test

Spesifikasi dan Penggunaan Pompa Submersible atau ESP (Electric Submersible Pump)

Pompa submersible adalah jenis pompa air yang dirancang khusus karena diletakkan didalam cairan dan mendorong cairan melalui pipa salurannya untuk menuju ke permukaan. Penggunaan pompa ini lebih sering pada sebuah proyek besar seperti industri maupun bangunan bangunan besar dan tinggi yang memerlukan pasokan debit air berskala besar.

Prinsip kerja pompa submersible ialah dengan impeller yang diputar dengan kecepatan rotasi yang sangat tinggi sehingga mengalami gaya sentrifugal. Karena pada dasarnya pompa ini juga merupakan pompa sentrifugal multistage yang dioperasikan secara vertical.

Pompa submersible tidak memiliki spesifikasi daya hisap selayaknya model pompa air permukaan, ia hanya memiliki kapasitas total head (meter) dan power yang di ukur dengan satuan (pk) serta kapasitas debit air yang menggunakan satuan liter per detik (l/sec).

Pompa submersible terbaik dan paling populer

Memasang-pompa-submersibleDari berbagai model dan merek pompa submersible yang ada sekarang  ini semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing mulai dari harga, daya tahan serta fungsinya.

Namun sebagai pelopor dan produk yang sudah teruji akan kualitasnya khusus untuk type submersible adalah merek Grundfos dan Franklin yang paling banyak dipakai untuk pompa air sumur dalam.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang cara pengoperasian pompa Submersible adalah sebagai berikut :

  • Suhu air yang dipompakan tidak boleh lebih dari 40 º C.
  • Arah rotasi pompa harus benar sebab jika tidak, akan berakibat kapasitas pompa akan berkurang dan motor akan kelebihan beban.
  • Penggunaan handle pengangkat untuk mengangkat pompa. Jangan mengangkat pompa ini dengan mempergunakan selang atau kabel power yang terpasang.
  • Jika pemasangan seperti pada kode “S” hindari dari tanah yang lunak dan usahakan diberi ganjal atau digantungkan sedikit diatas dasar.
  • Apabila pompa telah bekerja pada air yang sudah terkontaminasi biarkan pompa bekerja untuk priode yang singkat di air bersih atau siram dengan air yang bersih diseluruh sambungan tempat pembuangan. Sebab apabila tertinggal di pompa berupa tanah liat, semen dan lainnya yang sejenis jika sudah kering akan berakibat pompa tidak dapat bekerja.
  • Apabila pompa akan tetap dipakai untuk suatu jangka waktu tertentu maka perlu disimpan pada gudang yang kering. Baca juga tentang Pompa air terbaik untuk sumur dangkal.

Penempatan pompa disesuaikan dengan fungsi dan jenis pompa itu sendiri. Misalnya pompa untuk air bersih digunakan untuk instalasi air bersih dan apabila lumpur dipergunakan pompa lumpur, dan lain-lain. Instalasi pipa disesuaikan dengan head pompa dan diusahakan level ujung pipa buangan lebih tinggi dari level pompa dan usahakan dengan pemasangan yang lurus.<pompair.com>

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

87 KOMENTAR

  1. Pipa casing sumur bor saya 11 btg atau 44 meter dan saya pake jet pum AP1000 tp lama penuhnya, yg bgsnya saya pake yg mana agar cepat penuh dan irit listrik, listeik 1300

    • Dengan kedalaman sumur 44 meter, pompa air yang anda pilih sudah tepat jika memang ingin pompa air yang hemat listrik. Akan tetapi sudah menjadi resiko jika debit air yang dihasilkan kurang optimal karena kemampuan Jetpump AP1000 adalah 40 meter.

    • Kalau daya litrik di rumah cuma 900 VA, apakah bisa dipasang pompa submersible, terima kasih bung Admin.

  2. untung rugi pompa air submersible dan jet pump?
    saya punya sumur biasa kedalaman <10 meter, tinggi air dr permukaan 3m. kondisi air banyak Fe(zat besi) wilayah kalimantan selatan.

    • Andijas, memilih submersible atau jetpump hendaknya menyesuaikan dengan kebutuhan debit debit air yang diperlukan. Keduanya memiliki kelebihan masing2 serta kekurangan masing2 sesuai dengan spesifikasi sumur yang ada di lokasi. untuk sumur anda kurang dari 10 meter bisa menggunakan type pompa air sumur dangkal yang mana bisa di dapat dengan budget yang lebih ekonomis dan lebih efisien.

  3. Saya ingin buat sumur bor Rumah saya dgn kedalaman mencapai 60mtr( melihat sumur tetangga sekitar itu) . kata tukangnya mereka hanya punya pipa pengeburan diameter 4 inchi. Artinya diameter pipa yg akan dipakai untuk pengeburan sampai kedalaman 60 meter hanya yang 4 inchi. Tanpa Ada pipa yang lebih kecil di dalam tanah.

    Apakah untung ruginya bila hanya pakai pipa besar seperti itu?

    Pipa di at as akan disesuaikan dengan kebutuhan.Type Dan merk APA yang bagus saya beli untuk pompanya ya,mas

    Mohon pencerahannya.

    Terima kasih sebelumnya Dan salam kenal

    • Pertanyaan yang cukup detail seperti ini tentunya akan lebih mudah bagi kami untuk memberikan analisa. Lubang sumur bor memang lebih baik jika minimal adalah 4 inch dalam kondisi sudah terpasang pipa casing. Hal ini memberikan keuntungan dalam pemilihan jenis pompa yang mana kebanyakan dari jenis pompa sumur dalam adalah memerlukan lubang ukuran 3 inch.

      Pipa casing sebaiknya menggunakan pipa PVC type “AW”. untuk mesin pompa submersible ada dua merek yang selama ini kami sudah mengetahui kualitasnya yaitu grundfos atau franklin.

  4. Terima kasih atas masukannya ma’s, kalau boleh minta saran bila untuk sekitar 10 orang anggota keluarga DLM Rumah saya, Kira Kira type mana Dari merk grunfos atau franklin yg cocok untuk sumur bor type submersible dengan kedlmn sekitar 60 mtr.?

    • Untuk memenuhi keperluan kapasitas air sebaiknya tidak mengandalkan dari suplay pompanya langsung melainkan harus ditampung dulu di water toren kemudian disalurkan menuju pipa isntalasi. Untuk kebutuhan 10 orang dengan aktifitas biasa cukup memerlukan water toren kapasitas 2 meter kubik.

    • Maksudnya pipa hisap atau pipa casing? Untuk pipa hisap sesuaikan dengan spesifikasi daya hisap maksimum mesin pompa. Sedangkan untuk pipa casing harus sapai kedasar lubang.

  5. mau tanya pak…sy ingin membuat sumur bor kedalaman 95 meter, dengan water toren 2 m3…kira2 spesifikasix (ukuran lubang,merk pompa,dll)yg bgs gmna?

    • Minimal harus menggunakan pompa submersible 0,75pk. Buat sumur bor dengan diameter lubang minimal 4 inch.

  6. Pak, mohon pencerahan, dirumah saya punya sumur bor kedalaman 33meter, apakah jenis submersible atau model jetpump, kira2 spesifikasi pompa yg terbaik seperti apa?
    Mohon advis pak?

    • Masih bisa menggunakan jetpump. Contoh produk:
      PC-375 BIT
      Fitur Utama :
      Voltage/Hz : 220/50
      Daya Output Motor : 375 W
      Daya Input Motor : 0.65 kW
      Panjang pipa hisap : 40 m
      Daya dorong max. : 60 m
      Head (m) : 32, Kapasitas : 25 l/min
      Head (m) : 44, Kapasitas : 10 l/min
      Pipa hisap 1 1/4 inch
      Pipa tekan : 1 inch
      Pipa dorong : 1 inch

  7. remcananya kami akan membuat sumur bor dalam,untuk warga sekitar 55 kk,mohon pencerahannya,berapa kedalaman,ukuran cassing,submercibel,ukuran water toren?terimakasih atas pencerahannya

    • Untuk kedalaman sumur sangat relatif tergantung dari lokasi titik pengeboran. Jenis pompa pastinya harus menggunakan submersible 3 phase daya sekitar 5HP atau 3500 watt untuk menghasilkan debit air lebih dari 300l/menit.

      Ukuran diameter lubang minimal adalah 6 inch sudah terpasang pipa casing, Ukuran tandon air disesuaikan saja dengan kebutuhan maksimal karena perhitungannya tidak bisa pasti berbanding dengan pengunaan air yang selalu dinamis.

    • Tanya bos?
      Dalam sumur 85 mtr casing 13 btg. Mesin sibel 35 mtr pipa out 2” . Sibel start air deras voltage 206 selang 2mnt air tak deras tp tak ada putus.volttase jd207 . kalo pake genset 5000watt kalo gas ditarik air sangat deras tak putus, apa itu sibel ada masalah ya?

  8. mohon pendapatnya mas, saya mau mengambil air dari sumber di alirkan ke desa dengan jarak +/- 8 kilometer dan beda tinggi (sumber berada di bawah +0.00) elevasi di desa + 28.00 meter, sebaiknya pakai pompa jenis apa mas … ? dengan kapasitas pompa ..?
    terima kasih

    • Ini sudah memerlukan spesifikasi proyek pegairan tingkat tinggi dengan jarak 8 KM dan elevasi +28 meter.

      Jenis pompa yang mampu mendukung untuk jaringan pemipaan seperti ini adalah pompa submersible dengan daya yang besar minimal adalah 7,5HP menggunakan sumber daya listrik 3 Phase yang harus terpasang sejauh 8 KM.

  9. ya, terima kasih atas asistensinya mas untuk itu saya bisa minta brosur jenis pompa submersible kapasitas 7.5 hp (harganya) dan dilokasi belum ada jaringan listrik, kalao menggunakan listrik tenaga matahari (solar cell) yang mengahsilkan listrik 3 phase perlu daya berapa kw dan harganya ..
    atau dengan membagi penggunaan pompa sebanyak 2 unit kita pasang pada sumber 1 unit pompa kemudian kita alirkan ke bak penampungan yang kita tempatkan pada kilometer 4 berikut 1 unit pompa lagi dari bak kilometer ke bak kilomter 8, berarti jarak 4 km tinggi 14 meteran..

    terima kasih

    • Mohon maaf kami tidak memiliki katalog mengenai produk mesin pompa submersible. Untuk detail produk bisa di lihat pada situs resmi Grundfos, Franklin, atau Shimizu.

      Untuk keperluan daya listrik minimal adalah 5000wat jika harus memakai solar panel tentu biaya sangat luar biasa besar. Perihal harga, saat ini sistem solar panel (sudah berikut seluruh perangkatnya) adalah berkisar US$ 9 -10 per wattnya.

  10. Permisi aku mw tanya dalem sumur cuma 24 m, tapi casingnya 3″ itu bisa pake mesin sibel gak mas, dan klo bisa harus pake mesin apa dan ukuranya berapa??

    • Sudah ada jenis submersible yang berdiameter 2 inch. Contoh: Pompa Submersible Sumur Dalam 2 Inch 0.5 HP 2QGD1-50-0.37 merk Isano

  11. Saya punya sumur submersible kedalaman 50 meter, sumur baru berumur 1,5tahun, beberapa hari yang lalu sumur ga mau nyala ternyata pelampung rusak. Setelah diganti pelampung pada toren pompa nyala lagi. tapi 2hr kemudian listrik turun/ konslet bila pompa dicolokkan kelistrik. menurut bp konslet ini terjadi didaerah mana yang paling mungkin. tks jawabannya.

    • Sepintas analisa saya adalah, kabel yang menuju ke pelampung tandon (toren) adalah yang phase (+). jadi jika sampai ada kesalahan induksi atau ada bagian yang menempel pada air ini dapat memicu hubungan singkat (konslet).

      Untuk jenis pelampung radar toren, akan lebih aman yang diputus adalah jalur kabel netral (-).

  12. admin saya mau tanya..saya mau ngebor kdalaman 60mter.kira2 pkai pompa ap..beserta spesifikasinya.dan kira2 pakai pipa ukuran berpa …terimakasih

    • Kedalaman lebih dari 50 meter sebaiknya menggunakan pompa jenis submersible. Dimeter pengeboran minimal adalah 4 inch sudah termasuk pipa casing. Spesifikasi pompa sesuaikan dengan kebutuhan air berapa liter dan smber daya listrik yang terseida berapa watt?

  13. Kami warga yg ingin air bersih utk 100 rmh, sdh pakai pompa surmesible 1.5 hp output 1.5 dim kami overlub 2 dim utk ketinggian 30m. Debit 60l/mnt jd pompa hrs nyala hampir 24 jam. Utk meningkatkan debit hrs bgmn? Apakah slh pemasangan atau menambah pompa air? Dan apakah pompa air modifikasi ada yg bisa dlm kasus kami krn ini swadaya agar biaya listrik dpt ditekan. Terimakasih byk semoga kami dpt dibantu..

    • Untuk meningkatkan kapasitas debit air tentunya akan berdampak pada kebutuhan daya listrik yang besar pula. Menganalisa spek pompa yang anda gunakan tampaknya sudah cukup sesuai antara power pompa dengan debit yang dihasilkan.

      Untuk jenis pompa submesible tidak akan bermasalah meskipun menyala dalam 24 jam nonstop.

  14. Untuk pemboran air dengan menggunakan mesin bor untuk pemasangan pompa sumersible rencana kedalaman 40 m. Tapi baru di 20m air sudah melimpah keluar dengan sendirinya. Menurut tukang bor kalau air sudah meluap keluar dengan sendirinya maka sudah tidak bisa dilanjutkan pengeboran untuk menambah kedalaman. Apakah pernyataan ini benar ??? Karena menurut tukang bor, mesin bor perlu lumpur untuk dapst ngebor. Mohon kongirmasinya

    • Mesin bor memerlukan lumpur untuk mengikat material yang ditembus seperti bebatuan, cadas atau koral, jika sudah menembus akuifer atau sumber air bawah tanah yang memiliki tekanan besar hingga mampu mendorong air ke permukaan, maka pengeboran bisa dihentikan.

      Jika dilanjutkan kadang sangat beresiko justru bisa menghilangkan tekanan akuifer dan sumber air lenyap terhisap rongga bawah tanah.

  15. Mas, Butuh info nih, saya pingin pasang pompa sumersible merk franklin untuk kedalaman 80 m (3 phase) ketersediaan listrik 13.200 Watt.
    1. untuk spek Franklin sj/sp 60 berapakah daya-nya 5,5 atau 7,5 PK….?
    2. Berapakah daya listrik yang dibutuhkan?
    3. Berapa output debit airnya?
    4. Berapa kisaran harga yang komplit (Pompa komplit panel)…?

    Terima kasih Mas

    • Untuk menghitung kebutuhan daya terhadap power mesin, gunakan saja perbandingan bahwa 1 pk = sekitar 700 watt.

      Franklin SJ 60 memiliki debit 60 kubik per jam. Untuk harga kami tidak memiliki data yang valid untuk produk franklin.

  16. Bismillah,
    Mas admin,
    Saya ingin memasang sumur bor di rumah dan menurut tetangga di perumahan kami rata rata butuh kedalaman sekitar 30 an meter (>30m). Rumah saya, 2 lantai dengan 3 KM berada di lantai 2 dan 2 KM di lantai 1. Toren terletak di dak beton atap lantai 2. Jarak horisontal dr perkiraan lokasi sumur dengan Toren sekitar 15 an meter. Jarak vertikal sekitar 9 an meter.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Jenis pompa air apa yang terbaik untuk kondisi ini.
    2. Type pompa air dari jenis pompa air no 1 diatas yg proporsional/efisien dengan konsumsi listrik dan debit air yg di hasilkan.
    3. Merk Pompa Air yg di rekomendasikan untuk hal tersebut di atas agar tahan lama dan purna jual yg baik.
    Daya listrik rumah memang 3500 namun ada 4 AC, dispenser dan referigerator.

    Mohon informasi ilmunya dan terima kasih.

    • Baik pak, memahami spesifikasi lokasi anda sebaiknya memilih pompa jetpump. Memiliki daya maksimum sekitar 500 watt. Menurut pengalaman kami dengan menggunakan merek paling umum saja (shimizu, DAB, Grudfos, atau Hitachi) sudah mencukupi dengan catatan kinerja pompa tetap terjaga dan sebaiknya memakai pelampung toren sebagai kontrol otomatisnya agar tidak mengandalkan pressure switch pompa.

      Jika memilih jenis submersible memang akan memberikan debit air yang lebih optimal namun dengan pertimbangan kebutuhan listrik dirumah yang juga besar maka perlu di alokasikan suplai listrik khusus untuk mesin pompa submersible mengingat jenis ini selalu memiliki daya listrik cukup besar.

  17. Pak, sy ada kost2an dengan 28 kamar dengan 12 kamar mandi.. mohon arahan nya untuk type submersible nya?
    Tq..

    • Jika untuk keperluan sebesar itu, pertama harus dipastikan seberapa kapasitas tandon dan spek sumber airnya. Kemudian daya listrik yang di alokasikan untuk kebutuhan mesin pompa.

      Misalkan saja anda menggunakan tandon dengan kapasitas 2000L, kemudian kedalaman sumber air sekitar 50 meter maka bisa memakai pompa submersible dengan daya 0.5 PK untuk debit 45 liter/ menit.

    • Tergantung dengan merek, daya dan diameter outputnya pak. Contoh untuk grundfos type SP9-11 daya 2,2 PK, diameter 2 inch, kedalaman max 70 meter, debit 180 liter/ menit seharga kurang lebih Rp 13 juta

  18. 1. Type : FPS SR 30 – 6
    Debit : 10 L/det
    Head : 50 Meter
    Motor Pompa : 7.5 Kw/110 HP/380 V
    Frek. : 50 – 60 Hz
    Phase : 3 Phase
    Connection : Star Delta
    Jenis Impeler : Close Impeler

    2. Type : FPS SR 65 – 9
    Debit : 20 L/det
    Head : 50 Meter
    Motor Pompa : 15 Kw/20 HP/380 V
    Frek. : 50 – 60 Hz
    Phase : 3 Phase
    Connection : Star Delta
    Jenis Impeler : Close Impeler
    gan mau nanya untuk kedua tipe diatas harganya masing masing berapa ya gan, mohon infonya urgen!!

    • Untuk memiliki unit pompa dengan debit hingga 700 liter/menit sudah memerlukan daya atau power pompa sebesar minimal 5Kw.

  19. Gan, saya baru beli pompa submersible merk DAB CS4C 13M, apakah bisa dipasang di sumur dg chassing 4″ dg kedalaman 50m.?

    • Menurut sumber yang kami dapat, produk tersebut memiliki outlet berdiameter 2 inch untuk yang berdaya 1 PK. Dan cukup aman jika dipasang pada sumur dengan diameter lubang 4 inch.

  20. Maaf mas mohon info, saya mempunyai submersible pump merk lakoni yg dipakai utk sumur artetis dg kedalaman sekitar 40m, tiba tiba saja tidak bisa digunakan dengan kondisi seakan akan korslet, tiap kali dinyalakan mcb selalu turun seperti ada kabel yang short. Kira kira apa ya penyebabnya, terima kasih

    • Kalau seperti ini langkah pertama harus dipastikan dulu seluruh rangkaian kabelnya tidak bermasalah baru keputusan paling akhir adalah melakukan pengangkatan unit pompa.

    • Bisa pak, hanya saja akan sangat beresiko jika membuat lubang sumur bor kurang dari 4 inch. Karena dengan membuat lubang minimal 4 inch maka akan banyak sekali opsi atau pilihan jenis pompa yang bisa digunakan.

  21. pemasangan pompa submersible ini kalo di dalam sumur poisi peletakan nya gmn ??
    karena biasannya pengeboran untuk sumur bor sering di lebihkan kedalaman pengoboran nya dari pipa casing yang di pasang.,,
    jadi peletakan submersible sendiri apa harus di dalam pipa casing atau di bawah melwati pipa casing ?? karena kalo pompa air biasa,, peletakan pipanya sering dalam bgt melwati pipa casing,,

    • Disesuaikan saja dengan level air yang aman. Apabila dipasang dalam area pipa casing tentunya harus dipastikan bahwa kedalaman air mencukupi untuk di pompa (jangan sampai kehabisan air).

      Apabila dipasang melewati pipa casing maka pastikan bahwa struktur tanah bagus (tanah keras) artinya aman untuk mesin pompa tidak rawan longsor atau terdapat banyak endapan lumpur yang membuat kualitas air menjadi buruk.

  22. Kahatur kang admin,
    Mohon arahan dari kasus berikut, kedalaman permukaan air sekitar 17 meter dari permukaan tanah, kedalaman mesin sekitar 25 meter, mesin yg d gunakan waser 3″, 30 meter, piva sampai ke toren sekitar 30 meter, pemakian piva knee ada 3 buah, piva yg digunakan 3/4 inch,dan hasilnya air yang keluar kecil. Biar keluar airnya kenceng harus bagaimana ?

    Terima kasih

    • Jika ini yang dimaksud adalah pompa submersible wasser 3 inch dengan total head 46 meter maka pipa outlet sebaiknya menggunakan diametr 1,3/4 inch bukan 3/4

  23. Kahatur kang maz
    Info terkini dari kasus saya kemaren, debit air yg keluar tidak stabil, awal mesin hidup debit air besar, sekitar 3 menit kemudian mengecil, dan 3 menit kemudian.besar kembali,.kemudian mengecil kembali, mohon d bantu kang, karena tukang yg pasang belon berani ambil keputusan’

    Trims

    • Nah, kalau kasusnya seperti ini bisa dilakukan pemeriksaan apakah tegangan listrik posisinya stabil jangan sampai drop di bawah 210 volt AC. Kemudian apakah pemasangan pompa terlalu dalam sehingga menyentuh area endapan yang membuat putaran pompa tidak sempurna tetapi biasanya ada tanda tanda air keruh.

      Jika unit pompa sudah dilakukan pemeriksaan di permukaan dan putaran mesin normal, maka sebaiknya seluruh instalasi kelistrikan juga diperiksa sebab ada sambungan kabel yang longgar sedikit saja juga berdampak pada kinerja pompa.

  24. Gan tolong bantu masalh saya…
    Saya petanj bibit lele skrng terkendala dg air yg susah sekali untuk di hisap.. Saya mau nanya pompa air apa yang cocok buat saya? Sumur bor saya kedalaman 30m dan permukaan air sekitar 20m…saya berkali kali ganti pompa selalu di hisap 10- 15 menit air gak kluar dinding bornya 4dim… Tolong bantunnya gan ..makasih

  25. Maaf mas mau tanya. Pompa submersible 3″ itu diameternya apa pas 3″ ? Misal dimasukan ke casing 2,5″ bisa gak ya?

    • Pompa submersible diameter 3 inch jelas tidak akan bisa masuk pda casing 2,5. Minimal pipa casing ialah 4 inch supaya banyak ragam pilihan jenis pompa yang bisa di aplikasikan.

  26. Mau tanya mas, sumur saya kedalaman total 10 meter dengan diameter 4 inchi. Tapi setelah kedalaman 7 meter diameter mengecil jadi 2 inchi. Sebelumnya saya pakai jet pump Shimizu PC 260 bit (sudah 4 thn) dan saya perhatikan untuk mengisi toren 2000 ltr butuh waktu lebih dari 2 jam, kadang sampai 4 jam. Padahal yang di isi cuma setengahnya sekitar 1000 ltr. Seminggu yang lalu saya ganti pompanya dengan Sanyo PDS 255A tapi masih sama saja, butuh waktu sekitar 2 jam an juga. Kira-kira apanya yang salah ya mas? Tinggi permukaan air sekitar 6 meter. Instalasi pipa hisap dan tekan 7 meter di tambah pipa1 inchi sepanjang 2 meter ke bawah (karena penyempitan diameter sumur menjadi 2 inchi). Sebenarnya instalasi yang benar untuk pompa jet pump itu bagaimana? Apakah pipa hisap dan tekan nya harus 9 meter atau instalasi rumah saya juga benar (pipa hisap dan tekan 7 meter di tambah pipa tunggal 2 meter)? Mohon pencerahannya mas…. Oh ya saya cek pakai watt meter untuk pompa shimizu sekitar 450 watt dan Sanyo 650 watt apakah normal? Terimakasih sebelumnya.

    • Permasalahannya ada pada lubang sumur yang menyempit sehingga mata jet (injector) tidak bisa masuk sepenuhnya. Sangat mempengaruhi kinerja pompa yang tidak bisa optimal apabila injector posisinya menggantung di atas permukaan air.

      Jadi masalah kenapa proses mengisi tandon sangat lambat karena pompa tidak dalam kinerja optimal. Upayakan agar mata jet bisa terendam sumber air dan pipa foot valve (dibawah injector) tidak lebih dari 1 meter saja.

  27. Mas, mau tanya – saya punya masalah. Sudah 7 tahun saya pakai Shimizu PC-375 BIT. Panjang pipa hisap 22 meter dan panjang pipa tekan (?) 20 meter. Saat ini musim penghujan (sudah berjalan 3 bulan), tinggi permukaan air sekitar 17 meter dari tanah. Air ditampung di dalam toren kapasitas 500 liter dengan ketinggian 9 meter dari lantai. Diameter lubang 4 inci. Beberapa minggu ini toren terasa lama sekali penuhnya – untuk mengisi toren yang habis dipakai mandi 3 orang saja, toren terisi penuh sampai 1 jam 30 menit. Kesemua pipa baru saja diangkat untuk memeriksa venturi (?) dan klep – hasilnya baik. Pertanyaannya :
    1. Mungkinkah pompanya sudah uzur ?
    2. Haruskah diganti dengan yang 500 watt ?
    3. Kalau diganti dengan submersible, apakah bisa ?
    Terima kasih banyak.

  28. Saya mau menarik air dari kedalaman 140 meter . Ukuran berapa PK pompa submersible yang tepat dan berapa diameter dari pompa tsb karena pipa yg tertanam ukuran 5 inc. Bgmn kalau saya buat ukuran pipa yg tertanam 4 inc , apa bedanya ?

  29. Saya mau tanya kalau menggunakan pompa summersible 0,75 PK, penggalian kedalaman sumur 50 m dengan menggunakan pipa casing 4″ 32 m dan sisanya ke bawah tanah menggunakan 3″ 12 m. Sementara pompa summersible dipasang dengan kedalaman 30an meter, tapi permukaan air belum ada informasi sampai kedalaman berapa dari tukang.

    Yang saya tanyakan apakah penempatan pompa summersible tersebut sudah sesuai atau bisa juga pada pipa casing 3″ ??? Mohon bantuannya ya mas !!!

  30. jika pompa sumbersible 0.5 hp pipa out-nya memakai ukuran 3/4 inch apakah berpengaruh terhadap umur pompa? karena jika sesuai manual book, menuliskan pipa out sebesar 1 inch.

    apakah daya listrik yg dipakai pompa sama saja jika pipa out yang dipakai 3/4 inch dibandingkan dengan 1 inch?

  31. mau bertanyak pak, kalau ketinggian 60 meter lebih jenis pompa submarsibel dan daya brapa yg bisa saya gunakan pak…??
    Trimah kasih.

  32. Maaf mau tanya pak…..kondisi lapangan kita dengan kapasitas sumber 1.5 L/dtk elevasi 15 meter dengan jarak sumber ke titik layanan 300 meter,,,mohon arahan kira2 spek pompa yang pas seperti apa ya pak
    Terima kasih pak

  33. Ijin bertanya
    Saya punya sumur bor kedalaman 50 meter, pompanya 1/2 pk.
    kalau penyimpanan pompa submer siblenya di kedalaman 44 meter, apakah airnya akan terdorong naik ke permukaan dengan maksimal atau tidak?
    Trimakasih

  34. Saya ingin tanya saya mau memindahkan kamar mandi saya, mulai dari pembuangan kloset dan yg lainnya, terlebih lagi pompa air di rumah saya cuman pompa air biasa dan airnya keluarnya kecil dan keluar pasirnya juga, rencananya saya mau pake mesin submersible, agar tidak keluar pasir dan kuning apakah saya harus mengganti tempat pengeboran air atau ditempat pengeboran sebelumnya saja? Dan utk mesin submersible yg cocok yg cepat keluarnya agar listrik tidak dipake terlalu lama harus yg berapa pk?

  35. Mohon maaf saya mau tanya, saya mau bor kedalaman 60 meter. diameter yang baik berapa ya. apakah 3 inch atau 4 inch. lalu pompa submersible yang sesuai ukuran berapa, apakah 0,5 HP cukup atau harus 1 HP ? karena dari permukaan tanah, masih harus naik ke lantai 3 (maaf utk rumah 2 lantai). lalu jika jarang digunakan, apakah tidak ada masalah dengan pompanya. terima kasih informasinya

  36. Admin, di lokasi saya sedang membuat sumur bor… Menurut hasil geolistrik Aquifer berada di kedalaman 52-90 meter. Jadi kami disarankan untuk pengeboran di 80 meter. Di kedalaman 38 meter dapat air tapi hanya sekitar 1-2 menit mati. Kemudian di kedalaman 48 meter dites lagi air mengalir sekitar 4-5 menit kemudian mengecil (tapi tidak habis) sekitar 1 menit dan membesar lagi dan debit ya 0,3 per detik. Pengeboran sebenarnya sudah sampai 65 meter tetapi casing hanya bisa masuk sampai 53 meter. Menurut Admin sebaiknya bagaimana? Air ini kami peruntukkan untuk sekitar 100 KK. Terima kasih.

  37. Mas ijin bertanya , ijinkan saya membuat contoh soal dan tidak tahu jawabannya, barangkali anggota grup ini bisa membantu memberikan jawaban yang tepat,

    Contoh soal, pamsimas dengan pengguna 250kk dengan mesin submersibel 1.5pk karena debit air kecil tidak mampu di berikan mesin berkapasitas besar, maka berapa sumur yang di butuhkan dengan mesin submersibel pump dengan ukuran 1.5pk, dan beberapa meter kubik air yang di butuhkan pelanggan perhari, dan per bulan. Dengan permukaan air bawah tanah 40- 50 meter karena musim kemarau, tandon air berkapasitas 5 meter kubik,.

    Dan berapa meter listrik yang di butuhkan perhari dan per bulan,

    Mungkin anggota aktif pamsimas bisa membantu memberikan rumus dan jawaban nya

  38. Ijin minta solusi utk proyek yg akn kmi buat.
    Kami berencana membuat tebing dengan elepasi ketinggian puncak -+20 m dng jarak tanjakan /panjang pipa dorong -+60 meter,yg tujuannya menaikkan air utk membuat air terjun buatan yg aliran jatuhnya kekolam renang deng sirkulasi berputar.
    Yg saya tanyakan. Spesifikasi mesin yg harus saya gunakan utk mendorong air ke bak ats .
    Rencana pipa outlite ke ats memakai 4 inch.
    No wa saya.081362393739

  39. Sy mau, sy pake sible 0,5 hp kaito hiro 0,37 kw. Pompa hidup kurang lebih 7 menit mcb di kwh trip. Apa masalahnya

  40. Utk sumur bor dg kedalaman 120 m dan permukaan 80 m,berapakah ukuran submersible yang ideal dipergunakan sekaligus spesifikainya ?

  41. Saya sedang melaksnakan pekerjaan sumur bor dalam. Sebenanrnya apa perbedaan sumursible 0,5 Hp, 1 Hp, 1,2 HP, 1,5 Hp. misalkan dikedalaman 32 m di pumping test dengan sumersible 0,5 Hp hasilnya 1,1 l/ dtk . Sementara yg diharapkan 1,8 l/ dtk. Jikaa saya ganti dengan sumirsible 1,5 Hp, apakah aman? Kemudian dilapangan sudah terseediah meteran listrik 3500 Watt.

  42. Nanya om, saya punya lahan tadah hujan. Rencana saya pasang pompa sibel dikedalaman 60mrter. Kira2 berapa saya harus bor kedalaman ideal? Berapa pcs/meter casing luar? Berapa hp power pompa? Terima kasih

  43. Ka mau tanya subnersibe saya mati terus , sensitifnya malah udah di jumper ,terus pinjam box control punya tetangga masih nyala mati nyala mati ka , kenapa ya ka ..

  44. Selamat pagi menuju siang pak, saya baru pasang pompa satelit kedalaman 27.5 meter, caching 3 inch, pompa simizu yang 0.5 hp .. output pipa 3/4 inch, pertanyaan saya: apakah memang benar kalau output itu saya alirkan ke rumah yang pipanya 1/2 inch pompa akan cepat rusak? terimakasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini