Bagaimana memilih pompa air tepat sesuai kebutuhan

Menentukan atau cara memilih pompa air yang bagus tepat untuk rumah tangga dan lainnya sesuai dengan kebutuhan akan membantu rencana pekerjaan anda berjalan lancar, bahkan sempurna seperti yang telah diperhitungkan baik secara teori maupun aplikasinya.

Kesalahan yang paling sering dan umum terjadi ketika memilih pompa air dapat menyebabkan kehilangan efisiensi dari segi biaya serta teknisnya, bahkan lebih fatal lagi dapat mengakibatkan kerugian besar sepanjang waktu pemakaiannya.

Dari pengalaman kami saat menangani masalah dan keluhan konsumen yang menggunakan pompa air untuk menyuplai kebutuhan air bersih mulai dari rumah tangga, kantor, sarana umum bahkan untuk bagunan gedung bertingkat seperti hotel dan apartemen, beberapa dari mereka pernah mengalami kesalahan pada saat menentukan pilihan pompa air yang tepat untuk bangunannya. Sehingga berakibat pada pembengkakan biaya dan hasil kerja yang kurang memuaskan.

Tips Memilih Pompa Air Yang Benar dan tepat

Spesifikasi Sumber Air. Sebelum menentukan jenis, type ataupun model pompa air yang akan digunakan pada proyek anda, sebaiknya terlebih dahulu memiliki data yang akurat mengenai sumber air yang tersedia di lokasi.

Untuk jenis sumber air dari sumur besar ataupun sumur bor, anda perlu untuk mengetahui kedalaman total lubang sumur mulai bibir atas hingga dasar sumur. Selanjutnya hitung berapa kedalaman level air yang tersedia dari dasar sumur sampai permukaan air.

Kemudian satu hal yang masih berhubungan dengan sumur adalah, memastikan dimana posisi mesin pompa air nantinya akan diletakkan, serta mengetahui berapa jarak tempuh pipa menuju tandon (profil tank) atau area yang akan di suplai air.

CONTOH / SIMULASI DATA YANG DIPERLUKAN:

  • Kedalaman sumur : 50 meter
  • Level kedalaman air: 10 meter
  • Jarak pompa menuju tandon: 30 meter

Ketersediaan Daya Listrik. Ini adalah bagian yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan atau memilih pompa air yang tepat dan sangat berhubungan dengan spesifikasi sumber air yang tersedia.

Jika data sumur didapatkan seperti contoh di atas adalah kedalaman 50 meter, level air 10 meter, jarak tempuh 30 meter, maka secara teknis tidak tepat jika anda memilih pompa air dengan daya listrik kecil yang umumnya hanya cocok untuk sumber air dangkal ataupun suplai jarak dekat. Dengan demikian, memastikan ketersediaan daya listrik akan mendukung proses perencanaan kerja anda semakin akurat dan sangat efisien.

Jangan pernah anda memaksakan untuk menghemat biaya jika akhirnya justru anda akan menyadari kesalahan memilih pompa air setelah semuanya terpasang dan tidak dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Spesifikasi Unit Pompa Air. Ini adalah langkah terakhir dalam tahap anda memilih jenis, model, merek hingga harga pompa air yang akan di sesuaikan dengan kebutuhan serta budget dana anggaran yang anda miliki.

Pada umumnya, setiap unit mesin pompa baru yang di jual oleh distributor resmi maupun toko, akan dilengkapi dengan data spesifikasi yang meliputi:

Data Spesifikasi Keterangan
MODEL
 XYZ-300 Type berdasarkan nomor atau seri dari pabrik
V/Hz/PH
220v/50Hz/1
Tegangan dan frekuensi mesin pompa saat di nyalakan
Output
300 watt
Daya yang di keluarkan mesin pompa
RPM
2850 rpm
Putaran mesin pompa per menit
Pipe Size 
1 x 1 inch
Ukuran pipa hisap dan pipa output satuan inch
Suction Lift
12 m
Kekuatan hisap maksimum 12 meter
Discharge Head
25 m
Kekuatan dorong ke atas 25 meter
TOTAL HEAD 
37 m
Jarak total maksimum yang mampu di tempuh pipa
MAX. Capacity 
50 L/m
Debit air maksimum dalam liter per menit
Water Temp 
40
Suhu air maksimum yang di ijinkan 40 derajat

Semua data mulai dari sumber air, daya listrik dan spesifikasi pompa merupakan sebuah perhitungan teknis yang saling berkaitan dan saling mendukung bahkan tidak bisa di tawar jika berharap untuk memperoleh hasil yang optimal.

Memiliki data yang akurat seperti contoh di atas sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Dengan demikian, langkah memilih pompa air yang benar dan tepat sesuai kebutuhan akan mendukung proses kerja anda menjadi lebih efisien dan memperoleh hasil yang sempurna.

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf sementara belum bisa menjawab komentar, kami terkendala jaringan internet dilokasi proyek saat ini sedang berada di area pedalaman. Terimakasih

Advertisement