Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater) Lebih Efisien Jangka Panjangnya

Memasang-solar-water-heaterSolar Water Heater atau pemanas air tenaga surya adalah sebuah alat dengan prinsip kerja menangkap dan menahan panas matahari kemudian energinya disalurkan untuk memanaskan air. Tidak hanya dapat menyediakan air panas ketika ada sinar matahari saja namun alat ini juga mampu menampung atau meyimpan air panas untuk beberapa waktu kedepan.

Solar Water Heater memiliki bagian yang bernama panel surya atau bisa disebut sebagai kolektor yang pada umumnya dipasang di atap rumah atau pada ruang yang dapat terpapar dengan sinar matahari secara langsung. Sedangkan airnya sendiri akan disimpan pada sebuah tabung dengan kapasitas tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Selain menggunakan sinar matahari sebagai sumber energinya, solar water heater masih tidak luput dari kebutuhan daya listrik untuk menyalakan pompa yang bertugas mendistribusikan air keseluruh rangkaian instalasi.

Advertisement

Meskipun pemanas air ini bertenaga surya, namun masih dilengkapi dengan sebuah alat pemanas cadangan yang juga membutuhkan energy listrik sebagai antisipasi ketika sinar matahari tidak memadai untuk memanaskan air. Hal ini sering terjadi ketika musim hujan dan cuaca selalu mendung.

Kelebihan menggunakan solar water heater dibandaing pemanas air lainnya

Memilih solar water heater sebagai alat pemanas air karena memiliki manfaat serta kelebihan dibanding pemanas air elektrik maupun model gas diantaranya adalah:

  • Dapat menyediakan air panas dengan mudah dan dapat digunakan dlam waktu selama mungkin karena istem alat pemanas jenis ini akan bekerja sepanjang tahun. Hanya saja ketika datang musim dingin, maka pengguna dapat dengan mudah melakukan pemanasan air kembali dengan system boilernya.
  • Alat ini termasuk teknologi yang ramah lingkungan karena sudah jelas menggunakan energi matahari, maka ini tidak akan berdampak buruk bagi alam sekitar tanpa menimbulkan polusi maupun residu lainnya.
  • Pada umumnya setiap proses pemanas selalu menghasilkan pencemaran berupa karbon dioksida yang berlebihan, namun hal ini sangat minim pada pemakaian solar water heater.
  • Walaupun masih memerlukan daya listrik, akan tetapi masih relative lebih hemat terhadap tagihan listrik jauh lebih rendah dibanding dengan pemanas air elektrik lainnya. Hal ini dikarenakan kebutuhan listrik hanya untuk instalasi pompa airnya saja dan hanya pada saat sinar matahari sedang tidak maksimum. Simak tentang Rencana instalasi listrik untuk rumah tangga 

Untuk pemakaian solar water heater di negara Indonesia yang terletak digaris katulistiwa dan memiliki iklim tropis, tentunya panas matahari akan cukup mudah didapat sepanjang tahunnya. Dengan demikian alat pemanas air jenis ini sangat cocok dan paling tepat di aplikasikan oleh masyarakat Indonesia.<pompair.com>

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf, sementara kami belum bisa membalas komentar karena kesibukan proyek yang cukup padat. Terimakasih.