Menentukan dan memasang pipa cassing sumur bor dengan benar

Untuk sebuah pekerjaan sumur bor, memasang pipa cassing sangat mutlak di perlukan dengan berbagai alasan yang bertujuan untuk hasil kerja yang baik dan tepat sesuai prosedur teknis meliputi keamanan lubang sumur itu sendiri dan keselamatan piranti yang mendukung mesin pompa air untuk jangka panjang.

Memilih material pipa cassing pada umumnya hanya ada dua pilihan yaitu menggunakan pipa besi dan pipa pvc yang di antara keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

Cassing Pipa Besi

Pemilihan pipa besi sangat cocok untuk sumur bor dengan kedalaman lebih dari 100 meter. Selain bahan yang kuat untuk menahan tekanan tanah yang besar, memasang pipa cassing besi lebih mudah tanpa khawatir resiko akan robek ketika bergesekan dengan material bawah tanah yang bisa saja terdapat bebatuan ataupun material keras lainnya.

Dengan harga yang lebih mahal, penggunaan pipa besi sebagai cassing sumur bor tidak serta merta terbebas dari kelemahan lainnya yaitu, dalam jangka waktu tertentu akan mengalami pengeroposan karena korosi.

Dampak dari hal ini bukan saja akan mempengaruhi kualitas air yang biasanya akan sangat memburuk setelah ada reaksi korosi di bawah, selain itu juga akan mempengaruhi daya tahan mesin pompa air itu sendiri.

Pipa-Cassing-Sumur-BorPemasangan Pipa PVC Untuk Cassing Sumur Bor

Menggunakan pipa PVC sebagai cassing sumur bor sudah sangat umum dilakukan oleh kebanyakan jasa kontraktor sumur bor selain karena harga yang lebih murah, biasanya untuk penggunaan rumah tangga atupun keperluan suplai air bersih bangunan industri yang berada pada area sumber air dangkal.

Spek pipa PVC yang paling sering di pakai untuk casing sumur bor dan secara teknis paling layak adalah type “D” dan “AW” pada produk pipa merek apapun. Jika memaksa untuk menggunakan yang lebih tipis seperti type “C”, maka akan sangat beresiko apalagi untuk pemakaian dengan kedalaman di atas 30 meter.

Sedangkan untuk sumur bor dengan kedalaman sekitar 60 meter, penggunaan pipa PVC sebagai casing adalah harus dan wajib memilih type AW karena akan lebih kuat menahan tekanan tanah juga lebih mudah ketika memasangnya.

Resiko terburuk penggunaan pipa PVC adalah jika mengalami robek di bagian bawah sehingga akan memicu tanah longsor di dalam lubang, dan akan berakibat fatal karena menjepit pipa hisap ataupun pompa submersiblenya.

171 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf untuk respon yang lambat karena komentar yang masuk sangat banyak, dan bagi yang tidak mendapatkan reply, kemungkinan komentar masuk ke folder spam karena kepadatan server kami

Advertisement