test

Agar Mesin Pompa Air Hemat Listrik, dan Lebih Efisien Jangka Panjang

Membuat mesin pompa air menjadi lebih hemat listrik dan efisien dalam penggunaanya akan memberikan manfaat yang sangat positif dimana saat ini biaya listrik yang selalu naik ditambah dengan kondisi ekonomi yang kurang stabil khususnya kalangan menengah kebawah.

Dari pemakaian listrik sehari-hari, ada sesuatu yang perlu untuk diketahui bahwa biaya tagihan yang harus di bayar konsumen ternyata tidak semua dapat digunakan secara maksimal, artinya masih banyak pemakaian energy listrik dalam sehari hari yang tidak sesuai dengan keperluan.

Hal ini terjadi karena beberapa alat elektronik yang sudah menjadi perlengkapan rumah tangga terkadang tidak difungsikan secara optimal. Maksudnya adalah masih banyak pemakaian listrik yang sebenarnya sia sia dan konsumen tidak menyadarinya termasuk penggunaan mesin pompa air.

Sebuah mesin pompa air dapat menjadi alat yang paling boros listrik apabila penggunanya tidak bisa memahami dimana letak kesalahannya secara teknis.

Cara supaya penggunaan mesin pompa air lebih hemat listrik

Berikut adalah kondisi dimana sebuah unit pompa menjadi sangat boros pemakaian listrik dan bagaimana solusi mengatasinya.

Menggunakan otomatis pompa air

Type tertentu dari mesin pompa memiliki komponen yaitu saklar otomatis yang bekerja dengan tekanan air (pressure switch) yang biasanya menempel pada body mesin. Dengan komponen ini akan membuat kerja pompa menjadi otomatis ketika kran di buka pompa akan hidup dan begitu pula sebaliknya.

Memang sekilas tampak praktis karena tidak memerlukan cara manual untuk menghidupkan dan mematikan mesin pompa. Namun perlu dipahami bahwa ketika kran ditutup meskipun air sudah berhenti akan tetapi mesin masih terus menyala hingga mencapai tekanan tertentu guna memicu saklar otomatis sampai listrik terputus dan mesin off.

Disinilah letak pemborosan energy listrik yang sangat tidak efisien yang mana mesin pompa ketika hendak mencapai tekanan tersebut justru menyedot daya listrik yang sangat besar sedangkan pengguna sudah meninggalkan kran air yang tertutup.

Coba anda analisa saja bagaimana jika dalam sehari ada beberapa anggota keluarga yang sering buka tutup kran, sudah barang tentu akan banyak listrik yang terbuang percuma.

Sebagai solusi mengatasi hal ini adalah dengan memasang tandon air atau profil tank yang juga turut dipasangkan sebuah saklar pelampung (radar). Dengan memiliki tandon air artinya mesin pompa tidak selalu hidup dan mati lebih sering karena saklar pelampung dapat diatur sesuai dengan kebutuhan air serta setok air yang akan di simpan. Baca juga tentang merencanakan listrik untuk kebutuhan rumah tangga.

Kesimpulannya, jika sudah memiliki tandon air, tentu saja komponen otomatis bawaan unit pompa sudah dapat di non aktifkan dan sebagai gantinya adalah tugas pelampung radar yang akan menjadi saklar on off mesin tanpa adanya jeda menunggu tekanan air. Dan cara ini sudah jelas akan membuat pompa air lebih hemat listrik mengingat hanya akan menyala pada periode tertentu tanpa start dan stop yang terlalu sering. <pompair.com>

Admin
Jika ada pertanyaan atau kesulitan, jangan segan untuk menyampaikan komentar DISINI. Komentar anda akan ditampilkan setelah mendapatkan balasan. Terimakasih sudah berkunjung.
REKOMENDASI

ARTIKEL TERKAIT

82 KOMENTAR

  1. Gan tumpang tanya, mesin jetpump saya kalau malam tidak dapat beroperasi stabil, kadang jalan tapi kemudian berhenti berputar, tapi mesin mengeluarkan suara dengung. Apa karena voltage/tegangan listrik atau sebab lain. Bagaimana cara mengatasinya ?

    • Coba dilakukan pemeriksaan dengan volt meter apakah tegangan masih pada posisi antara 215 sampai 225 volt AC. Jika berada dibawah itu kemungkinan pompa akan sulit untuk starting. Kemudian pastikan kapasitor masih dalam kondisi normal.

  2. Kak,saya mau tanya.
    Dirumah saya menggunakan mesin air untuk keperluan sehari2,pernah saya coba saklar air di on kan trs secara otomatis, saya hitung perpulsa (50rb *listrik token) yg biasanya cuma 3 hari saja. Saya cb tanya ke teman2 yang mengerti listik,mereka menyarankan tdak usah memakai mesin air saja biar hemat,saya cb tdk memakai mesin air lagi,tetapi setelah saya cb tdak memakai mesin air,saya coba kembali dgn pulsa 50rb tetapi tetap saja sama habis dalam 3 hari saja. Mohon bantuannya lebih baik gimana ya kak?
    Terimakasih

    • Cha, Memahami apa yang anda ceritakan, artinya dengan menggunakan pompa air ataupun tidak, ternyata pulsa listrik anda tetap sama borosnya? lalu token 50rb tersebut anda pakai untuk keperluan lampu berapa banyak dan berapa watt. atau apa saja peralatan elektronik yang selalu aktif di rumah anda?

  3. Bang, mau nanya. kl rumah saya 3 tingkat, trus dipasang tangki air. kira kira pompa air merk sanyo tipe apa yg cocok? sumber air dari PDAM. tipe PH 137 AC , apa sudah cukup?

    • Fendi, Type sanyo PH 137 memiliki daya dorong hingga 12 meter. Jadi sudah cukup untuk menyuplai air dari PDAM menuju tangki di lantai 3

  4. Malam mas, Sy dengan Guntur..Sy rencana akan membuat sumur bor dengan kedalam 15 meter..Cocok nya pakai mesin Jenis apa ya? semisal shimizu…Toren yg sy gunakan berapa liter untuk kapasitas 3 orangDan agar hemat listrik bagaimana caranya? Terima kasih banyak Mas…

    • Guntur, pertama pastikan diameter sumur bor dapat di pasang pipa casing ukuran 4 inch. jika kedalaman permukaan air lebih dari 8 meter sebaiknya menggunakan jetpump tentu akan leebih aman. Jika anda lebih suka dengan merek shimizu ini spek yang paling minimum untuk type jetpump.
      Spesifikasi Shimizu PC 267 BIT

      Harga : Rp. 1.400.000
      Tipe : PC-267 BIT
      Model : Jetpump, Non Automatic
      Daya listrik (P2) : 250 watt
      Daya sedot (Max): 30 meter
      Daya dorong (Max) : 25 meter
      Kapasitas (Max) : 45 ltr/min

      Agar pemakaian listrik pompa menjadi lebih hemat gunakan sistem otomatis radar sebagai switch kontrolnya dan di pasang pada water toren. Untuk kapasitas toren lebih efisien jika menggunakan yang 1000 liter karena akan mencegah mesin terlalu sering start.

  5. gan numpang tanya klo pompa air jetpump setiap 4menit selalu bunyi padahal dah sy cek semua kran air off n tidak ada saluran air yg bocor kira2 pennyebabnya apa ya ? trims r

    • Jansusatya, Penyebab pompa sering bunyi tentunya tetap karena masalah kebocoran. Sedangkan pemeriksaan tidak cukup pada area kran air saja melainkan harus menyeluruh pada jalur instalasi termasuk juga rangkaian pipa hisap. Coba di pasang kran pada jalur out dengan jarak 10 cm dari mesin dan tutup rapat. pastikan pompa bisa stop dan tidak bunyi lagi. jika masih bunyi artinya kebocoran terjadi pada pipa hisap termasuk tusen klep.

  6. saya pake sumur pantek kedalaman 12 mtr,diameter lubang 2”.pake pompa air shimizu 108 bit.keluar airnya kecil cuma sebesr kelingking.pemasangan klep pake tosen klep bukan foot klep.ada pengaruh ke daya hisp ga ?

    • Abdul Rahman, Sebenarnya pompa yang anda pilih sudah sesuai, namun kami kurang mengerti maksud anda tentang tusen klep dan foot valve yang mana keduanya adalah sama.

  7. Mas, mau tanya nih.
    Saya membeli pompa air Shimizu PS-230 BIT untuk kebutuhan rumah tangga.
    1. Untuk pipa hisap, rekomendasi dari panduan manual pompa adalah 1″, tetapi banyak toko bangunan menyarankan menggunakan pipa hisap 3/4″ pada saat saya mencari tusen klep 1″ untuk tandon. Sebenarnya manakah ukuran yang tepat? 1″ atau 3/4″?
    2. Untuk memperlambat frekuensi start/stop apa bisa ditambahkan tanki tekan yang lebih besar seperti pompa air type PC-260 BIT?
    3. Kalau berpengaruh, apakah pemasangan bisa diletakkan di pipa keluar pompa air dengan memberikan pipa “T”?
    4. Tangki tekan apa yang direkomendasikan?
    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

    • Pipa hisap memang bisa di perkecil hingga 3/4 inch dan ini akan memberikan keuntungan menambah kekuatan hisapnya menjadi lebih dalam. Frekuensi on off bisa di setel dari pressure switchnya serta tergantung dari seberapa sering buka tutup kran yang dilakukan. Memang dengan tangki tekan proses pressure switch akan lebih lembut dan pemasangan atau penambahan bisa dilakukan dengan T pada jalur output.

  8. Min,, saya punya masalah diradar yg dipasang di torn, setiap saat switcnya tdk fungsi, jd pompa tidak nyala dan setiap ada masalah ini saya selalu membuka radar hanya untuk di tekan tekan pd switcnya biar berfungsi.apakah radanya perlu diganti apa hanya slip saja. Mohon penjelasan nya terima kasih banyak min,,,

    • Biasanya kalau sudah seperti ini memang harus diganti. Karena kerusakan platina radar yang sudah kurang responsif tidak bisa disetel meskipun kadang ada yang mencoba dengan menambah beban pelampung akan tetapi kadang justru akibatnya tidak bisa kembali pada posisi off (cut)

  9. Met siang kak, masalah saya dari sumber air PDAM waktu pagi-sore kecil tetapi saat tenggah malam kencang.
    Rencana mau pasang Tangki, Pompa dan Filter air supaya dapat menggunakan air yang konsisten kencang dan bersih.
    Jadi, disini saya mau tanya apakah posisi saya sudah benar (PDAM -> Tangki -> Pompa -> Filter -> Rumah) ?
    Apakah pompa dapat memboros listrik dikarena hidup/mati saat menggunakan ?
    Bisa rekomen model pompa apa yang lebih cocok ?
    Trims…

    • Iya posisi sudah benar. Sebenarnya perbedaan boros listriknya juga tidak terlalu signifikan jika menggunakan mesin pompa yang berdaya kecil. Model yang dapat dipilih adalah dengan menyesuaikan seberapa jauh kebutuhan suplai instalasinya. Untuk keperluan rumah satu lantai cukup dengan pompa sumur dangkal saja yang memiliki daya sekitar 125watt.

  10. Mas mau tanya..sementara dirumah sy blm pakai torn. Jenis pompa airnya yg jetpump. Yg ingin saya tanyakan. Benarkah pada saat kami membuka kran air di bbrpa titik hrs semua dibuka. Agar mesin tdk panas dikarenakan tekanan air yg sgt besat dr pompa tersebut. Krn saklarnya dlm posisi on trs.

    • Jika mesin pompa tidak dilengkapi dengan pressure switch maka memang tidak disarankan pompa terlalu menahan debit air karena akan dapat mengakibatkan kerusakan impeler hingga pada motor listriknya.

    • Mas saya mau tanya saya pake tandon juga water heather lalu jenis pompa manual atau otomatis yang cocok di pasang

    • Jika untuk suplai tandon saja maka pompa manual juga bisa digunakan yang nantinya kontrol on off mesin pompa akan di atur oleh pelampung radar.

  11. Mas mau tanya apakah mas masih terima panggilan untuk cek dan servis mesin pompa air? Di rumah kami setiap malam selalu nyala-mati dengan interval sangat singkat.

    Kami curiga ini penyebab tagihan listrik membengkak sampai hampir 3jt/bulan nya. Padahal pemakaian alat2 lain termasuk normal.

    Mohon informasinya kemana kami harus menghubungi. Terima kasih 🙂

    • Kami berdomisili di kota Malang – Jawa Timur. Persoalan mesin yang selalu on off karena masih menggunakan pressure switch (otomatis) adalah disebabkan adanya kebocoran pada jalur pipa hisap ataupun pipa instalasinya.

      Untuk lebih aman dan hemat listrik lebih baik menggunakan water toren (tandon) kemudian dipasang pelampung radar sebagai switch otomatisnya.

  12. Pagi ms mau tanya mesin pompa saya 1.jm habis pulsa listrik 300rb tolong info nya biar bisa hemat listrik

    • Mohon di informasikan secara detail jenis pompa yang dipakai. Jika menggunakan pompa submersible dengan daya besar maka tidak heran juga jika penggunaan listrik akan sangat boros.

    • Pompa air yang hemat listrik tentunya adalah yang memiliki daya kecil dan di pasang dengan instalasi yang benar shingga lebih efisien. Banyak sekali pompa air berdaya kecil sekitar 125 watt.

  13. Mas,, mau tanya ya
    saya pakai pompa air, tetapi pakai bantuan pendorong juga karena air tidak keluar untuk pemakaian shower . ada dua colokan setiap air di toren penuh saya cabut. Kadang kalo malas cabut saya matikan dari saklar yang nyambung untuk terminal colokan pompa. Bagaimana ya untuk menghemat listriknya? Trims

  14. kak . mau tanya saya butuh pompa 50 meter, tp listrik saya cuma 1200 watt. sedangkan utk wasser atau shimizu start awal butuh 1500 watt. ada solusi ?

    • Untuk pompa sumur dalam dengan daya hisap 50 meter bisa menggunakan Shimizu 503 BIT dengan daya pompa 500 watt.

  15. Mas, saya tinggal di daerah kontrakan petakan yang airnya kecil sekali nyalanya, krn 1 pompa dipakai utk 20 rumah sekaligus. Seandainya saya pasang pompa sendiri utk di rumah saya, bisa gak ya? Namun krn keterbatasan tempat, saya gak ada tempat utk torennya. Kira2 pompa apa ya yg cocok utk rumah 1 lantai, kapasitas 4 orang, tanpa toren, dan yg paling minim merusak rumah? (maklum, masih ngontrak, bukan rumah sendiri)

    • Memasang pompa sendiri tentunya harus merubah jalur pipanya juga dengan cara memutus (memisahkan) dengan instalasi lama.

      Memilih jenis pompa sesuaikan dengan berapa kedalaman sumur jika kurang dari 9 meter bisa gunakan pompa sumur dangkal, jika lebih dari 11 meter maka harus menggunakan jetpump.

  16. Mas, saat ini saya sdang proses pembuatan sumur gali dng kedalaman sekitar 9 meter. Nantinya, rencana saya akan menggunakan Toren dng ketinggian skitar 4 meter. Adapun untuk pompa, rencana saya mau beli SHIMIZU JET 100 Bit.
    Yang membuat sy tertarik dng pompa ini adalah speknya:
    Spesifikasi Shimizu JET 100 BIT
    Daya Output Listrik : 100 Watt
    Daya Hisap : 11 meter (max)
    Daya Dorong : 26 meter (max)
    Total Head : 37 meter
    Debit Air Max : 50 Liter / menit

    yang ingin saya tanyakan adalah: menurut pengalaman, apakah dng total head sumur saya yg sekitar 9 + 4 = 13 meter , debit air dr pompa ini masih bisa mencapai 50% dr spek pabrik atau 25 liter per menit?
    Yang artinya, dng pompa ini, untuk mengisi tandon 500 liter hanya butuh waktu 500/25 = 20 menit? ( kalau benar bisa segitu kan tergolong hemat listrik)
    Mohon reviewnya ya mas?
    atau barangkali dari para pembaca ada yg sudah pakai pompa ini, mohon share pengalamannya ya.
    Dan sebelumnya terimakasih banyak

    • Benar pak, spek tersebut sudah ideal jika memang kedalaman sumur murni 9 meter. Hanya saja untuk kepastian nilai debit yang dihasilkan oleh pompa masih sangat dipengaruhi oelh banyak faktor di antaranya:

      Tegangan listrik penyuplai unit pompa harus stabil pada tegangan listrik normal tidak boleh kurang darri 220 volt agar RPM mesin optimal.

      Instalasi pipa hisap harus sempurna artinya tidak banyak lekukan atau kevakumannya optimal (tidak ada indikasi bocor atau masuk angin meskipun 1mm)

      Kemudian masa jenis air murni artinya tidak terdapat endapan yang kemungkinan ikut terhisap atau tusen klep terbenam lumpur.

  17. Mas sy mau tanya. Sy baru pasang pompa air otomatis merek sanyo ph 137 dan sy tdk pakai tandon. Tp sy selalu on off lewat saklar. Tp kenapa setiap buka kran stlh saklar on airtdk keluar. Harus dipancing/diisi air dl di mesinnya bru kluar airnya. Mohon penjelasannya admin. Tks

  18. Emang ngaruh ya “boros listrik” ngisi toren air dikala malam hari dan pagi hari ??? Apa perbedaannya

  19. Mas,,mau tanya knp pompa air saya frekuensi hidup matinya pendek (g stabil hidup) pdhl cm ngisi tandon closet duduk.. Tp kl ada slh 1 kran dibuka lgsg stabil hidup pompanya.. Itu knp y??apakah ada bagian pompa airnya ada yg perlu di setting?? Mksh mas atas jawabannya

    • Begitulah resiko yang paling umum pompa dengan pressure switch, apabila bukaan debit kran terlalu kecil mengakibatkan tekanan cepat meningkat sehingga memicu switch. Setelan bisa dikeraskan untuk membuat jeda agak lama.

  20. Mohon rekomendasi pompa (yang lebih/paling hemat listrik) untuk sumur bor kedalaman >20 meter. Rencana menggunakan tandon air ketinggian 3-4meter

    • Gunakan pompa type jetpump dengan daya listrik antara 200 sampai 250 watt. Contoh produk Shimizu PC-250 BIT

  21. Bang mohon tanya..sumber air di rumah saya itu PDAM dan sumur dengan pompa listrik dengan penyimpanan air di toren..pertanyaannya bagaimana dengan penggunaan switch kontrolnya di toren, apakah cukup menggunakan ball switch atau dengan swicth lainnya, terima kasih.

    • Lebih baik menggunakan switch radar sehingga tidak akan terjadi durasi on off mesin pompa yang terlalu sering karena bisa diseting sesuai dengan kapasitas volume toren.

  22. Tanya mas,
    Mesin di rumahku sudah dibuat radar, tapi bunyi bermusiknya minta ampun, apalagi pas on nya pada malam hari. Mohon pengetahuannya :
    -apakah harus ganti mesin pompa
    -merk apa yg murah meriah (watt nya kecil)
    Terima kasih sebelumnya.

    • Jika pemakaian unit pompa sudah lama memang kadang ada komponen yang sudah mulai longgar terutama pada bagian bearing (laher). Untuk menentukan mesin pompa yang tepat sesuai kebutuhan bisa disimak tips nya disini.

  23. Mas, mau tanya nih.
    Pompa air saya Shimizu PS-230 BIT, jarak pompa dan tandon 4meter dan kedalaman tandon 2meter.
    1. Pipa sedot berdiameter berapa yang direkomendasikan? untuk info, spek pompa pada pipa hisap dan keluar masing2 1″
    2. apakah perbedaan pada pipa sedot 3/4″ dan 1″?
    Terima kasih

    • Jika pompa akan dipasang sesuai spesifikasi pipa ukuran diameter 1 inch artinya hanya mampu untuk hisap sedalam 9 meter dan dorong sejauh 40 meter.

      Dengan mengganti ukuran pipa diameter 3/4 maka daya hisap akan semakin bertambah dalam dan daya dorong akan semakin jauh.

    • Lalu untuk kapasitas outputnya (liter per jam) bisa sama atau lebih sedikit?

      Saya sudah memasang pipa sedot(ditanam ditembok) sebesar 1″, jika ingin mengganti dengan 3/4″ apakah berpengaruh bila yang didalam tandon sepanjang 2 meter diganti yang 3/4″? untuk info, jarak pompa dan tandon 4meter dan kedalaman tandon 2meter

  24. Misi.. Numpang tanya Bang.. Sumur sy dlaman skitar 8 meter.. Menurut info bowsing masih kategori sumur dangkal.. Tapi sy pengennya beli yang semi jetpump biar mantabh sedotannya.. Nah masalahnya sy cari2 yang semi jetpump yang otomatis ko ga ada ya? Ada masukkan ga Bang?

    Kedua.. Sy pakainya ga pake torent soalnya rumah kecil.. dah ga ada tempat bwat torent.. hehe.. Nah klo beli semi jetpump yang manual.. pengennya beli radar otomatis tapi di lapak toped katanya radar otomatis itu hanys utk booster klo untuk sedot dari sumur ga bisa otomatis.. Tolong Solusi terbaiknya gmna.. Thanks

    • Untuk kedalaman kurang dari 9 meter tidak perlu menggunakan semijet, lebih efisien kalau pompa sumur dangkal saja sebab debit yang dihasilkan jauh lebih baik dengan daya listrik yag irit.

      Sebenarnya segala jenis perangkat otomatis bisa diaplikasikan untuk beragam pompa. Hanya saja skema pemasangannya yang terkadang harus dengan sedikit modifikasi.

  25. Lalu tabung tekanan bawaan jet pump apakah tetap dipasang atau digantikan dengan Automatic PRESSURE CONTROL SAN-EI PC2?

    Terima kasih atas jawabannya.

  26. Saya mau tanya,saya pakai tandon dan saya hanya menggunakan otomatis bawaan mesin pompanya dan untuk membuat kran pada tandon gmn cranya agar bisa mengisi saat air udah hampir habis dan mati saat air sudah penuh? Trima kasih atas bantuannya.

    • Selama masih menggunakan otomatis type pressure switch (bawaan mesin pompa) maka seting kontrol untuk tandon akan sulit dilakukan meskipun sudah menggunakan pelampung bola.

      Satu satunya cara adalah dengan memasang WLC (water level kontrol) atau pelampung radar untuk mengatur level air dan on off mesin pompa.

  27. Mas yg baik…Boleh nanya ya..mesin air di rmh hidup mati +_5 menit skli..Klo di cabut ..Nti harus di pancing lagi.untuk nyalakannya..Di biarkan hidup mesin berisik..Dan saya takut mesin terbakar..Yg mau saya tanya..Apa solusi untuk saya..Agar mesin nyala..Tp nga berisik…Terimakasih sebelumnya..

    • Hal ini disebabkan instalasi pipa hisap anda sudah mengalami kebocoran sehingga tekanan air tidak bisa bertahan dan memicu otomatis sering bunyi dan selalu minta dipancing.

      Masalah mesin berisik bisa anda simak artikel kami yang mengulas masalah tersebut disini.

  28. mas tlg bagi2 tip donk bwt pompa celup yang hemat listrik, apabila qt sdh ada toren apa perlu qt pakai pompa pendorong? klo perlu, pompa pendorong apa yang daya dorongnya smpai 20 meter dan hemat listrik?

    • Menggunakan toren jika ketinggian beserta instalasinya sudah tepat maka tidak memerlukan lagi pompa dorong. Selengkapnya bisa disimak pada ulasan mengenai cara agar tekanan air kuat dari tandon tanpa pompa.

      Persoalan pompa hemat listrik atau boros secara teknis tidak ada komponen atau alat untuk mencegah hal ini. Durasi pemakaian serta efektifitas kinerja unit pompa yang justru menentukan boros atau iritnya listrik.

  29. Bos.. untuk pembuatan sumur bor dalam sekitar 60 – 80 meter bahan apa aja yg paling bagus.. baik pipa dan mesin nya.. dan ketika pengeboran apa aja yg biaa kita perhatikan untuk diawasi.. tks

    • Pertama pastikan bahwa diameter sumur nantinya minimal 4 inch (sudah terpasang casing). Pipa casing harus yang tebal (AW). Mesin pompa minimal jenis submersible dengan pipa galvanis.

      Waktu pengeboran awasi berapa batang pipa bor yang sudah masuk untuk menghitung kedalaman sesungguhnya.

    • Apabila spek mesin pompa sudah dengan ketentuan sekian ampere maka apabila diturunkan suplai daya listriknya yang jelas pompa tidak akan bisa bekerja. Sedangkan untuk jenis pompa submersible tampaknya belum pernah menemukan teknisi yang sanggup untuk melakukan modifikasi sehingga konsumsi daya nya bisa diturunkan.

  30. Mas mau nanya Pompa air kita jenis jetpum merk shimizu sering mati seperti tidak kuat narik tapi beberapa saat bbrp jam lagi tiba hidup lagi kenapa ya apa yang perlu diganti atau periksa terima kasih

    • Pastikan sumber air sangat mencukupi untuk dihisap. yang paling dikawatirkan ialah pompa seringkali kekurangan air sehingga mesin mengalami overheat yang bisanya akan sering mati sendiri dan setelah dingin baru bisa dinyalakan kembali.

  31. Mas, sumur saya 40 mter, pakai shimizu 375 baru beli 2 hr yg lalu,listrik sy 1300 tapi suka ngempos klo dibuka kerany sdikit, jarak air dibawah sdh dicek masih tinggi, mata jet sdh diganti, klep juga , pipa2 sudh dicek gda yg bocor, masalahny dimana y mas?

    • Coba dipastikan apakah pemasangan injector (mata jet) berada pada bagian paling bawah pipa hisap? kadang ada beberapa tukang yang merekayasa dengan memasang injector agak ke atas dan ujung bawahnya disambung panjang sampai klep dengan alasan lubang sumur tidak mencukupi.

      Inilah yang menjadikan kinerja jetpump menjadi kurang optimal karena pemasangan yang tidak sesuai dengan panduan teknisnya.

  32. Pak mau tnya,sy baru bli pompa air merk wasser… Kdalaman sumur 12 meter,jarak mesin air ke dasar sumur 8 m,terpaksa seaya gntung msein pompa ddlm sumur….trnyata msin hidup mati saat diaplikasikan buka tutup kran….sengaja dibagian atas pipanya tdk seya lem krna blum pasti penempatan agar tdk susah bila dlpas…mhon arahan

    • Apa yang menjadi kendalanya? apabila menggunakan pompa dangkal memang harus diturunkan supaya daya hisapnya dapat dicapai. Untuk seting hidup mati otomatis harus dilakukan seting pada pressure switch yang mana akan sulit jika pompa berada di dalam sumur.

      Biasanya pemasangan model ini akan lebih aman jika menggunakan tangki air karena tidak lagi memerlukan seting pressure switch dan digantikan dengan otomatis radar pelampung.

  33. Mas saya punya kolam ikan sidat uk 3×3.saya mau bikin kolam resirkulasi supaya kualitas air terjaga.baiknya menggunakan pompa yang seperti apa dan di utamakan yg hat listrik karna pompa akan menyala terus.

    • Untuk sirkulasi pada umumnya menggunakan jenis pompa celup kolam. Untuk efisiensi listriknya memang tidak bisa di toleransi karena tetap menyesuaikan kapasitas debit air yang dibutuhkan.

      Simak artikel kami tentang produk pompa celup kolam sebagai sumber referensi.

  34. Mas mau tanya nih, bisa enggak 1 pompa air dipakai 2 saklar otomatis (saklar on off kran dan otomatis radar)
    Klo bisa bgmn cara pasangnya,terimaksih

  35. Mohon maaf mas, ingin bertanya apakah tidak beresiko jikaa saya menyalakan dan mematikan pom air setiap harinya? Jika diperlukan saga saya nyalakan..jika tidak saya matikan. Apakah tidak masalah? Dan bagaimana pengaruhnya untuk daya listriknya apakah berpengaruh? Terimakasih

  36. Mas kalau make yg otomatis sebaiknya saklar on off nya di matikan juga setelah habis di pakai kah? Atau tetap dalam posisi on aja jadi kran aja yg di matikan.. terimakasih

  37. Mas bisa gak kalau pasang stop kran di pipa autput, kan air pdam kdang suka kotor sy maunya kalau air nya langsung mengalir ke kran² yg di kamar mandi gak langsung ke tandon nanti airnya jernih baru di isi tandonnya. Trima kasih

  38. Mas mau nanya apakah bisa pasang stop kran yg ke tandon karena sy mau air mengalir ke kran² kamar mandi dulu sebelum ke tandon soalnya air pdam kadang suka kotor dan bau sy gak mau aja tandonnya jd kotor susah bersihkannya, tapi caranya gimana ya mas tolong penjelansannya dong. terima kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini