampai ke dasar sumur bor?
    2. Apa dari panjangnya pipa hisap?
    3. Atau di mulai dari permukaan air sampe ke dasar?

    Kalau saja dimulai dari permukaan air kedasar sumur bor , apa mungkin iya pompa akan terus menghisap terussss sampai kebawah? Melewati batas boran???
    sedangkan kedalaman bor = 10 meter .

    Tq bang . .

    • Daya hisap maksimum pada sepesifikasi sebuah unit pompa air di hitung mulai dari posisi mesin hingga ujung pipa hisap yang seharusnya terpasang secara vertikal.

      Intinya adalah panjang dari keseluruhan pipa hisap yang semestinya di pasang. Misalkan pompa memiliki daya hisap 9 meter, maka tidak di anjurkan untuk memasang pipa hisap melebihi dari ukuran tersebut.

      Untuk berapa meter yang terbenam di dalam air harus sudah termasuk dalam total panjang daya hisap.

  139. Tq pencerahannya bang 🙂

    Jadi menurut hitungan panjang pipa hisap, harus sesuai dengan standart pompa ya?

    Kalow daya hisap 9 meter berarti panjang pipa wajib 9 meter ya bang ngak boleh lebih? Sesuai standarnya Dengan ukuran pipa hisap 1 inchi.,

    Bang,Misalkan pipa hisap diperkecil menjadi 3/4 inchi, apakah boleh panjang pipa hisap ditambah?
    Menjadi 10 atau 11 meter ? Secara vertikal…

    • Iya bapak, untuk pemasangan yang benar benar diseuaikan dengan spesifikasi maka ukuran tidak perlu dirubah. Namun jika untuk tujuan menambah daya hisap menurunkan ukuran diameter pipa hisap bisa dilakukan dengan konsekuensi bahwa akan mempengaruhi juga terhadap kapasitas debit air yang dihasilkan.

  140. Pagi mas…awal nya jetpam saya jalan normal,,tiba2 suara mesin jadi berisk,kata temen itu bearing nya ,trus bontkar dan saya ganti bering nya setelah saya pasang lagi memang suara berisik hilang,tapi kok jadiga bisa nydot ya??watu nyalain pertama jarum pengukur sempat naik tapi turun lagi..mohon penjelasanya ya mas?

    • Sering kali masalah timbul setelah ganti bearing justru pompa tidak bisa menghisap, ada 2 bagian yang perlu diperiksa:

      Pastikan didalam impeler tidak terselip material dari luar atau ada perubahan (cacat). Kedua pastikan water seal tidak berubah kedudukannya atau menjadi cacat akibat proses pembongkaran yang kurang tepat.

      Satu hal lagi sebelum pompa dipasang kembali, kocok pipa hisap sampai bisa mengeluarkan air naik ke atas.

  141. Assalamualaikum. Pak mhn pencerahan nya jetpump saya ngalir nya kecil apa jarak antara ejector dg foot falve 3 m ada pengaruhnya kok kata tukang servis tdk ada masalah?

    • Waalaikumsalam, sangat berpengaruh pak, apalagi jika kondisi sumber air berada di bawah injektor atau artinya injector tidak terbenam kedalam air maka fungsi jetpump tidak akan bisa optimal. Maksimal hanya sekitar 60 cm perpanjangan dari injector sampai foot valve. Dan injector harus terbenam didalam air.

  142. Pa jetpimp panasic saya klo star harus buka tutup mesin dulu untuk kelusr angin sedikit aja baru bisa keluar air, apa penyebabnya? Mohon bantuannya thanks

  143. Pa klo ada suara angin keluar dari POM ada pengaruh sana dsya hisap dan daya dorong dan pernah mau coba ganti karet ring POM ttersebut tapi susah carijya, sy mohon jawabannya thanks

    • Tentu sangat berpengaruh jika memang ada indikasi kebocoran dari pom karena akan mengurangi daya vakum pada ruang impeler kemudian daya hisap menjadi tidak optimal.

  144. Mas, saya mau tanya. Pompa saya tetep nyala tp ga nyedot air. Kedalaman sumur bor 40m. Dipancing pernah berhasil tp skrg ga bs lg. Kmren dh pindahin posisi pompa jg tetep ga nyedot air lg. Kira2 knp ya mas? Pnya tetangga sama tp ga pernah bermasalah. Terimakasih

    • Mohon disimak sekali lagi mulai dari artikel hingga komentar komentar pengunjung yang sudah banyak kami jawab dengan permasalahan yang sama untuk menganalisa serta mengetahui cara penanganan pada mesin pompa air yang tidak bisa menghisap.

  145. Pompa dirumah sudah 15 tahun lamanya, shimizu 128bit,Selama 15tahun tdk pernah di apa-apakan, walaupun suaranya sangat berisik, Tp Air keluar di kran msh kencang.

    tadinya sya mau ganti pipa hisapnya dari 1/2 inchi mau pake yg 3/4 inchi tapi ada kendala pipa hisap gak bisa dikeluarkan semua krn nyangkut,sbb casing kecil ukuran 11/4 inchi, Sya jg tdk paham knp bisa nyangkut.

    trus saya coba kocok2 pipa hisap tapi air tdk mau naik/tdk ada muncrat dan Sya coba masukan air dan sya liat air berkurang dr pipa hisap,Ko bisa ya? Padahal selama 15tahun tdk pernah memancing pompa.

    Menurut analisa sang ahli?
    Knp bisa seperti itu ya?
    Memang Bagian ujung pipa hisap ada dikasih apa ya om bisa sehebat itu…??? thankyou

    • Pipa hisap nyangkut bisa terjadi pada sambungan pipa casing atau kemungkinan telah ada material (batu, kayu dll) yang terselip diantaranya.

      Semestinya pada ujung pipa hisap ada tusen klep apabila masih dalam kondisi normal maka air tidak akan hilang atau turun ketika di isi atau di kocok.

      Dan kejadian seperti ini (nyangkut dan sebagainya) paling sering di alami sumur bor yang menggunakan casing ukuran kurang dari 4 inch.

    • Bos…saya sudah bersihkan pipa sama pompanya..setelah itu saya rangkai kembali tetapi saya hidupkan pompa nya hidup tapi tidak bisa menghisap air ..saya minta solusinya

    • Coba pipa hisap tanpa dikonect (tidak terhubung) dengan mesin pompa kemudian dikocok naik turun apakah air bisa naik? Apabila air mampu naik, artinya pipa hisap tidak ada masalah hanya tinggal persoalan tegangan listrik harus lebih dari 210 volt, tidak terlalu banyak lekukan pada pipa hisap menuju pompa, kemudian memastikan sekali lagi panjang pipa hisap yang terpasang tidak melebihi spek daya hisap asli mesin pompa.

    • Untuk pompa sumur dangkal (kedalaman 9 sampai 11 meter) ukuran pipa bisa menggunakan diameter 3/4 atau 1 inch. Sedangkan untuk sumur dalam (lebih dari 11 meter) menggunakan pipa diameter 1 inch dan 1,25 inch pada pipa hisapnya.

  146. Om, air keluar kecil knpa ya? Saya uda coba lansung dari output pompa dengan stop kran > air keluar besar b’brpa detik saja lansung mengecil.

    Kdlmn 11,5 meter, permukaan air 4 meter
    Pake pipa 3/4″ dan coba pipa 1/2″ Air yg keluar bisa sma aj om? gak ada pengaruh.

    Sudah dilakukan dng perpanjang pipa hingga perpendek pipa hisap tapi debit air yg keluar ya begitu aj om gak ad perubahan. herann sayaa….mkch om

    • 2 kemungkinan yang masih mempengaruhi kenapa debit air loyo jika sudah dipastikan pipa hisap dan spek pompa memenuhi syarat terhadap kedalaman air.
      Yaitu pastikan tegangan listrik tidak drop atau berada dibawah 210 volt AC karena akan mempengaruhi RPM mesin. Selanjutny adalah jika didalam impeler ada material atau kotoran yang teselip atau cacat sedikit saja, biasanya daya hisap pompa juga akan loyo.

  147. Saya udah coba di 3 stop kontak yg berbeda tempat om, tapi gak ada peruhaban jg Karna listrik tidak ada drop.

    Saya jg udah buka tutup impeler kasat mata tampak bersih om, biasa kl ad terselip kotoran dimananya saja om?

    Dan kl ad cacat dibagian mananya saja om? Soalnya Impeler nya masih bagus jadi bagaimana tindakan selanjutnya om ..thx

    • Apabila impeler kondisinya baik artinya masih terdapat masalah lain. Mencoba 3 stop kontak berbeda tapi masih dari sumber yang sama? atau sudah benar benar di test dengan volt meter?

      Coba sekarang diperiksa bagian foot valve bisa juga karena pegas foot valve terlalu keras sehingga memberatkan hisapan pompa.

  148. Ya Impeller masih bagus om, dicoba dengan di 3 tempat beda Mcb…bagaimana cara nya om kl di test dengan voltmeter? kl kapasitor itu mempengaruhi daya hisap gak om atau dapat berpengaruh terhadap puteran mesin dinamonya..

    Saya udah pakai foot valve merk Kitz yg tanpa pegas/ tanpa per dan udah coba juga pakai foot valve merk Onda yg ad pegasnya.

    Hasilnya sma aj om, awalnya saja kencang keluar air 15detik lansung air mengecil tapi masih terus dapat keluar dengan lama…thx

    • Untuk kapasitor secara langsung memang tidak mempengaruhi kemampuan hisap pompa, hanya saja jika sudah soak akan membuat mesin serasa sulit hidup atau endut endutan. Melakukan test tegangan dengan volt meter yaitu dengan alat yang di conect langsung pada stop kontact. Bisa meminjam avo meter atau multitester.

  149. Mas, saya baru beli pompa untuk kedalaman 30 meter, sedangkan sumur bor kedalaman 15 meter, ketika pompa dipasang air tidak mau keluar, pompa merek DAB mas, kira2 kenapa ya, pipa juga tidak ada yg bocor

    • Bukan hanya masalah bocor yang perlu diperhatikan, melainkan teknik pemasangan juga harus sesuai dengan prosedur teknisnya. Misalkan pompa harus dipasang sedekat mungkin dengan sumber air, tidak boleh ada banyak lekukan pada pipa hisap, kemudian harus dipastikan bahwa unit pompa kondisinya normal RPM nya tidak boleh dibawah batas minimum.

      Coba ditest aja dulu pipa hisap dilepas dari mesin pompa kemudian dikocok apakah air bisa naik dan keluar lancar dari pipa hisap?

  150. Mas mau tanya,pompa air saya,klau mau di hdupi,trus2an hrus di pancing air dulu mau ngisap airnya,,stlh di mtikan beberapa jam,,mau di hdupi lg hrus pancing air lgi,,,itu kendalanya di mana y?

  151. pak, kalo penggunaan tabung pada pompa air jetpump sebagai apa ya? apakah udara dalam tabung tersebut boleh dikeluarkan atau tidak..karena ada kyk semacam pentil seperti pada ban…

    • Jangan sampai udara dalam tabung tersebut tekanannya menurun atau dikosongkan. Fungsinya untuk membuat tekanan ketika pompa sedang beroperasi menggunakan pressure switch agar kinerjanya lebih lembut.

  152. Pak cara mengecek RPM apakah masih normal atau tidaknya caranya seperti apa?

    Dan kalau impeller dilihat secara fisik masih bagus lalu cara mengecek apakah adanya kelonggaran/renggang impeller itu bagaimana ya pak?

    • Mengecek RPM memang tidak memungkinkan, namun setidaknya mengetahui bahwa tegangan listrik yang menyuplai mesin pompa tidak drop atau turun di bawah 210 volt AC. Impeler sebaiknya tidak ada gerakan longgar atau bergoyang bisa diperiksa dengan dipegang langsung apakah terasa ada spasi (kendor).

  153. Mas mohon pencerahannya. Pompa saya jet pump merk waser daya hisap30 mtr. Tadinya pompa saya normal lancar . di kedalaman 12 meter. Tapi karena saya pindah rumah pompa saya di pasang lagi di sumur yang baru. Kedalaman 23 meter. Pertama nyala keluar air tidak lancar. Trus berhenti . jarum pengukur naik turun dan akhirnya kembali ke (0) . saya coba pancing lagi ga keluar air lagi. Mohon jawabanya makasih. Sehari full saya kerjakan dan tidak ada hasil

    • Coba anda lakukan analisa dulu pada pipa hisap. jangan hubungkan dengan mesin dulu. Kocok pipa dan harus sampai bisa memuntahkan air. jika ini tidak berhasil maka ada masalah dengan pipa hisap.

      Kemudian pastikan pipa hisap tidak terlalu banyak lekukan. atau indikasi kebocoran pada sambungan sambungan.

  154. mohon pencerahan mas…, apakah ejektor (bagian yang terendam air) bisa menggunakan merek apa saja.. ? >>> pompa air saya merek sanyo ph 100 an <<

  155. Mau Tanya Gan..pertanyaanya mungkin agak sama Kedalaman sumur bor 9 meter, permukaan air 4,5 meter, Saya pake pompa sumur dangkal otomatis daya hisap 9 meter dengan ukuran Pipa hisap 1/2 inchi dan pipa keluar 1/2 inchi. .
    Pompa gak bisa ngisap mula2 keluar besar lama2 kecil dan sampe gak keluar
    pipa kalau di kocok keluar air banyak
    Pompa di coba di tembpat lain bagus
    penyebabnya apa yah gan mohon bantuannya

    terima kasih

    • Apabila telah dipastikan mesin dicoba ditempat lain dapat beroperasi dengan normal, maka perhatikan kapasitas sumber air, jangan2 ketika terhisap beberapa saat stok sumber airnya tidak mencukupi mengingat mula2 dapat keluar terus kemudian habis sampai tidak keluar lagi.

      Selain itu masalah juda bisa timbul akibat pipa hisap terbenam di dalam endapan sehingga daya hisap menjadi sangat berat.

  156. salam mas. minta arahannya. saya menggunakan pompa shimizu pc268bit. sejak awal pemasangan stop kran tdk bisa terbuka full. cuma bisa setengah putaran untuk menjaga tekanan pompa. (munurut penjeasan tukang sumur). tetapi makin hari tekanan makin berkurang, sekarang kran air hanya bisa di buka 1/4 putaran. volume air yang keluar juga agak loyo. tukang sumur menyarankan jangan perhatikan krannya. yg mesti dijaga tekanannya jangan kurang dari 20psi. diameter pipa hisap 1,1/4′, pipa dorong 1″. sy mengukur total dalam sumur sampai dasar sumur 28mtr. dalam air sumur 4mtr. menurut sy debit air sumur cukup bagus. mohon arahannya..

    • Benar pak apa yang disarankan oleh tukangnya bahwa stop kran tersebut sangat penting agar tekanan air tidak drop. Namun apabila mendapati pompa semakin melemah bisa terjadi apabila pipa hisap mengalami masalah seperti ada gejala kebocoran pada sambungan atau pada koneksinya ke mesin pompa.

      Selain itu coba ditanyakan kepada tukangnya, apakah dengan kedalaman sumur 28 meter tersebut posisi injector (nozel) bisa optimal mencapai batas air hingga terbenam, ataukah hanya dilakukan penyuntikan dalam arti nozel menggantung dan hanya di sambung bagian pipa foot klep nya.

      Ini seringkali dilakukan tukang karena diameter lubang sumur bor tidak mencukupi (kurang dari 4 inch) untuk dimasukkan nozel hingga ke dasar sumur sehingga daya hisap pompa tidak bisa maksimal.

  157. Mas klow Air pertama yg keluar nyembur tiba2 pelan/mengecil, pompa saya kenapa ya…

    Saya sudah buka tutup impeller dan ada bekas gerusan pasir, tetapi pada impeller bagian gigi2 nya belum ada yg patah…. Apakah sangat berpengaruh atopun bisa mengurangi daya hisapnya…??

    Dan klow memang pengaruh apa yg harus diganti, tutup impeller atopun sekalian impellernya, dan bisakah kalau hanya salah satunya saja…thankz

    • Apabila pada bagian impeler sampai terdapat banyak material yang ikut terhisap maka daya hisap pompa akan terganggu. Sebelum memutuskan untuk mengganti impeler, bisa dicoba dulu dengan mengurangi kedalaman pipa hisap untuk menghindari adanya material pasir atau endapan yang ikut terhisap.

      Perhatikan apakah kapasitas debit pompa bisa stabil atau masih sering ngedrop setelah start.

  158. Boss,, kl pipa casing itu dipasang full hingga kedasar gk? Dan bagian pipa besi paling dasar itu tertutup kah?

    Dan kl pipa bor yg paling dasar tidak tertutup apakah nanti nya semakin lama pemakaian dr pompa air akan terjadinya (membentuk) kubangan/bak yang besar dan melebar dipaling dasar sumur??

    • Sebaiknya pipa casing dipasang hingga ke dasar. saya kurang memahami apa maksudnya pipa besi paling dasar? Kalau untuk pipa casing bagian dasar tidak perlu tertutup. Hanya beberapa pipa paling dasar dilubangi halus untuk resapan sumber mata air.

  159. Tidak pak. Meskipun dasar sumur materialnya tanah lunak atau pasir tidak akan tersedot. Tentunya pemasangan pipa hisap harus diberikan spasi dan tidak menempel hingga ke dasar sumur.

  160. Saya bingung dengan kerusakan jetpum atau mesin air dirumah saya. Klep baru ganti, pipa tidak ada yg bocor, sil nya gk bocor, mesin bagus, tapi air nya masih keluar sedikit, jarum indikator hanya naik setengah, setelah di buka keran nya sedikit, jarum turun. Tolong jawaban nya ya, terimakasih.

    • Menggunakan jetpump ya pak? apakah instalasinya sudah sesuai dengan spek mesin pompa? maksudnya adalah kedalaman yang terpasang tidak melebihi standart kemampuan unit mesin.

      Kemudian mohon ditanyakan kepada tukangnya, apakah pipa dibagian bawah nozel injector terlalu panjang? biasanya hal ini menyebabkan tenaga hisap pompa menjadi sangat lemah.

  161. mas sy mau tanya… saya baru bikin sumur bor keadalaman 30m.. yg jd pertanyaan setiap mau isi toren jetpump mesti di pancing dl.. kemarin klep sdh d ganti karena bawaan jetpump wasser ada bocor halus.. tapi masalahny tetap sama.. dibiarkan 1/2hari pasti harus dipancing dulu.. kira” dimana ya permasalahannya.. thx

    • Apapun alasanya, kondisi selalu minta dipancing adalah disebabkan karena kapasitas air didalam pipa hisap berkurang. Tentu ini dipicu oleh masalah bocor.

      Jika yang perlu dipancing hanya sebatas isi water pump (impeler) maka kemungkinan bocor pada area water seal.

  162. Mas… saia mau tanya…saia mempunyai mesin pompa air shimizu 130 bit masih baru…setelah saia pasang..kok airx keluar sangat pelan dan tersendat sendat..jadi kalau saya tutup kramnya sekitar 1 menit baru saia buka…airx semburanx sangat keras kluar..tpi sbntar sekali dan kembali sangat pelan dan tersendat sendat….kira2 mas apa penyebabx…?klepx atau apax bermasalah…?

    • Ingat bahwa pompa tersebut adalah jenis sumur dangkal, Maksimal untuk kedalaman 9 meter dan jangan dipasang melebihi itu agar mesin bekerja optimal.

      Apabila setelah ditutup air dapat menyembur kuat, kemungkinan adalah pompa tidak kuat dengan kedalamannya dan kemungkinan lain adalah sumber air yang sering telat.

      Satu hal lagi yang juga dapat memicu masalah pompa lemah adalah banyaknya lekukan pada instalasi pipa hisapnya.

  163. Pagi pak saya buat sumur bor dengan kedalaman 66 meter udh 6 bulan setiap kali mau dihidupkan harus di pancing terus air nya..dan saya pakai pompa jet pump dengan merek SAN-EI pompa otomatis pakai tabung..dan saya pertanyakan dengan tukang sumur bor nya jawaban nya tidak tahu dan katanya selama dia buat sumur bor baru pertama kali kejadiannya seperti ini..jadi saya minta tolong solusi nya pak dan kenapa bisa terjadi harus pancing terus..thanks.

    • Sebelumnya bapak silakan baca dulu mengenai beberapa analisa yang dapat menyebabkan mesin pompa air selalu minta dipancing, dan kami telah menulisnya secara jelas pada artikel kami disini. Jika masih belum memahami, silakan meninggalkan komentar dibawah artikelnya.

  164. Pak, mesin air saya kenapa saat mengisi air toren lama sekali yah penuhnya? butuh waktu berjam2 (3-4 jam).
    Toren air ada di dak atas (sejajar dengan atap).
    Sebelumnya hanya sebentar saja waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh toren.
    Apakah daya hisap sudah lemah atau daya semprotnya yang lemah?
    Jika saya ingin mengganti mesin air, apakah pipa yang masuk ke tanah perlu diangkat juga? atau tidak perlu diangkat, jadi hanya perlu mengganti mesin saja.
    Mesin air berumur kira2 5 tahun (bawaan dari beli rumah).
    Mohon sarannya pak.

    • Kemungkinan memang sudah saatnya melakukan service total. Lebih baik pipa hisap diangkat total untuk dibersihkan serta memastikan kondisi sumber air baik baik saja.

    • Mohon maaf, kami tidak bisa membuat analisa dengan data yang kurang. Jenis mesin dan type? Kedalaman sumur? panjang pipa hisap yang terpasang berapa meter? Menggunakan pipa ukuran berapa inch?

  165. Pa saya pakai jet pump panasonic sudah 2 tahun sekarang ada masalah keluar airnya mati hidup dan pipa hisap sudah saya periksa dan dirapihkan, apakah harus ada service mesinnya dan apa saja yang harus diganti, saya mohon penjelasannya. Thanks

  166. mas mau tanya, mesin pompa saya tidak mau nyedot ?
    kedalaman sumber airnya sekitar 30 an meter….
    merek mesin saya panasonic mas… mohon bantuannya mas kira-kira yang bermasalah apanya yaa ??

    • Mohon dibaca ulang artikel beserta komentar2 pembaca, banyak sekali permasalahan yang sama dengan solusi yang sama telah di uraikan disini.

  167. Pak nanya, saya barusan ganti karet membran tabung jetpump, setelah saya pasang, sekarang air tidak keluar. Utk cek kebocoran pipa hisap, saya isi (pancing) di rg impeler dan saya diamkan semalam, air ndak turun.
    Tapi saat pompa dinyalakan, tidak ada air yg keluar.
    Kedalaman sumur 14 m, jet posisi terendam.
    Mohon pencerahannya.
    Trims

    • Sudah terjawab/teratasi…
      Ternyata posisi foot-valve dan jet terendam lumpur sumur (posisi terlalu mepet dasar).
      -just sharing-

    • Coba pipa hisap dilepas dari mesin kemudian di kococ apakah air dapat naik? jika air keluar lancar, maka masih terdapat kesalahan pada unit pompanya.

  168. Pencerahannya mas, kondisi pompa baru shimizu ps135, kedalaman pipa 8mtr, setiap tancap bisa keluar air dgn debit besar, lalu bunyi groook2 (didalam kedalaman pipa) lalu air gak keluar…harus mancing lagi lalu terjadi lg dan sterusnya ,kondisi seperti itu permasalahannya dmn ya mas??? Tks sebelumnya

    • Ada 2 kemungkinan, pertama sumber air tidak mencukupi sehingga ketika debit air berkurang maka udara ikut terhisap. Kedua adalah kemungkinan terjadi penyumbatan pada bagian pipa hisap (foot valve) karena material seperti endapan atau yang lainnya.

  169. mas mau nanya.. sumur bor saya 35 meter, pompa yg digunakan shimizu pc375bit. saat ini sering ngempos. jarum pada awal dinyalakan selalu di angka 30 tapi lama-kelamaan turun ke angka 20 dan air yang keluar sangat kecil sehingga utk isi toren bisa sampe 5-6 jam. bagaimana cara mengatasinya?

    • Pastikan pipa hisap menggunakan ukuran standart kemudian debit sumber air tidak pernah telat. Satu hal yang dapat menyebabkan jetpump mudah ngempos adalah karena pemasangan injector yang tidak 100% terbenam dalam sumber air.

    • Sebenarnya bisa pak, dengan catatan instalasi pemasangan pipa hisap bisa di atur minim lekukan serta dipasang valve stop untuk mengatur jalur mana yang akan dipilih secara manual.

      Untuk membuatnya menghisap 2 jalur secara bersamaan sangat tidak dianjurkan.

  170. Mas mau tanya, pompa air saya kalo dibuka tmpat untuk mancing airnya putaran motornya kenceng, tapi setelah ditutup jadi melambat, dan sama2 gak bisa mngeluarkan air. Mohon bantuannya mas.

  171. Setiap tahun air dirumah saya bermasalah. Mesin nyala tapi air tidak keluar. Bongkar sumur,dibersihkan.(ada batu tersumbat). Bagaimana cara mengatasinya. Bila ada tukang pompa mohon infonya (jakarta)
    WA:081280663010. Trims.

    • Pertama memang harus membersihkan lubang sumur dari segala material pengganggu seperti endapan lumpur dan bebatuan. Jika perlu ditambah kedalamannya serta pemasangan pipa casing yang benar.

      Selanjutnya jika lubang sumur sudah fix, maka tinggal menyesuaikan unit pompa yang dibutuhkan sesuai dengan spesifikasinya.

  172. Salam kenal mas, kalau pemasangan tusen klep hisap pas sebelum pompa pengarug tidak, karena memang tidak ada pipa hisap yang bisa ditarik. terimakasih atas penjelasannya.

    • Apapun alasannya tusen klep harus terpasang pada ujung paling bawah pipa hisap. Karena fungsi utamanya adalah menjaga agar didalam pipa hisap selalu tersedia air agar tidak perlu jeda yang lama untuk menghisap ketika mesin baru di hidupkan.

  173. salam hyangat
    mau tanya pak, mesin jet pump saya menggunakan waser dengan spek daya hisap 40M, dorong 40M, total head 80M, kedalaman sumur -+ 35M, panjang pipa dari bawah sampai mesin pompa, 28M (pipa tunggal yang bawah -+ 8 M, pipa dobe dari sambungan yang bentunya kaya “Y” +- 18M. jarak mesin ke penampungan-+30M.
    Yang ingin saya tanyakan air yang di hasilkan sangat kecil, bukaan stop kran untuk mengatur air di dekat mesin hanya bisa 1/4 putaran saja, dan indikator yang dimesin jika stop kran di tutup hanya 20-22, sedangkan untuk bisa mengeluarkan air harus di 19, karena kalo terlalu besar langsung drop, air tidak keluar dan mesing ngempos. dan jika di pancing air hanya menambahkan setengah gelas air saja. ada masalah dimana?apakah mesin / instalasi bawah mesin. terimakasih sebelumnya

    • Menganalisa dari spek pemasangan, persoalan debit air terlalu lemah disebabkan oleh pemasangan injector yang tidak tepat. Artinya, tidak disarankan memasang pipa bawah injector lebih dari 1 meter. Upayakan agar pipa yang dobel sampai pada kedalaman maksimal.

      Dengan pemasangan pipa bawah injector sepanjang 8 meter maka peran pipa dorog kurang optimal.

  174. Salam hormat,
    Mas saya mau tanya nih..
    Dirumah saya sumur bor menggunakan pipa kalau gak salah 3 inci, biasanya saya menggunakan pompa sumur dangkal tp karena permukaan air sudah sangat turun maka saya mencoba menggunakan jet pump tp masalhanya dengan pipa sumur yg cuma 3 inci otomatis mata jet gak bisa masuk..
    Kira2 apa solusi untuk sumur dg pipa 3 inci agar dapat menggunakan pompa jet..

    Trims..

    • Apapun alasannya, jika memilih pompa jetpump maka posisi injector harus berada pada kedalaman maksimal ujung pipa hisap. Upaya modifikasi atau pemaksaan dengan memperpanjang hanya pada bagian bawah injector akan menghasilkan debit air yang lemah.

      Jadi usahakan dapat menemukan injector (after market) yang bisa masuk pada casing 3 inch atau memperbesar lubang sumur bor minimal diameter 4 inch.

  175. bila mesin normal tapi tiba2 air tidak ada sma sekali apakah penybabnya mas. mesin dalam keadaan normal tpi tidak air sama sekali alias kosong.ini kejadian tiba2 saja.trima kasih

    • Periksa terlebih dahulu apakah sumber airnya masih mencukupi. Jika ragu maka bisa dilepas mesin pompa kemudian kocok pipa hisap apakah ada tanda tanda air naik.

  176. Salam hormat pak, saya mau tanya sumur bor saya kedalamannya 25M , saya pakai mesin jetpump, sering sekali klepnya rusak/bocor, 1bulan sekali ganti klep jadi tidak kuat hisap air, kalau dipancing jg tidak kuat hisap jadi harus ganti klep baru ngalir.. solusinya gimana yah pak supaya tidak ganti2 tunsen klepnya?? Sudah dipasang pipa casing air jg lancar dan banyak..

    • Terimakasih bapak, Persoalan yang sering mengakibatkan tusen klep bocor adalah kualitas air serta kualitas klep itu sendiri. Pertama pastikan memilih jenis foot valve dengan material yang terbaik (logam) kuningan.

      Kemudian kualitas air jika banyak mengandung endapan dan pemasangan pipa hisap terlalu dekat dengan dasar sumur maka resiko tusen klep akan cepat rusak karena tidak akan bisa menutup dengan presisi 100%.

      Sehalus apapun endapan dapat mengganjal posisi valve sedikit demi sedikit kemudian timbul cacat pada sisi valve yang semestinya presisi.

  177. Mesin shitzu 375BIT, kedalam sumur 50m, pipa pengisapan 35m, mesin kondisi normal. pagi masih bisa nyedot air tp siangnya tiba-tiba sudah tdk bisa nyedot air. sebelumnya kalau nyedot air paling lama 1jam airnya sudah habis. padahal sumur bor masih ada airnya, mohon penjelasannnya, trims masta.

    • Artinya debit sumber air sumur kurang maksimal sehingga seringkali habis. Dan apabila kondisi mesin pompa sering kehabisan air maka dapaat memicu overheat karena pompa bekerja tanpa air.

      Ini bisa sangat membahayakan impeler dan dampaknya dapat mengakibatkan pompa kehilangan daya hisap. Coba test dengan cara unit pompa dilepas dari pipa hisap kemudian pipa yang masuk kedalam sumur dikocok naik turun, pastikan air bisa naik. Jika tidak bisa artinya instalasi pipa hisap atau foot valve bermasalah. Atau justru sumber airnya yang tidak terjangkau pipa.

  178. Asalmulakm kang..sya mohon solusinya..
    Kbtulan bru pnya perum.. dan masih awam soal mslh instalasi air dan pompa. Sya mau tanya.
    Jetpum sudh di bor pertama 20 m ..ada air tpi keruh coklat tua.terus ..di perdalam 24 m ada air tpi air hampir bening dan bau tanah dan banyak pasir seperti lumpur coklat muda.. dan sya konsultasi ke tukang pompa katanya pengurasannya lama katanya sampai bening sekitar 3 minggu. dan sekitar 3 minggu per harinya sya nyalain sekitar 2 sampai 3 jaman tapi masih sama kondisinya. Di tambah lagi kemari hujan..dan kebetulan sya tidak kuras hari itu .paginya air keluar keruh coklat tua dan dipancing terus tapi langsung ngempos tekanannya air tidak naik..bgaimna yah solusinya supaya air bisa jernih dan layak pakai.. apakah harus di perdalam lagi… tmksh.

    • Pertama pastikan lubang sumur sudah terpasang pipa casing hingga ke dasar sesuai dengan kedalaman. Mengingat menurut yang bapak tuturkan ketika hujan berpengaruh terhadap kualitas sumber air, maka saya menganalisa ada yang tidak beres dengan pemasangan pipa casingnya.

      Persoalan air tidak naik bisa jadi akibat endapan yang sudah pekat menghambat kinerja pompa. Dan pompa harus menggunakan jenis jetpump untuk kedalaman lebih dari 9 meter.

    • Untuk budget perbaikan tentunya tukang disetiap wilayah akan berbeda beda dalam menentukan tarifnya pak. Untuk harga meterial mungkin masih ada kemiripan kecuali wilayah diluar pulau.

  179. pagi yg cerah secerah hati kita semua.. mohon bantuan nya.. sumur bor dalam nya 19 meter, untuk pipa penydot nya berapa meter,? trimakasih

    • Jika kedalaman total hingga dasar sumur 19 meter, maka sebaiknya pipa hisap diberkan spasi dari dasar minimal 1 meter untuk mencegah menghisap endapan

  180. salam tampan mas..
    mau tanya nih.. saya pakai jetpump kedalaman 20meter..baru baru ini pompa air tdak bsa nyedot sperrti biasanya.. sudah dilakukan cek pipa hisap dan udara tidak ada kebocoran, sudah dbongkar impelernya juga bersih..suara pompa normal pkknya pompa dlm keadan prima..
    nah kira2 sya harus diagnoasa apa lg y..?
    kalo tusen klepnya hrus dbersihkan.. cara angkat saluran pipanya hisap itu bagaimana y?kebayangkan kalo naikin saluran pipa krng lebih 19 meter keatas gmna ya?kira2 ga akan patah kah

    • BAgaimana cara anda menganalisa kebocoran pada pipa hisap apakah sudah tepat? Langkah paling mudah adalah dengan melepas pipa hisap dari mesin pompa, kemudian kocok pompa naik turun dan pastikan dengan cara ini air bisa naik.

      Apabila tidak ada indikasi air mampu naik, periksa tusen klep dan pipa hisap harus diangkat total untuk dirangkai kembali sampai benar benar aman dari indikasi kebocoran setiap sambungannya.

  181. Mas mau tanya untuk biaya ongkos angkat pipa hisap umumnya berapa? Pompa air saya di anjurkan untuk di angkat pipa hisapnya, takut kemahalan ongkosnya

    • Untuk kedalaman kurang dari 9 meter biasanya kisaran 200 ribu (pompa sumur dangkal) sedangkan untuk jenis jetpump sampai 30 meter kisaran 400ribu. Beda lagi untuk jenis pompa submersible bisa sampai jutaan karena memerlukan peralatan rumit

  182. Mau tanya mas
    Mesin pompa saya nyalah tapi nggak keluar air,sudah saya pancing keluar airnya tapi pas saya matikan mesinnya,lalu saya hidupkan kembalik nggak keluar lg airnya mas
    Mohon bantuannya

    • Tampaknya ada kebocoran pada instalasi pipa hisapnya. Coba diperiksa seluruh sambungan hingga pada bagian tusen klep.

  183. Salam hangat mas,

    Saya melakukan 2 percobaan pada pompa sumur dangkal sbb:

    1.Pipa hisap 1/2″ tanpa pasang tusen klep, hasil nya air mau keluar dan dicoba selama seminggu tanpa memancing.

    2.Pipa hisap 3/4″ tanpa tusen klep hasil nya keluar air dengan deras hanya b’brpa detik mati dan b’brp detik keluar lg air nya ttp deras dan begitu setrusnya.

    Nb: pada percobaan pertama, pipa hisap tanpa tusen klep trnyata air mau keluar dan tanpa memancing,

    Yg saya heran pada percobaan yg kedua mas di pipa 3/4″…? Kenapa air yg keluar putus2 ya? padahal air yg keluar sangat deras.

    • Secara teknis instalasi pompa sebaiknya tetap terpasang tusen klep pada bagian ujung pipa hisap hal ini bertujuan agar daya vakum pompa tidak bekerja terlalu berat saat awal mesin dihidupkan karena pipa hisa sudah terisi air.

      Untuk pipa ukuran kecil jelas daya vakum pompa masih mumpuni namun debit yang dihasilkan juga akan minim, sedangkan untuk diameter besar tentu membutuhkan daya vakum pompa yang besar pula agar mampu menghisap dengan stabil.

  184. salam hangat mas,

    saya mau tanya pompa air saya merk simizu sudah lama gk terpakai. tadi saya coba pakai tapi ko gk kuat nyedot gitu mas, keluarnya cmn netes saja. padahal kumparan dinamony jg normal,suarany jg halus. mohon petunjukny mas

    • Banyak sekali faktor yang menyebabkan mesin pompa air tidak mampu menghisap, dalam artikel ini telah banyak kami jawab pertanyaan yang sama dengan persoalan yang anda hadapi. Silakan dibaca kembali semua komentar beserta jawabannya dengan teliti akan ada banyak sekali analisa sumber masalah dan penyelesaiannya.

  185. ass. mohon bantuan mas,,, saya baru pasang baru mesin air. setelah dipancing akhirx air keluar,,, lumayan habis 2 ember air,,, setelah itu air keluar tapi kecil dan meter angin tidak jalan,,, setelah kran air z tutup, meter angin baru bergerak ke level 30,,, tapi setelah kran dibuka lagi, pada posisi setengah, air deras tapi cuma bertahan skitar 1 menit dan meter angin kembali pada titik nol dan air kembali mengecil,,, makasih sbelumx atas solusix

    • Ada 2 kemungkinan, pertama spesifikasi pompa yang anda gunakan tidak sesuai dengan kebutuhan. Apa jenis pompa merek serta typenya? Yang kedua adalah sumber air tidak mencukupi untuk dihisap dalam durasi yang lama sehingga ketika kran dibuka penuh maka stok sumber air limit

  186. Assalamualaikum, minta bantu mas
    Kenapa pompa air sy daya dorongnya jd lemah waktu pipa keluarannya sy sambung 4 meter ke toren, airnya jd kecil., suaranya jg berisik. Tp kl dilepas airnya gede lg dan suara berisiknya hilang. Awalnya tidak begitu

    • waalaikum salam, menandakan bahwa daya dorong pompa sudah melemah. Bisa disebabkan oleh 2 faktor yaitu terjadi penurunan tegangan listrik sehingga RPM tidak optimal dan kemungkinan lain bermasalah pada impeler pompa ada material yang terselip atau sudah cacat.

  187. Om kenapa ya setiap saat matikan pompa air, pasti dibagian pipa hisap selalu bunyi (terr..tertt) bunyi sambil bergetar gitu kenapa ya om??

    Pompa sumur dangkal om.tx

    • Apabila hisapan pompa sangat kuat, biasanya suara tersebut sebenarnya timbul berasal dari katup foot valve yang menutup dan mengakibatkan getaran hingga seluruh pipa hisap.

  188. Slm hormat pak,

    Kalau sumur bor 12M setelah bertahun2x pemakaian menyedot air, apakah nanti bisa semakin bertambah kedalaman,nya?

    Atau bisa juga akan melebar/membesar pada bagian paling dasar dari sumur bor? Mksh pak

    • Untuk kedalaman tidak akan bertambah, justru kalau jarang digunakan akan terdapat banyak endapan didasar sumur. Kemudian persoalan diameter lubang juga tidak akan mengalami perubahan apabila struktur tanah keras. Untuk itu disarankan supaya memasang pipa casing hingga kedasar lubang sumur bor.

  189. om,

    Saya sudah coba kocok2 pipa hisap namun air tidak mau muncrat om? Saya tambahkan air juga ke pipa hisap tapi tidak mau penuh2 om..

    Kesalahan dimana ya om, apa mungkin tusen klep nya bocor atau sudah rusak??

    Tetapi Slama ini sya tdak pernah memancing pompa, hanya suara itu aja om yg tiap x pompa dimatikan pasti selalu bikin getar pipa hisapnyaa..tx om

    • Apabila kondisinya demikian maka bisa dipastikan foot valve atau tusen klep bocor dan pipa hisap harus diangkat total untuk mengganti tusen.

  190. terimakasih tips yang sudah di berikan,setelah saya ikuti tips yang di atas y6ang tadinya pompa air saya tidak bisa mengelurkan air sekerang pompa air saya bisa mengeluarkan air seperti biasanya dan dapan di gunakan lagi.

  191. Siang om,1. jet pump saya merk LG yg pakai tabung bawah, akhir2 ini kalau mesin hidup aga lama untuk isi torent, meter listrik suka turun, itu kenapa ya om? Yg kedua kualitas air tanah sy sngat buruk, ditinggal 2 malam air menjadi keruh dan ada kutu airnya, apakaj harus ngebor lubang baru lagi,? Trimakasih om

    • Ada kemungkinan lubang sumur sudah tercemar sehingga banyak meterial mengganggu pipa hisap, disarankan untuk memeriksa kondisi lubang sumur bor dengan cara menguras total menggunakan peralatan tukan sumur bor.

    • Silakan dibaca komentar2 pengunjung sebelumnya, sudah berkali kali saya menjawab pertanyaan yang serupa dengan permasalahan yang sama

    • Jika pompa sudah cukup berusia, biasanya memang kinerjanya akan menurun meskipun secara fisik tidak menunjukkan kerusakan. Komponen utama yang dapat mempengaruhi kekuatan daya hisap ialah bagian impeler. Bisa di coba dengan mengganti impeler baru.

  192. selamat pagi mas….! kemarin khan kita uda pasang mesin pompa air dengan kedalaman pipa penyedot kurang lebih 40 m, kenapa mas ketika mesin jalan tidak ada air apa perlu dipancing atau gimana. ? padahal mesinnya agak besar 220 V daya tarik itu 60 m

    • Persoalan mesin pompa tidak bisa menghasilkan debit air sangatlah kompleks, dalam artikel ini sudah kami jawab tentang bagaimana cara cara menganalisanya yang sebenarnya selalu sama metodenya.

      Slakan dibaca komentar2 pengunjung lainnya, banyak sekali permasalahan serupa dan dengan pertanyaan yang sama.

  193. pagi mas. pompa air saya tdak bisa nyedot air, stelah sya cek pipa hisap masih bagus, dn saya cek pompanya sedotanya sangat lemah, dan seal sbelah impeler rembes, apa mngkin penyebabnya karna seal tsbt

  194. Saya mau tanya, mesin pompa air tadinya normal bisa nyedot. Cuman bising di bagian bering. Trs di bongkar buat hilangin bisingnya. Alhamdulillah sudh tdk bising. Cuman setelah di rakit kembali malah gx bisa nyedok padahal mesin hidup. Saya perhatikan lobang keluar masuk malah berbeda. Yg seharusnya nyedok dari sumur, ini malah istilahnya angin yg keluar dari lobang masuk. Intinya putaran malah balik. Itu bagaimana mengatasinya?

    • Putaran terbalik bisa di picu dari pemasangan kabel pada rangkaian kapasitor menuju spul. di coba tukar tukar posisi untuk mencari sambungan yang tepat.

  195. Pak, saya pakai pompa untuk dari tangki air ke seluruh keran di rumah. Pompanya selalu menyala setiap keran dibuka, dan air mengalir. Masalahnha adalah setiap kali selesai menggunakan air (keran ditutup), ada suara/bunyi seperti siulan. Apa penyebabnya ya? Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih, Pak.

  196. Kak, saya ingin bertanya, 2 hari ini pompa air dirumah saya setiap dicolok nyala tapi suaranya lebih kecil dari biasanya dan airnya tidak naik, terus token bunyi bunyi terus, padahal isi token masih banyak.
    Sebelum terjadi hal ini pompa air masih bisa nyala sekitar 20 menitan sampai akhirnya air tidak naik dan token tiba tiba bunyi dengan kondisi isi token masih banyak. Saya jadi bingung cara mengatasinya. Terimakasih sebelumnya

  197. mf pak mo tanya,mesin pompa sya bunyi normal,tp knp ga keluar air ya,sy coba tes di bak air keluar deras,pas sy pasang ke sumur ga keluar lgi airnya,knp itu ya pak,pompa sy shimizu PS.116bit pke pipa hisap dan pipa dorong ukuran 1/2inch,mohon infonya trima kasih

  198. Mohon pencerahannya bang.
    Kedalaman sumur bor saya hanya 2 1/2 pipa atau kurang lebih 10 meter.
    Saya sudah ganti mesin baru, pipa baru, tusen klep baru. Tapi air belum bisa naik ke atas.
    Apa kendalanya bang.
    Mohon bantuan nya bang.
    Terimakasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini