Spesifikasi dan Penggunaan Pompa Submersible atau ESP (Electric Submersible Pump)

Pompa-Submersible-TerbaikPompa submersible adalah jenis pompa air yang dirancang khusus karena diletakkan didalam cairan dan mendorong cairan melalui pipa salurannya untuk menuju ke permukaan. Penggunaan pompa ini lebih sering pada sebuah proyek besar seperti industri maupun bangunan bangunan besar dan tinggi yang memerlukan pasokan debit air berskala besar.

Prinsip kerja pompa submersible ialah dengan impeller yang diputar dengan kecepatan rotasi yang sangat tinggi sehingga mengalami gaya sentrifugal. Karena pada dasarnya pompa ini juga merupakan pompa sentrifugal multistage yang dioperasikan secara vertical.

Pompa submersible tidak memiliki spesifikasi daya hisap selayaknya model pompa air permukaan, ia hanya memiliki kapasitas total head (meter) dan power yang di ukur dengan satuan (pk) serta kapasitas debit air yang menggunakan satuan liter per detik (l/sec).

Advertisement

Pompa submersible terbaik dan paling populer

Memasang-pompa-submersibleDari berbagai model dan merek pompa submersible yang ada sekarang  ini semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing mulai dari harga, daya tahan serta fungsinya.

Namun sebagai pelopor dan produk yang sudah teruji akan kualitasnya khusus untuk type submersible adalah merek Grundfos dan Franklin yang paling banyak dipakai untuk pompa air sumur dalam.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang cara pengoperasian pompa Submersible adalah sebagai berikut :

  • Suhu air yang dipompakan tidak boleh lebih dari 40 º C.
  • Arah rotasi pompa harus benar sebab jika tidak, akan berakibat kapasitas pompa akan berkurang dan motor akan kelebihan beban.
  • Penggunaan handle pengangkat untuk mengangkat pompa. Jangan mengangkat pompa ini dengan mempergunakan selang atau kabel power yang terpasang.
  • Jika pemasangan seperti pada kode “S” hindari dari tanah yang lunak dan usahakan diberi ganjal atau digantungkan sedikit diatas dasar.
  • Apabila pompa telah bekerja pada air yang sudah terkontaminasi biarkan pompa bekerja untuk priode yang singkat di air bersih atau siram dengan air yang bersih diseluruh sambungan tempat pembuangan. Sebab apabila tertinggal di pompa berupa tanah liat, semen dan lainnya yang sejenis jika sudah kering akan berakibat pompa tidak dapat bekerja.
  • Apabila pompa akan tetap dipakai untuk suatu jangka waktu tertentu maka perlu disimpan pada gudang yang kering. Baca juga tentang Pompa air terbaik untuk sumur dangkal.

Penempatan pompa disesuaikan dengan fungsi dan jenis pompa itu sendiri. Misalnya pompa untuk air bersih digunakan untuk instalasi air bersih dan apabila lumpur dipergunakan pompa lumpur, dan lain-lain. Instalasi pipa disesuaikan dengan head pompa dan diusahakan level ujung pipa buangan lebih tinggi dari level pompa dan usahakan dengan pemasangan yang lurus.<pompair.com>

66 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.